gambar By @whiempy

31 Tempat Wisata di Kediri dan Sekitarnya

Diposting pada

Kediri adalah kota terbesar ketiga di Provinsi Jawa Timur yang memiliki luas 63,40 km² dengan jarak 130 km sebelah barat daya Surabaya dan terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan utara sepanjang 7 kilometer.

Kembali ke topik tulisan, kota kediri ini juga dikenal dengan begitu banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Dari wisata religi hingga tempat wisata alam bisa ditemui disini.

Kali ini tim JejakPiknik akan memberikan rekomendasi tempat wisata ketika hendak berkunjung ke Kediri. Apa saja itu? Mari kita simak bersama.

Daftar isi
13 – 20 Pantai Terdekat di Kediri Jawa Timur Yang Terindah
21 – 26 Air Terjun di Kediri, Serta Wisata Alam Rafting / Arung Jeram
27 – 31 Kolam Renang dan Waterpark di Kediri Yang Baru

1. Sendang Tirta Kamandanu

Foto By @ikikedirindaa

Alamat: Menang, Pagu
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
Sepanjang hari

Membahas sejarah kuno di Kediri, Sendang Tirta Kamandanu adalah salah satu tempat yang dipercaya oleh masyarakat lokal sebagai tempat Raja Kediri Prabu Sri Aji Joyoboyo melakukan pensucian disi sebelum beliau mukso ke alam kelanggengan.

Lokasinya yang lebih kurang berjarak 1 km dari Pamuksan Sri Aji Joyoboyo ini memiliki sebuah arca raksasa yaitu Arca Siwa dengan wajah halusnya sambil tersenyum tipis kemudia dipunggungnya berdiri juga Archa Ganesha.

Berkunjung ke Kediri dan mengenal sejarah raja Sri Aji Joyoboyo tentu ke tempat ini adalah hal yang wajib untuk kamu masukkan dalam agenda liburanmu.

2. Menara Asmaul Husna

Alamat: Jalan Hos Cokroaminoto, Ponpes LDII, Burengan
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
07.00 – 23.00 WIB

Alasan kenapa diberikan nama menara Asmaul Husna tidak lain karena ketinggian menara ini sampai dengan 99 meter, yang mana dimaksudkan dengan 99 nama Allah yang wajib kita ketahui.

Menara yang memiliki 23 lantai ini memiliki kubah dengan lapisan emas seberat 60kg. Menara inipun dibangun atas swadaya warga LDII dengan dana hingga Rp.15,8 Milyar.

Untuk saat sekarang, tempat ini menjadi wisata religi yang wajib dikunjungin oleh kebanyakan orang apabila berkunjung ke Kediri, apalagi malam hari.Mengapa?

Karena Menara Asmaul Husna ini adalah ikon dari kota tersebut. Jadi kalau ke Kediri tidak mampir ke sini, kurang afdol rasanya.

3. Kampung Inggris

Alamat: Jl. Brawijaya No.58, Tulungrejo, Pare
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
09.00 – 24.00 WIB
Telepon:
0354 394848

Siapa tidak mengenal spot ini. Tempat dimana ketika kita berada dikampung ini seluruh bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, mulai dari interaksi sesama teman maupun warga lokal.

Jika ingin moncoba untuk mengasah kemampuan bahasa inggris, kalian tidak perlu untuk ke luar negeri, karena di dalam negeri ada kampung pare yang siap untuk mengujinya.

Selain sebagai destinasi wisata, kampung pare ini juga dijadikan tempat untuk pembelajaran orang-orang yang ingin mahir berbahasa inggris.

Dengan banyak terlihat bimbingan-bimbingan belajar disana. Dijamin ilmu bahasa Inggrismu akan lancar saat belajar disini.

4. GKJW Segaran

Foto By @ayu_ronokromo

Alamat: Segaran, Wates.
Koordinat: Klik Disini

GKJW Segaran berdiri pada tanggal 9 Oktober 1876 dimana pada saat itu dilaksanakan baptisan pertama di jemaat. Nama-nama orang yang dibaptis antara lain Pransinah Karyo, Mariyam Karyo.

Pada tahun lalu genap berusia 129 tahun dan memasuki usia yang tergolong tua. Maka tidak heran jika GKJW Segaran mendapat predikat gereja tua.

Meski berusia cukup tua, GKJW Segaran masih memiliki bangunan yang bisa dibilang kokoh. Banyak wisatawan mengunjunginya karena penasaran. Meski cukup legendaris tetapi bangunannya yang masih dibilang modern.

5. Goa Selomangleng

Alamat: Jalan Mastrip, Mojoroto, Pojok.
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp 4.000 / orang
Jam Operasional:
06.30 – 17.00 WIB

Goa Selomangleng adalah objek wisata yang wajib kalian kunjungan ketika kerkunjung ke Jawa Timur, khususnya di Kediri, letaknya sendiri berada di daerah gunung klotok.

Nama Goa Selomangleng memang diambil dari kata selo yang mempunyai arti Batu sedangkan Mangkeng sendiri berarti miring.

Jadi lengkapnya Selomangleng memiliki arti batu yang miring, karena memang letak Goa itu sendiri berada di kaki gunung Klotok yang juga sudah cukup terkenal.

6. Tjoe Hwie Kiong

Alamat: Jl. Yos Sudarso No 148
Koordinat: Klik Disini

Tjoe Hwie Kiong adalah bangunan sebuah kelenteng Tri Dharma yang indah serta terawat. Yg menarik dari spot ini ialah pintu dan temboknya berada di samping Kelenteng itu sendiri.

