gambar By @splashwaterpark.ta

37 Obyek Tempat Wisata di Tulungagung

Diposting pada

Tulungagung adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang dikenal sebagai daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia dan memiliki potensi wisata yang menarik.

Ada banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi jika ingin mencari objekantimainstream disana. Berikut ini adalah beberapa tempat referensi wisata di Tulungagung yang wajib untuk kamu singgahi.

1. Air Terjun Pandanwangi

Alamat: Nglurup, Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66254
Koordinat: Klik Disini

Untuk yang mencari destinasi wisata alam, Air Terjun Pandanwangi dengan ketinggian 30 meter ini bisa dijadikan pilihan. Meski untuk menuju ke lokasi cukup sulit harus jalan kaki sekitar 2-3 jam namun tempat tersebut cocok buat mereka yang suka petualangan.

Bekal dan obat-obatan dianjurkan untuk dibawa karena aksesnya yang sulit dan jauh. Tempat ini diberi nama Pandanwangi karena masih satu lokasi dengan Teh Sumber Pandan yang ada di Desa Nglurup.

Overall, spot ini benar-benar tempat yang sesuai bagi mereka para pencari suasana dan pengalaman baru di kota Tulungagung.

2. Air Terjun Jurang Senggani

Foto By @fjrandikaa15

Lokasi: Sendang, Geger 63418
Map: Klik Disini
Harga Tiket Masuk: Rp.5.000 untuk wahana Flayingfox

Air Terjun Jurang Senggani yang berada di lereng Gunung Wilis kecamatan Sendang ini memiliki ketinggian 1200 mdpl. Meski belum banyak terjamah oleh wisatawan tapi sangat rekomended bagi yang mencari tempat-tempat baru.

Pemandangan alam di sekitar air terjun yg masih sangat asli tentu akan menyegarkan mata dan pikiran. Untuk sampai ke lokasi air terjun ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam menuju barat daya. Jika dari pusat kota Tulunganggung kira-kira 30-40 km.

Lokasi wisata yang belum teresentuh pengelolaan oleh pemerintah ini tidak dikenakan biaya untuk masuk ke area air terjun alias cuma-cuma.

3. Air Terjun Coban Kromo

Alamat: Pelem, Campur Darat
Peta: Klik Disini

Jika ingin traveling dengan suasana khas pegunungan berupa bukit, maka Air Terjun Coban Kromo harus menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan.

Genangan air yang langsung berbatasan dengan tebing menjadikan tempat ini seperti sebuah kolam renang. Jaraknya dari kota Tulungagung sendiri hanya 12 Km saja menuju sebelah selatan Gunung Budheg.

4. Air Terjun Alas Kandung

Alamat: Kandung Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan
HTM: Rp.3000
Koordinat: Klik Disini

Ada tiga tingkatan ketinggian bervariasi yang ditawarkan dari obyek wisata Air Terjun Alas Kandung. Puncak tertinggi adalah 15 meter, panorama warna airnya yang berwarna kebiru-biruan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berenang.

Tetapi untuk kedalaman air terjun ini cukup dalam sekitar 4-8 meter, jika belum mempunyai keahlian berenang perlu membawa perlengkapan agar tidak terjadi hal yg tak diinginkan.

Lokasi air terjun ini dikelilingi pohon-pohon rindang, saat bermain air akan dihampiri oleh sekelompok ikan dan udang-udang kecil.

Air Terjun Alas Kandung berada di 28 km dari pusat kota dan dapat ditempuh dengan 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Sayangnya rute untuk sampai ke lokasi ini sedikit rumit karena minim petunjuk jalan.

5. Air Terjun Lawean

Foto By @galio112

Alamat: Geger, Sendang 66254
Koordinat: Klik Disini

Ingin mencoba mandi di air terjun yang bisa menyembuhkan penyakit? Air Terjun Lawean bisa dijadikan pilihan. Spot ini aliran airnya bersumber dari lereng gunung Wilis, pemandangan alamnya tentu luar biasa sangat indah.

