Pantai di anyer banten tempat wisata pulau lokasi serang yang paling bagus sambolo pasir putih jambu beach marbella legon florida bandulu paket karang bolong angker lokasi harga tiket masuk sirih foto gambar cottage letak sepi baru malam hari terletak di provinsi nuansa bali jogja
Pantai Anyer (foto: chipago.com)

Daftar Pantai di Anyer Banten Dengan Alam Yang Memesona dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Diposting pada
4.2/5 - (12 votes)

Lokasi: Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten
Map: Klik Disini
HTM: Sepeda Motor Rp.15.000, Mobil Rp.50.000, Bus Kecil Rp.250.000, Bus Besar Rp.500.000 (Tarif sudah termasuk Harga Tiket Masuk Semua Penumpang dan Ongkos Parkir)
Buka Tutup: 24 Jam

Nama Anyer begitu melegenda dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah Indonesia.

Karena disinilah pada abad XIX Pemerintah Kolonial Belanda dibawah pimpinan Herman Willem Daendels mengawali pembangunan Jalan Raya Pos sejauh 1000 km dari Anyer ke Panarukan dengan mempekerjakan penduduk pribumi lewat kerja rodi yang memakan korban ribuan nyawa.

Baca Juga: 30 Tempat Wisata di Banten Daerah Serpong

Selain itu nama Anyer juga akrab di telinga masyarakat Indonesia karena memiliki destinasi wisata pantai yang keindahannya tidak kalah dari pantai-pantai yang ada di Bali, Lombok serta Jogja.

Itu sebabnya, para wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Anyer tidak hanya wisatawan domestik tapi juga wisatawan dari mancanegara.

Sejarah Asal Usul

Saat Sore Hari (foto: initempatwisata.com)

Menurut legenda, Anyer berasal dari kata “Anyar” yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Baru”. Istilah tersebut dipergunakan untuk memberi identitas bagi sebuah kota yang baru dibangun kembali, setelah sebelumnya mengalami kehancuran.

Awalnya kota ini memiliki nama Kota Sudi Mampir yang didirikan pada tahun 1667 dan berada di bawah kekuasaan pemerintahan Kerajaan Banten.

Akibat meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883, bencana besar melanda seluruh penjuru dunia, terlebih kawasan yang ada di sekitar Krakatau termasuk Kota Sudi Mampir.

Setelah hancur total, beberapa tahun kemudian kota ini didatangi orang-orang dari Pandeglang, Ciomas, Serang, Mancak dan dari luar pulau seperti dari Lampung, Riau, Padang dan Batak.

Para pendatang tersebut mulai membangun kawasan ini dan menyebut kota yang baru dibangun kembali tersebut dengan sebutan Kota Anyar atau Kota Baru yang selanjutnya berubah nama menjadi Kota Anyer.

Saat ini Anyer merupakan sebuah wilayah kecamatan yang menjadi bagian dari Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Kecamatan yang terdiri atas 10 desa tersebut sebagian besar wilayahnya berada di kawasan bibir pantai.

Sehingga apabila Anda berkunjung ke Anyer, di sepanjang jalan yang Anda lalui, tepatnya disisi kanan jalan (jika dari arah Jakarta), akan Anda saksikan deretan pantai dengan panoramanya yang indah.

Mercusuar (gambar: wisataterindah.net)

Pantai-pantai yang membentang di wilayah kecamatan Anyer itulah yang disebut Pantai Anyer. Jadi sebutan Pantai Anyer bukan untuk memberi identitas sebuah tempat wisata melainkan untuk menyebutkan beberapa lokasi wisata yang ada di kecamatan Anyer.

Beberapa objek wisata yang disebut Pantai Anyer tersebut diantaranya adalah: Pantai Sambolo, Pantai Marbella, Pantai Cibeureum, Pantai Bandulu, Pantai Marina, Pantai Pasir Putih Florida, Pantai Pasir Putih Sirih dan Pantai Jambu.

