Pantai Sanggar Tulungagung Jatim

Diposting pada
Foto By @risdavirgina

Lokasi: Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur 66283
Map: Klik Disini
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: 0822-3489-7709

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp.5.000 per Orang

Foto By @mauliddianaaw

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai garis pantai yang tersebar di beberapa pulau. Salah satunya adalah Pulau Jawa.

Mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur terdapat berbagai pantai yang berhubungan langsung dengan samudra.

Hal ini tentu saja membuat Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang indah nan menawan dan menjadi incaran para wisatawan terutama turis mancanegara.

Hal tersebut juga tentu sangat membantu dalam hal sumber pemasukan bagi dunia pariwisata Indonesia.

Salah satu kota di Jatim yakni Tulungagung kini menjadi salah satu kota yang memiliki banyak unsur potensial di dunia pariwisata.

Pasalnya, di sini terdapat pantai yang bersinggungan langsung dengan samudra Hindia dan sangat pas untuk dikembangkan menjadi salah satu kawasan wisata alam sebagai pendukung devisa namanya yaitu Pantai Sanggar.

Lokasi Pantai

Foto By @anggie_prisil

Pantai Sanggar terletak di Desa atau Dusun Jengglungharjo Kecamatan Tanggung Gunung Kabupaten Tulung Agung Provinsi Jawa Timur.

Lokasi pantai Sanggar ini berjarak sekitar 30 km dan akan menempuh waktu sekitar 1 jam 45 menit hingga 2 jam jika berangkat dari pusat kota Tulung Agung.

Bahari cantik yang letaknya cukup terpencil ini sering disebut The Dreamland of Tulungagung.

Pantai Sanggar menjadi salah satu pantai unggulan selain pantai Sine, Pantai Coro, Ngalur, Patuk Gebang dan Sioro serta kawasan wisata budaya Klenteng Agung.

Pantai Sanggar ini hanya berjarak sekitar 3 km dari pantai Sine dan menjadi incaran terbaru para wisatawan di tahun 2020.

Pantai Sine berada di sebelah timur dari pantai Sanggar sementara di bagian baratnya terdapat pantai Pathok Gebang.

Foto By @delyawn

Pantai Pathok Gebang sendiri memiliki karakteristik unik ketika air laut sedang pasang para wisatawan bisa melihat ombak yg menjulang tinggi mencapai 15 – 20 meter menabrak karang.

Tidak jauh dari pantai Sanggar terdapat Pantai Ngalur yang memiliki jarak lebih dekat ke pantai Sine dengan jarak sekitar 2,5 km saja.

Kawasan wisata pantai ini juga menyajikan panorama pemandangan yang siap memanjakan para wisatawan.

Rute Menuju Lokasi

Jika ingin menuju ke pantai Sanggar, jalurnya tidak berbeda dengan pantai Sine yang menuju ke arah kecamatan Tanggunggunung.

Foto By @dodykpepe21

Jika bergerak dari pusat kota Tulungagung, perjalanan dilanjutkan menuju ke kecamatan Campurdarat.

Setelah menemui pertigaan pasar Campurdarat ambil arah ke kiri yang mengarah ke pantai Popoh.

Setelah itu bertemu dengan pertigaan SMAN 1 Campurdarat yang berjarak kurang lebih 3 km dari pasar Campurdarat.

Dari pertigaan, ambil arah ke kiri menuju daerah Tanggunggunung. Bagi yang ingin ke pantai Sanggar juga bisa mengikuti jalan utama hingga bertemu dengan pasar Tanggunggunung.

Setelah itu dilanjutkan menuju ke SMPN 1 Tanggunggunung. Di depan SMPN 1 terdapat pertigaan dimana arah ke kanan menuju ke pantai Sanggar.

Dari pertigaan ini terus ikuti jalur utama hingga bertemu dengan gapura yang menandakan tulisan pantai Sanggar.

Tidak jauh dari gapura,ada mushola di sebelah kanan. Jalan atau gang menuju ke pantai Sanggar berada persis di sebelah kanan mushola tersebut.

Foto By @elssya.ptr_

Sayangnya hanya sepeda motor yang bisa memasuki jalan ini. Bagi pengendara mobil kendaraannya sementara bisa diparkirkan di sebelah musholla dan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Akan tetapi jalur ini tidak bisa dilalui pengunjung ketika hujan. Pasalnya, jalurnya cukup terjal dan sulit ditempun karena penuh lumpur.

