Romantisnya Sunset di Pantai Pasir Panjang Kupang

Diposting pada
Rate this post

Lokasi: Jl.Timor Raya, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/gee.naa/

Nusa Tenggara Timur. Mendengar namanya saja kita sudah langsung membayangkan pulau-pulau indah nan menawan yang ada di selatan negeri kita ini.

Beberapa tempat mengagumkan juga ada di Provinsi yang berbatasan dengan negara tetangga Timor Leste. Sebut saja Taman Nasional Komodo, kepulauan eksotis dengan hewan uniknya yang hanya ada disini. Naga Komodo.

Juga ada Gunung Tambora di Pulau Flores dengan letusannya yang maha dahsyat di masa silam.

Kemudian ada Danau Kelimutu dengan airnya yang memiliki tiga warna. Sesekali warna air tersebut berubah menurut lapisan dasar danau vulkanis ini

Pantai-pantai di pesisir pulau di provinsi dengan Ibukota Kupang ini terkenal karena keindahannya. Bahkan beberapa diantaranya termasuk yang terbaik di dunia.

foto by instagram.com/rika_ryounaga/

Mengenal NTT tentunya harus tahu juga Kota Kupang yang ada di Pulau Timor bagian barat. Ternyata di Kota Kupang menyimpan banyak spot-spot indah untuk dinikmati.

Pantai-pantai di Kota Kupang sangat indah dan menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu saat senja tiba. Karena lokasinya termasuk di pesisir barat Pulau Timor. Sunset menjadi daya tarik andalan di pesisir barat Kota Kupang.

Termasuk Sunset di Pantai Pasir Panjang. Romantisme segera terpancar oleh kehangatan sinar mentari yang mulai tenggelam di ufuk barat.

foto by instagram.com/renni_wanaly/

Objek wisata ini memiliki hamparan pasir yang memanjang sepanjang 1 km dari satu sisi ke sisi lainnya.

Keelokan pasir putih dan birunya laut membuat Pantai Pasir Panjang menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat kita berada di Kota Kupang.

Jika langit sedang cerah-cerahnya, birunya laut akan memantulkan cahaya gemerlap begitu indah. Serasa berlibur di pulau tropis.

Begitu juga bebatuan karang disepanjang pesisir. Menambah ke-eksotis-an lokasi wisata ini.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini. Selain berjemur kita bisa bermain sepak bola di sepanjang pasir putih dengan anak-anak lokal. Mereka sering terlihat bermain bola disana.

foto by instagram.com/citra.ayuwidya.3/

Ombak yang cenderung tenang menjadikan tempat ini aman untuk berenang. Airnya yang jernih berwarna kebiruan akan memanjakan mata kita selama berenang.

Senja adalah waktu yang dinantikan dipantai ini. Banyak muda-mudi Kota Kupang berkumpul untuk menikmati senja bersama kawan-kawannya.

Suasana Sunset yang sangat romantis dijadikan ajang untuk bermesraan dengan pasangan.

Ketika malam tiba, banyak pedagang makanan menjajakan jualannya di sekitar pantai. Rata-rata menjual ikan bakar segar hasil tangkapan nelayan setempat di hari yang sama.

foto by instagram.com/sonorafm92/

Membayangkan saja sudah terasa luar biasa. Bersantai sambil bersantap ikan bakar segar dan ditemani es kelapa muda bisa membuang stress selepas kerja.

Pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Taman Ria. Menurut sejarah, dahulu pantai ini sempat berjaya karena pemerintah membangun fasilitas berupa family park atau Taman Ria.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat berekreasi dengan tema pantai digabung dengan taman keluarga. Namun karena pengelola bangkrut, lantaran tidak ada retribusi tiket masuk, Taman Ria tersebut terbengkalai dan rusak.

Sebenarnya nama Pantai Pasir Panjang banyak di jadikan nama pantai-pantai lain baik yang ada di Indonesia maupun negeri jiran Malaysia.