Karena dipisah oleh jarak, meskipun tidak terlalu jauh, keenam pantai yang ada di kawasan Anyer tersebut memiliki tipikal dan keindahan yang berbeda-beda, sehingga ada variasi pemandangan dan aktifitas yang dapat dinikmati para wisatawan.

Namun demikian, terdapat pula kesamaannya, yaitu sama-sama memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan lembut, serta memiliki laut dengan latar belakang Anak Gunung Krakatau serta sebuah Pulau di lepas Pantai.

Pulau tidak berpenghuni yang bernama Pulau Sanglang tersebut merupakan kawasan hutan yang belum terjamah manusia dan dikelilingi formasi karang yang dipenuhi berbagai jenis ikan tropis.

Tempat Wisata di Kawasan ini

Untuk mengetahui seperti apa daya dari Pantai Anyer, berikut informasi seputar pantai-pantai yang ada di kawasan Pantai Anyer beserta gambar dan foto dari tempat-tempat wisata tersebut:

1. Pantai Sambolo

Sambolo (foto: beritabesar.com)

Kawasan pantai yang landai dengan pasir putihnya yang bersih dan lembut serta tidak adanya batu karang membuat tempat ini aman untuk dipakai berenang.

Itu sebabnya Pantai Sambolo menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, karena untuk orang tua yang membawa anak tidak perlu merasa khawatir saat mengajak anaknya menikmati jernihnya air laut dengan mandi dan berenang.

Pantai Sambolo juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana pantai dan air yang dapat disewa dengan harga terjangkau. Untuk dapat menikmati Boogy Board misalnya, Anda cukup membayar Rp.5000.

Sedang untuk tarif sewa Banana Board seharga Rp.25.000/orang. Selain itu masih ada beberapa wahana lainnya yang juga dapat disewa dengan harga murah, seperti ATV, jet ski, donat boat, parasailing dan peralatan snorkeling.

Bermain Banana Boat (foto: inawisata.com)

Adanya tempat penyewaan peralatan snorkeling, karena kawasan perairan Pantai Sambolo dengan air lautnya yang jernih memiliki taman laut yang dipenuhi terumbu karang yang masih terjaga keasliannya, sehingga menjadi tempat hidup dari berbagai jenis ikan dan makhluk laut lainnya.

Jika ingin duduk santai sambil menikmati keindahan alam, tersedia gazebo atau saung yang dapat disewa seharga Rp.50.000 – Rp.80.000 tergantung dari besarnya ukuran gazebo/saung.

Sedang bagi pengunjung yang datang dengan tidak membawa perbekalan, di sekitar Pantai Sambolo terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang menawarkan berbagai macam menu dengan harga yang dapat disesuaikan dengan isi kantong.

2. Pantai Marbella

Marbella (foto: begitu.com)

Letak Pantai Marbella bersebelahan dengan Pantai Sambolo dan untuk mencapainya cukup dengan berjalan kaki di sepanjang garis pantai.

Nama Marbella yang melekat pada pantai ini diambil dari nama sebuah hotel yakni Hotel Marbella yang berada di tepi pantai.

Dibandingkan dengan Pantai Sambolo, kondisi di sekitar Pantai Marbella tampak lebih bersih, sehingga kawasan pantai sangat nyaman untuk dipakai beraktifitas, seperti bermain pasir, volley pantai, atau sekedar jalan-jalan menikmati lembutnya pasir.

Jika merasa lelah, Anda dapat beristirahat di beberapa saung yang ada di pinggir pantai. Penjaja makanan dan minuman yang ada di kawasan pantai juga siap melayani pengunjung yang tidak membawa bekal dari rumah.

