gambar By @wisatasalatiga

36 Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya

Diposting pada

Salatiga merupakan bagian dari provinsi Jawa Tengah. Letaknya berdekatan dengan Semarang dan menjadi salah satu kota yang sejuk karena berada di lereng timur gunung Merbabu.

Untuk urusan tempat wisata tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak objek menarik yang bisa didatangi saat menyambanginya. Berikut 36 destinasi wisata di Salatiga yang mungkin bisa dijadikan pilihan.

1. Pemandian Kalitaman

Foto By @jaiz_efendi

Alamat: Jalan Kalitaman, Tingkir, Kutowinangun Kidul, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711
Jam Operasional: Setiap Hari kecuali Hari Kamis tutup pukul 06.00-17.00
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: Klik Disini

Mencari kolam renang dengan air yang berasal dari mata air pegunungan? Pemandian Kalitaman akan menjadi salah satu destinasi yang patut dikunjungi.

Air yang berasal dari mata air pegungungan tentu akan membuat terasa segar dan sehat. Tempat ini juga memiliki tempat bermain untuk anak.

Suasana yang rindang sangat pas untuk bersantai bersama keluarga. Apalagi di sini sering menjadi tempat lomba renang antar daerah, jadi pasti akan merasakan sensasi yang berbeda.

2. Atlantic Dreamland

Lokasi: Jalan Soekarno Hatta, Isep-Isep, Cebongan, Argomulyo 50736
Buka Tutup: Senin-Jumat 09.00-17.00; Sabtu-Minggu 08.30-17.30
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000 – Rp 20.00 atau Rp 55.000 untuk terusan
Nomer Telp: (0298) 322157
Map: Klik Disini

Atlantic Dreamland merupakan destinasi wisata semacam dunia fantasinya kota Salatiga. Tak hanya menyuguhkan wahana air moderen tetapi juga berbagai permainan yang ada di dufan Ancol Jakarta.

Tempat ini tentu sangat cocok jika ingin mengajak liburan keluarga dan anak-anak karena konsepnya sebagai wisata taman bermain.

Kolam renang di tempat ini menjadi yang paling diminati karena untuk semua kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa.

3. Umbul Sidomukti

Alamat: Jetis, Bandungan 50614
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00 – 22.00
HTM: Rp 5.000 – Rp 100.000
No. Telp: 0828-9203-1261
Peta: Klik Disini

Kolam renang bertingkat ini berada di puncak ketinggian yakni kolam renang Umbul Sidomukti. Sensasi pemandangan alam terbuka dari ketinggian tentu akan membuat wisatawan penalaman berenang yang berbeda.

Saat cuaca cerah pemandangannya akan semakin memanjakan wisatawan untuk berlama-lama berada di lokasi ini.

Tingkatan pada kolam renang ini dibagi empat sesuai dengan kedalamannya. Selain itu, di sini juga menyediakan flying fox bagi yang ingin merasakan meluncur dari atas bukit untuk mendapat pemandangan hijau yang lebih mempesona.

4. Pemandian Air Alam Muncul

Foto By @mad.n_fajri

Alamat: Jalan Raya Muncul, Rowoboni, Banyubiru 50664
Jam Operasional: Senin – Minggu 05.00-17.00
Tarif: Rp 5.000 – Rp 10.000
Telepon: 0856-4055-8392
Koordinat: Klik Disini

Pemandian Air Alam Muncul merupakan wisata kolam renang yang sumber airnya berasal dari dalam tanah. Hal ini tentu membuar airnya menjadi sangat jernih. Selain itu, saat mengunjunginya, kamu akan mendapati arca dan situs bersejarah di tepi kolamnya.

5. Agro Wisata Salib Putih

Alamat: Jl Raya Salatiga-Kopeng Km 4
Telepon: (0298) 325498, 316648, 316650
Koordinat: Klik Disini

Kamu mencari tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam khas pegunungan? Mmaka agrowisata Salib putih menjadi pilihan paling tepat.

Letaknya di kaki gunung Merbabu sehingga memberikan suguhan panorama di sekitar perkebunan cengkeh, kopi dan kapuk randu. Selain itu disediakan juga area camping ground sehingga kamu bisa melakukan outbond.

Suguhan lain yang bisa didapatkan dari Salib Putih ini pemandangan Rawa Pening dan kota Salatiga. Di lokasi ini juga sudah banyak tersedia penginapan jadi tak perlu kebingungan jika ingin mengajak keluarga menginap.

