Backpacker-an Seru di Pulau Lombok, Minat? Simak Panduannya!

Diposting pada
Rate this post
foto by infobacktravel.blogspot.com

Selama ini mungkin banyak para traveller memilih Pulau Dewata jadi tujuan wisata. Dengan pantai-pantainya yang tak pernah lepas dari kesan cantik dan eksotis, Bali memang surganya para pelancong untuk menikmati sunset saat sang senja tiba.

Jika bosan dengan Pulau Dewata, ada baiknya bergeserlah sedikit ke Pulau Sebelah.Ya! Pulau Lombok patut untuk diperhitungkan.

Dan saat ini, semakin banyak pula obyek wisata yang mulai terekspose dari pulau ini. Pantas saja Pulau ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik.

Banyak yang dinikmati dari Pulau ini, seperti wisata alam,adat dan budaya, hingga wisata perkotaan. Bahkan Lombok sering dijadikan destinasi honeymoon juga loh.

Paling terkenal dikalangan backpacker dunia adalah wisata pendakiannya, yaitu adanya gunung tercantik di dunia, yaitu Gunung Rinjani. Tidak salahnya jika kita mencoba memijakkan kaki di pulau-pulau kecil dan pantai-pantai indah di sini.

Salah satunya pantai yang belakangan ini menyita perhatian wisatawan adalah pantai tangsi atau biasa disebut pink beach. Pantai dengan pasir berwarna pink, seperti yang ada di Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggar Timur.

Untuk memudahkanmu dalam explore Pulau Lombok, berikut ini kami dari JejakPiknik.com akan berikan beberapa tips ala backpacker seru untuk kamu ikuti, agar vakansimu lebih menyenangkan.

1. Pilih Transportasi Murah Dan Hemat Waktu

foto by lombok.panduanwisata.id

Kalo kamu tinggal di Jabodetabek, kendaraan yang bisa digunakan adalah Kereta Api jurusan Jakarta – Surabaya. Lalu sesampainya di Surabaya, lanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi dengan naik Kereta Api Ekonomi Probowangi.

Kemudian setibanya di Stasiun Banyuwangi, carilah kendaaraan Bus untuk membantumu saat menyebrangi Selat Bali memakai kapal Fery. Dan sesampainya di Bali, bergantilah dengan beberpa bus untuk bisa sampai di Lombok.

Kurang lebih jika ditaksir, ongkos perjalanan Jakarta – Lombok via jalur darat menggunakan kereta api dan bus adalah sekitar Rp 400.000. Selain itu, membutuhkan perjalanan yang memakan waktu seharian penuh.

Nah supaya dapat menghemat waktu,tenaga,dan biaya. Gunakan saja pesawat untuk bisa sampai di Lombok. Dengan biaya yang terbilang murah yaitu kurang lebih Rp 350.000. Lebih efektif dan efisien kan, dibandingkan menggunakan kereta. Ngga buang-buang waktu dan tenagamu.

Kamu bisa take off dari bandara tempat tinggalmu berada seperti Jogja, Semarang, Malang, Bandung, Medan, Makassar, Palembang.

2. Sewa Penginapan Murah

foto by imcomminglombok.wordpress.com

Ngga jauh beda sama Bali, di Lombok kamu bisa nemuin penginepan dengan harga dibawah Rp 200.000. Tapi nggak usah terlalu berekspektasi buat bisa dapetin fasilitas memadai. Karena biasanya, akomodasi sejenis itu fasilitasnya terbilang terbatas.

Jadi soal fasilitas ngga usah terlalu dihiraukan,terpenting adalah cari penginepan yang bersih dan nyaman. Kalian bisa mencari di area Pantai Senggigi atau Gili Trawangan. Disana banyak terdapat hotel atau hostel dengan harga terjangkau. Room capacity yang disediakan juga beragam.

3. Sewa Kendaraan

foto by jejakpiknik.com

Untuk bisa mengelilingi Lombok nampaknya membutuhkan sebuah kendaraan memadai. Karena bisa dibilang Lombok tak beda jauh dengan Bali yang transportasi umumnya susah.

Alternatif murah yang bisa di pilih adalah menyewa sepeda motor. Dengan menggunakan sepeda motor kamu bisa berkeliling Lombok untuk menyambangi Gili-Gilinya. Atau jika membawa rombongan cukup banyak, kamu bisa patungan untuk menyewa mobil.

Nah kalo cuma pengen muter-muter di sekitaran tempat penginapan, kamu bisa menyewa sepeda. Tentunya sebelum menyewa, pastikan dulu kalau harganya sesuai dengan budgetmu.

4. Harus Bisa Menikmati Makanan Sederhana

foto by media-lomboknese.blogspot.com

Hasrat untuk menikmati makanan di Cafe atau Restoran nampaknya harus kalain tahan untuk saat ini. Karena walaupun makanan sajian ditempat tersebut memang enak dan lezat, tapi harganya juga sebanding. Kamu harus bayar mahal untuk makanan itu.

Nah berhubung kali ini kamu harus benar-benar pressing pengeluaran kamu. Kamu harus bisa dan rela untuk menikmati makanan kelas kali lima. Walaupun hanya warung sederhana, kamu tetap bisa makan enak dan puas. tanpa harus khawatir akan menghabiskan banyak biaya.

Pasalnya, di Lombok kamu bisa menemukan warung makan sederhana yang ada pinggir jalan dengan mudah.

