gambar By @irhamfaridh

15 Tempat Wisata di NTT Yang Terkenal

Diposting pada

Indonesia memang sudah sangat terkenal dengan Pulau Bali. Tapi seakan tak mau kalah, Nusa Tenggara Timur atau NTT juga berlomba ingin memperkenalkan pariwisata terbaiknya.

Banyak cara yang dilakukan, seperti acara Internasional Tour de Flores dan Pulau Komodo yang sudah mendunia. NTT yang bertetangga dengan Pulau Bali di sebelah kiri dan NTB disebelah kanan ini memiliki akses yang sangat mudah untuk dijangkau.

Destinasi wisata di NTT sangat banyak sekali, jadi kamu tak perlu kawatir memilih tempat untuk menghabiskan hari libur. Dari wisata laut, daratan hingga tempat-tempat bersejarah akan kamu temukan disini.

Banyak tempat yang memiliki potensi terbaik dan akan membuatmu takjub akan keindahan alamnya. Jika kamu baru pertama kali ke NTT, tak perlu kawatir, sekarang sudah banyak sekali agen travel yang menawarkan paket wisata untuk kesana.

Dalam kesempatan kali ini,kami akan memberikan rekomendasi daftar nama tujuan wisata di NTT yang terkenal dan terbaik, lengkap dengan deskripsi, alamat serta titik koordinatnya. Apa saja? Mari kita simak bersama.

1. Pulau Komodo

Foto By @kamil_dubfire

Alamat: Komodo, Manggarai Barat
Koordinat:
Klik Disini

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo, bahkan tempat wisata ini sudah sangat dikenal dunia karena masuk dalam tujuh keunggulan di dunia. Selain itu, ada banyak pula destinasi menarik di sekitarnya seperti Laut, Bukit dan pantai menawan.

Disini, kamu bisa melihat langsung bagaimana pola kehidupannya komodo di alam bebas. Selain itu kamu dapat mendaki ke bukit Ara untuk menyaksikan kawanan komodo dari atas ketinggian.

Banyak sekali paket tour yang menawarkan liburan kesini dengan harga yang murah. Jadi kamu tidak perlu kawatir. Biasanya semua paketnya sudah termasuk dengan biaya transpor serta penginapan.

2. Pulau Kera

Foto By @stephentimothy__

Lokasi: Kupang, Nusa Tenggara Timur
Map:
Klik Disini

Meski diberi nama demikian bukan berarti di pulau ini banyak monyetnya, bahkan jumlah penduduk yang menghuninya juga tidak banyak, bisa dihitung dengan jari.

Awalnya namanya adalah Pulau Kerang. Dinamakan seperti itu karena kejernihan air lautnya, sehingga kerang-kerang yang ada di dalam nampak dan terlihat, tetapi entah kenapa lama kelamaan huruf “ng” hilang menjadi Kera.

Untuk sampai ke Pulau Kerang kita harusk menyewa sebuah perahu dan butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan jika kamu berangkat dari Bolok. Sesampai disana kamu akan disambut hangat oleh penduduk lokal

3. Labuan Bajo

Foto By @ladyofwander

Alamat: Komodo, Manggarai Barat
Peta:
Klik Disini

Labuan Bajo bukan melulu tentang Komodo, tetapi masih ada lainnya. Seiring berkembangnya zaman, kini Laboan Bajo semakin maju. Pemerintah setempat membangun akses dan fasilitas yang sangat baik bagi para wisatawan.

Wisatawan yang datang bukan hanya dari penduduk lokal saja, ada juga dari luar pulau bahkan mancanegara. Bahkan sekarang, sudah ada banyak sekali tour and travel yang menawarkan paket liburan untuk memberi kemudahan bagi para pengunjung.

4. Pantai Neam

Alamat: Desa Bean, Kec. Buyusari, Kota Kupang
Koordinat:
Klik Disini

Pantai Neam juga tak boleh terlewat untuk dikunjungi saat datang ke Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang begitu indah ditambah dengan pasir putih yang begitu cantik membuat para pengunjung betah dan nyaman berlama-lama disini.