6. Museum Kereta Api Ambarawa

Alamat: Jl. Stasiun No. 1, Panjang 50614
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00 – 17.00
Tarif: Rp 5.000 – Rp 10.000
Telepon: (0298) 591035
Koordinat: Klik Disini

Awalnya spot ini merupakan stasiun kereta api komersial seperti yang lainnya. Tetapi sekarang sudah dialih fungsikan jadi museum. Meski begitu, wisatawan masih tetap bisa mencoba menaiki kereta api tenaga uapnya.

Tetapi ketika ingin menaiki kereta uap harus dengan rombogan supaya bisa memenuhi satu gerbong. Museum ini merupakan salah satu peninggalan zaman Belanda, sehingga wisatawan bisa melihat lokomotif yang digunakan pada saat itu.

7. Rawa Pening

Foto By @parisset_

Alamat: Rw. Pening, Waduk Rawapening
Jam Operasional: 08.30-21.00
Tarif: Rp 2.500
Koordinat: Klik Disini

Waduk Rawa Pening pasti sudah tidak asing lagi. Destinasi wisata berupa danau yang penuh dengan tumbuhan enceng gondok. Lokasi ini menempati 3 wilayah yakni Salatiga, Ungaran dan Ambarawa.

Suasana yang pas untuk menikmati keindahan alam Rawa Pening saat pagi dan sore hari. Bisa juga dengan menyewa perahu yang sudah disediakan untuk mengelilingi danau. Bagi yang para pemburu fotografi alam maka Rawa Pening tidak boleh dilewatkan begitu saja.

8. Taman Wisata Kopeng

Alamat: Jl. Raya Salatiga – Magelang KM. 15, Kopeng, Getasan 50774
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-16.30
Tarif: Rp 10.000
Telepon: (0298) 318344
Koordinat: Klik Disini

Wisata alam Kopeng tentu sangat tidak asing. Letaknya yang berada di kaki gunung Merbabu tentu memiliki ciri khas tersendiri karena nuansa alam pegunungan yang sangat menawan. Wujudnya yang kini menjadi taman wisata tentu menambah daya tarik destinasi tersebut.

Ada beberapa wahana yang disajikan disini seperti permainan petualangan dengan biaya Rp 110.000 untuk anak-anak dan Rp 160.000 buat orang dewasa. Jika ingin berlama-lama menikmati suasana alam Kopeng, penginapan juga sudah banyak tersedia di sekitar sana.

9. Mata Air Senjoyo

Alamat: Jl. Senjoyo IV, Gendongan, Tingkir 50743
Koordinat: Klik Disini

Letak kota Salatiga yang berdekatan dengan Merbabu tentu membuat sebagian airnya berasal dari pegunungan. Sumber mata air Senjoyo digunakan sebagai sumber air di kota Salatiga termasuk saluran irigasi sungai. Tempatnya sangat ramai ketika pagi dan sore hari.

Pengunjung bisa puas mandi dengan menggunakan mata Air Senjoyo. Airnya yang jernih tentu menjadi pemikat bagi wisatawan untuk datang ke tempat ini.

10. Bukit Cinta

Foto By @like_semarang

Alamat: Kebondowo, Banyubiru 50664
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp 6.000 – Rp 7.500 / orang
Koordinat: Klik Disini

Jika sudah mengunjungi danau Rawa Pening, maka Bukit Cinta tak boleh dilupakan. Sebab letak keduanya berdekatan. Saat hendak memasuki area bukit, kamu bakal disuguhi kepala ular besar yang berusaha melingkari bukit tersebut bahkan ekornya hampir bersentuhan.

Simbol kepala dan ekor yang berusaha melingkar ini berasal dari legenda Rawa Pening itu sendiri. Eksotis pemandangan perbukitan hijau serta pepohonan pinus tentu membuat suasana di sekitarnya menjadi sangat menyegarkan.

11. Umbul Songo

Alamat: Kopeng, Getasan 50774
Koordinat: Klik Disini

Air terjun Umbul Songo adalah destinasi wisata Salatiga yang berlokasi di Kopeng. Tempat ini memang belum banyak terekspos sehingga membuat area di sekitarnya masih sangat terjaga. Objek alam dengan ketinggian hampir 15 meter tersebut suasananya sangat asri .