Ketinggian air terjun bercabang dan berteras ini mencapai 100 mdpl. Medan yang ditempuh untuk mencapainya dibutuhkan kekuatan fisik karena harus melewati perbukitan serta anak sungai sebanyak 9 buah.

6. Gunung Budheg

Alamat: Tanggung, Campur Darat 66272
Buka / Tutup: 08.00-15.00 Senin – Minggu
Tarif: Rp.5.000
Koordinat: Klik Disini

Mencari destinasi wisata pegungungan? Maka Gunung Budheg atau gunung Cikrak bisa menjadi salah satu pilihan wisata di Tulungagung.

Tinggi dari gunung Budheg ini sekutar 585mdpl, cocok untuk mereka yang baru mulai melakukan pendakian. Pemandangan hijau yang menyegarkan akan menyambut saat sampai di puncaknya.

Hadiah yang akan didapat saat membuat camp di sini adalah pemandangan lampu kota yg sangat indah dari atas ketinggian ketika malam hari dan saat pagi hari akan disuguhi sunrise.

7. Goa Pasir

Alamat: Pasir, Junjung, Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung 66291
Koordinat: Klik Disini

Goa Pasir ini berupa pahatan batu besar yang membentuk lubang ceruk besar ini memiliki sebuah makam kuno yaitu makam Mbah Bodho yg ada di dekat goa. Terdapat pula miniatur bangunan, Umpak, Padma, dan arca.

Untuk sampai ke Goa pasir harus mendaki bukit karst dengan ketinggian sekitar 90 meter. Meski sedikit lelah, tapi dijamin tidak akan mengecewakan.

8. Goa Tan Tek Sue

Alamat: Desa Sendang, Kecamatan Sendang
Koordinat: Klik Disini

Mencari obyek wisata bersejarah? Cobalah datang ke Goa Tan Tek Sue yang ada di lereng gunung Wilis. Saat hari besar agama Khonghucu biasanya goa ini akan ramai didatangi para pengunjung umat Khonghucu.

Daya tarik spot ini adalah tempatnya masih alami terlindungi tumbuhan tinggi dan lebat, udaranya juga sejuk karena menyatu dengan iklim pegunungan.

Saat mengunjungi tempat ini wisatawan dapat mencoba buah durian Bajul yang sangat terkenal. Lokasi goa tersebut berdekatan dengan Air Terjun Lawen sehingga tidak terlalu sulit mencarinya.

9. Goa Selomangleng

Foto By @ady_coztanza

Alamat: Sanggrahan, Boyolangu 66235
Koordinat: Klik Disini

Wisata sejarah yang memiliki nilai seni cerita lain yakni Goa Selomangleng. Menggambarkan cerita kakawin Arjunwiwaha kisah Dewa Indra memerintahkan para bidadari untuk menggoda Arjuna yang sedang bertapa di gunung.

Meski sebenarnya lubang yang ada di Goa Selomangleng merupakan buatan dengan batu andesit hitam besar di dalamnya. Jumlah lubangnya sendiri ada dua, letaknya berada di dua sisi menghadap barat dan sisi selatan.

10. Sentral Kerajinan Industri Marmer

Alamat: Gamping KM.5 GG.10 No.50 Campurdadrat 66272
Jam Operasional: 08.00-21.00 Senin – Minggu
Telpon: 0812-3497-5533
Koordinat: Klik Disini

Sebagai penghasil marmer terbesar tentu wisata industri marmer termasuk dalam daftar wisata yang perlu dikunjungi saat bertandang ke kota Tulungagung.

Keunikan kerajinan-kerajinan marmer bisa juga menjadi buah tangan selepas berwisata di Tulungagung. Produk kerajinan marmer dihasilkan sangat berkualitas bahkan sudah merambah pasar internasional.

11. Masjid Agung Al Munawwar

Alamat: Jalan KH. Wahid Hasyim No. 2B, Tulungagung, Kauman 66261
Telpon: (0355) 322883
Koordinat: Klik Disini

Destinasi wisata yang wajib dikunjung bagi umat muslim saat berada di Tulungagung ialah masjid Agung Al Munawwar yang letaknya ada di pusat kota.

