10 Gambar Pulau Rubiah Aceh, Lokasi Alamat, Penginapan Hotel + Keindahan Wisata

Diposting pada
Pulau Rubiah, foto: instagram.com/discoversabang

Lokasi : Pulau Weh, Sabang, Aceh 23524
Map : Klik Disini
HTM : –
Buka/Tutup : Setiap hari 24 jam
Telepon :

Selain terkenal dengan beberapa lokasi wisata baharinya, aceh juga terkenal akan kepemilikannya terhadap beberapa pulau kecil yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata.

Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun kerap menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk sekedar menikmati liburan di pulau tersebut.

Salah satu pulau kecil di aceh yang selalu ramai oleh para pelancong adalah pulau rubiah, pulau yang masih satu bagian dengan pulau weh dan masuk ke dalam wilayah administratif kota sabang provinsi aceh ini, adalah “serpihan surga” bagi para pemburu keindahan bawah laut.

Pulau rubiah adalah pulau kecil tak berpenghuni dengan luas wilayah kurang lebih sekitar 2.600 hektar. Karena tanpa penghuni, kelestarian dan kealamiannya sampai sekarang masih sangat terjaga dengan sangat baik.

Selain menawarkan keindahan taman bawah laut, ia juga memiliki panorama pantai yang menakjubkan. Pasirnya putih bersih, selaras dengan air lautnya yang biru serta gelombang ombaknya yang tenang.

Sejarah nama rubiah

Pemandangan Bawah laut di Sekitar Pulau, foto: instagram.com/thesyasyasya

Ada sebuah kisah masa lalu yang menjadi awal mula dinamainya pulau ini dengan sebutan rubiah.

Pelakonnya adalah seorang wanita salehah bernama rubiah, yang tak lain adalah istri tengku ibrahim. Seoranga guru ngaji sekaligus ulama yang kemudian bergelar tengku iboih.

Begini ceritanya.

Dahulu kala, untuk menyebarkan ajaran islam, para ulama biasanya akan sering berpindah-pindah lokasi dakwah. Setelah selesai berdakwah di sebuah wilayah, sang ulama selanjutnya akan berpindah ke wilayah lain untuk melakukan hal sama.

Begitu juga dengan tengku ibrahim, setelah selesai berdakwah di salah satu daerah di aceh, ia pun berpindah ke daerah bernama pulau weh. Di sini tengku ibrahim menghabiskan agenda dakwahnya dalam waktu sangat lama.

Karena kangen dengan sang suami, siti rubiah akhirnya memutuskan untuk menyusul tengku ibrahim ke pulau weh.

Snorkeling di Pulau Rubiah, Foto: instagram.com/discoversabang

Bertemulah akhirnya siti rubiah dengan suami tercintanya, di sini mereka hidup dalam keharmonisan tanpa ada masalah apapun, hingga suatu ketika, terjadilah cekcok antara siti rubiah dengan tengku ibrahim hingga menyebabkan mereka memutuskan untuk berpisah.

Tengku ibrahim akhirnya menetap di iboih, dan istrinya siti rubiah memilih tinggal di sebuah dataran di seberang pantai iboih. Di sanalah kemudian siti rubiah menjalani hidupnya sampai ajal menjemput, ia pun kemudian juga dimakamkan di sana.

Untuk menghormati siti rubiahlah, akhirnya daerah tempat ia dimakamkan tersebut dinamai dengan pulau rubiah.

Daya tarik pulau rubiah

Keindahan Alam Sektiar Pulau, foto: instagram.com/hazim_act

Pertama kali menjejakkan kaki di sini, mata kita akan langsung dimanjakan dengan indahnya panorama alam.

Selain pemandangan lautan dengan air bersih berbalut pasir pantai putih, terdapat juga beberapa perbukitan dengan tetumbuhan hijau yang nampak berdiri kokoh di atasnya.

Jika menyisir sekitaran pantai, kita juga akan menjumpai puluhan perahu-perahu kecil berlalu lalang menunggu para pelancong untuk menaikinya.

Kemudian di bawah laut, ribuan jenis ikan hias dan aneka spesies terumbu karang sudah menunggu untuk dijelajahi. Di sini akan anda jumpai jenis ikan badu, ikan karang, ikan botana biru, ikan karang dan juga ikan kape-kape. Tentu akan sangat banyak jika harus dituliskan semuanya.

Spesies terumbu karangnya juga tidak kalah beragam. Di sini akan anda temukan terumbu karang berbagai warna, bintang laut hingga anemon laut. Kesemuanya akan menambah semarak aktivitas jelajah taman laut anda nantinya.

Aktivitas di pulau rubiah

Daya Tarik Pulau Rubiah, foto: instagram.com/sujaktrip

Ada beberapa pilihan aktivitas liburan ketika berada di rubiah. Beberapa diantaranya ialah :

  1. Snorkeling dan diving

Snorkeling dan diving adalah dua aktivitas yang tak terpisahkan dengan pulau rubiah. Juga karena aktivitas itulah para pelancong mendatanginya.

Di sini anda bisa menemukan pengalaman snorkeling dan diving dengan sensai berbeda dari tempat lainnya. Menyelam ke dalam lautan, anda akan menjumpai taman bawah laut yang mirip seperti sebuah aquariaum raksasa dengan berbagai macam biota laut menghiasinya.

Selain itu arusnya juga sangat tenang sehingga sangat memungkinkan bagi semua orang untuk mencoba melakukan snorkeling ataupun diving meskipun mereka sama sekali tidak pernah mencobanya di pantai lain.