12. Gunung Telomoyo

Alamat: Seloprojo Ngablak
Koordinat: Klik Disini

Melihat pemandangan dari atas gunung dengan menggunakan kendaraan? Gunung Telomoyo akan menjadi pilihan yang tepat. Jalanan menuju puncak sudah beraspal, wisatawan bisa mendaki tanpa melulu berjalan kaki.

Puncak Telomoyo merupakan tempat landasan paralayang sehingga jalanan pun dibuat sudah lebih mudah dari kebanyakan gunung lainnya.

Dari atas puncak Telomoyo wisatawan akan disuguhi deretan gunung tinggi lain seperti Lawu, Sumbing, Sindoro, Prau bahkan dari atas luasnya danau Rawa Pening juga akan terlihat.

Selama perjalanan menuju puncak Telomoyo pemandangan alam kota Salatiga, kabupaten Magelang dan Semarang akan menjadi suguhan yang sangat memanjakan mata.

Tak sulit untuk mencapai puncak hanya dengan kendaraan bermotor selama 15-30 menit saja, maka kamu akan langsung sampai puncak Telomoyo dan disambut stasiun Telkom serta landasan paralayang.

13. Arrowhead Park

Alamat: Tegalwaton, Tengaran 50775
Jam Operasional: Selasa-Minggu Pagi 07.00 – 12.00; Sore 15.00 – 17.00
Telepon: (0298) 7174332
Koordinat: Klik Disini

Arrowhead Park yang berada di tengah-tengah pedesaan Tegal Waton ini menawarkan suguhan pemandangan alam desa yang masih asri, hijau, dan rindang.

Untuk yang ingin mencoba olahraga berkuda, maka tempat ini wajib dikunjungi. Tak perlu takut, karena kamu akan didampingi staf ahli atau pawangnya.

14. Desa Wisata Tingkir Lor

Foto By @thisiswulanjarii

Alamat: Tingkir Lor Tingkir Kota Salatiga
Koordinat: Klik Disini

Tempat wisata di perbatasan Salatiga ini dikenal memiliki nilai sejarah. Konon katanya, spot tersebut merupakan tempat tinggal Jaka Tikir, pemuda yang pernah menjadi Sultan di Kasultanan Pajang. Namun kini sudah mengalami banyak perkembangan guna menarik banyak wisatawan.

Gelar desa wisata diperoleh karena rata-rata penduduknya memiliki sektor UMKM bidang konveksi dan telah disulap menjadi lokasi perbelanjaan barang-barang murah. Disini, kamu juga bisa menjumpai atraksi unik yang menggunakan alat blek(kaleng bekas).

15. Cagar Budaya Prasasti Plumpungan

Alamat: Kauman Kidul, Sidorejo 50712
Koordinat: Klik Disini

Destinasi wisata sejarah yang tak boleh ketinggalan saat berada di kota Salatiga ialah cagar budaya Prasasti Plumpungan di Kauman Kidul, Sidorejo.

Prasasti berbahasa sansekerta bertuliskan Shir Astu Swasti Prajabyah yang artinya adalah semoga selamat dan sejahtera rakyat ini sekalian menjadi bukti adanya kota Salatiga pada saat itu.

Daerah tersebut bahkan juga dikenal sebagai penghasil batik. Tak hanya berbelanja, disini wisatawan juga bisa belajar membuat batik sendiri.

16. Agrowisata Kue Kering Saga

Alamat: Jl Fatmawati Salatiga
Koordinat: Klik Disini

Agrowisata kue kering Sagu atau lebih dikenal dengan sebutan Saga merupakan tempat mencari oleh-oleh khas Salatiga. Aneka snack tersedia banyak di sini dan pengunjung juga bisa melihat langsung bagaimana pembuatan kuenya.

17. Kopeng Camping Ground

Alamat: Sumogawe, Getasan 50774
Telepon: 0856-4185-5585
Koordinat: Klik Disini

Mencari tempat kemping bersama teman atau keluarga, maka Kopeng Camping Ground bisa menjadi pilihan. Tidak perlu kerepotan membawa perlengkapan kemah karena semua perlengkapan sudah tersedia. Memiliki suhu rata-rata 16 °-20° C, membuat suasana disekitarnya cenderung dingin.

