10 Rekomendasi Gunung Favorit Para Pendaki di Daerah Sumatera Utara Yang Memiliki Keindahan Luar Biasa

Kamu ingin mencari ketenangan? Nah, berlibur ke gunung-gunung di Sumatera utara bisa jadi alternatifnya, khususnya bagi para pendaki. Selain dapat memacu adrenalin, keindahan alamnya juga begitu memanjakan mata di sepanjang perjalanan.

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam berlimpah, tanah subur dan mempunyai beraneka ragam hewan.

Bukan hanya itu saja, Sumatera Utara juga menjadi tempat bersemayamnya gunung api paling aktif di dunia. Untuk menikmati panoramanya, tentu butuh skill serta informasi tambahan mengenai spot tujuan kita.

Pasalnya, tidak semua gunung di Sumut memiliki jalur pendakian yang aman untuk dilalui baik pendaki atau pecinta alam, bahkan beberapa diantaranya ada yang berbahaya.

Berikut JejakPiknik ulas 10 daftar nama gunung di Sumatera Utara yang menjadi destinasi favorit bagi para pendaki.

1. Gunung Sibayak❤️

Foto By @dindaliah30

Penduduk Sumatera Utara khususnya daerah Tanah Karo pasti sudah sangat kenal dengan Sibayak. Ya, gunung berketinggian 2.094 diatas permukaan laut ini terletak di jalan Sempajaya, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo.

Untuk sampai ke lokasi, dari Medan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Ini adalah objek wisata paling populer yang mudah dijangkau.

Sepanjang perjalanan menuju Puncak Sibayak, kamu akan disuguhi pemandangan indah seperti Pemandian Lau Sidebuk-debuk, Puncak Takal Kuda, Kawah Aktif serta legenda “Suara Neraka”.

Waktu paling tepat untuk mendakinya adalah jam 2 dini hari, karena pada saat ini kamu dapat melihat keindahan pemandangan matahari terbit pagi hari. Selain menikmati sunrise, aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan disana adalah berkemah.

Lanjut:  Menara Pandang Tele Samosir

2. Gunung Sinabung❤️

Foto By @adventure_sumut

Berdekatan dengan Sibayak, Mount Sinabung yang kerap dijadikan soal TTS ini juga masih berada di kawasan Tanah Karo. Ia merupakan salah satu gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian mencapai 2.451 mdpl.

Berada pada ketinggian tersebut, membuat Sinabung masuk dalam rekor sebagai gunung tertinggi di Sumatera Utara dan terkenal cukup ramah dengan para pendaki.

Namun sayangnya, sejak tahun 2010 Sinabung kembali meletus dan letusannya mengeluarkan abu vulkanik serta lahar panas, sehingga untuk sementara jalur pendakian sempat ditutup.

Tapi jangan khawatir, karena ada satu tempat yang bisa kamu datangi untuk menikmati pemandangannya, namanya yaitu Bukit Gundaling, letaknya di Brastagi.

3. Gunung Sibuatan❤️

Foto By @lennisariharahap

Kamu suka ketinggian? Kalau ya, Mount Sibuatan wajib buat didatangi. Pasalnya, ini adalah gunung tertinggi pertama yang ada di Sumatera Utara.

Objek tersebut memiliki ketinggian 2.457 mdpl dan membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 9 jam untuk bisa sampai ke puncaknya. Sibuatan sendiri terletak di daerah perbatasana antara Karo dengan Kabupaten Dairi.

Namun untuk mendakinya, kamu harus melewati trek yang cukup sulit karena Sibuatan sendiri masih ditutupi pohon serta rerumputan liar. Meski begitu, rasa lelah akan terbayar seketika saat tiba di puncak.

Indahnya sinar matahari terbit dengan luasnya panorama danau toba akan membuatmu berdecak kagum dan tidak ingin pulang.

4. Gunung Sorik Marapi❤️

Foto By @pendaki.cupu

Pernah dengar ucapan “Surga Dunia”? Mungkin itulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan keindahan spot satu ini. Sorik Merapi Mountain adalah salah satu destinasi wisata ekstrim di Sumatera Utara.

Disini, kamu bisa melihat kawah biru Sorik Merapi yang terletak di desa Sibanggor Julu, Kabupaten Mandailing Natal. Namun, dibutuhkan waktu sekitar 10-11 jam untuk dapat menikmatinya dan itupun harus melewati zona-zona ekstrim.

