foto by instagram.com/andi_kla10/

Wisata Taman Lampion Klaten

Diposting pada

Lokasi: Gang Tidar, Bareng Lor, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57438
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: Senin-Minggu 24 jam
Telepon: N/A

Klaten sedang merencanakan pemekaran wilayah dengan membentuk tiga kecamatan, yaitu Klaten Tengah, Klaten Selatan dan Klaten Utara. Ketiga kecamatan tersebut mengalami kemajuan dalam bidang administrasi dan ekonomi.

Tidak heran jika sekarang banyak destinasi wisata di Kota Klaten yang patut untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang murah meriah adalah taman lampion. Tempat wisata ini mulai populer di media sosial karena pemandangannya yang cocok untuk anak muda zaman sekarang.

Lokasinya pun mudah untuk dijangkau, jadi Anda tidak perlu bingung untuk mencapai tempat wisata ini. Cukup gunakan peta dari google maps dan ikuti petunjuk yang ada.

Daya Tarik Taman

Tempat wisata ini terhitung baru jadi hampir semua fasilitas masih terjaga dengan baik. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu, tinggal menyisihkan waktu sebentar untuk pergi ke belakang PMI maka akan ada taman begitu indah.

foto by instagram.com/fitri_retna03/

Datang ke suatu tempat wisata, biaya masuk menjadi salah satu pertimbangan yang dipikirkan. Tempat wisata yang free alias gratis, pasti menjadi destinasi favorit bagi banyak orang. Untuk masuk ke taman lampion, Anda tidak perlu membayarnya.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir, yaitu Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil. Biaya ini dirasa sangat terjangkau untuk bisa menikmati indahnya sinar lampion pada malam hari.

foto by instagram.com/suryani7436/

Anda sudah bisa menikmati pemandangan malam yang indah dan menyenangkan. Suasana ini cocok untuk kumpul bersama keluarga, teman atau pasangan. Terlebih dengan adanya lampion membuat suasana romantis menjadi lebih terasa.

Angkringan di Taman

foto by instagram.com/vita.epi/

Jalan-jalan menikmati suasana malam di taman, pastinya akan membuat Anda lapar. Tidak pelru repot-repot membawa makanan dari rumah karena di tempat wisata ini, Anda akan menjumpai banyak angkringan.

Banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih dengan harga terbaik. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang penat setelah melakukan berbagai aktivitas seharian.

Lokasi Taman

Bagi Anda yang hendak berwisata ke Jogja, bisa mampir terlebih dahulu ke taman lampion yang ada di gang Tidar, Bareng Lor, Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Karena berada di gang, tempat ini tidak dapat terlihat dari jalan raya sehingga Anda harus masuk ke jalanan sempit terlebih dahulu.

foto by instagram.com/ceritaklaten/

Taman ini berada dekat dengan PMI Klaten. Bagi Anda yang tempat tinggalnya agak jauh dari taman lampion, mungkin sedikit kesulitan untuk menemukannya karena harus masuk ke jalur lambat kemudian masuk ke lokasi. Anda hanya perlu masuk sekitar 200-300 meter dari jalan raya Jogja-Solo.

Jadi, setelah Anda donor darah di PMI, Anda bisa mampir ke taman lampion terlebih dahulu untuk refreshing.

Aktivitas di Taman

foto by instagram.com/butiran.terigu/

Sesuai namanya, Anda akan melihat banyak lampu lampion di taman ini. Terdapat kolam bertingkat dengan air mancur yang di tengahnya ada patung hanoman atau manusia kera. Kera besar tersebut dikelilingi oleh 12 kera kecil dengan berbagai warna dalam air mancur.

Taman lampion juga cocok untuk tempat bermain anak-anak karena tersedia beberapa permainan, seperti jungkat-jungkit dan ayunan. Kita bisa beristirahat di bawah pohon rindang sambil mengawasi anak-anak yang sedang bermain.

foto by instagram.com/tri.azza/

Banyak pengunjung yang datang ke taman ini, meskipun hanya sekedar jalan-jalan. Mereka pun tidak melewatkan waktu untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan berfoto. Suasana kekeluargaan sangat terasa, meskipun dengan berwisata murah meriah di taman ini.

foto by heri-sugianto.blogspot.co.id

Kursi-kursi yang disediakan di taman membuat tempat ini sangat cocok untuk beristirahat, berbincang atau bahkan mendiskusikan sesuatu. Pohon yang rindang membuat udara semakin sejuk nan asri.

Rute Menuju Lokasi

Taman lampion berada dekat dengan jalan utama di Kabupaten Klaten, yakni jalan Pemuda. Dari jalan ini, Anda bisa mengambil ke arah barat atau ke jalan Lek Panggih yang terletak di Gang antara Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten. Dari pintu gang, masuk sekitar 100 m, di sisi kiri jalan.

Anda juga bisa melalui sisi barat, yaitu dengan melalui jalan Ki Ageng Pemanah. Jalan ini berada di sebelah selatan Gang Merapi. Setelah 50 meter, Anda sudah bisa menemukan taman lampion Klaten.

foto by instagram.com/purnasabdaning/

Jika Anda masih kebingungan dengan petunjuk yang diberikan, Anda bisa mengikuti arah dari Google Maps. Dari sini, Anda akan melihat taman Kamboja yang berada tidak jauh dari taman lampion ini, jadi Anda bisa sekalian mampir ke taman tersebut.

Kasus Pengeroyokan

Berita tidak menyenangkan pernah datang dari taman lampion ini. Sekitar pertengahan tahun 2016, telah terjadi tragedi selama kurang lebih dua malam berkaitan dengan fasilitas umum di Klaten ini Bahkan, tragedi ini sempat dimuat di media cetah dan menjadi topik perbincangan di masyarakat.

Tragedi tersebut adalah terjadinya bentrok antara masyarakat yang tinggal di rusunawa dekat taman dengan organisasi masyarakat. Kerusuhan tersebut terjadi di kawasan taman sehingga membuat khawatir para pengunjung, meskipun awal kejadian dimulai pada malam hari.

Keinginan mengecek sekelompok pemuda yang diduga mabuk menjadi awal mula terjadinya pengeroyokan. Kejadian tawuran ini mengaibatkan kerusuhan hingga ada empat orang yang mengalami luka-luka.

Fasilitas

Daya tarik utama dari taman ini pastinya adalah lampion, hanya saja belum ada banyak variasi warna dan bentuk dari lampion tersebut. Namun, kenyamanan dan suasana asri sangat terasa ketika Anda berkunjung ke taman.

Adanya pohon cemara, palm dan beberapa tumbuhan hias mampu membuat pemandangan lebih indah. Terlebih dengan adanya kolam di sisi jalan yang lengkapi dengan jalan setapak dari keramik dan lampu hias bergaya klasik.

foto by instagram.com/hetie_lophe/

Anda bisa memanfaatkan jalan setapak ini untuk walking atau jogging track sehingga olahraga akan terasa lebih menyenangkan. Selain itu, terdapat gazebo khas desain Cina yang berguna untuk tempat beristirahat.

Dijamin, Anda tidak akan menyesal setelah datang ke taman ini, bahkan bisa menjadi tempat favorit bagi Anda yang suka dengan suasana asri di bawah pepohonan. Sambil bercengkrama bersama keluarga atau teman.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.