Pesona Alam yang ada di sekitar, foto: instagram.com/prasetio_aries
  1. Keliling pulau dengan perahu

Selain snorkeling dan diving, aktivitas berkeliling pantai dengan perahu juga banyak dimintai.

Aktivitas ini juga menjadi alternatif bagi para pelancong yang tidak ingin melakukan snorkeling, tapi penasaran ingin melihat seperti bagaiman keindahan taman bawah laut di pantai ini.

Dengan memilih menyewa perahu yang bagian bawahnya dipasangi jendela kaca. Maka para wisatawan sudah bisa mengobati rasa penasaran akan keindahan bawah laut pantai rubiah hanya dari atas perahu.

Jendela kaca yang menghadap permukaan air ditambah dengan jernihnya air laut, membuat kita tidak akan kesulitan untuk bisa melihat dengan jelas suasana di bawah air.

Sepertinya sangat seru bukan ?

Perahu Wisata, foto: instagram.com/prasetio_aries
  1. Berburu foto

Selanjutnya aktivias liburan yang bisa dilakukan ialah berburu foto. Atau mungkin lebih pas jika menyebutnya berburu spot foto.

Di sini anda bisa menemukan banyak sekali spot foto kren, yang pastinya sulit untuk ditemukan di lokasi lain.

Bagi anda yang suka mengabadikan panorama keindahan alam dalam bentuk foto, maka anda bisa bebas memotret apa saja di pantai ini.

Sedangkan jika anda doyan selfie, maka bisa juga berselfi ria dengan banyak pilihan background. Anda bisa selfie berlatar lautan luas, perbukitan hijau ataupun menunggu waktu ketika terbit dan terbenamnya matahari.

Sementara jika ingin berfoto di dalam air bersama ikan-ikan beragam warna dan bentuk. Maka anda pun bisa mencoba berfoto ketika snorkeling dengan kamera under water.

Jika tidak memiliki kameranya, maka anda bisa mendapatkannya di tempat penyewaan kamera under water di dengan biaya sewa tak sampai ratusan ribu.

Fasilitas

Pemandangan di Pulau Rubiah Dari Ketinggian, foto: instagram.com/erwinkonadi88

Pulau rubiah telah dikenal luas dan telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. ia kini menjadi buruan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengisi waktu libur di saat weekend ataupun ketika libur panjang seperti libur idul fitri dan idul adha.

Namun sayang, kepopuleran tersebut belum bisa diimbangi dengan kelengkapan fasilitas. Pengelola terkesan agak lamban dalam membangun dan menambah fasilitas yang sebenarnya sangat diperlukan.

Di sini hanya ada beberapa warung penjual makanan dan minuman serta sebuah penginapan dengan ukuran sangat kecil. terlihat penginapan ini hanya terdiri dari 2 kamar saja. Sangat kontras dengan banyaknya pengujung yang datang.

Namun untungnya, bagi para pencinta snorkeling, diving ataupun yang hobi berfoto tapi tidak memiliki peralatannya, mereka masih bisa melakukan aktivitas-aktivitas ini dengan cara menyewa perlengkapan di tempan penyewaan yang telah disediakan.

Terakhir bagi anda yang muslim. Sebelum menyeberang ke sini sebaiknya anda menyiapkan perlengkapan sholat lengkap termasuk sajadah. Karena di pulau ini belum ada fasilitas untuk ibadah.

Rute menuju ke sana

Salah Satu Fasilitas yang ada di Pulau, foto: instagram.com/adawiyahmy

Untuk sampai di pulau rubiah, rute perjalanan yang bisa anda gunakan ialah memulai perjalanan anda dari kota banda aceh menuju pelabuhan ulee lheue. Perkiraan waktu yang anda butuhkan untuk sampai di pelabuhan ini sekitar 40 menitan.

Dari pelabuhan ulee lheue ini kemudian anda lanjutkan perjalanan menuju pelabuhan balohan yang terletak di pulau weh. Penyeberangan ke pulau weh dari pelabuhan ulee lheue biasanya menggunakan kapal ferry.

Nah di pulau weh, anda kemudian bisa menyewa kendaraan ataupun menaiki angkutan umum untuk menuju pantai iboih yang merupakan pelabuhan penyeberangan terakhir sebelum sampai di rubiah.

Perjalanan dari iboih ke rubiah bisa anda tempuh dalam waktu sekitar 20 menit menggunakan perahu atau boat. Harga tiketnya berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 700.000.

Jam buka tutup dan harga tiket masuk

Keindahan Bawah Laut Pulau Rubiah, foto: instagram.com/like_aceh

Pulau rubiah dibuka setiap hari untuk pengunjung, anda pun bebas untuk mengunjunginya kapan saja. Namun, penyeberangan dari iboih ke sini hanya dilakukan dua kali sehari. Karenanya anda harus menyesuaikan waktu kunjungan dengan jadwal penyeberangan.

Sementara mengenai harga tiket masuk ke pulau rubiah saat ini masih gratis dan nampaknya akan gratis selamanya. Anda hanya akan mengeluarkan uang ketika menyewa peralatan snorkeling dan diving, ataupun ketika akan menyewa kamera under water.

Penutup

Pulau rubiah memang merupakan salah satu lokasi wisata di aceh yang cukup menarik untuk di kunjungi. Apalagi bagi anda yang menyukai snorkeling dan diving, maka sudah tentu tidak boleh melewatkan kunjungan ke pulau ini.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.