Lanjut:  6 Informasi Penting yang Wajib Kita Ketahui Sebelum Pergi Ke Danau Toba

Melelahkan? Pasti, namun begitu semua akan terbayar karena di sepanjang perjalanan ataupun di puncak kamu akan disuguhi pemandangan indah persawahan dan view beberapa kota seperti Sidempuan, Penyabungan serta Sibolga.

5. Gunung Lubuk Raya❤️

Foto By @tua_adventure

Nah, Mount Lubuk Raya ini letaknya di Kabupaten Tapanuli Selatan. Gunung merapi yang sudah tidak aktif tersebut memiliki ketinggian sekitar 1.618 meter diatas permukaan laut.

Meski tidak terlalu tinggi, namun gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup ekstrim. Dimana kamu akan dihadapkan dengan hutan lebat, tanaman rotan berduri serta perdu. Untuk menuju puncak dibutuhkan waktu 3 jam melalui desa Lembah Lubuk Raya.

6. Gunung Sibual-Buali❤️

Foto By @elgultom

Masih berada di kawasan yang sama dengan Lubuk Raya, Mount Sibual-buali juga kerap menjadi destinasi para pendaki di Sumatera Utara.

Memiliki ketinggian mencapai 1.819 mdpl, kawasan Sibuali-buali ini banyak ditumbuhi oleh tanaman kantong semar. Meski masih aktif, namun cukup nyaman untuk didaki.

Saat tiba di puncak, kamu akan mendengar suara semburan udara panas yang bercampur dengan suara belerang serta air terjun Silima-Lima, salah satu keindahan luar biasa yang dimiliki oleh Mount Sibual-buali.

7. Pusuk Buhit❤️

Foto By @seven_malau

Nah, dari atas Pusuk Buhit ini, kamu dapat menikmati keindahan pemandangan area persawahan serta bukit barisan yang menghijau dan juga bentangan luas Danau Toba yang sangat terkenal di dunia.

Meski rutenya cukup rumit dan harus memutari bukit namun kamu tak akan letih karena di sepanjang perjalanan pemandangannya begitu indah. Salah satu momen menarik yang tidak boleh dilewatkan di Pusuk Buhit ini adalah ketika matahari terbit. Epic Banget!

8. Gunung Simpon❤️

Foto By @pendakicupusumut

Objek wisata pegunungan lainnya yang juga cukup mempesona di Sumatera Utara, namanya adalah Simpon Mountain. Spot pendakian satu ini letaknya ada di Kabupaten Pakpak Barat.

Lanjut:  Cantiknya Air Terjun Sipiso Piso Sumatera Utara, Keajaiban Alam Yang Menakjubkan

Di Simpon ini, terdapat sebuah mata air yang begitu jernih. Kamu dapat mencuci muka menggunakan air segar tersebut. Tidak hanya itu saja, disini juga cukup banyak dijumpai aneka macam flora serta fauna langka.

9. Gunung Sipiso-Piso❤️

Foto By @rony_d.manurung

Saat mendengar nama Sipiso-piso, mungkin pikiran kita akan langsung tertuju pada air terjun yang ada di Sumatera Utara. Tapi, tahukah kamu bahwa tidak jauh dari spot itu terdapat sebuah gunung indah.

Ya, namanya gunung Sipiso-piso. Letaknya di kecamatan Merek, Kab.Karo dan memiliki ketinggian 1.990 mdpl. Ia pun kerap dijuluki Bukit Gundul, karena pohon-pohon disana hanya tumbuh di bagian puncaknya saja.

Untuk pendakiannya terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan energi banyak, kamu pun bisa mencapai puncaknya dengan menggunakan sepeda motor.

10. Gunung Pangulubao❤️

Foto By @various_curious_stuff

Pangulubao adalah spot pendakian berikutnya yang juga cukup mudah untuk diakses dan memiliki trek ramah dengan para pendaki. Kota Parapat adalah pintu masuk menuju gunung tersebut.

Pangulubao juga kerap disebut “Bukit Manja”, letaknya sendiri berada di area konservasi “Taman Eden 100”. Usai mendaki, kamu juga dapat menikmati keindahan taman serta air terjun yang ada di sekitarnya.

Demikianlah ulasan mengenai 10 daftar gunung di Sumatera Utara, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi pembaca setia JejakPiknik.com.


error: Content is protected !!