Foto by instagram.com/ayufm/

Alun Alun Jombang, Tempat Nongkrong Asyik Habiskan Sore

Diposting pada
4/5 - (3 votes)

Lokasi: Jalan Dipenogoro No.1, Kaliwungu, Jombang, Jawa Timur 61419
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
No Telp:
Whatsapp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Free
Parkir Motor: Rp. 2.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Foto by instagram.com/info_jombang/

Alun-alun Jombang merupakan salah satu tempat yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Dari pagi sampai malam, lokasi yang satu ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya wisatawan luar saja, namun warga daerah jombang pun sering mengunjungi kawasan ini.

Hampir sama seperti pusat kota lainnya, alun-alun jombang berdiri diatas tanah yang cukup luas. Dikelilingi oleh pepohonan rindang dan juga rumput hijau yang halus.

Foto by instagram.com/sariayu_am/

Enggak heran, anak-anak muda akan nongkrong ditempat ini menjelang sore sampai malam. Belum lagi banyak pedagang kaki lima yang berjualan di sekitarnya. Selain indah, kamu juga bisa menjelajah kuliner khas kota jombang disini.

Dari mulai jajanan murah sampai makanan berat, semuanya bisa kamu temukan di tempat ini. Lalu, apa saja daya tarik lain yang tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan? Berikut ulasan lengkapnya.

Rute Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/farhandani_adnan/

Bagi kamu yang berencana pergi ke kota Jombang dan ingin mampir, bisa klik titik koordinat maps diatas untuk rute menuju alun-alun jombang. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di pusat kota.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa berangkat menggunakan transportasi umum. Untuk kamu yang berangkat dari luar kota Jombang, bisa naik KA dengan jurusan Jombang. Kemudian setelah sampai di stasiun jombang, kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter. Letak alun2 kota jombang berada persis di seberang stasiun.

Fasilitas

Foto by instagram.com/syarif_ch/

1. Area Parkir Luas

Pemerintah setempat sengaja mengosongkan beberapa titik lahan di sekitar alun-alun untuk tempat parkir para pengunjung yang datang. Beberapa diantaranya ada di bagian selatan dan timur. Arena parkirnya juga cukup luas. Kira-kira mampu menampung lebih dari 200 motor.

2. Toilet Umum

Kamu juga bisa menemukan toilet umum di alun2 Jombang. Letaknya ada di sisi selatan lapangan. Namun sayang, toilet tersebut jarang digunakan oleh para pengunjung karena biasanya orang-orang hanya berkunjung sekitar 1-2 jam saja ditempat ini.

Walau begitu jika kamu membutuhkannya, fasilitas tersebut boleh digunakan untuk siapa saja dengan membayar uang kebersihan sebanyak Rp2.000/orang.

3. Pendopo Kabupaten

Ketika berkunjung, kamu juga akan menemukan pendopo kabupaten. Pemerintah setempat sengaja membangun pendopo yang bisa digunakan sebagai fasilitas. Biasanya warga setempat menggunakannya untuk ruang pertemuan terbuka.

Selain itu, ada beberapa anak muda yang menggunakannya untuk latihan menari, pencak silat dan kegiatan seni lainnya. Jika datang sore hari, kamu akan melihat banyak anak-anak remaja memenuhi arena pendopo ini.

4. Lapangan Hijau nan Luas

Lapangan sekaligus arena luas yang dibiarkan terbuka menjadi fasilitas utama di kawasan ini. Tanah milik pemerintah tersebut bebas digunakan untuk umum. Terkadang anak-anak muda menggunakannya untuk bermain sepakbola.

Kemudian biasanya pada malam-malam perayaan tertentu, lapangan alun2 tersebut digunakan untuk menggelar konser music ataupun pertunjukkan wayang. Bahkan terkadang ada pihak luar menyewanya untuk menggelar pameran buku atau festival kuliner.

5. Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang

Fasilitas terakhir adalah masjid. Walaupun lokasinya cukup berjarak dari alun-alun, namun para wisatawan muslimin biasanya menyempatkan untuk beribadah di masjid yang satu ini. Lokasinya ada di seberang alun2, tepatnya di jalan KH.Ahmad Dahlan nomor 28, Jombang.