18. Kopeng Paintball

Foto By @bijemujiatma

Alamat: Jl. Raya Kopeng, Batur, Getasan 50774
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp 5.000 – Rp 150.000
Telepon: (024) 8316800
Koordinat: Klik Disini

Ingin mencoba permainan perang dengan peralatan dan perlengkapan khusus, Kopeng Paintball patut disambangi saat berada di Jawa Tengah.

Outbond satu ini memang menjadi tren dan favorit di zaman sekarang. Meski begitu perlu pengawasan serta kedisipilinan untuk memainkannya.

Tak perlu khawatir karena semua perlengkapan dan alat sudah sangat aman sesuai standar. Wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin mencari pengalaman baru ataupun untuk sekedar melepas stres.

19. Kopeng Treetop Adventure

Alamat: Jl. Raya Kopeng, Batur, Getasan 50774
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp 110.00 – Rp 450.000
Telepon: (024) 8316800
Koordinat: Klik Disini

Kopeng Treetop Adventure juga salah satu wahana outbond. Outbond yang biasa ada di luar negeri seperti Inggris, Jepang dan banyak lagi ada di sini.

Pecinta petualangan outbond yang ingin bergelantungan dari pohon satu ke pohon lainnya dengan berbagai tantangan ,maka tempat ini menjadi pilihan yang tepat.

Total 8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flying fox, giant tarzan jump akan memuaskan pengalaman pengunjung mencari sensasi menyenangkan dan memacu adrenalin.

Selama melakukan pendakian, kamu tak akan bosan karena suguhan pemandangan alam yang ditawarkan akan membuat pikiranmu semakin fresh.

20. Goa Rung Tungtang

Alamat: Jl. Raya Tuntang-Beringin KM 2, Desa Delik, Kec. Tuntang
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-17.00
Tarif: Rp 5.000
Telepon: (0298) 340111
Koordinat: Klik Disini

Goa Rung di kecamatan Tungtang ini memiliki konsep wisata berada di puncak bukit ditengah perkebunan karet. Dari atas wisatawan bisa melihat pemandangan dari gardu pandang, gazebo atau saung.

Tentu pemandangan dari atas ketinggian merupakan panorama alam yang sangat eksotis. Goa Rung sendiri berada tak jauh dari atas bukit. Berada di atas jalan menuju puncak gunung Rung.

21. Goa Maria Pereng

Alamat: Dusun Jampelan, Desa Getasan, Sumogawe 50774
Koordinat: Klik Disini

Goa Maria Pereng akan menjadi lokasi yang tepat bagi umat nasrani untuk mencari ketenangan sekaligus ziarah. Spot ini biasanya akan sangat ramai dikunjungi pada bulan Mei dan Oktober untuk berziarah.

Letaknya sendiri berada di lereng gunung Merbabu sehingga nama pereng atau miring menjadi salah satu alasan pemberian namanya.

Tempatnya pun sangat tenang dan sejuk untuk berdiam diri atau berdoa. Daya tarik lain dari tempat yang tak pernah sepi ini adalah adanya belik atau mata air yang selalu mengalir.

22. Gunung Merbabu

Foto By @megapanca

Alamat: Suroteleng Selo
Koordinat: Klik Disini

Bagi para wisatawan yang mempunyai hobi mendaki, pasti gunung Merbabu sudah tak asing lagi. Ya, spot pendakian ini berada ditenah-tengah antara kabupaten Boyolali, kabupaten Semarang dan provinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu termasuk gunung terindah di Indonesia dan termasuk salah satu spot pendakian yang cukup sulit untuk dilalui.

Bila ingin mencoba mendakinya, perlu mempersiapkan kondisi fisik dan mental. Setibanya di puncak suguhan kota Semarang dan Salatiga akan menjadi pemandangan yang sangat luar biasa. Tak hanya itu, gunung merapi juga akan nampak dari atas spot tersebut.

23. Tlogo Plantation

Alamat: Jl. Raya Tuntang-Beringin KM. 2, Delik, Tuntang 50773
Telepon: (0298) 340111
Koordinat: Klik Disini

Tlogo Plantation merupakan obyek wisata perkebunan kopi serta wahana aktivitas perkebunan untuk anak-anak. Tempat ini juga berupa resort penginapan yang luas dengan pemandangan alam sejuk.

Fasilitas yang ditawarkan pun tak perlu diragukan, sebab ada banyak permainan untuk anak-anak dan area outbond. Pokoknya, cocok deh untuk menghabiskan liburan panjang bersama keluarga.