5. Bawa Barang Secukupnya Saja

foto by enaknyakemana.com

Hal paling sulit saat mempersiapkan liburan adalah saat packing. Terkadang kita cenderung akan membawa semua perlengkapan penunjang liburan. Namun hal ini nampaknya tidak perlu bagi kalian yang memutuskan untuk berlibur dengan cara backpacking.

Jika kalian hanya akan berlibur untuk 3 hari 2 malam. Bawalah barang dan pakaian secukupnya tidak perlu berlebihan. Dan pilihlah beberapa barang penting dan pakaian yang sesuai dengan tujuan wisatamu.

Kemaslah semua barang keperluan dan pakaianmu dalam satu ransel besar. Gunanya agar kalian tidak keteteran karena harus membawa banyak barang bawaan.

6. Bawa Uang Tunai Secukupnya

foto by suaramerdeka.com

Dimanapun kita berada, hal-hal buruk akan selalu mengintai kita. Maka dari itu untuk terhindar dari kejadian atau hal-hal yang tidak diharapkan, ada baiknya jika kamu membawa uang tunai secukupnya saat berlibur.

Bawalah sesuai budget sesuai dengan estimasi pada rincian itenerary yang telah kamu susun. Tips ini agar tidak menyulitkanmu dalam menjaga uangmu.

7. Bawa Vitamin Atau Suplemen Imunitas Dan Aktifkan GPS

foto by malaspulang.com

Karena trip kali ini kamu akan lebih menghabiskan tenaga dan waktu di outdoor, jagalah stamina tubuhmu agar tetap fit. Apalagi kalo berencana mendaki Rinjani, sudah dipastikan akan menghabiskan tenaga yang cukup lumayan.

Maka dari itu menjaga stamina tubuh agar tetap stabil sangatlah penting. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen tubuh. Agar ada penangkal saat kamu merasa kecapaian. Sehingga kamu tidak drop saat liburan.

Selain itu, selama backpacker-an, kami sarankan untuk selalu mengaktifkan GPS. Ini sangat berguna dalam membantumu mencari lokasi wisata yang akan dituju.

foto by isooper.com

Walaupun terkadang kamu masih harus tetap bertanya ke warga sekitar untuk benar-benar sampai di lokasi tujuan. Inilah salah satu resiko yang harus kita nikmati saat berlibur tanpa menggunakan paket tour. Sehingga tanpa adanya tour guide, dengan tips ini kita akan tetap bisa menjelajah lombok island dengan mudah.

8. Jangan Ragu Untuk Menjelajah Semua Gili Di Lombok

foto by harianpost.co.id

Pulau Lombok mempunyai banyak Gili yang sayang untuk dilewatkan saat bereksplore kesini. Setidaknya Lombok mempunyai sepuluh Gili atau pulau kecil yang wajib disambangi. Jadi, cobalah untuk menghabiskan waktu backpacking dengan explore semua gili di Pulau ini.

Bagilah kedalam beberapa hari. Semisal pada hari pertama, kamu explore Gili Trawangan yang ketenarannya sudah cukup populer di kalangan wisatawan dunia. Hari selanjutnya, kamu bisa menjelajah Gili Air dan Meno.

Hari berikutnya, cobalah pijakan kakimu di Gili Nanggu. Gili ini memiliki keindahan pemandangan lautnya yang sangat jernih. Lalu Gili Kedis dengan keindahan bawah laut menajubkan.

Selanjutnya Gili Sudak dekat Kota Mataram. Gili Tangkong juga jangan sampai terlewat, pulau kecil ini menawarkan suasana yang lebih tenang untuk relaksasi. Kemudian ke Gili Bidara, Gili Kondo, dan Gili Lampu.

9. Mendaki Ke Rinjani? Siap Takut

Sudah sampai di Lombok, rugi banget kalo nggak mendaki Gunung tercantik di dunia ini. pasalnya, siapapun yang berkunjung ke Pulau ini, berlomba-lomba untuk bisa sampai di puncak Gunung eksotis ini.

Sekalian untuk menguji adrenalinmu merasakan jadi anak negeri atas awan. Pantai melulu pasti bosan kan. Tapi sebelum mendaki, pastikan kalo kamu emang bener-bener niat untuk naik. Jangan naik tanpa persiapan yang matang.

10. Berbaur Dengan Backpacker Lain

Dimanapun kamu berlibur pasti akan selalu berjumpa dengan rekan sesama backpackers. Di saat itulah,jangan ragu untuk berbaur dengan mereka. Karena selain menambah teman, kamu bisa saling sharing pengalaman backpacking kalian.

Atau jika perlu, ikutlah gabung di sebuah komunitas yang isi nya para backpacker se-Indonesia atau bahkan seluruh dunia. Pasti akan membuat perjalanan liburanmu lebih seru jika dilakoni dengan sesama backpacker dari segala penjuru. Apalagi jika kamu backpacker-an sendirian, pasti butuh temen kan?

Itu dia 10 tips penting sebagai panduan dalam agenda backpacker-anmu ke Lombok. Namun jika ada kamu terbatas akan sebuah kondisi seperti waktu dan biaya.

Maka kamu cukup kunjungi saja beberapa Gili pilihan yang memang benar-benar menurut kamu worth it.

Untuk bisa mengetahui beberapa review tempat wisata recommended lainnya, kamu bisa baca-baca di forum kaskus. Sekian tips dari JejakPiknik.com, semoga dapat membuat liburanmu semakin seru ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.