Rute Pantai Cimaja Sukabumi, Penginapan Murah di Pelabuhan Ratu Jawa Barat + Harga Tiket Masuk Wisata

Diposting pada
Rate this post

Lokasi: Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5000
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon:

foto by travelvit.com

Siapapun pasti menyenangi saat liburan ke pantai. Cuaca cerah, ombak air laut menyegarkan, lembutnya pasir putih , udara sejuk, tentunya hal-hal tersebut selalu ditunggu dari para pelancong saat memutuskan untuk pergi ke pantai.

Beruntung sekali warga Indonesia berada di negara kepulauan dengan garis pantai sangat panjang. Tentunya di setiap daerah di Indonesia memiliki pantai.

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok, bahkan Papua hanya untuk menikmati keindahan pantai dan sunset yang selalu menarik hati. Di daerah Jawa Barat ternyata ada pantai yang keindahannya tak kalah dengan daerah-daerah tersebut. Tepatnya di daerah Sukabumi, yaitu Pantai Cimaja.

foto by merahputih.com

Lokasi wisata pantai ini tak hanya menjadi tujuan para keluarga, melainkan juga bacpacker traveler, juga surfer atau peselancar ingin mencoba ombak di sini. Ya, pantai Cimaja memang terkenal untuk aktivitas surfing.

Popularitas dari objek wisata ini, terutama ombaknya, sudah sampai ke mancanegara. Beberapa kali telah diadakan event surfing baik tingkat nasional maupun internasional.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan olahraga selancar di sini bisa saja, untuk pemula akan diawasi oleh komunitas Surfing Cultur Club Indonesia. Walaupun demikian menjaga keselamatan diri sendiri tetap diperlukan.

Selain keindahan ombak menjadi data tarik para surfer, aksesoris alam di sekitarnya juga tak kalah menarik.

foto by bandung.panduanwisata.id

Adanya batu kali kecil-kecil seukuran segenggam tangan manusia dewasa di pinggir pantai, berkumpul, manjadikan pemandangan di sekitar terlihat lebih indah lagi. Ditambah dengan lembutnya pasir putih.

Pasti sudah menjadi background foto oleh para turis. Batu-batu tersebut ada dengan sendirinya, tanpa campur tangan siapapun.

foto by klikalamat.com

Selain batu kali cantik, ada juga pemandangan batu karang berjajar dengan rapih dan terbentuk alami. Warga lokal menyebut jajaran batu karang ini dengan nama Karang Papak. Untuk Anda yang sudah sangat tidak sabar ke sini, akses perjalanan menuju Pantai Cimaja lumayan cukup jauh.

Cara Menuju Pantai Cimaja

Sebenarnya untuk rute perjalanannya sendiri cukup mudah, namun memang agak jauh. Letaknya berada di desa, berdasarkan peta Jawa Barat. Desa tempat pantai ini berada adalah Cimaja terletak di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Suka bumi. Bila Anda berangkat dari Jakarta ke Sukabumi, akan menempuh jarak sejauh 120 kilometer.

Anda cukup mengikuti petunjuk jalan yang tertera di peta, google maps, maupun papan penunjuk jalan. Lokasinya berada sekitar sepuluh kilometer dari Pelabuhan Ratu.

Bagi wisatawan yang berangkat dari Bandung, ternyata harus menempuh perjalanan lebih jauh. Kurang lebih sejauh 203 kilometer. Sebaiknya Anda menggunakan transportasi kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, karena rute mungkin akan sedikit sulit bila Anda menggunakan transportasi umum.

Bila Anda telah sampai di tujuan, membayar tiket masuk terlebih dahulu untuk menikmati keindahan pantai yang sudah terkenal mendunia ini. Walaupun sudah sangat populer, harga tiket masuk termasuk sangat terjangkau. Cukup lima ribu rupiah per orang. Murah sekali, bukan. Oleh karenanya pantai ini menjadi tujuan wisata favorit di area Sukabumi.