24. Hutan Pinus Kayon

Alamat: Dusun Krangkeng desa Batur Kecamatan Getasan
Koordinat: Klik Disini

Wisata hutan Pinus Kayon ini memang bukan di Salatiga. Namun begitu, tak ada lsahanya jika dimasukkan dalam daftar kunjung berwisata. Karena letaknya tidak terlalu jauh dan masih berada di sekitar lereng Merbabu, dengan nuansasangat teduh.

Lokasinya yang hijau tentu akan membuat setiap pengunjung betah berlama-lama duduk bersantai sambil berfoto sambil menghabiskan sore hari disini.

Akan lebih menyenangkan jika membawa rombongan berpiknik dibawah pohon dengan menggelar tikar ditemani aneka camilan. Tak jauh dari hutan pinus ada sumber mata air yang sangat jernih sehingga menambah kesejukan saat cuaca sedang panas.

25. Lapangan Pancasila

Alamat: Kalicacing, Sidomukti, 50724
Koordinat: Klik Disini

Bagi yang ingin mencari tempat santai di pusat kota, maka lapangan Pancasila ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Spot ini sangat asri dan sejuk, cocok buat bersantai sambil menikmati kuliner. Bahkan pas untuk olahraga.

Sering di lapangan Pancasila ini dijadikan tempat untuk mengadakan berbagai event seperti pesta rakyat, pagelaran seni dan budaya. Ketika malam tiba, berbagai kuliner rakyat akan bertebaran di sekitar lapangan.

26. Candi Klero

Foto By @wisatausa

Alamat: Klero, Tengaran 50775
Telepon: 0857-2508-2012
Koordinat: Klik Disini

Candi Klero berada pinggir jalan penghubung Boyolali dan Salatiga. Spot peninggalan jaman Hindu ini termasuk yang belum banyak terekspos karena bentuknya berupa candi tunggal. Letaknya sendiri berada ditengah desa dengan aneka pohon yang menjulang tinggi

Sekilas benuknya mirip dengan candi Sambisari yang ada di Yogyakarta. Meski begitu tempat ini tetap layak dijadikan tempat berwisata untuk mengenal sejarah yang perlu dilestarikan.

27. Bukit Harapan Cuntel

Alamat: Cuntel, Kopeng, Getasan 50774
Tarif: Rp 2.000
Telepon: +65 9103 6505
Koordinat: Klik Disini

Bukit Harapan Cuntel ini berlokasi di jalur pendakian Merbabu. Objek tersebut menyuguhkan ikon sebatang pohon karang yang kering. Di atas pohon telah disediakan tempat duduk untuk melihat pemandangan sekitar.

Lokasinya tidak terlalu sulit untuk dijangkau dengan kendaraan. Destinasi wisata ini sebenarnya merupakan perkebunan seorang warga yang kini telah disulap untuk dijadikan obyek wisata.

Saat cuaca sedang bagus pengunjung akan mendapat sugguhan pemandangan alam berupa gunung Andong dan Telomoyo yang nampak jelas.

28. Kebun Bunga Bandungan

Alamat: Jalan P. Diponegoro, Jetis, Bandungan 50614
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-18.00
Tarif: Rp 7.500/orang
Koordinat: Klik Disini

Kebun bunga Bandungan ini memang sedang menjadi destinasi favorit. Perkebunan milik Setya Aji Flower Fram tersebut menjadi viral di media sosial. Menyuguhi aneka bunga krisan, membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Lokasinya sangat ikonik untuk dijadikan tempat hunting foto. Paling enak mengunjunginya adalah ketika pagi hari karena bisa membuat mata segar bersamaan cuaca matahari yang menyinarinya.

29. Gunung Slamet

Alamat: Gunungsari Pulosari
Koordinat: Klik Disini

Bagi pecinta alam, tentu tak boleh melewatkan Slamet Mountain, yakni gunung tertingi di provinsi Jawa Tengah dengan beberapa kawasan hutan. Spot tersebut juga termasuk tujuan yang paling poupler loh karena ada banyak wisata menarik di dalamnya.

30. Pohon Pengantin

gambar By @wisatasalatiga

Alamat: Pulutan, Sidorejo 50714
Koordinat: Klik Disini

Wisata satu ini lumayan hits dikalangan anak muda. Letaknya ditengah hamparan sawah luas sehingga pohonnya sangat mencolok.

