15 Tempat Wisata di Pagar Alam Sumatra Selatan

Diposting pada
5/5 - (4 votes)
Foto By @dekizulkarnain_

Lokasi: Jl.H.Piagam Simpang Mbacang Kel.Karang Dalo, Kec.Dempo Tengah, Kota Pagar Alam 31521
Map: Klik Disini
HTM:
Rp.2.000 per Orang
Buka Tutup: 08.00-18.00
Telepon:
(0730) 625350

Pagar Alam adalah sebuah kota di propinsi Sumatera Selatan yang berada di kaki Gunung Dempo dan bukit barisan dengan tanah subur serta pemandangan alam sangat indah.

Kota yang baru dibentuk tahun 2001 ini memiliki luas wilayah 633 km persegi, terdiri dari 3 kecamatan dan 35 kelurahan.

Keindahan alamnya memang tiada tergambarkan sehingga kota ini dijuluki Surga Diatas Awan yang membuat wisatawan semakin penasaran dan berbondong-bondong datang berkunjung.

Semua tempat wisata di Pagar Alam menyajikan keindahan alam pegunungan asri sebagai ikon daerah yang identik dengan sebutan kota bunga ini.

Pagar Alam ingin mewujudkan impian sebagai kota dalam taman yang di kelilingi hamparan tanaman teh hijau dengan luas ribuan hektar.

Foto By @bescoroastery

Kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata alam seperti Gunung Dempo, danau, air terjun, perkebunan, sungai, situs batu megalitikum hingga wahana petualangan.

Semua informasi tentang Pagar Alam terkini bisa dilihat melalui website pagaralampos atau pagaralam online yang menyajikan news atau berita terbaru yang sedang hot tahun 2021.

Baik itu tentang informasi criminal Bandar sabu yang tertangkap bernama Entong, informasi gempa, serta video gambaran kota.

Selain itu, bisa juga mengakses situs Sumsel.go.id untuk mencari informasi tentang berita yang sedang bergejolak di Pagar Alam serta bisa mendengarkan mp3 lagu daerah yang berjudul Dirut Jangan Nangis berirama country sambil bergoyang.

Sedangkan informasi tentang tempat penginapan seperti villa, Residence atau jenis lainnya bisa diakses melalui situs Olx.

15 Tempat Wisata di Pagar Alam Sumsel

1. Gunung Dempo

Foto By @suhermanp7

Gunung Dempo merupakan salah satu ikon di Pagar Alam dengan ketinggian sekitar 3000 mdpl yang menjadi puncak tertinggi di propinsi Sumsel.

Gunung yang masih aktif ini memiliki pemandangan sangat indah dan hampir semua lerengnya ditumbuhi tanaman teh.

Menapaki Gunung Dempo merupakan sensasi luar biasa bagi para pendaki untuk bisa menaklukkan puncak tertinggi dengan semangat yang membara.

Apalagi melewati jalan setapak sebagai ekspedisi menuju puncak gunung merupakan trek yang menantang, seperti jalan berbatu kasar, lereng miring curam dan tinggi serta masih banyak rintangan lainnya.

Hal ini tidak membuat para pendaki merasa gentar, namun mereka malah tertantang sehingga mendapatkan kepuasan tersendiri jika mampu melewatinya.

2. Tugu Rimau

Foto By @dianalst

Tempat wisata yang satu ini dibangun pada tahun 2004 sebagai tempat olahraga Paralayang pada event PON saat itu.

Namun ternyata lokasi yang memiliki ketinggian 1800 mdpl ini kemudian berubah menjadi spot pandang untuk melihat pemandangan di lereng Gunung Dempo dan keindahan kota Pagar Alam.

Banyak sekali pengunjung yang merasa betah dan enggan untuk pulang karena tempat ini menyajikan pemandangan indah mempesona tiada duanya.

Disinilah tempat tulisan Pagar Alam besar berwarna putih yang terlihat menarik dari kejauhan dan dikelilingi tanaman teh.

Jalur menuju ke Tugu Rimau juga sangat menantang karena banyak tikungan tajam serta jalur naik turun di sepanjang perjalanan.

Namun hal ini tidak membuat stress para pengunjung karena selama perjalanan akan disuguhi berbagai pemandangan alam indah terutama hamparan kebun teh yang sangat luas.

Selama perjalanan juga akan merasakan udara yang sejuk dan alami serta hawa dingin mulai menggerogoti tubuh karena kondisi suhu bisa mencapai 14 derajat.

