10 Rekomendasi Minuman Khas Daerah Kalimantan Barat Yang Segar Ini Pas Buat Melepas Dahagamu

Provinsi Kalimantan Barat yang beribukotakan Pontianak dikenal juga sebagai kota Khatulistiwa. Efek dari letak geografis tersebut, membuat suhu udara disana cukup panas. Apalagi saat siang hari, suhunya bisa mencapai 35 derajat celcius.

Tak ayal, jika provinsi yang dilalui sungai Kapuas ini memiliki beragam minuman segar yang cocok untuk melepaskan dahaga karena panas teriknya matahari.

Ya, tidak hanya terkenal dengan buah jeruknya, provinsi Kalimantan Barat ini memang mempunyai beragam minuman segar, dari mulai es krim sampai es jagung.

Jadi makin penasaran kan apa saja minuman khas Kalimantan Barat yang segarnya tiada tandingannya? Langsung aja yuk kita cari tahu dari ulasan JejakPiknik dibawah ini!

1. Es Lidah Buaya❤️

Foto By @theekultur

Daun lidah buaya atau aloevera terkenal memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Dari mulai antioksidan, hingga kaya akan mineral serta vitamin yang bagus untuk tubuh.

Tak heran bila lidah buaya banyak dijadikan dalam berbagai macam produk, mulai dari kecantikan, makanan sampai yang paling simpel yaitu minuman.

Salah satu contohnya yaitu es lidah buaya. Minuman khas Kalimantan Barat ini sangat digemari orang-orang disana. Selain bisa dijadikan pelepas dahaga, kerap juga dijadikan menu buka puasa.

Tidak sulit untuk menemukannya, karena sudah tersedia di gerai-gerai makanan di pinggir jalan ataupun supermarket di Kalimantan Barat. Tenang, harganya masih sangat terjangkau kok, cuma 6 ribuan aja per gelasnya.

2. Es Jeruk❤️

Foto By 2@iwanlaksmana

Siapa tak kenal dengan jeruk khas Pontianak? Ini merupakan salah satu jenis jeruk siam yang memiliki ciri kulit tipis mengkilap. Buah tersebut termasuk produk unggulan karena banyak orang sudah mengakui kenikmatannnya.

Lanjut:  10 Gambar Danau Biru Singkawang Pontianak, Jalan Menuju Lokasi + Telaga Wisata

Selain dimakan langsung, jeruk ini juga disajikan dalam bentuk minuman yang diberi tambahan es batu. Sungguh kenikmatan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kota Khatulistiwa ini.

Sama seperti Es lidah buaya, es jeruk juga banyak disajikan di kedai-kedai makanan ataupun gerai di pinggir jalan. Untuk satu gelasnya dibanderol dengan sangat murah, hanya kisaran 3 sampai 4 ribuan saja.

3. Es Kacang Merah❤️

Es Kacang Merah, gambar By @bolu_pandan_original

Jika biasanya disajikan dalam bentuk bubur, maka di daerah Kalimantan Barat, kacang merah dijadikan bahan minuman sebagai obat rasa haus karena panasnya kota Khatulistiwa.

Es kacang merah ini adalah salah satu minuman khas masyarakat Tionghoa di Pontianak. Kamu pun bisa menemukannya dengan mudah baik di restoran, lapak di tepi jalan atau tempat makan lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Rasanya spesial karena dibuat dengan menggunakan resep khusus. Untuk cara membuatnya pun cukup mudah, dimana kacang merah direbus sampai lembut kemudian diberi tambahan gula dan bagian atasnya ditambahkan topping berupa cincau serta agar-agar.

4. Es Sari Kacang Hijau❤️

Foto By @susanhenry81

Lazimnya, kacang hijau diolah menjadi bubur. Namun di Kalimantan Barat, justru menjadi bahan pembuatan minuman segar, namanya yaitu es sari kacang hijau.

Untuk membuatnya cukup mudah, kacang hijau yang sudah direbus terlebih dahulu kemudian diblender sampai halus. Setelah itu, dicampur dengan gula ataupun susu kental manis.

Es sari kacang hijau ini memiliki tekstur cukup lembut. Selain segar, juga sangat menyehatkan. Kamu pun bisa mendapatkannya di gerai makanan di pinggir jalan dengan harga cukup terjangkau tentunya.

5. Es Teler❤️

Foto By @wewcooking

Minuman khas Kalimantan Barat satu ini rasanya sangat nikmat jika diteguk saat cuaca sedang panas. Apalagi kalau kamu hoby makan buah, maka es teler bisa dijadikan pilihan.