Hanya motor trail yang bisa memasuki area jalan ini. Sementara di musim panas, sepeda motor adalah transportasi alternatif paling pas.

Akan tetapi harus diperhatikan kondisi motor karena jalur yang dilalui cukup terjal dan berbahaya. Namun untuk menuju ke pantai Sanggar ini bisa diakses dari Surabaya, Blitar maupun kota Malang.

Nah, agar lebih mudah, Kamu bisa menggunakan bantuan Google Map untuk mengakses peta atau denah menuju ke pantai Sanggar.

Keunikan Pantai

Foto By @journeyingjamz

Perjalanan yang lelah dan juga penuh perjuangan ini akan terbayarkan dengan keindahan pesona dari pantai Sanggar.

Pantai sanggar memiliki karakteristik pasir putih halus juga bersih. Air lautnya sendiri pun masih biru jernih, sangat menyegarkan mata deh.

Menarik lagi adalah di sini para wisatawan bisa melihat langsung biota laut yang memenuhi area bawah laut pantai Sanggar.

Para pengunjung bisa melihat ikan-ikan hias kecil, terumbu karang serta bulu babi yang hidup di sekitar bebatuan karang di pantai ini.

Bagi penggemar dengan dunia fotografi, pantai Sanggar ini bisa menjadi salah satu tempat yang pas untuk berfoto, selfie ataupun mengambil gambar dan juga video.

Foto By @journeyingjamz

Hal ini disebabkan pantai Sanggar ini menyajikan keindahan karang-karang yang sangat pas untuk tempat berfoto dengan latar belakang view indah. Ditambah lagi gulungan ombaknya pun cukup besar.

Pantai Sanggar yang disebut sebagai The Dreamland of Tulungagung ini memang memiliki sejarah dan mitos serta misteri tersendiri.

Letaknya yang berada di gugusan selatan pulau Jawa memang membuatnya tidak lepas dari kisah-kisah mistis.

Oleh sebab itu, para pengunjung di harap berhati-hati ketika berenang dan bermain air. Selain faktor mistis, kontur dari laut di pantai Sanggar ini memang cukup terjal.

Fasilitas Yang Ada

Foto By @journeyingjamz

Pantai Sanggar ini belum terjamah oleh pemerintah. Namun begitu para penduduk setempat sudah mengelola dengan cukup baik.

Jadi jangan heran ya jika pantai ini belum didukung dengan fasilitas namun begitu untuk masuk dipatok Rp.5.000/orang.

Selain itu, fasilitas kamar mandi atau kamar bilas juga belum ada jadi jika hendak berenang atau bermain air harus berganti hanya ditutup handuk atau pindah ke tempat yang sepi.

Warung makan juga tidak tersedia di pantai ini. Jadi pengunjung harus membawa sendiri makanan dan minuman agar tidak terlalu repot.

Berkemah Camping

Bagi para backpacker maupun petualang, berkemah menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di tepi pantai yang pernah menjadi tempat syuting My Trip My Adventure ini.

Apalagi pantai yang belum terjamah tersebut masih cukup bersih dan tak terlalu ramai. Hal ini disebabkan karena selalu dirawat oleh penduduk setempat.

Foto By @rosianaros_

Para wisatawan bisa membangun tenda untuk tempat bersantai sembari menunggu waktu senja. Berkemah di Pantai Sanggar menjadi salah satu kegiatan yang cukup menarik.

Tips Berkunjung

Untuk menuju ke pantai Sanggar ini disarankan menggunakan sepeda motor saja. Pasalnya, jika mobil, para wisatawan akan kesulitan untuk memarkir.

Area parkir terdekat ada di Pantai Sine dan jaraknya mencapai 3 km, tentu saja perjalanan menjadi lebih jauh.

Ketika musim hujan, disarankan menggunakan sepatu yang biasa dipakai di outdoor atau sandal gunung.

Pasalnya, jalur menuju ke pantai ini penuh dengan lumpur dan licin. Sehingga sepatu outdoor atau sandal gunung bisa meminimalisir kecelakaan.

Ketika melewati perkebunan warga, disarankan jangan memetik atau merusak tanaman. Meski bertindak sebagai tamu, tetap harus menjaga sopan santun dan perilaku yang tidak merusak sekitar.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Pantai Sanggar Tulungagung Jatim

  1. Sangat bagus banget banget banget hanya saja akses jalannya hanya bisa di lalui sepeda motor itu juga harus motornya bener² kondusif ya jalannya sangat terjal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.