3. Air Terjun Curup Mangkok Pagaralam

Foto By @robi.official94

Dinamakan Air Terjun Mangkok karena kolam tempat air yang jatuh bentuknya cekung seperti mangkok.

Lokasi curup Mangkok sendiri berada di kaki Gunung Dempo dan airnya yang mengalir berasal dari mata air gunung tersebut.

Air jatuh dari tebing yang menutupi beberapa pepohonan di sekitarnya mampu menambah keindahan dan terlihat lebih asri.

Tempat wisata ini salah satu spot terbaik untuk pengambilan gambar atau selfiie karena tempatnya sangat cantik.

Untuk menuju ke wisata air terjun ini memang sangat mudah karena sudah ada 2 jalur yang bisa dilewati mobil sampai tiba di lokasi.

4. Air Terjun Curup Embun Pagaralam

Foto By @roymartines

Tempat wisata ini memang menakjubkan dengan ketinggian 80 meter ada tiga air yang turun dari atas tebing dan membentuk trisula.

Tebing air terjun Mangkok tersebut tertutup oleh tanaman sehingga terkesan menambah keindahan alamnya.

Kolam di bawah air terjun sangat luas dan bisa menampung ratusan pengunjung serta tidak terlalu dalam.

Banyak batu-batuan besar dan kecil dibawahnya yang sangat nyaman digunakan untuk sekedar duduk maupun bersantai.

Lokasi air terjun berada di Desa Curup Jare Kecamatan Pagar Alam Utara kode pos 31516 dan jalur transportasi menuju tempat wisata sangat mudah.

Fasilitas yang disediakan di sini diantaranya ada lahan parkir luas hingga beberapa spot untuk beristirahat seperti gazebo dan lainnya.

5. Dempo Park

Foto By @nengsih_hariyanti

Dempo Park merupakan sebuah taman wisata yang menyajikan panorama Gunung Dempo serta telah dilengkapi dengan fasilitas nongkrong dan spot untuk selfie bagi para pengunjung.

Di taman ini para pengunjung bisa menikmati indahnya Gunung Dempo serta pemandangan kota Pagar Alam.

Lokasi Dempo Park sangat strategis karena di sekitar wilayah taman ini ada beberapa wisata air terjun sehingga biasa menjadi transit pengunjung.

6. Air Terjun Lematang Indah

Foto By @info_destinasiwisataid

Letak tempat wisata air terjun ini memang strategis karena berada di pinggir jalan raya sehingga akses menuju lokasi sangat mudah.

Hal inilah yang membuat para wisatawan lebih suka berkunjung ke wisata tersebut karena tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh.

Air yang mengalir pun begitu jernih dan kolamnya sangat dangkal sehingga aman jika mengajak serta anak-anak.

Panoramanya juga sangat indah karena banyak sekali dedaunan yang rimbun menutupi area air terjun.

Air Terjun Lematang Indah berada di Kelurahan Prahu Dipo kecamatan Dempo Selatan sekitar 15 km dari pusat kota Pagar Alam.

Pihak pengelola juga menyewakan ban dan kapal karet bagi para pengunjung yang ingin mencoba sensasi Arung Jeram.

Harga tiket masuk juga terbilang sangat murah, untuk dewasa Rp.5000 dan anak-anak cukup Rp.3000 saja per orang.

7. Air Terjun Pintu Langit

Foto By @olviaputrimaharani

Wisata Curup Pintu Langit memang sangat mengasyikkan jika digunakan untuk mandi karena volume air yang turun dari tebing cukup banyak.

Hal ini membuat suara gemericik air sangat keras dari ketinggian 50 meter dan kolam dibawahnya pun begitu luas dengan kedalaman hingga 50cm.

Tempat wisata ini selalu ramai di akhir pekan karena banyak pengunjung bisa mandi dengan puas di sini.

Lokasinya berada di Dusun Tanjung Keling, Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara.

Para pengunjung bisa memarkir kendaraan bermotor yang dititipkan kepada warga setempat. Selanjutnya untuk menuju lokasi wisata harus berjalan kaki menuruni bukit terjal selama 10 menit.

8. Green Paradise Pagaralam

Foto By @calvinbraggii

Tempat wisata ini memang indah dan unik serta fenomenal karena jarang ditemukan di Indonesia, bahkan dunia.

Wisata ini menyajikan beberapa air terjun kecil mungil serta bertingkat seperti miniatur air terjun Niagara.

Pada batuan air terjun banyak ditumbuhi tanaman selada air yang menutupi sungainya dan sebagian kolamnya tertata cantik.