3. Pantai Bandulu

Surf Board yang Siap untuk Disewakan (foto: bantenprov.go.id)

Sama halnya dengan Pantai Sambolo, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Bandulu tidak hanya disuguhi dengan keindahan pemandangan pantai, tapi juga berbagai macam wahana permainan yang dikelolah oleh salah satu villa yang ada di tepi pantai dan diberi nama Bandulu Water Sport Anyer.

Kolam Renang Bandulu Water Sport (foto: anyerpedia.com)

Beberapa wahana yang dapat dinikmati di tempat wisata ini diantaranya adalah kolam untuk dewasa yang berukuran luas, kolam anak-anak, Jet Ski, Banana Boat, Donat Boat, ATV dan Surf Board untuk mereka yang ingin mencoba bermain surfing.

Tidak perlu takut untuk berselancar di Pantai Bandulu, karena ombak yang ada di perairan pantai ini tidak terlalu besar, sehingga pas untuk surfer pemula.

Selain itu pihak pengelola juga menyediakan pemandu profesional yang akan mengajarkan tentang bagaimana melakukan surfing sekaligus siap menjaga keselamatan Anda saat berselancar.

4. Pantai Cibeureum

Cibeureum Berhias Deretan Pohon Kelapa (foto: matajatim.com)

Pesona yang berbeda disuguhkan Pantai Cibeureum. Meski pasir pantainya tidak begitu putih dan juga tidak seberapa halus, namun deretan pohon-pohon kelapa di pinggir pantai menyuguhkan nuansa yang menyejukkan mata dan memberikan suasana yang teduh.

Rerumputan yang tumbuh subur di bawah pohon-pohon kelapa juga terlihat hijau dan bersih dari sampah sehingga nyaman untuk dipakai duduk berteduh.

Berbeda dengan Pantai Sambolo dan Pantai Marbella yang pantainya hanya berhias pasir, sebagian area Pantai Cibeureum dihiasi dengan karang.

Namun demikian pantai ini tetap aman untuk dipakai mandi dan berenang karena area yang berhias karang lebih sedikit dibanding area yang berpasir.

Selain itu, ombaknya yang bersahabat membuat pengunjung tidak merasa khawatir saat bermain dengan air, meski harus tetap berhati-hati dan tidak terlalu ke tengah atau terlalu dekat dengan area karang.

Sunset (foto: zona74-2.blogspot.co.id)

Kelebihan lain yang dimiliki pantai ini dapat disaksikan pada saat matahari beranjak ke peraduan, karena sunset di Pantai Cibeureum menyajikan pemandangan luar biasa yang tidak Anda temukan di tempat-tempat wisata yang lain.

Untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan, beberapa fasilitas telah disiapkan di Pantai Cibeureum diantaranya: saung untuk tempat istirahat, kamar mandi dan MCK, mushollah, area parkir kendaraan, serta yang lain.

Beberapa cafe, restoran dan warung juga dapat dengan mudah ditemui di sekitar kawasan pantai, sehingga pengunjung tidak bingung untuk urusan makan dan minum.

5. Pantai Marina

Salah Satu Resort di Marina (foto: ohobooking.com)

Nama Marina berasal dari kata “Marine” yang memiliki arti lautan. Di pantai ini Anda dapat menjumpai Break Water berupa bendungan yang dibuat dari tumpukan batu-batu besar yang berfungsi sebagai peredam ombak.

Dengan adanya Break Water itulah pada sisi bagian dalam terbentuk kolam besar yang digunakan sebagai tempat bersandar kapal-kapal besar yang akan menaik-turunkan penumpang.

Pantai Marina juga memiliki sejumlah wahana permainan air. Bahkan jika dibandingkan dengan Pantai Sambolo dan Pantai Bandulu, fasilitas dan wahana permainan yang ada di Pantai Marina jumlahnya lebih banyak dan lebih lengkap.

Beberapa wahana yang ada di pantai ini diantaranya adalah: Water Sport (Jetski, Banana Boat, Donat Boat), kolam renang anak dan dewasa, Kids Play Ground, Billiard dan Out Bond Area.