Bagi yang hobi fotografi tentu akan sangat menarik untuk menjadikan obyek tersebut sebagai tempat hunting foto-foto yang instagenik.

Pohon ini juga memiliki salah satu daya tarik tersendiri, dimana bentuknya melengkung dengan dahan-dahan rimbun. Saat senja mulai tiba, pemandangannya akan nampak semakin menarik.

31. Taman Kelinci

Alamat: Jl. Raya Muncul KM. 7, Kalibeji, Tuntang 50664
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00 – 16.00
Tarif: Rp 65.000 – Rp 185.000
Telepon: 081931988252 – 085640534850 pin 512B02DB
Koordinat: Klik Disini

Wisata keluarga Taman Kelinci ini sangat cocok sebagai wisata edukasi bersama keluarga dan anak. Sebab, ada banyak permainan edukasi yang ditawarkan, bahkan kolam renang pun turut dihadirkan.

Di tempat ini juga ada area perkebunan yang nantinya akan menjadi tempat pembelajaran untuk anak-anak. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari kolam renang pemandian Alam Muncul sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

32. Siwarak Tirto Argo

Alamat: Jl. Tirto Argo RT.04 / RW.08, Nyatnyono 50551
Jam Operasional: Kamis-Senin 06.30 – 17.30
Tarif: Rp 10.000
Telepon: 0812-2927-2707
Koordinat: Klik Disini

Destinasi kolam renang tirto argo Siwarak berada jauh dari Salatiga, tepatnya berada di daerah Ungaran Barat. Kolam renang ini cukup menarik karena berasal dari mata air pegunungan Ungaran sehingga airnya sangat jernih dan segar.

Pemandangan juga sangat sejuk sekalipun letaknya berada di pusat kota. Dan banyak yang bilang, ini adalah kolam renang paling bersih dan rendah kaporit karena airnya langsung dari pegunungan.

33. Podo Podo Aquarium

Alamat: JL. Kartini, No. 29 D, Salatiga, Sidorejo 50711
Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00 – 17.00
Telepon: (0298) 327390
Koordinat: Klik Disini

Wisata Podo-Podo Aquarium tak hanya menjual aneka ikan hias. Tempat tersebut juga meyajikan bagaimana pembuatan aneka akuarium. Bagi yang hobi atau hendak memelihara ikan maka spot ini menjadi pilihan yang pas.

Ikan hias yang dijual ada berbagai jenis, harganya juga terjangkau. Di samping itu juga menyediakan aneka makanan untuk ikan. Tentu dengan kualitas tak akan membuat kecewa.

34. Puncak Kenteng Songo

Foto By @dery_bimantara

Alamat: Ngagrong, Ampel 57352
Koordinat: Klik Disini

Keindahan negeri di atas awan, maka puncak Kenteng Songo menjadi tempat untuk menyaksikan salah satu keagungan Tuhan akan alam.

Kenteng Songo merupakan puncak tertinggi dari gunung Merbabu yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa eksotis. Meski memiliki beragam cerita misteri, namun tak mengurangi rasa penasaran untuk bisa sampai ke tempat ini oleh para pendaki.

35. Wisata Langen Tirta Muncul

Alamat: JL. Ambarawa, Muncul, Rowoboni, Banyubiru 50664
Jam Operasional: Senin-Minggu 09.00 – 17.00
Tarif: Rp 3.000
Telepon: (0298) 5992999
Koordinat: Klik Disini

Wisata Langen Tirta Muncul ini terletak tidak jauh darikolam renang pemandian Muncul dan hadir menawarkan spot edukasi.

Tempat yang menawarkan rekreasi wisata alam serta taman pendidikan bagi anak-anak ini juga menyediakan kolam pemancingan ikan, yg menarik untuk disambangi.

36. Benteng Pendem Ambarawa

Alamat: Lodoyong 50611
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00 – 16.30
Koordinat: Klik Disini

Ingin merasakan sensasi wisata buatan Belanda yang ekostis? Benteng Pendem Ambarawa atau benteng Fort Willem I adalah pilihan paling tepat untuk dikunjungi.

Ini dahulu digunakan sebagai benteng pertahanan dan juga sebagai siasat perang. Bentuknya yang penuh warisan sejarah sangat menarik untuk disambangi.

Meski kelihatnya terlihat seperti bangunan tua yang kotor namun tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Jadi jangan sampai tidak datang ke tempat ini saat di Ambarawa ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “36 Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.