Foto By resepmami.info

10 Rekomendasi Makanan Khas Negara Arab Saudi Paling Lezat dan Mantap Yang Wajib Dicoba

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Timur Tengah atau sering disebut dengan nama Arab Saudi adalah salah satu negara yang terkenal sebagai tempat suci bagi umat muslim.

Namun, selain itu negara ini juga ternyata sangat terkenal sebagai surganya kuliner karena memiliki banyak sekali makanan khas dengan citarasa enak serta kaya akan rempah pilihan dan tentunya dijamin halal.

Nah, jika Sahabat JejakPiknik berkesempatan ke tanah suci, sungguh kerugian besar bila kalian tidak menyempatkan barang sebentar untuk berwisata kuliner di negara ini.

Penasaran kan apa saja makanan khas Arab Saudi yang terkenal akan kelezatannya?  Selengkapnya hanya ada di JejakPiknik.com.

1. Baklava

Foto By magazine.job-like.com

Makanan khas Arab Saudi pertama yang wajib buat dicoba adalah Baklava, sejenis kuliner berasal dari Turki menyerupai kue pastri dan biasanya didalamnya diisi kacang ataupun coklat.

Bila dilihat sekilas dari gambar ataupun foto, kue tradisional ini mirip bolen khas Indonesia. Hanya saja baklava biasanya disandingkan dengan madu ataupun sirup.

Kue tersebut banyak dijual di toko-toko roti, salah satunya adalah Gulluoglu Baklava and cafe di Al Rahmaneyyah, Riyadh. Mengenai harganya, biasanya dibanderol sekitar SAR 23 atau 87 ribuan saja.

2. Kunafa 

Foto By m.dailymoslem.com

Dan makanan kedua yang menjadi ciri khas Saudi Arabia adalah Kunafa, sejenis cemilan berbahan dasar keju serta sirup. Tak hanya sebagai hidangan pembuka, penganan ini  juga kerap dijadikan menu  penutup.

Kunafa bentuknya menyerupai bihun dan memiliki rasa sensasi manis serta gurih ketika digigit. Jika berkunjung ke tanah suci, jangan sampai lewatkan makanan ini ya.

Dan kunafa sendiri sudah banyak dijajakan di toko-toko  kue di Arab Saudi dan untuk harganya hanya dibanderol  kisaran SAR6-10 atau sekitar 22-38 ribu saja. Nah,masih sangat terjangkau bukan?

3. Nasi Mandy

Foto By resepmami.info

Meskipun makanan berat tapi nasi mandy adalah salah satu masakan tradisional yang paling populer baik bagi orang Arab Saudi maupun kalangan wisatawan.

Nasi mandy ini terbuat dari beras basmati dan dimasak dengan resep bumbu khusus seperti jintan, adas, kayu manis, safron serta lada hitam dan setelah itu, dilengkapi daging ayam ataupun daging  domba panggang.

Penasaran ingin mencicipinya? Al Seddah Restaurant di Falastin street, Jeddah, Arab Saudi adalah tempat paling pas buat dituju.

Namun, bagi Sahabat JejakPiknik yang ingin mencicipinya, siapin dulu ya uang sebanyak-banyaknya karena harga nasi mandy ini cukup fantastis mencapai  400 jutaan. Bagaimana, masih tertarik?

4. Nasi Biryani

Foto By liputan6.com

Nasi Biryani ini bentuknya tak jauh beda dari mandy. Dimana sajian tersebut juga merupakan salah satu menu nikmat yang bisa mengganjal perut kala kita tengah melakukan ibadah haji.

Kuliner tersebut dimasak bersama dengan rempah, sayuran serta daging kambing ataupun domba sehingga tak heran jika nasi biryani memiliki aroma lebih pekat serta kuat dibanding mandy.

Nasi biryani sendiri banyak dijajakan di warung-warung makan di jalan Misfalah, kota Madinah.  Dan soal harga, hanya dikenai 11-15 Riyal atau sekitar 41 hingga 57 ribuan saja seporsinya.

5. Falafel

Foto By travel.tribunnews.com

Makanan khas Arab Saudi selanjutnya adalah Falafel, sejenis jajanan berukuran kecil yang terbuat dari adonan kacang faca dan memiliki rasa pedas serta gurih.

Falafel ini dimasak dengan cara digoreng sampai teksturnya renyah. Selain dijadikan cemilan, kuliner tersebut juga kerap disajikan menjadi topping sayuran, acar ataupun salad

Dan falavel adalah jajanan paling mudah ditemukan di warung-warung di pinggir jalan. Mengenai harganya, hanya dibanderol sekitar 1 Riyal atau 3 ribuan saja dengan isi 4 biji.

6. Mutabbaq

Foto By media.iyaa.com

Kuliner khas Arab Saudi berikutnya yaitu mutabbaq, salah satu jajanan yang terbuat dari tepung dan diisi dengan daging cincang, sayuran, daun bawang, tomat serta bawang merah. Sekilas, makanan ini mirip martabak telur.

Dan mutabbaq sendiri termasuk jajanan kaki lima yang mudah sekali ditemukan. Soal harga, tak usah khawatir, karena cukup ramah di kantong.

7. Yughmish 

Foto By sportourism.id

Dan nama hidangan khas Arabia Saudi selanjutnya yang rasanya enak adalah Yughmish, salah satu kudapan berwujud roti dengan bahan dasar tepung gandum.

Yugmish sendiri berisi daging lembut dan dimasak dengan cara dipanggang seperti pembuatan roti pada umumnya. Meski tidak berukuran besar tapi kudapan ini cocok untuk mengganjal perut saat lapar melanda.

Karena merupakan jajanan kaki lima membuat yugmish sangat mudah ditemukan di ruas jalan kota dan selain itu, harganya juga cukup murah.

8. Luqaimat

Foto By rakyataktual.com

Kuliner khas tanah suci selanjutnya yang wajib dicicipi yaitu Luqaimat, sejenis kudapan mirip dengan donat dan memiliki tekstur lebih kering diluar namun lembut didalam.

Uniknya, kudapan tersebut memberikan sensasi lelehan gula di bagian luarnya saat digigit. Saat hari Ramadhan tiba, kue satu ini biasanya menjadi salah satu menu favorit masyarakat Timur tengah.

Dan untuk mendapatkannya bukanlah hal sulit karena banyak dijual di kawasan street food di Arab Saudi. Selain itu, harga luqaimat juga sangat merakyat.

9. Malabari Paratha

Foto By sportourism.id

Malabari Paratha ialah sejenis roti pipih yang berasal dari India namun dapat ditemukan di beberapa negara Timur Tengah seperti di Arab Saudi contohnya.

Kuliner ini biasanya disajikan bersama dengan kari dan sangat mudah ditemukan di warung pinggir jalan. Selain enak, harga malabari paratha juga sangat terjangkau.

10. Kulfi

Foto By idntimes.com

Usai menyantap makanan berat, kini saatnya Sahabat JejakPiknik untuk menikmati kulfi sebagai menu hidangan penutup khas Arab Saudi.

Kulfi adalah sejenis es krim yang bahan dasarnya terbuat dari susu full cream kemudian dibalut khoa lalu ditaburi dengan kacang tanah diatasnya.

Rasanya yang manis dan dingin menyegarkan menjadikannya sebagai salah satu hidangan paling pas untuk menikmati cuaca panas di Arab Saudi.

Kudapan ini juga termasuk salah satu santapan paling mudah ditemukan di pinggiran jalan tanah suci dan harganya pun dibanderol dengan sangat murah.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.