5 Danau Yang Mempunyai Keindahan Serta Fakta Unik di Nusa Tenggara Barat

Diposting pada

Nusa tenggara barat merupakan salah satu kepulauan kecil yang ada di indoensia, namun didalamnya menyimpan banyak obyek wisata serta gugusan pantai yang sangat indah. Bisa dibilang ntb ini adalah kepulauan wisata.

Bisa dibilang, ntb adalah salah satu pulau wisata yang wajib anda kunjungi sekali seumur hidup. Banyak turis asing yang kembali ke Indonesia hanya karena sudah jatuh cinta kepada lokasi-lokasi wisata di Indonesia, beberapa diantaranya ada di ntb.

Namun kali ini kami akan membahas wisata danaunya. Banyak cerita dan keunikan yang akan sangat menarik apabila diulas. Yuk! Simak informasi lengkapnya dibawah ini.

1. Danau Satonda

foto by travel.kompas.com

Alamat: Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat
HTM: Rp2000/Lokal, Rp15.000/Mancanegara
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Memiliki luas sebesar 2.5 km2.

Mempunyai cerita sejarah, yang awal terbentuknya yaitu karena letusan gunung vulkanik, mengingat jarak pulau satonde dengan gunung tambora sangatlah dekat.

Dahsyatnya letusan tersebut akhirnya menjadikan danau satonda ini berada. Namun ada beberapa hal unik yang sampai sekarang belum ada penelitian pastinya.

Air danau yang seharusnya tawar, namun berbeda dengan satonda. Air lautnya asin. Bahkan 2 kali lebih asin dari air laut. Jika anda tidak bisa berenang, hal ini sangat menguntungkan. Pasalnya tubuh anda akan tetap mengapung, karena kadar air garam tersebut.

Hal unik lainnya adalah anda akan melihat banyak batu-batu bergelantung di ranting pohon danau satonda.

Konon katanya, batu-batu yang digantungkan ke ranting pohon tersebut melambangkan doa dan harapan agar cepat terkabulkan.

2. Waduk Pengga

foto by petairigasi.blogspot.com

Alamat: Desa Pelambik, Gunung Rinjani, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
HTM: Free
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Memiliki luas 3.585 ha dengan 3.065 area pengembangan dan 520 area sawah.

Walaupun waduk ini memang berfungsi untuk mengendalikan banjir, memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar, serta budidaya ikan, ternyata bendungan pengga ini juga dijadikan sebagai obyek wisata.

Ada banyak pemandangan disekitarnya seperti deretan bukit-bukit kecil, area pepohonan yang hijau, serta ada tempat pemancingan ikan untuk wisatawan.

Tempatnya cocok untuk bersantai dengan keluarga di sore hari.

3. Bendungan Batujai

foto by lombokinfoterbaru.com

Alamat: Desa Batujai, Paraya Barat, Lombok, NTB 83519
HTM: Free
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Memiliki luas mencapai 550 km2.

Sama dengan kebanyakan waduk lainnya. Pada awal bendungan ini dibangun untuk irigasi, pengandali banjir, penyedia air minum masyarakat sekitar dan juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

Namun semakin kesini, ternyata waduk betujai ini mulai menarik banyak wisatawan yang pada mulanya hanya iseng mampir untuk menikmati keindahan disekitarnya. Pemerintah setempat menyadari akan hal tersebut.

Jadilah danau batujai tersebut resmi dijadikan tempat wisata lengkap dengan fasilitas area memancing, dan sebagainya. Sampai saat ini pengunjung batujai terus bertambah setiap tahunnya.

4. Bendungan Pandan Duri

foto by kicknews.today

Alamat: Desa Suangi, Kecamatan Sakra, Lombok Timur NTB 83663
HTM: Free
Jam Buka: 24 Jam
No Telp: 0852-3917-5100
Map: Klik Disini

Sejarahnya hampir sama dengan bendungan batujai. Awal mulanya waduk ini dibangun untuk irigasi, sumber air minum serta budi daya ikan sebagai mata pencaharian masyarakat sekitar.

Namun ternyata suasana ketenangannya apalagi pada saat sore hari, keindahan sunset bisa terlihat jelas dari sini, menarik banyak perhatian warga dan juga wisatawan.

Alhasil saat ini waduk pandan duri dijadikan tempat wisata yang juga banyak di incar wisatawan.

5. Bendungan Bintang Bano

foto by finance.detik.com

Alamat: Desa Bangkat Monteh, Brang Rea, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat 84454
HTM: Free
Jam Buka: 08.00-17.00
Map: Klik Disini

Proyek bendungan terbaru tersebut kini sudah mendekati tahap final.

Diansir dari sebuah sumber, kelak bendungan tersebut juga akan dijadikan sebagai kawasan wisata dengan menambahkan beberapa fasilitas untuk menarik wisatawan domestic maupun mancanegara.

Rencana bendungan bintang bano akan selesai 2020 ini.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.