Pastel Ikan Patin, gambar By @ganyeman.inc

10 Jajanan dan Kue Khas Riau Untuk Mengisi Perutmu

Diposting pada

Provinsi Riau memiliki banyak magnet untuk menarik perhatian wisatawan, seperti beragam destinasi wisata dan kuliner maupun masakannya yang memanjakan lidah, seperti gulai ikan patin, nasi lemak khas melayu, mie lendir di Kepulauan Riau, dan lain-lain.

Tidak hanya makanan berat saja, namun Riau juga punya beberapa jajanan dan kue tradisional yang wajib untuk dicoba, baik varian basah maupun kering. Beberapa di antaranya bahkan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Beberapa kue juga dijadikan kudapan oleh masyarakat Riau saat hari besar tertentu seperti lebaran. Lantas, apa saja ya jajanan dan kue tradisional dari Provinsi Riau yang harus kalian coba?

Berikut ini merupakan beberapa macam jajanan dan kue khas Riau yang wajib dicoba.

1. Kue Asidah

Foto By @fitz.fh

Kuliner khas satu ini terinspirasi dari makanan khas Timur Tengah yg kerap dijadikan sarapan, sementara di Riau sering menjadi kudapan untuk menemani secangkir teh ataupun kopi.

Kue asidah adalah hidangan yang terbuat dari rempah-rempah seperti kayu manis, pandan, cengkeh sehingga terasa gurih dan manis dengan tekstur embut. Selain itu, bawang goreng pun kerap ditambahkan di atasnya.

Kue ini memang cukup jarang ditemukan, kalian bahkan harus pesan dulu ke penjual di Kota Rengat dengan harga Rp. 1.000 hingga 3.000 per buah. Namun begitu, bisa juga coba buat sendiri karena resep dan cara membuatnya cukup mudah.

2. Kue Bangkit

Foto By @i_am_linawati

Jajanan yang satu ini merupakan oleh-oleh yang populer dari Kota Pekanbaru. Teksturnya cenderung bergelombang namun halus dan memiliki bentuk seperti kembang. Kue bangkit mempunyai ukuran kecil dengan bahan dasar terbuat dari tepung sagu.

Kalian bisa memilih berbagai varian rasa dari kue bangkit, yaitu jeruk purut, kelapa, durian, cokelat, nangka, pandan, vanilla, strawberry, dll. Kue ini banyak disajikan dalam hari-hari besar seperti lebaran dan Imlek.

Salah satu tempat untuk membeli kue bangkit adalah di Toko Megarasa yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 397, Pekanbaru. Harganya pun cukup murah, hanya Rp. 30.000 per bungkus.

3. Roti Jala

Foto By @kelateku

Satu alasan mengapa jajanan ini dinamakan demikianadalah karena bentuknya menyerupai jala untuk menangkap ikan. Biasanya, roti ini dimakan dengan kuah yang pembuatannya dari berbagai bahan seperti kari dan durian.

Makanan ini merupakan makanan melayu yang teradaptasi dari unsur India. Roti jala bisa dimakan dengan kuah, ataupun tanpa kuah. Di Kepulauan Riau, kudapan tersebut dinamakan roti kirai. Kalian bisa menemukannya di acara syukuran atau pesta pernikahan.

Roti ini banyak dijual oleh pedagang yang menjual di pinggir jalan di Kota Pekanbaru. Harga hanya Rp. 2.000, namun jika beli per kilogram mencapai Rp. 70.000.

Jika kingin membeli dengan kuah, kalian perlu membayar Rp. 30.000 untuk lima roti jala beserta kuahnya yang lezat. Membayangkannya saja, sudah semakin ngiler kan?

4. Bolu Kemojo

Foto By @oleholehcikpuan_pekanbaru

Jajanan yang satu ini populer sebagai warisan dari nenek moyang, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bolu kemojo adalah kue yang berbentuk seperti bunga kamboja dengan beraneka rasa seperti durian, coklat, pandan, jagung, dll.

Kue yang telah ada sejak 15 tahun lalu ini memiliki rasa manis yang pas untuk lidah kita. Kini bahkan ada versi modernnya lho, yaitu bolu kemojo dijadikan sebagai kue lapis. Penganan tersebut juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Salah satu tempat untuk membeli bolu kemojo adalah di gerai Al Mahdi, Jl. Rajawali No. 72 D, Sukajadi. Untuk ukuran kecil, kalian bisa beli dengan harga Rp. 1.500-Rp. 3.000 sementara ukuran besar, sekitar Rp. 15.000-Rp.25.000.

