gambar By @pajokka_liar

15 Tempat Wisata di Toraja Sulawesi Selatan

Diposting pada

Toraja merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang sudah sering didengar namanya di telinga para wisatawan di seluruh nusantara.

Bagaimana tidak, Toraja terkenal dengan beberapa tradisi serta budaya yang unik dan masih kental. Selain itu di daerah ini juga sangat banyak sekali ditemukan tempat-tempat wisata yang begitu indah dan eksotis.

Berikut ini kami akan rekomendasikan beberapa daftar nama tujuan tempat wisata terbaik yang ada di Toraja, Sulsel terbaru di tahun 2020 yang wajib kamu datangi.

1. Kete Kesu

Foto By @mufidnazih

Alamat: Pantanakan Lolo, Kesu, Tanah Toraja
Koordinat:
Klik Disini
Operasional:
24 Jam

Kete Kesu merupakan salah satu desa wisata di Tanah Toraja yang kerap menjadi objek wisata karena memiliki pemandangan menarik, seperti kompleks rumah adat atau yang sering disebut dengan Tongkonan.

Nah di Tongkonan ini sering dijadikan tempat menyimpan mayat sebelum dikubur. Di Kete Kesu juga terdapat sebuah bukit yang katanya dipenuhi dengan benda-benda purbakala berusia ratusan tahun.

Selain itu, terdapat pula goa-goa kecil yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan mayat tanpa dikubur. Jika kamu merasa tertantang dan penasaran maka tak ada salahnya untuk mengunjunginya.

2. Londa

Foto By @briggiepetronella

Lokasi: Lembang Sangbua. Kesu, Kec. Tadongkon, Kabupaten Toraja Utara
Map:
Klik Disini
Buka Tutup:
08.00 – 17.00 WITA

Londa adalah sebuah makam yang ada di Toraja, tentu saja tempat ini wajib kamu kunjungi. Spot tersebut dikenal dengan wisata religi. Berkunjung kesana akan terlihat ada banyak orang-orang yang datang berdoa untuk para arwah yang dimakamkan disana.

Tempatnya strategis dan mudah dijangkau. Sekitar kurang lebih hanya 7 km jika kamu berangkat dari Kota Rantepo. Banyak akses yang bisa kamu gunakan untuk menuju kesana seperti ojek dan rental kendaraan.

Meski agak mistis, tapi karena dikelilingi pegunungan membuat hawa di sekitarnya cenderung sejuk. Ada pula tebing yang digunakan sebagai letak dari peti mati. Terkesan artistik, jangan sampai lupa untuk berburu foto sebagai kenang-kenangan.

3. Batutumonga

Alamat: Jalan Simpang Batutumonga Tikala, Sesean Matallo, Kab. Toraja Utara
Peta:
Klik Disini

Pernah mendengar negeri diatas awan? Datang saja ke Batutumonga. Ternyata istilah tersebut memang benar adanya.Mengapa?

Pasalnya, kamu akan melihat hamparan awan luas dari puncak seperti luasnya lautan, sangat cantik. Sama halnya seperti film kartun dulu yang terkenal, bukit teletubbies juga dijadikan julukan untuk spot tersebut.

Lokasinya berada di lereng Gunung Sesean dan berjarak kurang lebih 25 km dari Kota Rantepao dan 10 km dari Lolai. Ini memang bukan di puncak gunungnya, tetapi dari sini kamu bisa melihat sawah, langit, serta kabut awan.

4. Kalimbuang Bori

Foto By @wonderful.sulsel

Alamat: Desa Bori, Kec. Sesean
Koordinat:
Klik Disini

Objek Wisata Kalimbuang Bori ini merupakan sebuah situs purbakala berupa kuburan. Di tempat ini juga sering dilakukan upacara khusus kematian.

Dipenuhi dengan batu-batu yang berdiri membuatnya terkesan eksotis, namun sangat bagus untuk dijadikan lokasi hunting foto.

Sebenarnya batu-batu ini digunakan sebagai pengikat hewan-hewan yang akan disembelih saat upacara, entah itu babi, sapi, kerbau ataupun anoa. Dari cerita masyarakat setempat usia bebatuan tersebut sudah lebih dari ratusan tahun loh!