Tidak hanya menyegarkan, es teler juga sangat menyehatkan lantaran terbuat dari bahan-bahan alami pilihan yang masih fresh.

Sama seperti beberapa minuman sebelumnya, es teler juga sangat mudah didapatkan karena sudah tersedia di berbagai gerai makanan ataupun restoran. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmatinya, sebab harganya dijual terjangkau.

Lanjut:  10 Referensi Makanan Khas di Daerah Kalimantan Barat Paling Maknyus dan Lezat Ini Bikin Ketagihan

6. Ce Hun Tiao❤️

Foto By @iluvnomnom

Jika dilihat dari gambar, tak salah jika minuman khas Kalimantan Barat ini kerap disebut es campur ala Pontianak. Karena isiannya ada kacang merah, jelly bening panjang, ketan hitam, cincau yang dipotong seperti dadu kecil serta sepotong bongko.

Bongko sendiri merupakan salah satu penganan berupa kue berwarna hijau dengan pandan atau daun suji sebagai pewarna alami. Semua bahan ditumpuk dengan es serut, kemudian disiram kuah santan encer. Nah, kebayangkan bagaimana segarnya Ce Hun Tiao ini?

Ce Hun Tiao ini banyak dijajakan di sepanjang jalan W.R Supratman atau biasa dikenal dengan nama jln.Waru, kota Pontianak. Umumnya, harganya dijual sekitar 9 ribuan per porsinya.

7. Es Tebu❤️

Foto By @iswarakirty

Nah, minuman satu ini juga menjadi primadona masyarakat Kalimantan Barat di kala haus melanda. Jika kamu sedang bertandang ke kota Pontianak, maka akan terlihat ada banyak sekali jejeran pedagang es tebu di sepanjang jalan.

Harga yang ditawarkan untuk per gelasnya pun sangat murah, kisaran 3 sampai 4 ribuan saja. Selain menyegarkan, es tebu ini juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh.

Dari mulai menurunkan resiko penyakit ginjal, melawan dehidrasi, pemasok energi, mencegah infeksi lambung, bahkan sampai menjaga kesehatan kulit.

8. Es Jagung❤️

Foto By @tresia_paulin

Jagung memang sudah biasa dijadikan sebagai bahan makanan, lalu apa jadinya jika diolah menjadi minuman? Nah, di Kalimantan Barat kamu akan menemukan keunikan tersebut.

Disana kamu akan menemukan satu minuman khas yang terbuat dari jagung, namanya yaitu es jagung. Rasanya sangat nikmat dan begitu menyegarkan, apalagi karena diberi tambahan gula serta susu kental manis.

Satu porsi minuman ini biasanya dihargai sekitar 10 ribuan saja dan banyak dijumpai di gerai-gerai kuliner di pinggir jalan.

Lanjut:  10 Gambar Sinka Island Park Pontianak, Lokasi Alamat + Fasilitas Wisata

9. Liang Teh❤️

Minuman khas kalimantan barat daerah resep apa gambar provinsi
Foto By @lisa_homemade.id

Ini juga termasuk salah satu yang sangat digemari oleh masyarakat Kalimantan Barat saat siang terik. Jadi jangan heran, kalau kamu akan menemukan banyak sekali penjualnya di tepi-tepi jalan di kota Pontianak.

Nama Liang atau Liong memiliki arti dingin. Teh ini sebenarnya merupakan hasil rebusan atau seduhan berbagai herbal seperti daun mint, kumis kucing, andong-andong kerang serta lainnya.

Dan minuman tersebut dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, seperti meredakan serta menghilangkan panas dalam. Selain bermanfaat, harganya juga cukup terjangkau.

10. Kopi Asiang❤️

Foto By @bhanjoe_boemi

Buat kamu para coffee lovers, kopi yang disajikan oleh warkop legendaris di Kalimantan Barat ini kudu wajib buat dicicipi. Pasalnya, selain enak, unik juga karena merupakan kopi jenis Hainan Style.

Uniknya lagi, kopinya disajikan menggunakan cangkir kecil dan pisin keramik. Meski sedikit agak berminyak tapi rasanya bisa bikin kamu ketagihan.

Untuk menikmatinya, kamu bisa datang ke Jalan Merapi, Benua Melayu Darat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Dan harganya, cukup dengan merogoh kocek 5 sampai 7 ribu saja.

Nah, itu dia 10 minuman khas Kalimantan Barat yang kenikmatannya tiada duanya. Jadi kalau kamu punya kesempatan menjejakkan kaki di kota Khatulistiwa ini, pastikan untuk mencicipinya ya. Terima kasih dan selamat mencoba!


error: Content is protected !!