Di Kalimantan ada di Singkawang, Kalbar atau Kalimantan Barat beribukota Pontianak.

foto by instagram.com/hengky.dio/

Di Maluku ada Pantai Ngurbloat dan Ngur Sarnadan di Tual, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara beribukota Langgur di Pulau Kei Kecil. Juga Pantai Tial di Ambon

Di Jawa ada di Malang dekat Pantai Ngliyep dan Pulau Sempu. Juga di Pasuruan dekat dengan Grati, Pulau Panjang Jepara dan di Banyuwangi, Jawa Timur. Kemudian di Pulau Sangiang, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten beribukota Serang.

Di Sulawesi ada di Pulau Lembeh, Bitung, Sulawesi Utara beribukota Manado dan di Pulau Labengki, Sulawesi Tenggara. Sedangkan di Sumatra ada di Padang, Bengkulu, Lampung, Belitung.

foto by instagram.com/mikebetaubun/

Di Batam dan Bintan juga ada, termasuk di Pulau Rupat, Bengkalis beribukota di Daik Lingga, kesemuanya di Provinsi Kepulauan Riau.

Sedangkan di Malaysia ada di Mersing Johor, Pulau Redang Terengganu, Port Dickson, Pulau Betong Penang, Pulau Langkawi Kedah, Pantai Remis dan di Chalet, Segari, Lumut Perak.

Lokasi dan akses menuju Pantai Pasir Panjang Kupang

Lokasi Pantai Pasir Panjang berada di alamat Jl. Timor Raya, Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Barat.

Ada berbagai cara untuk menuju lokasi objek wisata ini, bisa berkendara sendiri maupun naik ojek atau angkot.

foto by instagram.com/riorotu/

Dari pusat kota anda dapat berkendara menuju lokasi ke arah barat di Jl.Jend. Sudirman, kemudian berlanjut ke Jl.Moh Hatta dan ambil belok kanan di Jl.Urip Sumoharjo. Lurus hingga anda sampai di Jl. Timor Raya.

Pantai tersebut berada di sisi kiri ruas jalan dan dapat dilihat dengan mudah dari jalan raya. Sepanjang jalan 1 km anda akan disuguhkan pemandangan pantai berpasir putih yang indah.

Jam Operasional dan Fasilitas di Pantai Pasir Panjang

foto by instagram.com/artificialillustrator/

Tidak ada jam operasional resmi karena siapapun dapat mengunjungi tempat ini dalam 24 jam. Begitu juga dengan tarif tiket masuk, gratis. Karena tidak ada pengelola untuk mengelola objek wisata ini.

Walaupun lokasinya masih ada di dalam Kota Kupang. Fasilitas yang ada di tempat ini sangat minim sekali.

Sebagaimana di sebutkan sebelumnya, dulu memang ada fasilitas lengkap berupa taman keluarga. Namun sekarang kondisinya sudah terbengkalai.

Di sepanjang jalan Jl.Timor Raya terdapat hotel atau penginapan untuk menginap para pengunjung. Juga rumah makan yang berjajar. Jadi tidak usah kuatir jika pas berkunjung dan perut terasa lapar.

Sejarah dan asal-usul Kota Kupang

foto by instagram.com/jianmata78/

Kata Kupang berasal dari nama seorang raja yang memerintah daerah itu sebelum kedatangan Bangsa Portugis pada abad 15, yaitu Lai Kopan. Dalam logat Belanda kata tersebut menjadi Koepan dan kemudian menjadi Kupang.

Teluk Kupang merupakan salah satu wilayah perdagangan yang ramai di masa itu. Dengan pelabuhan di kota Kupang sebagai pusat perdagangannya.

Pada tahun 1613 VOC di Batavia mulai melakukan kegiatan perdagangan di wilayah ini. Raja setempat kemudian mengijinkan VOC untuk mendirikan basis perdagangan di Kota Kupang.

Pada tahun 1625 seorang padri Bangsa Portugis mendapatkan hak yang sama dan mendirikan benteng tak jauh dari Kota Kupang.

Lantaran VOC menyadari pentingnya kota pelabuhan tersebut dalam perdagangan regional. Maka direbutlah basis-basis kekuatan Bangsa Portugis di daerah ini hingga kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 (sumber wikipedia).

Untuk selanjutnya Kota Kupang menjadi Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur sampai sekarang.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.