5. Ollon

gambar By @pajokka_liar

Alamat: Ollon, Bau, Bonggakaradeng
Koordinat:
Klik Disini
Operasional:
24 Jam

Ollon merupakan objek wisata alam kesukaan anak-anak sebab bukitnya yang begitu luas membuat mereka bebas dan leluasa bermain. Lokasinya sendiri berada di Desa Bau, Kecamatan Bonggakadeng.

Jika berangkat dari Kota Makale jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 45 km dan bisa dijangkau dalam waktu 1 jam.Selain anak-anak , juga banyak sekali komunitas dan keluarga yang menghabiskan liburannya disini.

Tak sedikit pula yang berkemah untuk merasakan indahnya pesona alam dan udara sejuk di malam hari. Banyak juga yang mengambil gambar karena memilki latar belakang bagus buat dijadikan objek photo.

6. Tongkongan Pallawa

Alamat: Desa Pallawa, Tana Toraja
Koordinat:
Klik Disini

Di Toraja memang ada banyak sekali tempat untuk melakukan upacara tradisi di masing-masing daerah yang mereka tempati. Salah satunya di Desa Pallawa.

Desa Pallawa ini juga memiliki Tongkongan, yaitu sebuah rumah dari leluhur yang digunakan untuk menyimpan jenazah dan umumnya dibangun berbentuk rumah adat dengan atap yang menyerupai perahu dan disusun dengan bambu.

Selain itu, disamping Tongkongan tersebut kerap digunakan sebagai tempat menyimpan padi atau lumbung. Kamu wajib mengunjunginya nih!

7. Museum Ne’ Gandeng

Foto By @tondok.toraya

Alamat: Desa Pelangi, Tagasari, Kecamatan Balusu
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 10.000 per Orang

Yayasan Keluarga Besar Ne’ Gandeng adalah naungan untuk Museum Ne’ Gandeng, salah satu leluhur tertua di Tanah Toraja. Museum ini terbangun dari Ne’ Gandeng yang merupakan pribadi dengan kepedulian terhadap budaya dan masyarakat sekitar.

Kemudian tak lama kemudian ide untuk membangun museum disini muncul dari leluhur selanjutnya sebagai bentuk penghormatan kematian Ne’ Gandeng. Serta beberapa pondok memang dipersiapkan untuk pemakaman warga Toraja.

8. Air Terjun Tujuh Tingkat

Foto By @brian_kalvary

Alamat: Desa Kalean, Marintang Simbuang, Kecamatan Mengkendek
Koordinat:
Klik Disini

Dari namanya saja pasti sudah ketebak kalau spot ini memiliki keunikan tersendiri yaitu ada tujuh tingkatan di air terjun tersebut. Dengan ketinggian yang berbeda-beda menghasilkan debit sangat besar sehingga membuat air yang turun bisa dirasakan dari kejauhan.

Air yang mengalir disini sangat bersih dan jernih, maka dari itu banyak sekali para pengunjung yang datang untuk mandi dan berenang. Selain itu panorama dan pemandangan yang disajikan juga sangat indah.

9. Air Terjun Sarambu Assing

Alamat: Lembang Patongloan, Kec. Bittuang
Koordinat:
Klik Disini

Belum puas dengan wisata alam di Toraja? Tenang saja, masih ada lagi rekomendasik untuk kamu, yaitu Air Terjun Sarambu Assing. Tepatnya berada di Lembang Patongan Kecamatan Bittung.

Air terjun ini berasal dari sumber mata air di pegunungan, sehingga airnya terasa dingin dan segar. Kamu pun bisa mandi dan berenang di spot tersebut.

Tetapi karena tergolong wisata baru dan masih berada di pelosok jadi akses menuju air terjun ini masih belum maksimal. Jalan yang masih setapak tidak memungkinkan membawa kendaraan bermotor.

10. Tana Toraja

Foto By @miracletoraja_official

Alamat: Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Koordinat:
Klik Disini

Dikenal dengan masyarakat yang mempunyai kepercayaan yang kuat dengan tradisi, aturan dan ritualnya, Tana Toraja menjadi tempat yang paling wajib didatangi.