Apalagi ombak di Pantai Neam ini cukup besar, jadi untuk kamu yang ingin merasakan permainan selancar bisa datang ke spot tersebut

Bahkan ada banyak hotel dan penginapan di sinim jadi tak perlu khawatir jika ingin bermalam di Pantai Neam. Suasana di malam di sini juga tak kalah keren, beberapa event pun kerap diadakan untuk menghibur wisatawan disana.

5. Danau Sano Nggoang

Foto By @pegi_pegi

Alamat: Wae Sano, Sano Nggoang, Manggarai Barat
Koordinat:
Klik Disini

Danau Sano Nggoang di kawasan Hutan Mbeliling ini termasuk danau vulkanik yang di berperan sebagai sumber air di daerah sekitar yaitu Laboan Bajo. Banyak warga menggantungkan kebutuhan airnya dari tempat tersebut.

Selain sebagai sumber air, Danau Sano Nggoang juga dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata. Buat kamu yang mau berendam dalam air panas, spot tersebut bisa dijadikan alternatif.

6. Danau Kelimutu

Foto By @burhanbaritonnew

Alamat: Desa Koanara, Detusoko Barat, Kabupaten Ende
Koordinat:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
Rp 20.000 / orang

Jika kamu ingat gambar yang ada di uang pecahan 10 ribu maka inilah tempat sesungguhnya, yaitu Danau Kelimutu. Sudah banyak yang mengakui bahwa pemandangan di danau tersebut sungguh indah.

Salah satu keunikannya yang tidak dimiliki danau lain adalah memiliki tiga warna yang berbeda. Kamu akan takjub akan pesona yang dimiliki oleh spot tersebut.

Danau Kelimut ini sendiri berlokasi di Desa Koanara. Cukup mudah untuk diakses dari Kota Ende karena jaraknya hanya sekitar 65 km atau 80 km dari Maumere.

7. Pulau Alor

Foto By @ninda_felina

Alamat: Kota Kalabahi, NTT
Koordinat:
Klik Disini

Surga tersembunyi lainnya yang ada di NTT adalah Pulau Alor. Banyak wisatawan lokal bahkan turis mancanegara sudah mengenal tempat ini karena tak sedikit situs bahasa inggris yang menceritakan keindahan pulau kecil tersebut

Pulau ini adalah tempat diving terbaik yang pernah ada. Air yang bening serta banyaknya ikan berwana-warni menjadi daya tarik tersendiri bagi objek tersebut. Pemandangan bawah lautnya disebut-sebut memang paling keren.

8. Rumah Adat dan Pasola

Alamat: Pulau Sumba
Koordinat:
Klik Disini

Nusa Tenggara Timur juga tidak ketinggalan dengan adat dan budayanya yang perlu diketahui. Salah satunya adalah Rumah Budaya Sumba atau RBS.

Di setiap desa yang ada di Sumba membangun rumah adat dengan tujuan tetap melestarikan dan mengembangkan budaya daerah setempat.

Di Rumah Adat Sumba ini setiap hari selalu diadakan cara kesenian. Kamu dapat menyaksikan beberapa atraksi yang ditampilkan dan mungkin bakal terpesona akan kekayaan yang dimiliki Indonesia di wilayah timur ini.

9. Pink Beach

Foto By @endijuariah

Alamat: Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat
Koordinat:
Klik Disini

Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki keunggulan tersendiri dibanding objek lainnya, karena pasir yang ada di bibir pantainya berwarna merah muda atau pink.

Spot tersebut sudah terkenal dikalangan kalangan turis asing, bahkan menjadi salah satu dari beberapa daftar pantai yang memiliki pasir merah muda di dunia.

Bagi para pecinta wisata alam bahari, tempat ini sangat cocok dikunjungi karena selain memiliki keunikan pasir merah muda, pesona pemandangannya pun begitu indah.

Jadi saat berkunjung kesini, jangan lupa untuk bawa kamera ya, supaya bisa berfoto-foto dengan latar keindahannya. Dijamin deh, saat kamu mengunggahnya ke media sosial, pasti akan dapat banyak like.

10. Air Terjun Oenesu

Foto By @siegfrid_cloud

Alamat: Kelurahan Oenesu, Kec. Kupang Barat
Koordinat:
Klik Disini

Wisatan lain yang patut dikunjungi selain pantai di NTT adalah air terjun Oenesu. Lokasi spot ini tepatnya berada di Kabupaten Kupang. Objek yang terdiri dari empat lapisan tersebut memiliki debit yg cukup besar meskipun musim kemarau tiba.

