Ice Kopi Jelly, gambar By @cho.eatery

10 Minuman Khas Lampung, Recommended Buat Melepas Hausmu

Diposting pada

Selain kaya akan makanan yang menggoda, Lampung juga mempunyai beragam minuman khas yang bisa kamu jadikan sebagai pelepas dahaga saat sedang piknik disana.

Rasa minuman khas Lampung juga tak kalah enak dari yang ada di Bandung, Jogja, Jakarta maupun daerah lain yg terkenal sebagai destinasi kuliner.

Tak perlu khawatir kalau kamu tidak tahu mana saja yang masuk dalam daftar minuman khas kota Lampung, karena JejakPiknik akan memberikan beberapa rekomendasi.

Mau tahu apa aja? Berikut kami sajikan 10 daftar minuman khas Lampung yang wajib kamu coba saat bertandang kesana.

1. Kopi Lampung

Foto By @defrian___

Provinsi Lampung adalah salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia.Oleh karenanya, kurang lengkap rasanya jika kamu bertandang kesana tanpa mencicipi secangkir kopi khasnya.

Kopi Lampung sendiri dikenal memiliki tekstur lembut dengan citarasa yang cukup kuat. Jenisnya pun bermacam-macam, ada robusta, finest robusta dan jantan.

Untuk menikmatinya pun terbilang cukup mudah karena sudah tersedia di warung-warung kopi yang ada di sekitar kota Lampung.

Namun yang paling terkenal adalah Kedai SR di jalan Barokah No.95, Way Dadi, Sukarame, Bandar Lampung. Dengan merogoh kocek mulai 20 ribuan saja, kamu sudah bisa menikmati kopinya yg sangat enak.

2. Serbat Kweni

Foto By @mamaloni

Tak hanya di Lombok, di Lampung kamu juga bisa melepas dahagamu dengan segelas serbat namun bukan berbahan jahe seperti yang banyak ditemui Nusa Tenggara Barat, melainkan menggunakan buah kweni sebagai bahan utamanya.

Cara membuatnya cukup mudah, dimana buah kweni cukup dicampur dengan air gula dan es batu agar semakin menyegarkan.

Di kota ini, Serbat kerap dijadikan teman minum seruit, yakni salah satu contoh masakan khas Lampung yang terbuat dari ikan goreng atau bakar yang kemudian dicampur dengan terasi serta tempoyak.

Bila ingin menikmatinya, satu tempat paling rekomendasi adalah Cikwo Resto and Coffee di jalan Kimaja, Sepang Jaya, Kedaton, Bandar Lampung.

3. Es Kacang Merah

Foto By @dentist.chef

Seperti halnya Palembang, Lampung juga punya es kacang merah sebagai minuman andalan. Diberi nama demikian, karena resep bahan utamanya memang kacang merah dengan es batu, lalu ditambah beberapa bahan lainnya.

RM.Siang Malam adalah salah satu tempat paling tepat untuk menikmatinya. Disini, kamu bisa mengkonsumsi secangkir es kacang merah segar yang disajikan dengan campuran kolang-kaling serta es serut.

Alamat rumah makan Siang Malam ini letaknya beradadi jalan Lintas Sumatera KM.6, Kekiling, Kalianda, Belambangan, Provinsi Lampung. Dan untuk seporsi es kacang merah disini, hanya dihargai sekitar 15-25 ribuan saja.

4. Durian Kopi Luwak

Foto By @cafe_kopi_luwak

Sama seperti namanya, minuman khas satu ini terbuat dari kopi luwak yang dicampur dengan buah daging durian. Selain nikmat, cara membuatnya pun tidak sulit.

Perpaduan antara kopi luwak dengan daging buah durian ini membuat citarasanya semakin begitu khas. Minuman tersebut juga dipercaya mempunyai khasiat, salah satunya adalah untuk menghangatkan tubuh.

Durian Kopi Luwak bisa kamu nikmati di sejumlah warkop-warkop di sekitaran kota Lampung. Tak perlu khawatir soal harga, karena biasanya dibanderol dengan sangat terjangkau. Tertarik ingin mencobanya?

5. Ice Kopi Jelly

Foto By @cho.eatery

Kamu ingin menikmati kopi dengan sensasi berbeda? Nah, varian khas Lampung ini wajib buat dicoba, namanya yaitu Ice Kopi Jelly.

