Pantai Banyu Anjlok Malang

Diposting pada

Lokasi: Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Map: Klik Disini
HTM: Rp.10.000 per Orang
Buka Tutup: 05.00 – Malam Hari
Nomor Telepon:

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Banyu Anjlok, Anda harus membayar biaya tiket masuk Rp.10.000 saja per orang. Nah, murah kan HTM-nya? Selain itu harga parkir kendaraannya juga cukup terjangkau.

Foto By @wulanabe

Kota Malang adalah sebuah daerah yang terletak di Jawa Timur Indonesia. Wilayah ini terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya menarik dan sangat cantik.

Bahkan Malang merupakan salah satu tujuan daerah yang memiliki destinasi wisata terbanyak di Bumi Nusantara.

Di wilayah ini terdapat berbagai macam destinasi mulai dari air terjun, wisata pantai, hingga Gunung Bromo, semua berada di Malang.

Jika sekarang ini Anda ingin melihat keindahan bahari di Malang, mengunjungi Pantai Banyu Anjlok sepertinya akan sangat menarik.

Pantai Banyu Anjlok tidak kalah menarik dengan sejumlah bahari lainnya yang berada di Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Banyu Anjlok yang memiliki panorama mempesona ini terletak di Tirtoyudo, Kab Malang, Malang Selatan.

Asal nama Banyu Anjlok sendiri adalah bahasa Jawa dengan arti air jatuh, hampir sama seperti objek wisata air terjun di Gunung Kidul yang memiliki arti air sedang jatuh.

Adanya air terjun serta aliran air yang begitu jernih ini memang banyak menggoda traveller untuk mengunjungi Pantai Banyu Anjlok dan menikmati sensasi berbasah-basahan dari air yang jatuh di pinggiran batu besar.

Jangan salah, di Pantai Banyu Anjlok ini aliran airnya tidak mengalir deras hanya dalam satu titik, namun melebar serta menyebar mengikuti lebar batu karang yang cukup besar.

Di bawah air terjun, Anda akan menemukan sebuah lubang goa kecil untuk akses masuk ke sana. Anda harus menerobos derasnya air terjun ini.

Foto By @rindang_abadi

Pantai Banyu Anjlok adalah satu-satunya wisata air terjun di Kabupaten Malang yang memiliki jarak dekat dengan bibir pantai.

Aliran air di Pantai Banyu Anjlok berasal dari atas bukit, apabila Anda naik ke atas, di sana ada cekungan yang cukup lebar dan dapat digunakan sebagai tempat berenang dan berendam.

Sebenarnya, tidak sulit untuk menemukan Pantai Banyu Anjlok, karena bahari cantik ini memiliki jarak dekat dengan Pantai Bolu Bolu yang juga berada di Malang.

Ketika Anda mendengar Pantai Banyu Anjlok, mungkin akan beranggapan jika destinasi yang dimaksud adalah Air Terjun Banyu Anjlok di Jepara.

Surganya Pemancing Ikan

Pantai Banyu Anjlok menjadi area ekowisata yang disahkan Kementrian Perikanan dan Kelautan RI. Di sepanjang kawasan tersebut, Anda bisa menyalurkan hobi Anda seperti memancing.

Foto By @fisca_fauziah

Pantai Banyu Anjlok terkenal dengan berbagai macam jenis budidaya ikan hingga hasil laut yang melimpah seperti lobster pasir, batu dan lobster mutiara.

Terdapat sebuah pulau di sekitar Pulau Gadung, menurut masyarakat yang tinggal di kawasan Pantai Banyu Anjlok, goa bawah laut ini menjadi sarang lobster bertelur.

Tempat ini selalu di jaga dengan baik dari nelayan yang kurang bertanggung jawab, seperti penggunaan potasium saat menangkap ikan.

Menikmati Kesegaran

Sudah sampai di Pantai Banyu Anjlok sepertinya akan sangat sayang jika Anda melewatkan waktu bermain air di sini.

Dengan derasnya aliran air, Anda bisa menikmati kesejukannya. Duduk-duduk bersantai di dekat air terjun juga menjadi pilihan menarik, sembari bermain pasir.

Duduk Bersantai

Penat setelah seminggu bekerja? Bila ingin mengusir kepenatan Anda bisa mengunjungi Pantai Banyu Anjlok bersama keluarga.