Usia masjid ini sudah cukup tua namun selalu tampak baru karena beberapa kali mengalami renovasi. Desainnya pun unik dengan arsitek modern dan klasik serta memiliki kubah model krucut layaknya masjid zaman dahulu.

Menurut sejarah, masjid ini disebut juga sebagai masjid tiga zaman karena mengalami perubahan bangunan selama tiga masa yakni masa Ngrowo atau masjid awal, transisi dan moderen.

Masjid raya ini selain letaknya berada di pusat kota juga berada di kawasan alun-alun Tulunggung. Bangunannya cukup besar hingga bisa menampung 1000 lebih jamaah.

12. Klenteng Tjoe Tik Kiong

Foto By @pasuruanapik_

Alamat: Jalan Wage Rudolf Supratman No. 10 Kelurahan Kampungdalem
Telpon: (0355) 321248
Koordinat: Klik Disini

Klenteng Tjoe Tik Kiong juga boleh menjadi salah satu tempat wisata untuk dikunjungi. Tempatnya berdekatan dengan Hotel Panorama Tulungagung dan berhadapan dengan sungai Ngrowo.

Bangunan yang sekarang sudah sangat megah ini dulu hanya berupa pendopo, lalu pada tahun 1865 klenteng tersebut dipindahkan ke sebelah utara menempati area yang lebih luas.

13. Candi Ampel

Alamat: Joho, Kalidawir 66281
Koordinat: Klik Disini

Situs bersejarah yang tidak boleh dilupakan saat di Tulungagung ialah candi Ampel. Meski bentuknya hanya candi tunggal dengan sebuah yoni namun perlu dilestarikan.

Spot ini berada di pemukiman warga yang tidak padat penduduk dan disini tumbuh berbagai jenis tanaman keras. Penasaran? Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya ya!

14. Candi Penampihan

Alamat: Desa Geger, Madiun, Kabupaten Tulungagung 66254
Koordinat: Klik Disini

Candi Penampihan dengan pola candi berundak teras membujur arah barat ke timur. Paling bawah atau teras pertama ada bangunan sejenis altar yg disusun dari bebatuan andesit lonjong.

Sementara bagian atas altar ada sebuah prasasti dari batuan andesit yang membentuk persegi dengan angka tahun 820 Ç. Ada yang unik dari obyek wisata candi Penampih ini, lokasi yg berada di areal perkebunan teh menambah daya tarik untuk dikunjungi.

Pemandangan di sekeliling candi juga terlihat hijau dan sangat asri. Selain itu terdapat sumber mata air yang mengalir dari pengunungan.

Konon katanya tempat itu dulu digunakan sebagai pemandian putri kerajaan dan hingga sekarang airnya masih mengalir. Oleh warga setempat sering digunakan untuk sumber minuman sehari-hari.

15. Candi Boyolangu

Foto By @tulungagungtourism

Alamat: Dusun Dadapan desa Boyolangu
Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00-14.00
Koordinat: Klik Disini

Candi Boyolangu merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit yg dibangun oleh Raja Hayam Wuruk sebagai penghormatan serta makam pada Putri Gayatri. Suasana di sekitar spot ini sangat asri karena ditumbuhi rumput hijau dan bunga.

Meski beberapa arca sudah rusak, namun pengunjung masih bisa menikmati obyek yang masih ada. Ada dua buah candi pewara bersebelahan dengan candi induk. Spot ini juga dikenal dengan nama Candi Gayatri.

16. Candi Dadi

Alamat: Tulungagung, Wajak Kidul 66235
Koordinat: Klik Disini

Ada yang menarik dari Candi Dadi ini. Letaknya berada di atas perbukitan dan belum pernah dipugar sama sekali. Tidak ada anak tangga atau hiasan arca hanya membentuk bujur sangkar dengan panjang dan lebar 14 m ketinggian mencapai 6.5 m.

