20 Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur Terbaru: Pantai, Air Terjun, Kebun Teh Terkenal Menarik

Diposting pada
Tempat wisata di ngawi jawa timur terbaru nama peta kab kabupaten kota sine magetan madiun gunung liliran pantai air terjun teleng pengantin taman tirtonirmolo waterpark paron jatim daerah keluarga terkenal ada anak daftar macam lokasi gambar biro perjalanan wahana tawun menarik sejarah kebun teh religi malam benteng
Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur (foto: tempatwisatamu.com)

Tahukah kamu di Jawa Timur banyak sekali destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi, salah satunya di Kabupaten Ngawi. Kabupaten ini berada di bagian barat Jatim, berbatasan dengan Magetan disebelah barat dan Kota Madiun di sebelah timur.

Meski tidak ada wisata pantai, tetapi masih banyak sekali tempat menarik yang wajib didatangi, mulai dari wisata alam, tempat sejarah bahkan hingga wisata religi bisa kamu dapati disini. Nah, kali ini kami dari jejakpiknik.com akan merekomendasikan daftar nama, alamat serta lengkap dengan peta koordinat tempat wisata di Ngawi, Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi.

1. Air Terjun Pengantin

Alamat: Sabrang RT.03 / RW.01, Hargomulyo, Ngrambe, Kab Ngawi
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.500 / orang
Jam Operasional:
0898 9489 489
Telepon:
08.00 -17.00 WIB

Air Terjun Pengantin (foto: idnusantara.com)

Tempat wisata ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal. Siapa yang tidak tahu, air terjun ini pernah dijadikan sebuh judul Film Nasional beberapa tahun lalu. Ya, Air Terjun Pengantin. Konon katanya banyak sekali cerita misteri yang ada di air terjun ini sehingga banyak sekali pengunjung yang penasaran.

Lepas dari itu, pemandangan di air terjun Pengantin ini memang tidak bisa dipungkiri keindahannya. Airnya begitu jernih dan bening sehingga banyak sekali para pengunjung yang datang mandi dan bermain air disini. Sebelum sampai ke kesini, kamu harus berjalan kaki karena jalanannya tidak bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor.

2. Air Terjun Srambang

Lokasi: Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo
Map:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
Rp 5.000 / orang
Buka Tutup:
09.00 – 15.00 WIB

Air Terjun Srambang (foto: pasangmata.com)

Air Terjun Srambang ini terletak didaerah Girimulyo, Jogorogo. Lokasinya berada didalam sebuah desa sehingga untuk dapat sampai ke air terjun ini kamu harus berjalan kaki kurang lebih 30 sampai 45 menit. Diperjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Banyak sekali pohon-pohon pinus mengelilinya sehingga membuat udara begitu dingin dan sejuk.

Sesampai disana jangan lupa untuk mengambil gambar untuk kenang-kenangan, serta merasakan segarnya air terjun. Jika kamu lapar dan haus jangan kawatir, karena di dekat lokasi sudah ada warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Tiket masuk yang harus kamu bayar cukup murah, hanya dengan 5 ribu kamu bisa langsung masuk sekaligus dengan biaya parkir motor.

3. Air Terjun Suwono

Alamat: Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe
Peta:
Klik Disini
HTM:
Rp 3.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB
Nomer Telpon:
0823 3828 6699

Air Terjun Suwono (foto: ngawitourism.com)

Satu lagi wisata alam air terjun yang ada di Ngawi, dan tentu saja tidak kalah indahnya. Tepatnya berada di Kecamatan Ngrambe. Air Terjun Suwono, berada di lereng gunung sehingga membuat udara begitu sejuk ditambah lagi dengan pemandangan pedesaan yang menjadi daya tarik tersendiri. Jaraknya cukup dekat dengan pasar Ngrambe, kurang lebih 7 km dan bisa ditempuh dengan motor atau mobil.

Tiket masuk di air tejun ini sangat murah, yaitu 3 ribu rupiah per orang. Tetapi belum ada fasilitas yang pendukung disini, jadi kamu harus mempersiakan dari luar. Seperti makanan ringan dan minuman.

4. Air Terjun Teleng

Lokasi: Hutan Jogorogo
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB
No Telp:
0858 5335 3555

Air Terjun Teleng (foto: donisetyawan.com)

Selain ketiga air terjun yang kita bahas sebelumnya, masih ada satu lagi yang harus kamu kunjungi di Ngawi. Air Terjun Teleng namanya. Selain air terjun, juga ada lapangan yang biasa dipakai sebagai bumi perkemahan. Tempat ini selalu ramai, bahkan selain hari libur. Terdapat fasilitas lain seperti kolam renang anak dan dewasa.