Daya Tarik

Foto by instagram.com/vandellagth411/

Jika dilihat sekilas, mungkin pusat kota jombang ini sama seperti kawasan pusat kota lainnya. Terdiri dari lapangan berumput, pendopo dan masjid. Namun ternyata, alun2 ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Berikut informasi lengkapnya.

a. Memiliki Tanaman Pohon Berwarna-warni

Dinas lingkungan hidup kabupaten Jombang memang sengaja menanamkan tanaman berwarna-warni di sekitar alun-alun sejak 4 tahun yang lalu. Deretan tanaman itulah yang membuat orang-orang ingin mampir ke tempat ini.

Bukan hanya 1 atau 2 tanaman saja, tetapi pemerintah setempat menanami seluruh pinggiran lapangan dengan tanaman tersebut. Nama tanamannya adalah bunga tetebuya, atau orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan tanaman sakura belanda.

Jika alun2 di kota lain hanya ditanami pepohonan hijau, jombang memiliki beraneka warna tanaman di beberapa sisinya. Ada tetebuya putih dan pink. Wisatawan biasanya berburu spot foto diantara barisan pohon tetebuya. Bahkan beberapa wisatawan menyebutnya dengan ‘Jombang rasa Jepang’.

b. Biasa Dipakai untuk Arena Senam

Daya tarik ini mungkin lebih dirasakan oleh masyarakat sekitar jombang. Hampir setiap hari minggu pagi, diadakan senam aerobic bersama di lapangan alun2. Karena lapangannya sangat luas, orang-orang yang ikut berpartisipasipun banyak.

Biasanya jika sudah seperti ini, orang-orang yang tidak tertarik ikut senam aerobicpun jadi ikut melakukan aktivitas olahraga lainnya ditempat ini. Seperti jogging dan bersepeda mengelilingi daerah alun2.

c. Bersantai Sambil Menikmati Kuliner Pedagang Kaki Lima

Foto by instagram.com/umam100601/

Yap, pusat kota jombang yang satu ini memang selalu dipadati oleh pedagang kaki lima. Bagaimana tidak, kawasan ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan biasanya, semakin malam, keberadaan wisatawan dan pedagang kaki lima semakin padat.

Walau agak merusak pemandangan, namun hal tersebut bisa dimanfaatkan. Seperti misalnya nongkrong dipinggiran alun2 sambil mencicipi berbagai kuliner khas kota Jombang. Apalagi kulinernya terbilang cukup murah lho. Mulai dari Rp2.000 sampai Rp20.000 saja.

Wisata Terdekat

Foto by instagram.com/hilda_6660/

Jika sudah puas mengelilingi alun2 Jombang, kamu bisa beranjang ke tempat wisata lain yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi tersebut. Yakni bernama Taman Kebon Rojo Jombang. Alamatnya ada di jalan KH.Wahid Hasyim, Kepanjen, Jombang.

Dari alun2, kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan ke utara. Sesampainya disana, kamu akan menemukan berbagai wahana permainan untuk anak-anak. Seperti misalnya dokar, ayun-ayun, andong dan berbagai wahana lainnya.

Foto by instagram.com/lhaa_nayla/

Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas seperti lapangan tenis, lapangan bulutangkis, tenis meja dan jenis lapangan olahraga lainnya. Sembari menunggu buah hati bermain, kamu bisa menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut untuk olahraga. Dan lagi, semuanya bisa dipakai gratis tanpa dipungut biaya.

Tak jauh berbeda dari alun2, kamu juga bisa menikmati kuliner dari pedagang kaki lima disekitarnya. Enggak heran, selain alun2 taman kebon rojo juga merupakan rekomendasi tempat rekreasi yang sangat direkomendasikan ketika kamu berkunjung ke Jombang.

Bahkan para pengunjung tidak akan dibebankan biaya tiket masuk, melainkan hanya parkir saja jika membawa kendaraan pribadi. Rp2.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Foto by instagram.com/ayufm/

Lokasi ini sangat strategis. Selain dekat dengan stasiun, kamu juga bisa menemukan beberapa hotel untuk tempat bermalam. Diantaranya Hotel Netral, Hotel Sentral, Cempaka Mas Hotel, Hotel Dewi, dan Green Red Hotel.

Kamu bisa reservasi di beberapa rekomendasi hotel tersebut karena jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota. Bagaimana? Apakah kamu tertarik berkunjung ke Jombang Jawa timur?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Alun Alun Jombang, Tempat Nongkrong Asyik Habiskan Sore

  1. Sekarang parkir sepeda motor alun 2 naik kl acara jd 5000 kl minggu 3000 . Itu gak dikelola pemda maupun peguyuban malah dikelola parkir liar .mohon dinas merespon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.