Pada bagian atasnya membentuk candi segi delapan dengan bekas tembok berpenampungan semacam sumur. Jika hujan turun sumur tidak akan menampung air melainkan akan terserap ke dalam tanah

17. Candi Sanggrahan

Alamat: Desa Sanggrahan, Boyolangu 66235
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-15.00
Koordinat: Klik Disini

Meski belum ramai pengunjung namun candi Sanggrahan bisa dimasukkan ke dalam daftar kunjungan saat sedang berlibur di kota Tulungagung.

Wisatawan yg mempunyai rasa penasaran tinggi akan sedikit diuji saat mencari lokasinya karena belum terlalu dikenal dan tikda banyak yang tahu mengenai tempat ini.

Terdapat bangunan induk di sebelah timur dan dua bangunan kecil yang masih tersisa. Terdiri dari empat tingkatan berdenah bujursangkar menghadap ke barat.

Sebelumnya ada lima arca Budha yang posisinya berbeda tetapi saat ini arca tersebut disimpan supaya tidak rusak dan tetap dilestarikan.

18. Bukit Cemenung

Foto By @lembhoeshora

Alamat: Desa Tenggong, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung
Koordinat: Klik Disini

Ada yang unik dari Bukit Cemenung, bentuknya berupa bangunan besar dengan cerobong pada bagian atas. Cerobong menyerupai kincir khas Belanda itu pada dahulu kala digunakan sebagai tambang kapur batuan mangma juga pabrik gamping batu kapur.

Udara di tempat ini juga cukup sejuk dan dingin, membuat pemandangan yang terlihat dari ketinggian terlihat sangat mempesona.

19. Agro Wisata Blimbing

Alamat: Gondang, Waung, Boyolangu 66263
Jam Operasional: 07.00-17.00 Senin – Minggu
Tarif: Rp.2.000
Telpon: 0813-3508-8151
Koordinat: Klik Disini

Pecinta buah blimbing? Maka tempat yang tepat untuk disinggahi saat di Tulungagung adalah agro wisata blimbing milik pak Mulyono.

Di sini pengunjung bisa memetik sendiri buah blimbing untuk dibawa pulang dengan harga satuannya biasanya dihargai 2.000 rupiah.

Agro wisata blimbing ini sangat nyaman karena memiliki tempat istirahat, dapur kuliner sebelum menuju kebun blimbing. Jenis yang ditaman merupakan blimbing bangkok merah dengan kualitas bagus dan manis.

Selain mencicipi blimbing pengunjung juga akan disuguhi aneka kuliner berbahan blimbing yang dijamin memuaskan serta menyehatkan.

20. Jambooland Waterpark

Alamat: Jalan Raya Srabah No. 1, Karanganom, Jawa Timur 66261
Jam Operasional: Selasa-Minggu 08.00-17.00
Tarif: Selasa – Jum’at Rp.25.000; Sabtu – Minggu Rp.30.000; Tanggal Merah/Hari Besar: Rp.30.000
Telpon: (0355) 332244
Koordinat: Klik Disini

Mencari tempat wisata air yang moderen? Jambooland Waterpark menjadi salah satu yang direkomendasikan. Ada banyak wahana permainan air yang ditawarkan seperti papan seluncur, kolam air tumpah, kolam renang balita serta kolam renang anak-anak.

Sangat cocok untuk rekreasi dengan mengajak keluarga dan anak-anak. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap dari toiler, foodcourt, mushola, loker dan masih banyak.

Jambooland ini berada di daerah perbukitan menuju bendungan Wonorejo sehingga menambah keindahan dari objek wisata tersebut.

21. Splash Waterpark

gambar By @splashwaterpark.ta

Alamat: Bendilwungu, Sumbergempol 66291
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-16.30
Telpon: 0858-0820-4779
Tarif: Mulai dari Rp.10.000
Koordinat: Klik Disini

Wisata air moderen di Tulungagung yang ditawarkan ialah Splash Waterpark. Spot ini terkenal karena memiliki taman bermain, yakni Big Aquarium serta 3 jenis kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Untuk usia dewasa kedalaman kolam sekitar 1,5 meter, sementara anak-anak kedalamannya kisaran 0,5m. Selain itu, ada wahana permainan race slide, sluncuran, ember numplek serta foodcourt.

