Foto By @blackforestproduction

Tak Hanya Pantai, Hawaii Juga Punya 10 Gunung Dengan Pemandangan Epic

Diposting pada

Siapa yang tidak kenal dengan Hawaii? Yap, negara ini adalah salah satu destinasi wisata terfavorit para wisatawan di seluruh dunia yang memiliki sejuta pesona menakjubkan. Dari mulai pesona wisata nan eksotis sampai sederet pegunungan mempesona.

Negara di bagian selatan Amerika Serikat ini menempati sebagian besar kepulauan di Samudera Pasifik tengah. Oleh karena itulah Hawaii dianggap salah satu surganya dunia.

Terlepas dari itu, Hawaii juga merupakan rumah bagi sejumlah pegunungan aktif di dunia. Konon katanya, sejumlah pulau di Hawai, proses pembentukannya terjadi karena letusan gunung berapi di bawah laut yang meletus ratusan tahun lalu lho.

Dibawah ini adalah 10 daftar gunung di Hawaii yang punya pesona luar biasa dan menarik untuk dikunjungi. Apa saja namanya? Yuk, kita simak sama-sama!

1. Kilauea

Foto By @epiclava_

Mirip dengan gunung merapi, di Hawai juga ada satu berapi bernama Kilauea. Disana, erupsi dan panoramanya selalu menjadi sasaran para wisatawan untuk menghabiskan liburan.

Terbukti, banyak sekali gambar-gambar atau foto-foto di google yang menampilkan keindahan dari panorama gunung api yang terbentuk akibat pertemuan dua lempeng bumi ini.

Kilauea merupakan salah satu gunung berapi perisai paling aktif di kepulauan Hawaii yang sering meletus sejak tahun 1983 sampai 2018. Dampak dari letusan tersebut menyebabkan banyak property dan pantai rusak parah.

Letusan terakhir terjadi pada tahun 2018 lalu ,yang mana mengakibatkan lava cair mengarah ke sebagian besar wilayah pemukiman penduduk Leilani. Letak lokasi Kilauea sendiri berada di Taman Nasional Gunung Api Hawai, Big Island.

2. Mauna Loa

Foto By @maunaloahelitours

Banyak dari kita mengira kalau Mount Everest adalah puncak tertinggi di dunia. namun sebenarnya masih ada satu gunung di Hawaii yang lebih tinggi dari itu dan letaknya ada di bawah laut, namanya yaitu Mauna Loa.

Nama Maona Loa diambil dari bahasa Hawai yang artinya “gunung tinggi”. Memiliki luas lebih dari separuh kota Hawaii, membuatnya menjadi berapi terbesar paling aktif di dunia.

Mauna Loa juga tercatat menghasilkan batu dalam bentuk cair atau biasa disebut lahar atau lava lebih dari 30 kali sejak letusan pertama di tahun 1843. Letak dari gunung ini sendiri berada di Taman Nasional Vulkano di Pulau Maui.

3. Mauna Kea

Foto By @jaymanzano_

Mauna Kea adalah salah satu gunung tipe vulkanis yang sudah tidak aktif lagi. Ketinggiannya sekitar 4.205 meter dan termasuk dalam daftar berapi tertinggi di dunia, karena dasarnya berada di 5.800m dibawah permukaan laut.

Dalam bahasa Hawaii, Maona Kea di istilahkan “gunung putih” karena area puncaknya yang tertutup salju. Dengan kondisi tersebut, tak sedikit orang yang tertarik menjadikannya sebagai tempat untuk bermain ski atau snowboard.

Bukan hanya bermain ski saja, lerengnya juga cukup populer untuk berbagai kegiatan seperti mendaki, bird watching, berburu dan sightseeing. Jauh dari polusi udara menjadikan gunung ini menjadi lokasi paling pas buat melihat tata surya.

4. Haleakala

Foto By @sophie_meriotte

Selain Mauna Loa, pulau Maui juga masih mempunyai satu lagi gunung berapi besar, namanya yaitu Haelakala. Dalam bahasa Hawaii, artinya adalah “Rumah Matahari”.

Haleakala sudah tidak aktif lagi sejak tahun 1790. Gunung yang berada di kawasan Taman Nasional ini terdapat bermacam-macam bunga. Ribuan pengunjung tiap tahun datang mengunjunginya.