Foto By @nabilabilce

Sampai di Pantai Banyu Anjlok, gelar karpet yang Anda bawa dari rumah dan duduk menikmati keindahan Pantai Banyu Anjlok.

Sepertinya kurang lengkap, jika kita hanya duduk-duduk saja. Anda bisa mengambil keindahan Pantai Banyu Anjlok dan berfoto dengan keluarga.

Jika ingin menguploadnya ke media sosial, Anda bisa membuat video berdurasi pendek yang menggambarkan keindahan dan keelokan dari Pantai Banyu Anjlok.

Keindahan Dari Atas Bukit

Pernah menikmati keindahan pantai dari sebuah bukit? Jika Anda belum pernah menikmati seperti itu, Anda harus mengunjungi Pantai Banyu Anjlok.

Foto By @malang_mbois

Anda bisa naik ke atas bukit dan melihat seperti apa keindahan Pantai Banyu Anjlok. Biasanya para wisatawan naik ke atas bukitnya sekedar untuk mengambil foto atau melihat aliran air.

Tetapi, jika saat naik ke atas bukit, Anda harus berhati-hati karena jalanan di atas bukit cukup terjal dan licin. Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan alas kaki, lebih baik melepas alas kaki.

Wisata Kuliner

Meski tidak banyak warung ditemui di sekitar Pantai Banyu Anjlok. namun beberapa diantaranya hadir menyediakan menu makanan sederhana seperti soto, bakso, hingga mie ayam.

Foto By @ameliapuspitasari27

Ada pula mie instant yang bisa Anda jadikan sebagai pengganjal perut ketika berada di Pantai Banyu Anjlok.

Saat weekend tiba, biasanya para pedagang makanan di Pantai Banyu Anjlok menyediakan menu ikan-ikan atau menu seafood.

Memang, untuk beberapa menu seafood memiliki harga yang cukup mahal, namun untuk menu-menu biasa seperti ikan, harganya cukup terjangkau.

Anda bisa memilih ikan bakar, ikan goreng atau ikan bumbu yang lain. Agar tidak keliru ketika membeli makanan, usahakan tanyakan harga terlebih dahulu pada pedagang.

Camping

Jika ingin berlama-lama menikmati keindahan bahari tersebut, Anda bisa memutuskan untuk menginap semalam di Pantai Banyu Anjlok.

Foto By @jimmyjifi

Anda bisa membakar ikan sembari menikmati hawa sejuknya pantai. Biasanya banyak rombongan muda-mudi yang ingin lebih lama menikmati Pantai Banyu Anjlok sehingga mereka memutuskan untuk camping di sini.

Namun bila ingin camping, jangan lupa menyiapkan tenda dan perbekalan makanan yang lebih banyak ya!

Oleh Oleh Khas

Mengunjungi sebuah pantai yang indah namun tidak membawa oleh-oleh? Di Pantai Banyu Anjlok, Anda bisa membeli beberapa ikan segar.

Ikan-ikan yang dijual di sekitar Pantai Banyu Anjlok mempunyai harga cukup terjangkau dibandingkan dengan tempat lain.

Jika tidak puas dengan membeli ikan, cukup membawa pancing dari rumah dan Anda bisa memancing di Pantai Banyu Anjlok.

Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Banyu Anjlok memiliki beraneka ragam ikan dan lobster berukuran besar, sehingga pas dijadikan sebagai pilihan tempat memancing.

Rute Menuju Lokasi

Jarak dari pusat Kota Malang menuju ke Pantai Banyu Anjlok memerlukan waktu 4 jam perjalanan. Alamat objek wisata ini letaknya tepat di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang 65182.

Untuk menuju ke Pantai Banyu Anjlok, Anda dapat mengarah ke selatan Malang, di Kecamatan Dampit.

Foto By @hafizagassi

Setelah sampai di Kecamatan Dampit, Anda bisa meneruskan perjalanan menuju ke Kabupaten Lumajang dan bertemu dengan pertigaan Tirtoyudo.

Ambil arah ke Pujiharjo dan Pantai Sipelot. Dari pertigaan Tirtoyudo ini, menuju ke Pantai Banyu Anjlok memakan jarak 30 km.

Ikuti jalan utama sehingga bertemu dengan pertigaan dan terdapat papan penunjuk Pantai Lenggoksono serta Wediawu.