Menjadi daerah wisata sering dikunjungi wisatawan, menjadikan Sukabumi banjir penginapan. Mulai eksklusif hingga murah atau sangat terjangkau, biasanya untuk penginapan sangat terjangkau ini dicari oleh kebanyakan pelancong backpacker, walau tak jarang juga wisatawan lokal hanya singgah untuk sekedar istirahat saja.

foto by bandung.panduanwisata.id

Macam-macam penginapan ada di daerah ini, mulai dari semacam losmen, hotel, hingga villa. Tergantung Anda ingin menginap di mana sesuai dengan budget. Salah satunya adalah Cimaja Square Hotel and Restaurant.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Cimaja, termasuk pas untuk kawasan pantai. Di antaranya adalah toko souvenir, warung makan yang beraneka ragam dan menyajikan menu makanan ikan laut. Ada menu spesial yang terkenal di sini yaitu makanan ikan bola.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pengunjung selama bermain di pantai. Pastikan Anda aman dari ombak yang besar dan membahayakan, lebih baik berenang di dekat pantai, tidak sampai jauh ke tengah.

Aplikasikan sunblock ke seluruh tubuh, karena sinar matahari saat berada di pantai lebih terasa panasnya. Membawa kebutuhan seperlunya, seperti baju ganti, handuk dan lainnya.

Jangan lupa membawa kamera, tentunya Anda tak ingin melewatkan momen-momen seru saat liburan. Ada baiknya menggunakan kamera 360 atau go pro, karena gambar yang dihasilkan terlihat lebih baik.

Hal lainnya yang wajib dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan pantai, membuang sampah pada tempatnya atau membawa sendiri sampah yang dihasilkan bila belum menemukan tempat sampah, dan jaga kondisi kesehatan tubuh.

foto by instagram.com/aiypartono/

Di area pantai juga terdapat mushola, kamar mandi, beragam hotel yang berada dekat sekali dengan pantai, hingga lahan parkir kendaraan. Lokasi pantai Cimaja di daerah Sukabumi memang tidak seperti pantai kebanyakan.

Letaknya tidak pas di pinggir jalan raya, dan saat masuk ke kawasannya, akan ada papan nama terbuat dari beton, dengan tulisan ‘Lokasi Surfing Taman Objek Wisata Cimaja, Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

foto by instagram.com/kabayanpro/

Seru sekali bukan, tampaknya seru. Namun Anda tidak akan kecewa saat sudah tiba di sini. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, pantai yang terkenal dengan ombaknya ini, juga menyajikan pemandangan alam yang begitu indah dan asri, serta nyaman untuk menghabiskan waktu di pantai.

foto by sukasukadee.com

Objek Wisata Sukabumi

Tahukah Anda, bahwa di kota pelabuhan ratu ini tidak hanya ada objek wisata pantai. Masih banyak spot wisata alam yang terdapat di kawasan kota Gunung Gede ini.

Di antaranya adalah curug atau air terjun yang lokasinya banyak sekali, tersebar di penjuru daerah, lokasi tebing dan pegunungan, bukit, danau. Anda dapat menjadikan tempat-tempat tersebut sebagai referansi selama liburan ke kota yang berjarak seratus kilometer dari Jakarta tersebut.

Tempat wisata alam tersebut adalah danau bacan, alamat tempat menakjubkan tersebut ada di desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Anda dapat melihat danau dengan air yang berwarna hijau. Danau ini dahulu bekas galian tambang. Bekas lubang galian tersebut terisi air hujan, dan warna hijau disebabkan oleh warna batuan yang berada di dasarnya.

foto by blog.reservasi.com

Danau Bacan ini termasuk kecil, walaupun demikian tetap harus berhati-hati saat berada di sini. Berada di balik tebing gunung menjadikan rute jalan ke danau berbatu. Tempat wisata lainnya adalah Curug Cigangsa, terletak di Desa Pasiripis, kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Keistimewaan curug cigangsa adalah air terjunnya terdiri dari tiga tingkat, melewati tebing batu yang berundak. Sangat indah dan mengesankan, keindahannya benar-benar tiada tara. Air yang begitu jernih serta menyejukkan.

Wisata curug yang lain lagi adalah air terjun awang. Di sini sering disebut dengan mini Niagara, karena wujudnya terlihat mirip dengan Niagara falls di Amerika Serikat.

foto by surade.com

Jadi, segera wujudkan perjalanan liburan Anda ke daerah eksotis di daerah dengan sebutan bersejarah bumi yang disenangi. Bagaimana tidak, berdasarkan info dari wikipedia di sini banyak sekali objek wisata alam yang bisa dijelajah. Segera packing dan berangkat.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.