Obyek wisata satu ini cukup dekat dari pusat kota, hanya sekitar 30 menit jika ditempuh dengan kendaraan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya ya!

22. Ranu Gumbolo

Alamat: Mulyosari, Pagerwojo 66291
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.00-17.00
Tarif: Mulai Rp.5.000
Koordinat: Klik Disini

Destinasi wisata Ranu Gumbolo bisa dikatakan masih baru. Di sekitar danau atau telaga ini terdapat area pemacingan, gazebo, rumah pohon serta perahu wisata. Tiket masuknya pun termasuk murah cukup biaya parkir kurang lebih Rp.5.000 rupiah.

Pengunjung juga bisa menyewa hammock atau perahu dengan harga kisaran Rp.5.000-Rp.7.500 per orang. Panorama danau akan semakin menarik karena dikelilingi pohon pinus, semua keindahan ini juga dapat dinikmati ketika naik ke rumah pohon.

Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah hanya dengan mengikuti jalan menuju waduk Wonorejo karena tempatnya tidak terlalu jauh dari bendungan tersebut.

23. Bukit Jomblo

Alamat: Pakisrejo, Tanggung Gn.
Jam Operasional: 08.00-17.00 Senin – Minggu
Koordinat: Klik Disini

Namanya Bukit Jomblo, kedengarannya sangat unik. Destinasi yang ditawarkan berupa keindahan alam dari atas ketinggian, sangat pas untuk wisatawan yang mencari spot foto alam dari gardu pandang.

Tetapi gardu pandangnya berupa sangkar burung besar hasil buatan masyarakat setempat. Keindahan alam nampak dari atas ketinggian itu berupa pohon-pohon dengan udara segar serta suasana tenang.

Sampai saat ini fasilitas yang tersedia masih terus dikembangkan mulai dari area parkir, spot gardu pandang juga warung-warung.

Untuk sampai di sana pun tidak sulit, cukup menuju setelah dari pasar Campur darat ke sebelah kiri jalan, kemudian nanti akan bertemu masjid warna hijau, dari sana tinggal lurus dan belok ke kiri sampai bertemu hutan jati.

24. Telaga Ngambal

Alamat: Winong Kalidawir
Koordinat: Klik Disini

Satu lagi wisata telaga yang sangat menarik untuk dikunjungi di Tulungagung, yaitu Telaga Ngambal. Tempat foto yang paling asik disini adalah jembatan dermaga. Selain tempat wisata, spot ini juga digunakan sebagai saluran irigasi.

Suasana yang tepat untuk datang ke sini ketika sore hari saat cahaya jingga menyinari telaga. Lokasi telaga ini berada di perbatasan Desa Joho dan Desa Winong kecamatan Kalidawir, tidak terlalu jauh dari pusat kota hanya menempuh perjalan setengah jam.

25. Tebing Banyu Mulok

Foto By @jawatimur_wonderland

Alamat: Besole, Besuki 66275
Jam Operasional: 08.00-16.00 Senin – Minggu
Koordinat: Klik Disini

Kamu mencari sugguhan pemandangan perbukitan serta laut biru yang luas? Cobalah datang ke Tebing Banyu Mulok di daerah Besuki.

Pemandangan rumput hijau membuat lokasi ini semakin eksotis belum lagi jika beruntung bisa melihat pelangi dan ombak yang naik mencapai atas bukit. Untuk menemukan suasana yang eksotis dari tempat tersebut bisa datang saat siang menuju sore.

Saat itu ombak sedang besar. Dan apabila datang pagi bisa juga melihat sunrise, wisatawan diperbolehkan membuat tenda untuk bermalam. Pada saat malam, kamu akan disuguhi pemandangan bintang yang sangat indah.