Bermain Jetski di Marina (foto: matajatim.com)

Sedang fasilitas yang ada di Pantai Marina diantaranya adalah: dermaga, kamar mandi dan MCK, mushollah, cafe dan aula, serta yang lain.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati malam di kawasan pantai, tersedia penginapan dalam bentuk rumah panggung dan cottage.

6. Pantai Pasir Putih Florida

Memiliki bibir pantai paling lebar di antara pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan Pantai Anyer, membuat hamparan pasir putih di Pantai Florida sangat menyenangkan untuk dipakai beraktifitas.

Namun, diantara sekian banyak aktifitas yang dapat dilakukan di tempat wisata ini, yang paling ditunggu-tunggu adalah saat datangnya sore hari.

Dengan posisi pantai yang menghadap ke arah Barat berlatarbelakang Anak Gunung Krakatau, membuat semburat cahaya matahari yang menebarkan warna cantik di langit berpadu dengan keindahan cahaya yang dipantulkan oleh air laut.

Indahnya Sunset (foto: travel.detik.com)

Karena itu, jika datang ke Pantai Florida pada siang hari, sebaiknya berbekal kain atau tikar untuk duduk santai sambil menunggu datangnya sore. Jika tidak membawa tikar/kain, Anda dapat menyewanya seharga Rp.20.000.

7. Pantai Jambu

Meski julukan Pantai Pasir Putih disematkan pada Pantai Florida, namun sebenarnya pantai di kawasan Pantai Anyer yang memiliki pasir paling putih adalah Pantai Jambu.

Kondisi pantai ini juga lebih orisinil dan lebih alami dibanding kelima pantai yang lain sehingga nuansa romantis terasa lebih kental.

Jika dilihat dari jumlah wisatawan yang datang berkunjung, pantai ini memang tidak seramai pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan Pantai Anyer, hal tersebut disebabkan karena wahana permainan komersial yang ada di pantai ini tidak sebanyak kelima pantai yang lain.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan aktifitas sama sekali. Dengan posisi pantai yang menjorok ke darat membuat kawasan perairan banyak yang dangkal sehingga aman untuk dipakai berenang, termasuk untuk dipakai berenang anak-anak.

Pasirnya Putih (foto: gemarjalan-jalan.blogspot.co.id)

Selain itu di pantai ini juga tersedia tempat penyewaan surfboard bagi yang ingin mencoba berselancar.

Hanya saja karena ombaknya yang tidak begitu besar dan angin yang tidak seberapa kencang membuat aktifitas surfing hanya cocok bagi pemula dengan menggunakan board standard, sebab kondisi alam tidak memungkinkan untuk menggunakan long board.

Suguhan utama dari Pantai Jambu memang bukan wahana permainan, melainkan keindahan pantainya yang masih alami. Untuk itulah pihak pengelola menyediakan gubuk-gubuk bagi wisatawan yang ingin melepas lelah sambil menikmati suasana pantai.

Karena wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jambu cenderung sepi dibanding kelima pantai yang lain, para penjual makananpun juga tidak seberapa banyak, bahkan terkadang tidak ada sama sekali.

Itu sebabnya, sebelum berkunjung ke Pantai Jambu ada baiknya untuk membawa perbekalan dari rumah.

8. Pantai Pasir Putih Sirih

Tidak Pernah Sepi dari Pengunjung (foto: eibidiei.wordpress.com)

Tidak berbeda halnya dengan sebagian besar pantai-pantai yang ada di kawasan Pantai Anyer, Pantai Pasir Putih Sirih juga dihiasi dengan hamparan pasir berwarna putih tanpa ada batu karang di sekelilingnya.

Selain itu kawasan pantai memiliki daratan yang landai dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk dipakai berenang atau melakukan aktifitas lainnya di area perairan.

Pantai Pasir Putih Sirih yang berjarak sekitar 200 meter dari Pantai Marbella, jika dilihat dari jalan raya tidak kelihatan karena lokasinya agak masuk ke dalam.