Saat berkunjung kesana, para petugas taman akan memberikan informasi mengenai sejarah berapi tersebut dan ketika berkeliling, sebuah pemandangan alam yang begitu menakjubkan terhampar luas dihadapanmu.

5. Kohala

Foto By @annfergusonhawaii

Selain Kilauea, kamu juga bisa mengunjungi gunung tertua di Hawaii, yaitu Kohala. Setiap pengunjung disini akan disuguhkan pemandangan epic dari atas kawah yang mengepulkan asap dan lahar yang bersifat efusif (lelehan) ke arah lautan.

Tak perlu takut, karena setiap pengunjung akan didampingi oleh pakar-pakar volcanologist yang siap untuk menjawab semua pertanyaanmu mengenai gunung tersebut. Pesona Kohala ini pun tak kalah menakjubkan dari Mount Stromboli di Italia.

6. Hualalai

Foto By @braddahben

Dalam bahasa Hawai, Hualalai diartikan sebagai “bukit berkerut banyak”. Gunung ini termasuk tipe berapi paling aktif ketiga setelah Kilauea dan Mauna Loa yang jauh lebih besar.

Puncak dari Hualalai ini berdiri diatas 8.271 kaki (setara dengan 2.521 mdpl). Terakhir kali meletus yakni pada pada tahun 1801 lalu dan diperkirakan masih aktif.

Secara ekologis, Hualalai juga dianggap sangat penting karena menjadi rumah bagi banyak spesies langka. Disamping itu, gunung tersebut juga mempunyai cagar alam di dekat area puncaknya yang cukup populer bagi para pendaki di Hawaii.

7. Ko’olau Range

Foto By @mile_kai

Ko’olau Range ialah nama yang diberikan kepada sisa-sisa gunung berapi perisai di Pulau Hawaii dan kawasan ini ditetapkan sebagai landmark Alam Nasional sejak tahun 1972 lalu.

Di sekitar Ko’olau Range yang sudah tidak aktif sejak 2,5 juta tahun lalu ini terdapat sebuah pantai cantik bernama Honolulu. Dan sebagian besar wilayahnya sudah dijadikan sebagai area pemukiman penduduk.

8. Lo’ihi Seamount

Foto By @daniel.tiger_

Gunung berapi aktif bawah laut satu ini terletak sekitar 35 km di bagian tenggara Pulau Hawaii dan diperkirakan memiliki ketinggian 900 meter dibawah permukaan laut.

Posisinya berada di sebelah Mauna Loa, yakni gunung berapi terbesar di dunia. Lo’ihi sendiri mulai terbentuk sejak ratusan tahun lalu.

Nama Lo’ihi yang diberikan oleh Kenneth O.Emery (seorang geolog Amerika) dalam bahasa Hawaii berarti “panjang”. Dinamakan demikian untuk menandai bahwa bentuknya memang memanjang.

9.Waialeale

Foto By @volcanian_oficial

Mount Waialeale di kawasan Pulau Kauai ini dalam bahasa Hawaii, artinya adalah “beriak” atau “air yang meluap”. Memiliki curah hujan yang cukup tinggi, tak heran bila gunung tersebut dijuluki sebagai daerah paling basah di bumi.

Berbentuk seperti kerucut membuat Waialeale tidak mudah untuk didatangi dengan berjalan kaki. Selain itu lerengnya yang terjal diselimuti oleh semak serta lumut tebal.

Di beberapa tempat, bahkan terlihat beberapa lereng yang berdiri tegak seperti dinding dan disinilah sering terlihat air mengalir. Aliran itu membuatnya terlihat seakan sedang menangis. Orang-orang kerap menyebutnya sebagai Tembok Air Mata atau Wall of Tears.

10. Kamakou

Foto By @saaam.s

Kamakou merupakan puncak tertinggi di pulau Molokai yang memiliki ketinggian mencapai 1.512 meter atau setara dengan 4.961 kaki.

Kamakou merupakan bagian dari gunung berapi Molokai yang sudah punah dan tercatat, vegetasi di sekitarnya mengandung 250 lebih tanaman langka.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai beberapa daftar gunung yang ada di Hawaii. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuanmu tentang keindahan dunia ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.