Jogja beach bali girikarto panggang gunung kidul kabupaten gunungkidul daerah istimewa yogyakarta 55133 indonesia pantai gesing wonosari bantul 2021 dan sekitarnya kasus pundong grigak ngunggah jalan menuju rute harga tiket masuk alamat lokasi letak akses peta google map foto gambar denah wisata sejarah misteri mitos
gambar by @anto_haryanto

Keindahan Pantai Gesing Gunung Kidul Yogyakarta dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Diposting pada
4.2/5 - (5 votes)

Lokasi: Girikarto, Panggang, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Map: Klik Disini
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: 0821-3369-4714

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp.10.000 per Orang

Foto By @detra_vianzt

Masih Asri

Jogjakarta merupakan salah satu kota di Pulau Jawa yang cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

Bukan hanya prestasi dari akademisi saja, unsur budaya dan keramahan lokal menjadi salah satu peran penting untuk memperkenalkan kota Gudeg Jogja.

Selain itu keindahan alamnya yang masih asri menjadi faktor penting untuk menarik devisa bagi para wisatawan terutama turis asing.

Di tahun 2021 ini, Jogja seolah tidak pernah berhenti untuk memanjakan para wisatawan yang berlibur ke mantan ibukota Indonesia di era penjajahan Belanda dulu.

Pasalnya di semua area terdapat kawasan wisata yang cukup indah. Terutama di daerah Gunung Kidul.

Di salah satu kabupaten di Jogja yang terletak di sebelah barat ini terdapat sederetan pantai menarik.

Salah satu pantai di kabupaten Gunung kidul yang menyajikan keindahan dan pesona eksotis serta belum banyak di ekspose karena jarang di kunjungi wisatawan namanya adalah Pantai Gesing.

Rute dan Letak

Lokasi dari pantai Gesing ini terletak di Padukuhan Panjomolyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Foto By @danieliqbale

Pantai ini letaknya berada dekatdengan pantai Pundong, Grigak, Ngunggah, Kesirat dan Wohkudu.

Untuk menuju ke kawasan wisata pantai ini, para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Pasalnya tidak ada kendaraan umum yang memiliki jalur langsung ke pantai tersebut.

Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta, ada dua jalur yang bisa dilalui. Yaitu jalur Wonosari dan juga Imogiri.

Bagi yang ingin cepat sampai, disarankan untuk melewati jalur Imogori – Panggang. Rute ini lebih cepat dan lebih sepi dibandingkan jalan Wonosari.

Foto By @fandiryan

Jika melewati jalur Wonosari, para wisatawan akan memutari kota wonosari terlebih dahulu dan bisa memakan waktu hingga 2 jam lebih.

Praktis jalur jalan Imogiri – Panggang lebih cepat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam hingga 2 jam maksimal.

Akses guna mencapai lokasi kawasan wisata alam pantai gesing ini memang cukup mudah dan juga sudah sangat nyaman.

Akan tetapi para wisatawan tetap harus berhati-hati terutama jika mengendarai kendaraan pribadi.

Pasalnya, di beberapa jalan dan juga lokasi masih terdapat jalan yang masih rusak dan juga beralasakan batu kapur.

Ditambah lagi ada tanjakan yang cukup curam dan belokan-belokan pun tajam. Namun untuk mencapai lokasi ini sendiri tidak terlalu sulit.

Apalagi sudah banyak papan petunjuk yang siap memberikan kemudahan kepada para wisatawan untuk menuju ke Pantai Gesing.

Foto By @tgrstwt

Apalagi sekarang akses teknologi seperti Google Map sudah sangat mudah digunakan dan membantu.

Usai lelah berjalan sekitar 2 jam, Para wisatawan akan di suguhi deburan ombak serta keindahan alam pantai yang masih asri juga eksotis.

Pantai gesing ini merupakan salah satu bahari yang menawarkan keindahan mempesona dengan dihiasi hamparan pasir putih halus dan bersih.

Sementara di sisi lain terdapat batu-batu karang besar kecil yang tersebar di sekitar bibir pantai.

Di pantai Gesing ini pula terdapat 2 buah bukit karang yang mengapitnya. Sebuah pemandangan dan padu-padan sempurna bukan?

Jarak Pantai Gesing dari pusat kota Jogjakarta sekitar 40 km. Kendaraan pribadi seperti mobil, motor atau bus jika rombongan tentu menjadi pilihan transportasi utama.

