10 Gambar Kawah Biru Pekanbaru, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Jalan Menuju Tinggi Raja + Bagus di Buat Foto?

Diposting pada

Lokasi: Jln Karya Labersa, Tanah Merak Siak Hulu, Kabupaten Kampar
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: Setiap hari 24 jam
Telepon:

foto by tokoilmulo.blogspot.com

Indonesia memang terkenal dengan beraneka ragam tempat wisata mulai dari wisata kuliner, seni dan budaya, sejarah, alam, belanja dan lain-lain. Salah satu kota destinasi wisata di Indonesia adalah kota Pekanbaru.

Berlibur ke daerah Pekanbaru banyak yang bilang membosankan. Kenapa ya? alasannya tidak banyak objek wisata yang dapat untuk dikunjungi karena sepanjang jalan ditemukan perkebunan sawit.

Pekanbaru merupakan salah satu kota yang cukup terkenal di Indonesia untuk dijadikan destinasi wisata karena Pekanbaru menyimpan berbagai macam wisata unik yang belum dieksplorasi.

foto by inforiau.co

Banyak destinasi wisata di Pekanbaru yang belum diketahui sehingga sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa kota mereka minim destinasi wisata dan kebanyakan dari masyarakat setempat bingung ingin berlibur kemana.

Dan akhir-akhir ini ada salah satu objek wisata yang sangat viral di media sosial hingga masuk Youtube dan juga menjadi bahan pembicaraan di kaskus yaitu objek wisata Kawah biru. Kawah Biru ini merupakan salah satu kawasan wisata alam yang terletak di Pekanbaru kabupaten kampar yang berada di Kepulauan Riau.

Legenda dan deskripsi singkat terjadinya kawah biru

foto by tokoilmulo.blogspot.com

Kawah biru ini tidak seperti kebanyakan kawah lainnya yang sudah lebih dahulu dikenal seperti kawah ijen yang terdapat di Banyuwangi Jawa Timur yang terkenal dengan Blue Fired, kawah Putih Tinggi Raja di Kabupaten Simalungun Sumatera utara, dan juga kawah Ciwidey di Bandung Jawa Barat.

Objek wisata ini tidak terbentuk dari lekukan yang dihasilkan letusan gunung merapi tapi kawah ini terjadi karena karyawan PT.PLN melakukan galian tanah dimana kawasan ini terdapat banyak pasir putih.

Dan karena adanya pasir putihnya pada bekas galian yang akhirnya digenangi air hujan dan tampaklah airnya menjadi biru sehingga disebut Kawah Biru. Bisa dikatakan bahwa kawah ini merupakan hasil buatan tangan manusia.

foto by instagram.com/reza.widiatmo/

Di kawasan wisata ini anda tidak akan menemukan belerang yang dapat mengganggu pernapasan anda sehingga tidak diperlukan untuk membawa masker.

Lokasi dan Akses menuju ke kawasan kawah biru

Berbeda dari kawah pada umumnya yang terletak diantara gunung-gunung, kawah ini tidak berada di daerah pegunungan dan membutuhkan tenaga lebih untuk menemukannya. Hal ini tentu saja mempermudah para pengunjung ketika ingin berlibur ke daerah wisata ini.

foto by instagram.com/a_dichandr_a/

Akses untuk menuju lokasi cukup mudah karena letaknya berada didekat kota, ketika sudah berada di pusat kota, anda cukup menemukan Jalan Parit Indah, kemudian masuk daerah Labersa kemudian masuk ke Gapura Perumahan Griya Tika Utama kemudian belok kiri.

Setelah berjalan sekitar 300m, anda akan menemukan perumahan berwarna orange disebelah kanan kemudian ikuti saja jalannya sampai anda menemukan Kawah Biru.

Harga Tiket Masuk

foto by arifree.deviantart.com

Untuk masuk ke objek wisata ini sebenarnya tidak dikenai tarif namun apabila pengunjung ramai terkadang muncul tukang parkir dadakan.

Untuk tarif kendaraan, para tukang parkir mematok tarif Rp.5.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp.10.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Meskipun belum dikenal secara mendunia, namun objek wisata tersebut mampu menarik wisatawan dari dalam maupun luar kota.

foto by instagram.com/fasehindra/

Banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahannya datang berkunjung ke lokasi ini baik itu dari kawasan sekitar Dumai ataupun Riau dan juga dari luar kota seperti Siantar, Tebing, Medan bahkan ada juga wisatawan dari luar provinsi Sumut seperti Yogyakarta, Sumedang,Tangerang, Malang serta Bangka.

Aktifitas di kawah biru Pekanbaru

Kawasan wisata ini belum mendapatkan perhatian dari pemerintah sekitar sehingga tidak banyak aktifitas yang dapat dilakukan dan juga tidak terdapat fasilitas yang dapat dimanfaatkan ketika berada di kawah biru ini.

foto by tribunnews.com

Namun karena keindahan dari kawah Biru, para kawula muda disekitar menjadikan tempat ini menjadi salah satu spot untuk foto. Spot favorit yang menjadi target para pengunjung adalah berada diarea dekat danau

Warna pasirnya yang putih mirip seperti sedang turun salju dan dipadukan dengan keindahan dari air yang berwarna biru menghasilkan panorama yang begitu indah sehingga membuat backrgound dari foto memberikan kesan yang menarik.

foto by instagram.com/adiichandraa/

Bahkan disekitar kawah ada juga pasangan yang mengadakan sesi pemotretan untuk Prewed. Sudah menjadi hal biasa jika objek wisata ini menjadi tempat untuk mengabadikan background foto Prewednya dengan menggunakan kawasan kawah ini.

Meskipun tidak banyak yang dapat dilakukan di daerah objek wisata, banyak juga para pengunjung y datang hanya untuk menghabiskan waktunya ketika berkunjung ke lokasi tersebut sambil membawa bekal. Dan anda juga dapat menikmati keindahan sunset dari kawasan kawah ini.

foto by instagram.com/adiichandraa/

Keunikan antara kawah biru dan kawah lainnya adalah ketika berada di kawasan wisata ini anda tidak perlu menggunakan masker untuk menutupi wajah dan anda juga tidak perlu menggunakan sunblock.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah ketika musim penghujan, karena kawah akan digenangi air hujan sebab apabila tidak ada air maka kawah akan tampak kuning.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.