26. Taman Alon-Alon Tulungagung

Alamat: Jl. R.A Kartini Tulungagung, Jawa Timur
Koordinat: Klik Disini

Letaknya tidak terlalu jauh dari stasiun, bagi wisatawan yang datang ke Tulungagung bisa menyempatkan diri mengunjungi taman Alun-Alun yang menjadi ikon kota tersebut.

Taman alun-alun tersebut menyediakan ruang duduk terbuka, tempat bermain anak, bermain sepatu roda, jalur khusus pijat refleksi kaki, mushola, wc umum dan sebagainya. Bahkan ada juga kolam ikan, yang menjadi ikon taman ini adanya air mancur.

27. Taman Hutan Kota

Alamat: Jl. Sultan Agung No.29, Ketanon, Kedungwaru 66229
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-17.00
Koordinat: Klik Disini

Berwisata sambil belajar alam maka Taman Hutan Kota yang ada di Tulungagung ini menjadi agenda wajib kunjungi. Hutan buatan ini di buat untuk memberikan edukasi aneka tumbuhan dan pepohonan rindang. Selain itu ada juga lapangan bola serta taman bermain anak.

Meski hanya hutan buatan namun suasananya tetap dijamin nyaman dan sejuk. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan stasiun Tulungagung. Tidak ada tiket masuk untuk ke tempat ini cukup membayar biaya parkir.

28. Taman Kali Ngrowo

Alamat: Sembung, Kec. Tulungagung 66214
Koordinat: Klik Disini

Objek satu ini terbilang masih baru di Tulungagung. Tempatnya berada di pinggir sungai Ngrowo, sangat nyaman untuk bersantai dan refreshing. Selain memiliki taman bermain anak-anak yg sangat beragam, ada juga lintasan skateboard dengan pepohonan rindang.

29. Sungai Niyama

Foto By @nonik_ade

Alamat: Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66275
Koordinat: Klik Disini

Meski belum masuk menjadi tempat yg wajib untuk dikunjungi para wisatawan namun sungai Niyama bersejarah ini tetap menarik untuk di singgahi.

Bersejarah karena di tempat ini ada terowongan yang dibangun sejak zaman Jepang. Pemandangan sungai di sini benar-benar sangat indah dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Niyama juga berasal dari bahasa Jepang yang berarti dua gunung. Untuk sampai tempat ini cukup mengikuti petunjuk arah menuju pantai Popoh, kemudian pantai Sidem lalu jalan menurun belok kanan.

Lokasinya tidak terlalu jauh, ada baiknya saat mengunjungi sungai ini pada musim kemarau saat musim hujan volume air sungai meningkat dan berbahaya untuk dikunjungi.

30. Pantai Pacar

Alamat: Pucanglaban, Pucang Laban 66284
Koordinat: Klik Disini

Destinasi wisata pantai Pacar belum terlalu banyak dikenal. Jenis hamparan pasir putih sangat eksotis ketika disapu ombak. Air terjun mini yang ada di pantai ini juga menjadi salah satu daya tarik untuk dikunjungi.

Tempatnya berdekatan dengan pantai Molang dan Lumbung. Akses jalan ke tempat ini belum bagus meski pantainya sepi hanya sering digunakan memancing waktu air pasang naik.

31. Pantai Dlodo

Alamat: Panggungkalak, Pucanglaban 66284
Koordinat: Klik Disini

Panati Dlodo terkenal dengan gumuk pasir serta garis pantai yang terpanjang. Ombak dari pantai ini juga cukup besar mencapai 7 meter. Warna pasir pada gumuk pasir berwarna putih sebagai suguhan utama dari pantai Dlodo ini.

Ada juga beberapa bukit pasir lebih kecil berisi biji besi diantaranya sudah banyak ditambang jadinya menghasilkan kubangan tambang pasir.

Tempatnya masih terbilang asri karena jarang dikunjungi orang. Untuk sampai ketempat ini bisa menggunakan jalur melewati kecamatan Kalidawir.

32. Pantai Popoh

Alamat: Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Besole, Besuki 66382
Tarif: Rp.10.000
Koordinat: Klik Disini

Pantai Popoh menjadi wisata pantai yang tak boleh dilupakan. Ombak di sini tidak terlalu besar karena berada di kawasan teluk. Destinasi yang ditawarkan adalah pemandangan alam dari tebing karang yang pastinya menambah keindahan alam hijau.