Namun tidak sulit untuk menemukannya karena terdapat spanduk besar berisi petunjuk menuju lokasi wisata.

Kawasan pantai dengan hamparan pasirnya yang cukup luas ini juga menyediakan berbagai wahana permainan air bagi para pengujung seperti Parasailing, ATV, Jet Ski, Banana Boat, Rolling Donat, Surf Board serta perahu bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar kawasan perairan.

Para penjual makanan dan minuman serta cinderamata juga cukup banyak yang berjualan di kawasan pantai, sehingga sangat membantu para pengunjung yang datang tanpa membawa perbekalan.

9. Pulau Sanglang

Yang Menawan (foto: bello.id)

Pulau Sanglang memang bukan bagian dari deretan Pantai Anyer, namun merupakan bagian dari wilayah kecamatan Anyer karena pulau ini terletak di lepas pantai sejauh sekitar 10 km dari Pantai Anyer.

Sehingga bagi wisatawan yang berkunjung di pantai-pantai yang ada di kawasan Pantai Anyer akan dapat melihat keberadaan dari pulau tersebut.

Pulau Sanglang oleh para wisatawan kerap dijuluki Seven Wonders of Banten, karena pulau yang eksotis ini menawarkan begitu banyak pengalaman berwisata yang seru dan mengasyikkan.

Tidak heran jika banyak jasa tour & travel yang menawarkan perjalanan wisata ke Pulau Sanglang dengan biaya sekitar Rp.400.000 – Rp.600.000 perorang, tidak termasuk tarif untuk menyewa peralatan snorkeling.

Ada juga jasa travel yang menjadikan Pulau Sanglang sebagai salah satu tujuan dari Paket Wisata Banten atau Paket Wisata Pantai Anyer.

Di Pulau Sanglang para wisatawan akan dapat menemukan berbagai jenis tanaman yang khas seperti Cemara Laut, Api-api, Dadap Laut, Walikukun, Waru Laut, Ketapang dan Nyamplung.

Terdapat pula beberapa jenis hewan yang dilindungi seperti Belibis, Burung Dara laut, Elang Laut dan berbagai macam biota laut yang menjadikan pulau ini memiliki daya tarik tersendiri.

Snorkeling (foto: sukanusantara.com)

Pulau Sanglang juga memiliki beberapa pantai yang menawan dan sepi dari pengunjung, sehingga saat berada di kawasan pantai, Anda serasa berada di pantai milik pribadi.

Pantai-pantai yang menghiasi pulau ini diantaranya adalah: Legon Waru, Tanjung Raden, Pantai Batu Mandi dan Pantai Pasir Panjang.

Tidak hanya memiliki pemandangan pantai yang bagus, keindahan alam bawah laut di perairan Pulau Sanglang juga sangat luar biasa.

Terumbu karang yang masih terjaga membuat berbagai macam jenis ikan dan biota laut lainnya menunggu untuk dinikmati dengan melakukan aktifitas snorkeling.

Bahkan, jernihnya air laut di Pulau Sanglang membuat taman laut di kawasan perairan ini dapat dilihat jelas dari atas permukaan air dengan menggunakan Glass Bottom Boat.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di kawasan Pantai Anyer disesuaikan dengan kendaraan yang dipakai wisatawan.

Dengan rincian: Sepeda Motor Rp.15.000, Mobil Rp.50.000, Bus Kecil Rp.250.000 dan Bus Besar Rp.500.000. Tarif tersebut sudah termasuk harga tiket masuk semua penumpang dan ongkos parkir.

Area Parkir Yang Luas (foto: simparta.serangkab.go.id)

Fasilitas

Dengan membayar tarif tersebut, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama Pantai Anyer tapi juga memanfaatkan sejumlah fasilitas yang tersedia.

Sebagian dari fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan dengan gratis, sebagian lainnya berbayar.