Yang unik dari minuman ini adalah jelly-nya bukan seperti pada umumnya, melainkan yg terbuat dari kopi. Jadi, dalam satu cangkirnya, kamu bisa menikmati kopi dalam dua bentuk sekaligus, yakni cair dan jeli. Nah, makin penasaran kan dengan rasanya?

Ice kopi jelly ini sangat cocok dikonsumsi saat siang hari di tengah panasnya cuaca kota Lampung. Untuk mencobanya, kamu bisa datang ke Yowis Kafe yang beralamat di Jalan Doker Susilo No.25, Sumur Batu, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung.

Kafe ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 9 malam. Sementara untuk harganya, kamu cukup merogoh kocek mulai Rp.15.000 saja.

6. Tuak

Foto By @bartsilalahi

Dampak dari kenaikan harga minuman keras, membuat pecandu miras di kota Lampung kini beralih ke tuak, yang dibuat oleh masyarakat biasa.

Tuak merupakan salah satu jenis minuman tradisional yang memiliki kadar alkohol tinggi dan bersifatmemabukkan. Untuk jenisnya sendiri ada 2 yakni tuak manis dan pahit.

Di kota Lampung, penjual tuak sudah sangat menjamur, jadi tidak sulit untuk mendapatkannya. Harganya pun tergolong murah meriah, hanya kisaran 5 ribuan saja per liternya.

7. Kopi Bola Dunia

Foto By @kripikpisanganeka8

Ada banyak varian kopi khas Lampung yang wajib buat kamu cicipi saat bertandang ke sana, salah satu contoh lainnya yaitu Kopi Bubuk Cap Bola Dunia.

Ini adalah salah satu jenis kopi legendaris yang sudah ada sejak tahun 1907 dan sangat cocok buat kamu penikmat rasa tradisional. Selain gurih, teksturnya cukup pekat serta memiliki aroma yg begitu wangi.

Kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh di Toko Kopi Bubuk Sinar Baru Cap Bola Dunia yang ada di jalan Ikan Kakap No.22/27, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Kota Lampung dengan harga mulai Rp.15.000.

8. Es Kopi Luwak

Minuman khas lampung adalah dan cara membuatnya keras alkohol daerah tradisional resep bandar contoh dari masakan gambar nama provinsi segar
Foto By @aboutsomethingcoffee

Es Kopi Luwak adalah minuman paling lazim ditemui saat bulan Ramadhan di kota Lampung bagian barat. Jika dilihat dari gambar, tampak seperti biasa saja, namun kalau kamu mencobanya, pasti bakal ketagihan.

Es kopi luwak ini selain segar juga sangat nikmat dan tak hanya dapat menemani waktu santaimu tapi juga diyakini bisa mengembalikan stamina tubuhmu.

Pasalnya, sajian kopi ini sangat berbeda, dimana diberi tambahan es batu yang sudah diblender lalu ditambahkan dengan sedikit madu. Untuk mendapatkannya juga tidak sulit, karena sudah banyak dijajakan di warkop-warkop dan harganya pun relatif terjangkau.

9. Thai Tea

Foto By @rebby_eats

Meski asalnya berasal dari Thailand, namun Thai Tea sangat menjamur di berbagai kota-kota di Indonesia, tidak terkecuali dengan provinsi Lampung.

Namun begitu, tak ada salahnya untuk mencoba melepaskan dahaga dengan Thai Tea ini saat sedang bertandang ke kota Lampung. Selain mudah didapat, rasanya menyegarkan, harganya pun sangat murah, cuma 5 ribuan aja per porsinya.

10. Cheese Tea

Foto By @sghr_sugahara

Selain khas Thailand, masih ada satu lagi minuman kekinian yang cukup digandrungi di kota Lampung, namanya yaitu Cheese Tea.

Teh bertopping keju ini tak hanya menyegarkan tapi juga memiliki varian rasa yang cukup beragam, dari mulai strawberry, summer party, midnight blue, coffee, avocado dan masih banyak lagi jenisnya.

Harganya pun sangat ramah dikantong. Enaknya lagi, tidak sulit untuk mendapatkannya karena penjualnya sudah menjamur di setiap sudut kota Lampung.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi dari kami. Semoga informasi mengenai minuman khas Lampung yang JejakPiknik berikan diatas bisa membuat liburanmu semakin lebih maksimal dan memuaskan ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.