Foto By @isnansholeh

Sepeda motor biasanya menjadi pilihan karena transportasi ini bisa harus menempuh waktu selama satu jam melewati jalur Imogiri.

Akses jalan menuju ke kawasan wisata Pantai Gesing ini sendiri cukup susah. Sepeda motor bisa menjadi pilihan yang pas.

Akan tetapi menggunakan kendaraan sepeda motor sedikit beresiko. Pasalnya jalurnya menanjak curam dan kelokan-kelokan tajamnya juga bisa membahayakan. Jadi, harus waspada serta ekstra hati-hati.

Aktifitas di Pantai

Ada banyak aktifitas bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika mengunjungi kawasan wisata ini. Bagi yang memiliki hobi memancing, pantai Gesing merupakan tempat yang tepat.

Hal ini memang sudah cukup terkenal di kalangan para pecinta mancing mania yang ingin mencari spot memancing. Dan pantai Gesing merupakan salah satu tempat favorit.

Di sini para wisatawan bisa menemukan spot-spot potensial yang bisa digunakan untuk melampiaskan hobi mereka.

Foto By @danieliqbale

Salah satu spot yang biasa digunakan adalah di atas bukit karang yang kedua sisinya memiliki kontur yang cukup landai sehingga tidak terlalu berbahaya.

Selain memancing, salah satu kegiatan yang tidak bisa dilewatkan di pantai ini adalah berfoto dan mengambil gambar atau video.

Bagi para penggemar dunia fotografi tentu saja Pantai Gesing bisa memberikan kepuasan tersendiri.

Di sekitar pantai ini para turis bisa melihat dan menyaksikan keindahan alam yang eksotis.

Jelas sebuah keasyikan tersendiri ketika disuguhkan keindahan alam dari pantai, tebing, laut hingga perahu-perahu nelayan yang bisa memberikan keunikan tersendiri.

Ada banyak spot untuk berfoto yang bisa memberikan tampilan lebih maksimal, salah satunya tempat berlabuhnya kapal nelayan.

Selain itu di Pantai Gesing ini juga terdapat area memancing yang menyajikan suasana alam yang cukup asri.

Foto By @barbudkus09

Ditambah lagi dengan kedua tebing yang memberikan pemandangan yang cukup eksotis.

Belum lagi pasirnya begitu halus dan air lautnya terlihat biru jernih semakin menambah keindahan dari pantai ini.

Usai memancing dan juga berfoto-foto ria di sekitar pantai, para turis bisa memesan makanan yang tersedia di beberapa warung-warung di sepanjang pantai Gesing ini.

Di warung-warung ini wisatawan bisa memesan menu kuliner seafood khas Wonosari yang siap menggoda lidah.

Foto By @andysiswoyo

Tidak perlu khawatir mengenai menu seafoodnya karena ikan-ikan di sini masih sangat segar dan merupakan hasil tangkapan para nelayan yang tinggal di pantai Gesing.

Para nelayan yang berangkat melaut pada malam hari, akan membawa ikan dalam keadaan segar dan langsung di masak di warung-warung di sepanjang pantai tersebut.

Menariknya lagi para wisatawan bisa membeli ikan secara langsung di tempat pelelangan ikan. Letaknya tidak jauh dari pantai Gesing. Apalagi harganya sangat terjangkau, cukup amanlah di kantong.

Foto By @ferrykrisian27

Menikmati keindahan pantai Gesing dengan menghirup aroma ikan bakar tentu saja menjadi kombinasi yang pas.

Apalagi jika dilanjutkan dengan menyantap aneka kuliner ikan laut yang bisa memberikan kesan liburan menyenangkan. Nah, sungguh menarik bukan?

Tips Berlibur

Ketika mengunjungi pantai Gesing disarankan untuk membawa topi atau penutup kepala.

Pasalnya ketika siang hari, kawasan wisata pantai Gesing ini akan sangat panas dan terik. Bawa juga kacamata hitam yang bisa melindungi mata.

Selain itu bawa krim anti UV agar kulit tidak terbakar. Panasnya ketika siang hari dan di musim kemarau, bisa membuat kepala pusing dan juga kulit terasa kering.

Kamera juga tidak boleh ketinggalan sebab di sini ada banyak spot-spot menarik yang bisa diabadikan. Dengan harga tiket masuk yang masih murah, tentu memberikan paket komplit yang sangat pas.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “Keindahan Pantai Gesing Gunung Kidul Yogyakarta dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.