Paduan warna merah dan kuning yang sangan moncolok pada dinding bermotif susunan bata Kelenteng Tjoe Hwie Kiong ini terlihat sangat unik, serta ornament pada pintu lengkungannya khas oriental.

Hal tersebutlah yang menjadi sejumlah ketertarikan wisatawan untuk berkunjung kesana, serta mencoba untuk mengabadikan gambar Tjoe Hwie Kiong tersebut.

7. Gereja Puhsarang

gambar By @whiempy

Alamat: Jl. Raya Puhsarang, Semen
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 jam
Telepon:
0354 775302

Spot ini adalah Gereja Katolik Roma di desa Puhsarang yang dibangun sekitar tahun 1936 oleh Romo Jan Wolters asal Belanda. Hal menarik disini adalah, terbadapat sebuah Gua Maria di dalam kawasannya.

Gua Maria iniadalah replica dari Gua Maria yang berada di Lourdes, Prancis. Akan tetapi Patung Bunda Maria di Puhsarang lebih tinggi sedikit dari aslinya yaitu 1,75 meter. Hal ini dikarenakan ukuran guanya mencapai 18 meter.

8. Monumen Simpang Lima Gumul

Alamat: Jl. Raya Dadapan, Tugurejo, Ngasem.
Koordinat: Klik Disini

Sebenarnya, simpang lima gumul adalah sebuah persimpangan yang menjadi titik pertemuan antara lima ruas jalan. Di kawasan ini dibangun sebuah menumen yang sangat indah dan patut untuk dijadikan destinasi wisata ketika kita berkunjung ke Kota Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul memiliki luas 804 meter persegi, berketinggian hingga 25 meter. Sedangkan dilantai dasarnya kalian akan menjumpai tiga buah tiang tumpuan setinggi 3 meter. Angka ini merujuk kepada hari lahitnya Kediri yaitu 25 Maret 804.

9. Sumber Ubalan

Alamat: Jarak, Plosoklaten
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp 3.000 – Rp 4000 / orang
Jam Operasional:
Senin – Jumat, pukul 07.15 – 17.00 WIB
Telepon:
0822-3452-1107

Satu lagi wisata Alam di Kediri adalah Sumber Ubalan yang berasa di desa Pojok. Ini adalah salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi ketika weekend tiba.

Walaupun tiket masuknya cukup murah, tapi jangan salah sangka pesona yang dimiliki oleh Sumber Ubalan sungguh sangat menakjubkan.

10. Gua Maria Pohsarang

Foto By @christ.nathn

Alamat: Puhsarang, Semen.
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp 5.500 / orang
Telepon:
0354 777285

Seperti dijelaskan diatas tadi, bahwasanya Gua Maria Pohsarang terletak di dalam lingkungan gereja Pohsarang. Ini disebut sebagai replica dari Gua Maria yang berada di Lourdes, Prancis.

Akan tetapi Patung Bunda Maria di Puhsarang lebih tinggi sedikit dari aslinya yaitu 1,75 meter. Hal ini dikarenakan ukuran gua yang mencapai 18 meter.

Kalau kita berkunjung ke lokasi Gua Maria ini, kita akan menemukan sudut-sudut menarik yang untuk dilewatkan. Bukan hanya guanya saja yang menarik disini, tetapi terdapat juga Gereja Katolik St. Maria yang dibangun pada tahun 1934 silam.

11. Petilasan Sri Aji Jayabaya

Alamat: Menang, Pagu.
Koordinat: Klik Disini

Petilasan Sri Aji Jayabaya merupakan destinasi wisata yang sarat makna histori. Di situs budaya ini, kamu akan diajak untuk mengena kebesaran Sang Prabu yang dikenal dengan ramalannya “Jongko Joyoboyo” tersebut.

Setelah memasuki pintu gerbang masuk, kamu akan menemukan sebuah pendopo. Ada sebuah tengara yang menceritakan tentang pemugaran situs.

Petilasan Sri Aji Jayabaya ini terletak 6 km sebelah utara Simpang Lima Gumul. Mudah sekali untuk dijangkau karena banyak rambu yang menunjukkan arah ke tempat wisata tersebut.

12. Gunung Maskumambang

Alamat: Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
24 jam

Gunung Maskumambang mempunyai udara yang sangat sejuk karena dikelilingi oleh pohon kehijauan yang sangat banyak dan rimbun.

Enaknya lagi disini sudah difasilitasi anak tangga jika didaki melalui jalur barat. Jika kamu datang tepat diatas bukit pada pagi hari, maka akan menemukan indahnya sinar matahari yang sedang terbit.

Tentu saja itu adalah objek foto yang bagus bisa kamu dapatkan. Gunung Maskumambang yang dikelilingi oleh bukit-bukit inig merupakan terusan yang dapat dilihat dari sederet jajaran bukit Gunung Wilis sebelah timur.

Halaman Selanjutnya
13 – 20 Pantai Terdekat di Kediri Jawa Timur Yang Terindah
21 – 26 Air Terjun di Kediri, Serta Wisata Alam Rafting / Arung Jeram
27 – 31 Kolam Renang dan Waterpark di Kediri Yang Baru

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “31 Tempat Wisata di Kediri dan Sekitarnya

  1. Pengen kesemua tempat yang ada disana min. Benar-benar bikin greget semua tempat yang ada disana
    Btw thanks ya min buat infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.