Air terjun Teleng ini berada di kaki Gunung Lawu. Jika beruntung, kamu akan dapat menemui gerombolan kera di sepanjang tempat wisata. Tetapi tenang saja, kera-kera tersebut tidak akan mengganggu perjalanan kamu. Pemandangan akan lebih indah jika kamu datang di pagi hari, kabut yang datang bersama suara aliran air terjun menyempurnakan keindahan yang ada di Air Terjun Teleng.

5. Kebun Teh Jamus

Alamat: Girikerto, Sine
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 8.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Kebun Teh Jamus (foto: kampoengngawi.com)

Tak hanya bangunan yang indah menjadi peninggalan sebuah sejarah, kebun the pun tak mau kalah. Ya, Kebun Teh Jamus ini juga salah satunya, sebagai peninggalan penjajahan Belanda dan masih terawat hingga sekarang. Selain menghasilkan teh yang lezat, di puncak kebun pun memiliki pemandangan yang sangat indah.

Tiket masuk menuju Kebun Teh ini sangat murah, hanya perlu membayar 8 ribu rupiah saja. Aksesnya juga sangat mudah, jalannya sudah beraspal meski hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua.

6. Waterpark Tirtonirmolo

Alamat: Jl. Raya Ngawi – Madiun KM. 7, Tempuran, Kec. Paron
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 15.000 / orang
Jam Operasional:
07.00 – 17.00 WIB
Telepon:
0351 745581

Waterpark Tirtonirmolo (foto: teluklove.com)

Tempat wisata selanjutnya yaitu permainan air. Waterpark Tirtonirmolo memiliki wahana permainan air yang sangat menarik. Cocok sekali jika kamu berkunjung kesini berasa keluarga dan kerabat. Berbagai wahana tersebut adalah kolam renang anak, kolam mandi bola, kolam arus, kolam kuda laut dan masih banyak yang lainnya.

Selain wahana air, fasilitas terbaru yang dimiliki Waterpark Tirtonirmolo ini adalah permainan flying fox, jungle train, motor ATV, Bianglala dan yang lainnya. Dijamin kamu pasti akan senang dan puas, karena tiket yang perlu dibayar sangat murah yaitu hanya 15 ribu rupiah saja.

7. Taman Wisata Tawun

Alamat: Jl. Ngawi-Caruban, Tawun, Kasreman
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
07.00 – 17.00 WIB

Taman Wisata Tawun (foto: siagangawi.com)

Taman Wisata Tawun ini sudah cukup terkenal ditelinga masyarakat Ngawi. Nama lain dari taman ini adalah Bukit Tawun Ketawang Indah atau BTKI. Dari waktu ke waktu taman ini cukup berkembang dengan baik karena dikelola langsung oleh pemerintah setempat. Banyak sekali yang diperbaiki disini sehingga banyak sekali pengunjung yang datang.

Selain taman, banyak sekali tempat wisata yang ada disini seperti danau buatan dan kolam renang. Biasanya tempat ini ramai ketika menjelang malam. Suasana matahari terbit di danau ini sungguh sangat indah. Kamu juga dapat menyewa perahu untuk sekedar berkeliling danau menikmati udara yang segar.

8. Waduk Pondok

Alamat: Desa Gandong, Kecamatan Bringin
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.000
Jam Operasional:
24 jam

Waduk Pondok (foto: panoramio.com)

Di Desa Gendong memiliki tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Waduk Pondok. Hamparan air yang sangat luar membuat suasana begitu sejuk dan nyaman. Serta terdapat banyak sekali warung apung yang menawarkan menu khas Kabupaten Ngawi akan memanjakan perut kamu. Menu yang paling terkenal adalah masaka olaha ikan, seperti gurame, nila, tawes, dan patin.

Banyak sekali agen dan biro perjalanan menyelipkan jadwal kunjungannya ke Waduk Pondok yang cukup terkenal ini. Untuk dapat sampai ke lokasi, kamu harus melewati Jalan Raya Ngawi – Caruban km 12.

9. Benteng Van Den Bosch

Alamat: Jl. Untung Suropati, Pelem
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 25.000 / orang
Jam Operasional:
07.00 – 17.00 WIB

Benteng Van Den Bosch (foto: telusurindonesia.com)

Tempat wisata kali ini merupakan sebuah peninggalan dari pemerintahan Hindia Belanda. Hingga kini bangunan ini masih berdiri kokoh. Dari kejauhan bangunan ini nampak seperti yang ada di Negara Roma. Sangat indah dan pas sekali jika kamu hobi fotografi sempatkan untuk mampir kesini. Lokasinya berada di Jalan Untung Suropati.