Karena objek wisata ini sungguh luar biasa maka tak sedikit pengunjung senang berburu gambar-gambar fotogenik disini. Menurut tim Jejajpiknik.com air terjun tersebut adalah spot terbagus diantara air terjun yang ada di NTT.

11. Pantai Nembrala

Alamat: Nemberala, Kec. Rote Timur, Kab. Rote Ndao
Koordinat:
Klik Disini

Ingin merasakan ombak yang begitu besar saat berselancar? Pantai Nembrala adalah tempat paling pas. Terbukti, banyak sekali wisatawan asing dan lokal menantang serunya bermain ombak untukdisini.

Pantai Nembrala ini sudah berskala internasional loh untuk permainan selancarnya, jadi jangan heran jika yang datang kesini kebanyakan turis-turis bule.

Selain berselancar, masih banyak lagi permainan air yang ditawarkan disini seperti jet ski dan banana boat. Dengan harga yang berbeda-beda kamu bisa meminjam semua perlatan yang memang sudah disipakan.

12. Benteng Makes

Foto By @nexenbere

Alamat: Desa Dirun, Kec. Lamanen, Kab. Atambua
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional Buka Tutup:
06.00 – 16.00 WITA

Di NTT uga ada tempat wisata bersejarah lainnya yang bisa kamu kunjungi, contohnya seperti Benteng Makes. Lokasinya terletak di kaki gunung Lakaan, Kabupaten Atambu dan dikenal warga sebagai warisan budaya kuno dari nenek moyang.

Benteng Makes tersebut memiliki lapisan berjumlah 7 lapis. Selain itu di tempat ini, kamu juga dapat merasakan indahnya pemandangan di sekitarnya.

13. Air Terjun Noelaku

Alamat: Desa Noelaku, Soe, Kab. Timor Tengah Selatan
Koordinat:
Klik Disini

Di kawasan Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan atau TTS juga terdapat sebuah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Air terjun Noelaku namanya.

Air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya, lantaran di belakangnya terdapat sebuah goa berbentuk seperti lambang hati. Masih belum banyak yang berkunung ke tempat tersebut karena masih terbilang objek baru.

14. Pulau Padar

gambar By @irhamfaridh

Alamat: Taman Nasional Komodo, Kab. Manggarai Barat
Koordinat:
Klik Disini

Pulau Padar masih tergolong wilayah Taman Nasional Komodo dan juga diterima sebagai Situs Warisan Budaya Dunia yang telah diakui oleh UNESCO. Kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga dengan hal itu. Maka jangan terlewatkan datang jika kamu ke NTT.

Banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan disini, seperti snorkeling, berenang dan lainnya. Uniknya lagi, di sekitar Pulau Padar tersebut terdapat beberapa pulau kecil yang mengelilingi.

15. Pulau Kanawa

Alamat: Pasir Putih, Komodo, Kab. Manggarai Barat
Koordinat:
Klik Disini
Nomor Telepon:
0385 41252

Pulau Kanawa memiliki jarak sekitar kurang lebih 15 kilometer dari Labuan Bajo. Tempat wisata ini sudah sangat terkenal di dunia karena juga termasuk kawasan Taman Nasional Komodo.

Memiliki luas sekitar 32 hektar serta ditumbuhi belukar dan banyak yang bilang seperti dialek Italia yang sangat indah. Birunya air lautnya membuatnya semakin tampak menawan, ditambah dengan warna hijau di bibir pantainya, seakan menambah kesempurnaannya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

4 thoughts on “15 Tempat Wisata di NTT Yang Terkenal

  1. makasih kak rekomendasi tempatnya, sangat membantu sekali. Kunjungi juga ya website kita paketwisatabantul.com

  2. Kak, perkenalkan nama sy Jayden. Sy tinggal di AS.
    Sy ingin mempromosikan wisata2 tanah air disini. Kebetulan sy bnyk berinteraksi dgn masy yg sering bepergian ke mancanegara. Kak, kalau punya relasi yg menjalankan usaha Tur & Travel boleh dikenalkan ke sy. Sy ingin jd marketing agent disini dimn sy bantu carikan wisatawan2. Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.