Green Paradise merupakan tempat wisata yang disukai anak-anak karena banyak ikan Semah dengan warna berbeda-beda, ada putih, kuning, hitam, coklat dan lainnya.

Lokasi Green Paradise sendiri terletak di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara.

Tempat wisata ini masih dekat dengan pusat kota dan hanya membutuhkan waktu 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Dari pusat kota hanya menuju ke Kecamatan Tanjung Sakti dan di daerah tersebut banyak ditemukan petunjuk arah menuju ke lokasi wisata Green Paradise.

9. Danau Merah Rimba Candi Pagaralam

Wisata ini adalah objek wisata Pagaralam yang penuh misteri karena air danaunya berwarna merah, namun jika diangkat berubah seperti air biasa.

Selain itu, satwa yang hidup di sekitarnya sangat unik seperti kelabang raksasa dengan lebar 30cm dan panjang sampai 50cm.

Ada juga burung raksasa dan lebah yang bersarang di telinga kerbau. Semua hewan yang ada di sini sudah jinak serta tidak berbahaya, bahkan akan pergi jika mendengar suara manusia.

Danau Merah memiliki luas sekitar 6 hektar dan berada di Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Selatan.

Wilayah tersebut berbatasan dengan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu di sekitar Bukit Raje Mandare.

Untuk bisa sampai di lokasi, para pengunjung perlu melakukan perjalanan panjang sekitar 1 sampai 2 hari dengan berjalan kaki melalui hutan belantara di kawasan Bukit Rimba Candi, Kelurahan Dempo Selatan.

10. Air Terjun Curup Maung

Foto By @oktarinadian7

Wisata curug satu ini sangat indah karena airnya turun dari tebing yang dipenuhi dengan tanaman, seakan keluar dari rimbunan pepohonan.

Air terjunnya juga bertingkat-tingkat sehingga volume air yang turun banyak sekali hingga membanjiri kolam luas.

Lokasi Air Terjun Curup Maung berada di daerah Dempo Selatan dan tempatnya dekat dengan Bandar Udara Atung Bungsu.

11. Rumah Adat Baghi Suku Besemah Pagar Alam

Selain wisata alamnya indah, kota Pagar Alam juga memiliki sejarah masa lalu yang unik karena ada rumah kayu berusia ratusan tahun dan masih berdiri kokoh sampai hari ini di sekitar daerah tersebut.

Lokasinya berada di tengah sawah Desa Tegur Wangi, kaki Gungung Dempo. Menurut warga setempat, bangunan tersebut bernama Rumah Baghi yaitu rumah adat warga Besemah/Pasemah.

Kontruksi rumah tersebut terbuat dari kayu tanpa menggunakan paku, namun semua pasak kayu bisa tersambung dengan kuat.

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Pagar Alam tempo dulu sudah menguasai keahlian dalam membuat bangunan.

Menurut informasi masyarakat sekitar yang masih keturunan suku Pasemah, bahwa nenek moyang mereka sudah hidup ratusan tahun lalu di daerah Pagar Alam, Bengkulu dan daerah Tanah Agung Kabupaten Lahat.

Istilah Pasemah juga tertulis pada prasasti Kerajaan Sriwijaya setelah berhasil menaklukkan Lampung yaitu”Prasasti Palas Pasemah” sekitar tahun 680 Masehi.

12. Tangga 2001

Foto By @nyimaswd

Objek wisata satu ini unik karena untuk mencapai lokasi perlu menaiki tangga yang lebar berbentuk seperti undakan sehingga tidak terlalu capek untuk menaikinya.

Sepanjang perjalanan menaiki tangga, para pengunjung akan disuguhi pemandangan kebun teh yang indah dan Gunung Dempo.

Wilayah wisata Tangga 2001 memang memiliki banyak spot untuk mengabadikan pemandangan dengan kamera dan banyak wisatawan yang selfi di tengah jalan.

Dinamakan demikian bukan karena memiliki anak tangga mencapai angka 2001, namun sebagai penanda lahirnya kota Pagar Alam sejak tahun 2001.

Lokasi wisata ini berada di tengah kota, di kawasan wisata Gunung Gare dan di area Perkantoran Pemerintah Daerah sebagai kantor Walikota Kota Pagar Alam.

Perjalanan dari pusat kota bisa dijangkau kendaraan bermotor selama 10 menit. Selain itu, bisa juga menggunakan angkutan umum dengan tujuan Gunung Gare.

13. Situs Megalitikum

Menurut beberapa penelitian bahwa wilayah Pagar Alam terdapat 22 area yang memiliki situs Megalitikum atau zaman prasejarah.