Selain disuguhi pemandangan eksotis dari bangunan sejarah, di tempat ini juga ada taman bermain. Jadi disini cocok sekali sebagai tempat rekreasi keluarga karena selalu tampak ramai baik dari para pengunjung luar kota maupun warga setempat. Kamu hanya perlu membeli tiket masuk sebesar 25 ribu per orangnya.

10. Wisata Watu Jonggol

Alamat: Pandansari, Sine
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB
Telepon:
0823 3447 1413

Wisata Watu Jonggol (foto: gunungwarak.com)

Watu Jonggol Sine ini berada di Desa Pandansari, Kecamatan Sine. Seperti biasa diperlukan persiapan yang cukup karena jalannya cukup curam dan terdiri dari beberapa tanjakan. Tetapi setelah lelah dengan perjalanannya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Serta banyak macam fasilitas yang ada, seperti kolam renang. Uniknya kolam renang ini berasal dari sumber mata air pegunungan.

Selain ada kebun the disana, kamu bisa berkeliling melihat indahnya pemandangan dari puncak. Jangan lupa untuk mengambil foto dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah. Tiket masuknya cukup murah yaitu hanya 5 ribu rupiah saja.

11. Gunung Liliran

Alamat: Tulakan, Kecamatan Sine
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
RP 2.500 / orang

Gunung Liliran (foto: kulinerwisata.com)

Sebagai onjek wisata yang dikenal dengan pemandangan indha dan udara sejuk membuat Gunung Liliran Tak pernah sepi pengunjung. Uniknya, di daerah Gunung Liliran ini juga terdapat banyaknya pohon bambu yang selalu ramai menjadi objek pengambil foto. Banyak sekali komunitas pecinta fotografi berkumpul disini.

Meski di Gunung Liliran memiliki cerita yang sangat terkenal dengan Legenda Joko Budug. Pada zaman dahulu Joko Budug adalah seorang yang pandai menyembunyikan penyakit, bahkan oleh putri dari sang raja. Hingga akhirnya wafat dan dimakamkan di daerah Gunung Liliran.

12. Pesanggrahan Srigati

Alamat: Jl. JA Suprapto No.27, Ketanggi
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 10.000 / orang
Telepon:
0351 744057

Pesanggrahan Srigati (foto: kampoengngawi.com)

Ketika mendengar tempat Pesanggrahan Srigati banyak masyarakat Ngawi langsung memberikan sebuah cerita tentang tempat yang angker. Menurut warga setempat Srigati adalah adalah tempat pusat makhluk halus. Pada hari-hari tertentu sering diadakan upacara ritual. Tetapi seiring berjalannya waktu, tempat ini sudah ramai. Banyak yang beranggapan bahwa tempat ini sudah tidak angker. Banyak para pengunjung berdatangan yang penasaran dengan tempat ini.

13. Monumen Soerjo

Alamat: Jalan Raya Solo – Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor
Koordinat: 
Klik Disini

Monumen Soerjo (foto: wikimedia.org)

Soerjo adalah Gubernur Jawa Timur yang pertama dan dibunuh oleh pasuka PKI pada zama dahulu. Untuk mengenang jasa yang sudah beliau lakukan, masyarakat Ngawi mambangun Monumen ini dan dijadikan tempat wisata dikalangan semua orang. Tempatnya sangat strategis membuat monumen ini sngat mudah ditemui dan ramai pengunjung.

14. Museum Trinil

Alamat: Pilang, Kawu, Kedunggalar, Wonokerto
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 15.00 WIB

Museum Trinil (foto: antok-hermawan.blogspot.com)

Museum Trinil dibangun oleh seseorang yang bernama Wirodiharjo. Sejak tahun 1967 ia mengumpulkan beberapa fosil yang ia temui dan kemudian disimpan dirumahnya. Lokasinya berada di Dusun Pilang Kecamatan Kedunggalar. Tak jauh dari pusat kota hanya berjarak sekitar 15 km.

Fosil yang ada di museum ini diantaranya tanduk kerbau, tanduk banteng, gading gaah dan banyaknya gigi manusia purba. Nah untuk kamu yang suka sejarah dan penasaran tentang fosil di jaman purba, rasanya ini adalah tempat yang pas untuk kamu datangi.

15. Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Alamat: Dusun Dirgo, Desa Walikukun, Kec Widodaren
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
09.00 – 16.00 WIB

Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat (foto: ngawitourism.com)

Dr. Radjiman Wedyodiningrat adalah seorang tokoh pergerakan di Indonesia, beliau adalah pimpinan dari Budi Utomo. Selain itu Dr. Radjiman Wedyodiningrat adalah salah satu orang memperjuangkan terbentuknya Negara Republik Indonesia.

Dr. Radjiman Wedyodiningrat datang ke Ngawi, yang tepatnya di Desa Walikukun pada tahun 1935 dan membeli sebuah rumah. Sampai pada akhirnya di tahun 1951 beliau wafat, sehingga rumah yang beliau huni sampai saat ini masih ada dan dijadikan sebagai tempat wisata sejarah oleh pemerintah setempat.

16. Pemandian Tawun

Alamat: Tawun, Kecamatan Kasreman
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WIB

Pemandian Tawun (foto: tempatwisatakeluarga.com)

Pemandian Tawun adalah sebuah tempat wisata air yang berasal dari sumber asli. Meski sering digunakan bermain air uniknya pemandian ini tak pernah surut dan selalu bersih. Sumber air ini biasa disebut sendang oleh warga sekitar. Selain itu sumber mata air ini masih dipakai oleh para petani sebagai pengairan sawah. Maka dari itu kadang ditempat ini juga diadakan upacara adat tradisional sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan.

Lokasi pemandian ini berada di Desa Tawun, memiliki jarak 7 km dari timur Kota Ngawi. Jalannya mudah dilalui karena sudah masuk di jalan raya beraspal.

17. Industri Gamelan

Alamat: Desa Mojo, Kecamatan Bringin
Koordinat: 
Klik Disini

Industri Gamelan (foto: tempatwisatakeluarga.com)

Gamelan adalah salah satu ciri khas dari Bangsa Indonesia, bahkan sudah diakui oleh mancanegara. Siapa yang menyangka bahwa di Kabupaten Ngawi juga ada pusat pembuatan Gamelan. Tepatnya berada di Desa Mojo, Kecamatan Bringin. Bahannya yang digunakan untuk membuat Gamelan ini terbuat dari perunggu yang memiliki kualitas super dan kuningan. Industri ini juga sudah sampai ke luar Jawa, seperti Kalimantan dan Bali.

18. Kerajinan Jati Gembol

Alamat: Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan
Koordinat: 
Klik Disini

Kerajinan Jati Gembol (foto: kampoengngawi.com)

Di Ngawi kamu juga dapat menemukan pusat kerajinan yang sudah terkenal. Pusat kerajinan tersebut berada di Kerajinan Gembol Jati. Tak jarang banyak wisatawan asing pun sering datang kesini untuk membeli hasil kerajinan dai Kota Ngawi tersebut. Bahannya berasal dari tonggak kayu jati yang suda tua kemudian diukir sesuai permintaan pembeli.

Jangan salah, kerajinan ini sudah sampai ke seluruh Indonesia, seperti Jogjakarta, Semarang, Bali dll.

19. Pertapaan Jaka Tarub

Alamat: Widodaren, Kecamatan Gerih
Koordinat: 
Klik Disini

Pertapaan Jaka Tarub (foto: jawatimuran.wordpress.com)

Wisata bersejarah lainnya yang ada di Kabupaten Ngawi yaitu tempat Pertapaan Jaka Tarub. Siapa yang tak tau Jaka Tarub, legenda dari kisah yang sangat fenomenal ini menjadi daya tarik tersendiri di Kabupaten Ngawi. Banyak yang meyakini bahwa sendang ini adalah tempat dimana 7 bidadari dan Jaka Tarub ini bertemu.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, maka kamu wajib mengunjungi tempat ini jika datang ke Ngawi.

20. Masjid Agung Baiturrahman

Alamat: Margomulyo, Kabupaten Ngawi
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
24 jam

Masjid Agung Baiturrahman (foto: pegipegi.com)

Mengunjungi dan berwisata ke kota Ngawi tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke masjid yang ada di pusat kota ini. Masjid Agung Baiturrahman namanya. Berada di sekitar alun-alun membuat masjid ini mudah dikunjungi. Selain untuk beribadah tak jarang masjid ini dikunjungi untuk melihat-lihat indahnya interior dan desainnya.

Arsitektur yang ditunjukkan menggunakan khas Jawa. Terlihat dari kejauhan nampak menara dan kubah yang begitu besar. Di bagian depan terdapat sebuah serambi dimana lantai dan dindingnya terbuat dari marmer.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.