gambar By english.vov.vn

10 Oleh Oleh Khas Vietnam Yang Favorit dan Wajib Untuk Dibeli

Diposting pada

Vietnam adalah salah satu destinasi liburan yang cukup popoler di Asia Tenggara.

Selain menyajikan keindahan Danau Hoan Kiem di Hanoi dan wisata budaya-sejarah di Ho Chi Minh, negara tersebut juga menyuguhkan segudang oleh-oleh buat para wisatawan.

Nah, penasaran kan apa saja oleh-oleh paling pas buat diburu dari negara Vietnam? Ini dia daftar lengkapnya. Simak baik-baik ya!

1. Kopi Vietnam

Foto By Pegipegi.com

Oleh-oleh pertama yang menjadi ciri khas Vietnam dan paling banyak diburu oleh wisatawan adalah kopi. Meski mudah ditemui di Indonesia, tapi tak ada salahnya kan mencicipi minuman nikmat dari negara tetangga ini.

Meski tidak mengeluarkan aroma harum namun citarasa minuman ini sangat kuat karena berasal dari biji kopi robusta.

Minuman ini tak hanya bisa Sahabat JejakPiknik nikmati di Vietnam saja karena kini telah dikemas dalam bentuk sachet dan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Dan salah satu merk paling terkenal yang wajib untuk diburu adalah Trung Ngu Yen. Kopi ini mudah ditemukan baik di minimarket ataupun supermarket di Vietnam. Harga satu kemasannya biasanya dijual sekitar 50.000-100.000VND(setara dengan Rp.50.000-Rp.60.000).

2. Teh Lotus

Foto By Bukalapak.com

Nah, bila Sahabat JejakPiknik tak suka kopi, mungkin berburu teh lotus buat dijadikan oleh-oleh bisa juga menjadi alternatif paling tepat.

Teh lotus yang terbuat dari teratai ini aromanya sangat harum dan cocok untuk dijadikan minuman untuk rileksasi. Tak hanya nikmat namun juga berkhasiat mengobati diare, menurunkan darah tinggi serta mengurangi nyeri haid.

Lotus tea dapat diperoleh di pasar swalayan ataupun Ben Thanh Market. Teh ini biasanya ditawarkan dengan harga 21.000VND(Rp.12.700) saja. Murah bukan?

3. Lotus Seed

Foto By archanaskitchen.com

Selain bunganya dijadikan untuk bahan minuman, di Vietnam biji teratai juga diolah menjadi sebuah cemilan renyah dan gurih, namanya dikenal dengan lotus seed.

Penganan bercitarasa gurih renyah dan mirip dengan kacang koro ini juga cocok bila dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tersayang.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke pasar Ben Thanh di Vietnam. Disini, harga cemilan tersebut umumnya dibanderol sekitar 300.000VND(setara dengan Rp.181.000).

4. Banh Pia

Foto By saigooner.com

Selain lotus seed, Vietnam juga memiliki banyak lagi makanan enak yang bagus buat dijadikan buah tangan untuk keluarga tercinta, salah satu contohnya adalah banh pia, sejenis penganan berwujud kue dengan citarasa legit dan manis.

Selain rasanya enak, harganya juga sangat murah hanya berkisar 40.000-65.000VND atau setara dengan Rp.24.000-Rp.36.000/bungkusnya. Untuk membelinya, silahkan datang ke pasar Ben Thanh.

5. Kain Sutra

Foto By publicinsta.com

Berburu oleh-oleh untuk orang tersayang tak melulu harus makanan, Sahabat JejakPiknik juga bisa membeli souvenir seperti kain sutra khas Vietnam ini contohnya.

Kain khas Vietnam ini bahannya terbuat dari kepompong ulat sutra yang diproses secara manual sehingga teksturnya lebih lembut dan warnanya pun begitu menarik.

Untuk mendapatkan jenis kain sutra yang bagus tapi murah, Silk Village adalah tempat paling pas buat dikunjungi. Mengenai harga, biasanya dibanderol mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

6. Kaos Vietnam

Foto By Jejaklangkahku.com

Nah, buah tangan yang satu ini, semua orang pasti suka. Karena selain menambah koleksi di lemari kaos Vietnam tersebut juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang tersayang.

Kaos ini sangat mudah ditemui di setiap sudut kota dan model paling banyak diburu adalah yang bertuliskan “Saigon Vietnam”, “Tiger Beer” serta “Good Morning Vietnam”.

Dan salah satu tempat paling pas untuk berburu kaos ini adalah pasar Ben Thanh. Mengenai harga, umumnya dijual kisaran 99.000VND atau setara dengan Rp.66.000/pieces.

7. Ao Dai

gambar By english.vov.vn

Selain kaos, baju tradisional khas Vietnam yang mirip seperti cheongsam dengan belahan samping sampai ke pinggang ini juga menjadi salah satu buah tangan paling pas buat dibawa pulang.

Dengan detail bordir dan desain menarik, membuat baju ini cocok buat dijadikan buah tangan untuk pasangan, ibu ataupun teman wanita Sahabat JejakPiknik.

Baju ao dai ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar Ben Thanh dan umumnya harganya dijual hanya sekitar Rp.200.000-Rp.500.000/pieces, tergantung bahannya.

8. Lacquerware

Foto By retireearlylifestyle.com

Nah, mau oleh-oleh yang lebih unik lagi? Mungkin berburu lukisan cantik bernama lacquerware bisa menjadi pilihan paling tepat.

Lacquerware adalah sejenis souvenir berupa lukisan atau ukiran pada sebuah benda seperti piring, vas maupun furniture lainnya. Untuk temanya biasanya menekankan pada siluet gadis Vietnam dan keindahan alam sungai Mekong.

Bagaimana, tertarik? Nah, souvenir ini bisa Sahabat JejakPiknik dapatkan di An Dong Craft Market di Ho Chi Minh City. Soal harga jangan terkejut ya karena cukup mahal bisa mencapai jutaan rupiah.

9. Tembikar

Foto By krisnawatimagdalena.wordpress.com

Souvenir lainnya yang bisa dibawa pulang dari Vietnam dan bagus buat dijadikan oleh-oleh adalah tembikar yakn sejenis souvenir berupa mangkuk, vas bunga, nampan, piring, gelas atau lainnya.

Tembikar tersebut kualitasnya sangat bagus karena dikerjakan dengan cara tradisional dan memiliki banyak desain menarik, ada yang diukir, dilukis ataupun ditempelin cangkang telur.

Untuk berburu tembikar, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Pasar Ban Thanh. Disini, ada banyak jenisnya dan biasanya dibanderol mulai 200.000VND atau setara dengan Rp.121.000/buah.

10. Dried Fruit

Foto By alibaba.com

Nah, bagi penggemar buah maka berburu dried fruit untuk dijadikan oleh-oleh adalah agenda paling pas yang harus ada di must buy list Sahabat JejakPiknik.

Jika di Indonesia dried fruit lebih banyak menggunakan buah apel atau ubi maka di Vietnam yang paling terkenal itu adalah nangka. Bagaimana, Sahabat JejakPiknik sudah pernah coba?

Buat yang ingin berburu penganan ini, ada baiknya pilih merk terkenal seperti Vinamit ya. Untuk mendapatkannya tidak sulit, karena bisa ditemukan di supermarket di pusat kota. Mengenai harga, biasanya berkisar 8.000-60.000VND atau setara dengan Rp.4.800-Rp.36.000 saja.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.