Selain dapat menemukan banyak hal-hal baru, tentu saja kamu juga bisa sambil belajar tentang budaya lain yang ada di Indonesia. Nah, menarik kan?

Beberapa pagelaran festival biasanya dilakukan disini di bulan Desember. Bukan hanya wisatawan domestik, turis asing pun tak sedikit yang datang ke Tana Toraja untuk menyaksikan pertunjukkan budaya dan upacara adat yang akan digelar.

11. Limbong

Foto By @jjs_makassar

Alamat: Desa Limbong, Kecamatan Rantepao
Koordinat:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
Rp 10.000 per Orang

Di desa Limbong terdapat sebuah tempat wisata pemandian alam, namanya yaitu Kolam Alam Limbong. Untuk bisa sampai ke spot ini agak menantang dan dibutuhkan fisik kuat, karena kamu perlu mendaki beberapa anak tangga.

Sesampainya di kolam Limbong, kamu akan takjub dengan keindahan kolam. Airnya begitu jernih dan bersih banyak tebing tinggi di sekitarnya.

Meskipun air kolam ini masih memiliki cerita-cerita mistis tak sedikit pengunjung yang senang mengunjunginya, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan suka menceburkan diri ke kolam.

12. Makam Goa Londa

Alamat: Londa, Kecamatan Rantepao
Koordinat:
Klik Disini

Meski diberi nama demikain tapi tempat ini tidak berbentuk seperti goa pada umumnya karena spot tersebut merupakan salah satu makam yang sangat dikenal di Toraja.

Meski berupa sebuah pemakaman, kamu tidak perlu takut dengan cerita mistis yang ada. Buktinya, tempat ini dijadikan obyek wisata dan dibuka oleh umum.

Jika ingin masuk ke dalam goa, kamu hanya perlu menyewa petromak yang dimiliki warga setempat dengan membayar 25 ribu rupiah. Sejumlah tengkorak-tengkorak manusia akan menjadi suguhan pemandangan yg ditemukan saat masu ke dalamnya.

13. Marante Tondon

Foto By @davhowie

Alamat: Jalan poros Makasar – Palopo
Koordinat:
Klik Disini

Di Toraja, kekuatan budaya serta tradisinya yang cukup kental masih dilakukan sampai sekarang. Beberapa tempat pemakaman juga banyak disini, selain beberapa yang sudah kita bahas sebelumnya ada juga Marante Tondon.

Tempat ini juga dibuka untuk umum, jadi kamu bisa datang dan menyaksikan beberapa benda-benda sejarah yang ada. Memiliki letak cukup strategis, tak heran bila banyak sekali wisatawan senang datang kesini.

14. Lemo

Alamat: Jalan Poros Makale – Rantepao, Kecamatan Makale Utara
Koordinat:
Klik Disini

Objek wisata lainnya yang masih mengangkat budaya Toraja adalah Lemo. Spot ini dikenal sebagai rumah para arwah oleh warga sekitar. Ketika sampai di tempat tersebut, kamu akan langsungmelihat beberapa jenazah yang disimpan, baik yg ada di terbuka ataupun tertutup.

Meski tempat ini dikenal dengan wisata misteri, masih banyak juga pengunjung yang datang kemari untuk mengobati rasa penasarannya. Lokasi Lemo sendiri tidak jauh dari Kota Makale, banyak sekali akses yang menawarkan untuk bisa kesini.

15. Lokomata

Foto By @tourmakassartoraja

Alamat: Sesean Matallo, Suloara, Kabupaten Toraja Utara
Koordinat:
Klik Disini

Tidak berbeda dengan pemakaman lainnya di Toraja. Lokomata juga dikenal sebagai tempat menyimpan jenazah. Uniknya Lokomata berada di pinggir jalan raya.

Lokomata sendiri memiliki arti lubang. Artinya tempat ini terdiri dari batu yang sangat besar dan dilubangi sebagai fungsi menaruh jenazah.

Jika batu ini sudah memiliki banyak lubang artinya telah digunakan oleh orang banyak. Biasanya dalam satu lubang digunakan untuk pemakaman sekeluarga.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

4 thoughts on “15 Tempat Wisata di Toraja Sulawesi Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.