5. Viz Cake

Foto By @vizcakepekanbaru

Yang satu ini adalah kue yg cukup populer di Pekanbaru, terlebih sebagai oleh-oleh. Kalian bisa memilih berbagai roti, bolu, dan makanan ringan di toko tersebut. Salah satu varian paling digemari adalah banana cake dan rainbow roll durian.

Selain itu, toko kue ini juga menawarkan beberapa varian kue yg tidak boleh dilewatkan seperti roti durian cheese, kue panggang soft durian original, cake pisang pandan cheese, cake pisang blueberry, dan lain-lain.

Toko kue ini terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 16 sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Harga per loyang dengan bentuk bundar tersebut dibanderol dari Rp. 35.000 hingga 55.000.

6. Lempuk Durian

Foto By @zeng_fen_ni

Pekanbaru terkenal akan duriannya yg enak, sehingga tidak heran apabila di kota ini banyak produk olahan durian yg wajib untuk dicoba. Salah satunya olahannya adalah lempuk yang mirip dengan dodol.

Jajanan satu ini memiliki rasa manis dan aroma khas yg cukup menyengat. Lempuk tersebut juga dibuat dari bahan-bahan alami, tanpa pengawet dan 100% buah durian.

Salah satu tempat untuk mendapatkan lempuk durian adalah di Toko Lempuk Durian Asli Bengkalis di Jl. Merpati Sakti Gang Yoyo No. 17, Simpang Baru. Harga yg ditawarkan pun bermacam-macam, dari Rp. 60.000 hingga 120.000.

7. Dodol Kedondong

Foto By @ridho_gunawan12

Jajanan yg satu ini berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Bahan pembuatannya adalah tepung beras ketan, gula pasir, kelapa, dan buah kedondong. Kudapan tersebut memiliki warna cokelat kehitaman dengan aroma yang harum.

Makanan ini cukup populer di Riau dan bisa dibawa sebagai buah tangan. Nah, karena inilah, kalian bisa menemukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Riau.

Salah satunya adalah di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru. Harga untuk per kotaknya pun cukup murah, berkisar dari Rp. 15.000 hingga 20.000 saja.

8. Lopek Bugi

Foto By @vivi_y.umar

Camilan satu ini adalah makanan manis yang terbuat dari santan, air pandan, garam, pulut hitam, dan tepung beras. Ada dua jenis lopek bugi di Riau, yaitu pulut putih serta hitam. Namun, ukurannya kecil, sehingga kalian perlu beli lebih banyak.

Salah satu tempat untuk menemukan kue ini adalah Lopek Bugi Bu Elis di Jl. Arifin Achmad dan dekat Danau Bingkuang, Kampar. Harga satuannya cukup murah, hanya Rp. 12.000 saja.

9. Pastel Ikan Patin

Pastel Ikan Patin, gambar By @ganyeman.inc

Selama ini, kita hanya mengetahui bahwa ikan patin bisa diolah menjadi abon dan berbagai masakan seperti gulai. Ternyata, ada pastelnya juga. Jajanan khas Pekanbaru tersebut namanya telah dikenal hingga ke Thailand lho!

Sesuai dengan namanya, pastel ini memiliki isian ikan patin dan juga sayur-sayuran. Pastel tersebut terkenal dengan rasanya yg enak dan kandungan gizi yg cukup baik.

Berbagai tempat untuk mendapatkan pastel ikan patin adalah di toko oleh-oleh seperti di Pasar Bawah, Pasar Cik Puan, Pekanbaru Malay, Megarasa, dan lain-lain. Harganya terbilang cukup murah, yakni Rp. 22.000 per kotak.

10. Talam Durian

Foto By @yuni_ummu_nakia

Talam durian adalah salah satu kue khas Pekanbaru yang cukup populer. Salah satu tempat untuk membelinya adalah di Rumah Kue Viera di Jl. Melati simpang Jl. Naga Sakti. Harganya sekitar Rp. 40.000 per kotak.

Itulah beberapa macam jajanan dan kue khas Riau yg wajib dicoba lengkap beserta gambarnya. Beberapa resepnya bisa dicari di internet jika ingin mencoba membuat sendiri.

Dari daftar diatas, mana nih yg ingin kalian coba?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.