Pantai Popoh juga menyediakan perahu, cukup menyewa dengan harga Rp.10.000 – Rp20.000 saja. Jika hanya ingin sekedar bermain atau berjemur tempatnya sangat nyaman.

Membawa anak kecil pun juga aman karena ombaknya yang lebih kecil dibanding pantai-pantai yang lain. Nah, ke Tulungagung, pastikan mengunjunginya ya!

33. Pantai Pathok Gebang

Foto By @tulungagungtourism

Alamat: Jengglungharjo, Tanggung Gn. 66283
Koordinat: Klik Disini

Bagi yang punya jiwa petualang serta memacu adrenalin Pantai Pathok Gebang bisa dikunjungi. Perjuangan untuk sampai ke pantai Pethok Gebang harus melewati hutan alami.

Perjalanan untuk sampai lokasi tersebut perlu jalan kaki sekitar 30-40 menit karena akses transportasi belum bisa menjangkau tempat itu.

Keunggulan dari pantai Pathok Gebang adanya tebing atau karang besar. Deburan ombak yang menabrak karang akan menghasilkan ombak tinggi.

Saat air pasang ketinggian ombak mampu mencapi 15-20 meter tetapi jika air pantai surut maka tidak akan bisa melihat ombak yang menabrak karang.

Pantai Pethok Gebang masih sangat asri dan terjaga. Pantai perawan menjadi julukkannya karena belum banyak dikunjungi orang.

34. Pantai Pucang Sawit

Alamat: Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban
Koordinat: Klik Disini

Pantai eksotis dengan julukan “Belitungnya Tulungagung” adalah pantai Pucang Sawit. Julukan ini didapat karena adanya batu besar di pantai tersebut mengingatkan dengan pantai di Belitung.

Jenis batu-batu di sini menjadi bebatuan halus, panoramanya juga masih terjaga. Lokasi pantai ini terbilang jauh berada 45 km sebelah tenggara kota Tulungagung arah Blitar. Pertigaan pasar Ngunut ke selatan menuju Pucanglaban.

35. Pantai Lumbung

Alamat: Pucang Laban, Jawa Timur 66284
Koordinat: Klik Disini

Ada batu besar berdiri tegak di pinggir menjadi ciri khas dari pantai Lumbung. Warga setempat mengelola sendiri spot ini karena memang belum terlalu ramai pengunjung. Bagi yang suka tempat baru tentu pantai Lumbung pantas masuk dalam dattar wisata.

View yang ditawarkan juga tak akan kalah dengan pantai-pantai lain yang tidak jauh dari pantai Lumbung. Rute lokasi ini masih belum bagus, beberapa jalan ada yang rusak parah karena belum ada campur tangan pemerintah setempat untuk mengembangkannya.

36. Pantai Molang

Alamat: Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
Koordinat: Klik Disini

Pemandangan air laut berwarna biru hijaunya perbukitan yang ada di pantai Molang tak boleh ketinggalan untuk didatangi. Warna dari pasir putih kecoklatan yang sangat eksotis. Pantai Molang ini bisa dikatakan masih terjaga kebersihan alam sekitarnya.

Akses pantai Molang juga mudah dijangkau, hanya melalui kecamatan Pucanglaban Tulungagung akan ada jalan aspal menuju arah pantai meski belum sepenuhnya halus namun tidak banyak.

37. Pantai Brumbun

Alamat: Ngrejo, Tanggung Gn. 66283
Koordinat: Klik Disini

Warna pasir hitam yang ada di pantai Brumbun membuat tempat ini terbilang eksotis. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya karena ombak yang tidak ganas.

Suguhan pemandangan alam dari atas bukit akan membuat mata terpanah terhadap keindahan pantai yang merupakan teluk dari lautan lepas Samudra Hindia.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “37 Obyek Tempat Wisata di Tulungagung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.