Meskipun semua tempat wisata yang ada dikelola oleh Pemerintah Daerah, namun antara tempat wisata yang satu dengan yang lain fasilitasnya tidak selalu sama, karena pengembangan fasilitas tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tapi juga pihak swasta.

Secara keseluruhan fasilitas-fasilitas yang tersedia di pantai-pantai yang menjadi bagian dari Pantai Anyer.

Diantaranya adalah Pusat Informasi Pariwisata, kamar mandi dan MCK, mushollah, saung atau gazebo sebagai tempat beristirahat, stand penjualan souvenir, cafe resto dan tempat parkir.

Serta berbagai macam wahana permainan dan Water Sport, seperti kolam renang, Paralayang, Surf Board, Jetski, Banana Boat, Rolling Donat dan ATV.

Hotel di Sekitar Kawasan (foto: inibanten.com)

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan malam di kawasan Pantai Anyer, tersedia cukup banyak penginapan dengan harga dan fasilitas yang variatif tergantung dari budget yang tersedia, mulai dari homestay, cottage, hotel dan villa.

Beberapa hotel yang ada di kawasan Pantai Anyer.

Diantaranya adalah: Aston Anyer Beach Hotel, Marbella Hotel Convention and Spa, Sanghyang Indah Spa Resort Anyer, Hotel Mambruk Anyer, Hotel Nuansa Bali Anyer, Villa Marina Anyer, Double G Resort Anyer, Allisa Resort dan masih banyak lagi hotel-hotel yang lain.

Rute Menuju Lokasi

Tidak sulit untuk menuju ke Pantai Anyer, selain karena nama tempat wisata ini cukup akrab di telinga masyarakat.

Juga karena lokasinya yang berdekatan dengan tempat wisata lainnya yang juga sangat populer yaitu Pantai Carita dengan pemandangannya yang eksotis dan Pantai Karang Bolong yang dikenal indah sekaligus angker serta berbalut misteri.

Bagi wisatawan yang datang dari Jakarta, butuh waktu tempuh sekitar 3 – 4 jam menuju Pantai Anyer dengan menggunakan kendaraan pribadi. Adapun rute yang harus dilewati ada 2 opsi, yaitu melalui Pandeglang atau Cilegon.

Untuk jalur Pandeglang, Anda harus keluar dari pintu Tol Serang menuju ke arah Pantai Carita, baru kemudian sampai di Pantai Anyer.

Sedang untuk yang memilih rute Cilegon harus keluar dari pintu Tol Cilegon Barat dan saat tiba di jalan bercabang dua, ambil jalan yang menuju ke kearah Anyer. Selanjutnya Anda akan melalui jalan yang lurus sebelum sampai di tempat tujuan.

Jalan Menuju Lokasi yang Selalu Macet Saat Musim Liburan (foto: news.liputan6.com)

Jika perjalanan menggunakan transportasi umum, gunakan bus yang ada di beberapa terminal, seperti Terminal Pulo Gadung, Tanjung Priok dan Kampung Rambutan.

Pilih bus dengan tujuan Merak lalu turun di Terminal Cilegon. Bus dengan tujuan Merak ini juga bisa diakses dari kota-kota lainnya, seperti Purwakarta dan Bandung.

Sesampai di Terminal Cilegon, gunakan Angkot berwarna ungu dan turunlah di Simpang. Sesampai di Simpang, Anda masih harus berganti angkot lain yang berwarna silver dengan jurusan Anyer.

Perjalanan dengan menggunakan angkot silver ini butuh waktu sekitar 45 menit – 1 jam untuk tiba di Pantai Anyer.

Selain kendaraan pribadi dan bus, wisatawan dari Jakarta juga dapat menggunakan kereta api yang berangkat dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Krenceng yang ada di Cilegon.

Setelah tiba di Stasiun Krenceng, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot silver menuju ke Pantai Anyer.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.