Ada beberapa batu purbakala yang masih utuh sampai hari ini dan juga artefak-artefak yang ditemukan namun dalam kondisi rusak, bahkan ada juga beberapa diantaranya masih terkubur.

Salah satu benda purbakala yang telah diteliti adalah Batu Beghibu di Desa Tegur Wangi sebagai desa yang disakralkan oleh warga.

Lokasi batu andesit tersebut berada di tengah persawahan dan telah di pagari besi agar lebih aman dari tindakan kriminal.

Ada juga kuburan batu minimalis yang dijadikan sebagai tempat persemayaman terakhir para sesepuh yang diberikan perhiasan emas sebagai penghormatan.

14. Arung Jeram Pagar Alam

Foto By @dedikjp

Pagar Alam merupakan kota yang memiliki banyak air terjun, wisata arung jeram atau rafting.

Salah satu spot tempat wisata arung jeram ada di Sungai Manna di kecamatan Tanjung Sakti. Para pengunjung akan bertarung dengan arus sungai sejauh 40 km ke arah tenggara menuju pusat kota.

Pihak pengelola memberikan persyaratan satu tim sebanyak 5 orang untuk bersama-sama mengarungi sungai Mana.

15. Paralayang Pagar Alam

Jika ingin lebih puas menikmati pemandangan indah di wilayah Pagar Alam dari angkasa, para pengunjung bisa mencoba wahana Paralayang dan terbang bersama seorang guide.

Pengunjung akan diajak memulai tantangan atau take off dari ketinggian 1900 mdpl dari Tugu Rimau dan berputar-putar untuk explore kawasan Gunung Dempo.

Paralayang di Pagar Alam sudah mendapatkan sertifikasi internasional dan pernah menjadi tuan rumah pada PON 2004 serta pernah menggelar beberapa event internasional.

Jalan Menuju Lokasi Dari Palembang

Jarak antara Kota Palembang dan Pagar Alam sekitar 280km dan bisa dilihat melalui google map, namun karena melewati jalan berkelok serta naik turun bukit sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 8 jam.

Perjalanan menuju Pagar Alam dari Palembang bisa dimulai dari Jl.Perintis Kemerdekaan menuju ke Jl.Veteran, selanjutnya ke Jl.Mayor Rasyad Nawawi lalu ke Jl.Brigjen Pol Abdullah hingga sampa ke Jalan Lingkaran 1.

Dari Jl.Lingkaran 1 bisa terus menuju Jl. Letkol iskandar atau Jl.Lintas Sumatera hingga sampai di Kota Prabu mulih.

Kemudian meneruskan perjalanan tetap berada pada jalur Jl.Lintas Sumatera hingga sampai di Kota Muara Enim.

Dari kota tersebut, bisa melewati Jl.Lintas Tengah Sumatera sampai di Jl.RE Martadinata Bandar Agung dan menuju ke Jl.Mayor Ruslan hingga sampai di Jl.Lintas Pagar Alam-Lahat.

Pada jalur ini, jalan raya memang agak berbahaya karena jalanan curam dan banyak tikungan tajam, salah satunya ketika melewati Jembatan Endikat.

Dari kota Lahat masih perlu menempuh jarak sekitar 50 km dan bisa sampai di Kota Pagar Alam dalam waktu 1 atau 2 jam.

Kota Pagar Alam juga memiliki airport yang bernama Bandar Udara Atung Bungsu yang melayani penerbangan dari luar kota maupun luar pulau atau City and Contry.

Perjalanan dari Kota Palembang ke Pagar Alam juga bisa menggunakan pesawat Wings Air yang memiliki jadwal penerbangan 3 kali seminggu.

Bagi para pengunjung yang berasal dari Jakarta juga bisa menggunakan pesawat Trans Nusa yang berkapasitas 50 penumpang atau menggunakan pesawat yang lebih elegan yaitu Aviastar Mandiri dengan layanan coffee break.

Makanan Khas Pagaralam

Salah satu makanan khas Pagar Alam yang sangat unik adalah Ikan Masak Ghuas asal daerah Basemah dan sudah turun temurun dari generasi ke generasi. Bahan makanan biasanya terbuat dari ikan Gabus, Baung ataupun Mujaher.

Selain Ikan masak Beluas, masih banyak lagi makanan lainnya seperti Ikan Seluang Sambal, Ghebung Masam Belulang, Keladi, Umbut, Begheku Manis Kuah Kuning, Sambal Ikan Asin dan lainnya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.