Ikuti arah yang menujukkan Pantai Lenggoksono. Nantinya Anda akan bertemu dengan pos tiket masuk Desa Purwodadi.

Jangan kaget dengan panjangnya rute yang harus Anda tempuh untuk menuju ke Pantai Banyu Anjlok.

Dari desa ini, Anda akan melewati jalan sepanjang 5 km serta di kanan dan kirinya diampit jurang yang begitu dalam.

Sebagai penghasil cengkeh terbesar di Malang, jangan heran jika di sepanjang perjalanan Anda akan menemui perkebunan cengkeh ya!

Setelah sampai di pos tiket, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat bagaimana cara menuju ke Pantai Banyu Anjlok.

Apabila ingin lebih simpel lagi, Anda bisa menuju ke Pantai Banyu Anjlok melalui akses dari Pantai Lenggoksono.

Pantai Lenggoksono merupakan pantai yang letaknya berada di daerah teluk Selatan Malang.

Jarak Pantai Banyu Anjlok dan Pantai Lenggoksono hanya 1 hingga 2 km saja, memang Anda bisa menyusuri tepi pantai Lenggoksono.

Namun, cara ini kurang disarankan karena tidak semua tepi pantai berpasir. Anda harus melewati batuan di pinggir pantai.

Foto By @ongkyadisurya

Jadi, cara lain untuk sampai di Pantai Banyu Anjlok, Anda dapat menggunakan perahu.

Untuk naik perahu, Anda harus membayar biaya seharga Rp 40.000. Harga tersebut sudah untuk pulang pergi.

Apabila ingin mengunjungi 2 pantai yang lain, Anda bisa membayar Rp 50.000. sedangkan jika berjalan kaki, Anda akan menempuh jarak 4 hingga 5 km, lebih jauh dan lebih lama.

Anda harus melewati perbukitan sebelum sampai di Pantai Lenggoksono. Rute ini lebih cocok untuk mereka yang hobi berpetualang karena akan melewati persawahan, tambak garam, tebing hingga sungai.

Bila berjalan kaki memerlukan waktu 2 jam. Sehingga, jika ingin berjalan kaki, Anda harus sampai di Malang pagi-pagi.

Akses untuk menuju ke Pantai Banyu Anjlok memang baru bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Sehingga jika Anda akan mengunjungi Pantai Banyu Anjlok dan berasal dari luar kota, lebih baik menyewa mobil dari Malang, biasanya harganya mulai dari ratusan ribu seharian.

Masih bingung rute ke Pantai Banyu Anjlok? Tak perlu, Anda bisa mengikuti Google Map, di sana Anda bisa menemukan jalur paling dekat untuk menuju ke spot ini.

Fasilitas Yang Ada

Pantai Banyu Anjlok merupakan pantai yang cukup terkenal, sehingga berbagai fasilitas disini pun sudah cukup lengkap.

Di Pantai Banyu Anjlok terdapat kamar mandi, WC umum. Anda juga tidak perlu takut kelaparan karena ada beberapa warung yang menyajikan makanan di sekitar kawasan objek ini.

Foto By @phechmany

Perlu di ketahui, di sekitar Pantai Banyu Anjlok tidak terdapat hotel atau tempat menginap, sehingga jika ingin menginap lebih baik Anda menyiapkan tenda.

Tips Berkunjung

Karena perjalanan untuk menuju ke Pantai Banyu Anjlok ini cukup jauh, sebelum berangkat, pastikan kondisi kesehatan Anda dalam keadaan prima.

Perjalanan akan memakan waktu yang lama, dengan kondisi jalan berkelok dan naik turun bukit.

Selain itu, apabila dari luar Malang, usahakan Anda berangkat pagi-pagi hari, karena jarak tempuh Pantai Banyu Anjlok cukup panjang.

Selain menyiapkan kondisi kesehatan, Anda juga harus membawa bekal makanan. Bekal makanan bisa di makan saat di perjalanan, karena tidak banyak warung di temui di sini.

Jangan lupa mengisi bensin penuh. Jalanan di sekitar Pantai Banyu Anjlok tidak banyak pom bensin, jika terdapat pom bensin, itu pun hanya satu atau dua.

Sehingga, ketika Anda menemukan pom bensin di sekitar jalan menuju Pantai Banyu Anjlok, usahakan segera mengisi BBM mobil.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.