Pantai sidem tulungagung jawa timur di rute akses alamat arah berita cerita denah deskripsi foto gambar jalur keindahan letak lokasi misteri mitos niyama popoh dan sekitar 30 menit dari kota besole kabupaten blitar telan korban trenggalek peta sejarah wisata
gambar by instagram.com/mhidayatullah01/

Menikmati Keindahan Pantai Sidem di Tulungagung dan Bagaimana Rute Menuju Lokasi Wisata?

Diposting pada
4.5/5 - (2 votes)

Lokasi: Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66275
Map: Klik Disini
HTM: Rp.3.000
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: 0812-3039-0376

Pantai Sidem termasuk destinasi wisata tersembuni di Tulungagung yang memiliki keindahan mempesona. Pantai ini sangat cocok disinggahi karena menyajikan pemandangan memukau bisa menjadi tempat refreshing terbaik.

Sebenarnya potensi wisata di Tulungagung sangatlah banyak, hanya saja belum diketahui khalayak ramai. Pengunjungnya masih warga sekitar saja. Tapi, seiring berjalannya waktu dan perkembangan ilmu teknologi, sekarang destinasi wisatanya sudah mulau terkenal.

Itu berkat para pengunjung yang mengunggah foto-foto tentang tempat wisata tersebut ke media sosial seperti instagram, facebook dan lainnya. Sehingga banyaklah orang tahu mengenai keindahan alam Tulungagung, salah satunya Pantai Sidem ini. Berikut ulasan lengkap tentangnya!

Daya Tarik

foto by instagram.com/andri_tim_perintis/

Pantai Sidem merupakan pantai yang sedang menjadi perbicangan para pecinta traveling di Indonesia. Ketika memasuki kawasannya, kamu akan langsung menyaksikan jajaran pohon kelapa secara rapi di tepi pantainya.

Sebelum memasuki kawasan pantainya, kamu akan terlebih dahulu disuguhi pemandangan hutan jati di sepanjang jalan. Menariknya lagi, walaupun di siang hari udara di daerah ini tetaplah terasa sejuk karena memang dikelilingi tetumbuhan hijau.

Kemudian, kamu pun akan merasakan hawa sejuk dan penuh dengan oksigen. Tentu menyegarkan paru-paru dan pikiran kita selama berada disana. Ditambah lagi pemandangan pasir halus putih kecoklatan yang membuat hati tenang.

foto by instagram.com/andri_tim_perintis/

Air laut biru nan jernih membuat hati merasakan ketentraman selama memandanginya. Destinasi wisata ini sangat terjaga kebersihannya. Karakter ombaknya cukup menyambar-nyambar sama seperti laut di deretan samudra hindia lainnya.

Disana, juga nampak para nelayan mencari ikan. Sungguh pemandangan alam yang benar-benar menenangkan jiwa dan menyegarkan pikiran. Di sepanjang pantai, kamu akan menemukan industri rumah tangga.

Selain itu, pantai sidem juga digunakan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Jadi, tak jauh dari pantainya terdapat bendungan PLTA yang mampu menghasilkan 30 Megawatt dan diresmikan pada tahun 1994.

foto by instagram.com/andri_tim_perintis/

Bendungan tersebut merupakan tempat pertemuan dua jenis air yakni air laut dengan air sungai niama. Jarang sekali ada pemandangan pertemuan dua jenis air seperti itu. Kamu dapat mampir dulu ke bendungan tersebut agar mendapatkan view menarik lainnya.

Jika kamu menyusuri lebih jauh akan mendapatkan pemandangan batu karang di sekeliling lautnya. Sungguh tempat menawan untuk berfoto. Cobalah memandang dari sudut pandang berbeda dimana kombinasi panorama perbukitan, lautan dan perahu-perahu nelayan menjadi satu.

Apabila ingin view sepenuhnya di Pantai Sidem, kamu bisa naik keatas bukit yang dipenuhi pepohonan hijau itu. Berdiri sejenak disana, arahkan mata ke pemandangan laut dan sekitarnya. Kamu akan mendapatkan kesan tersendiri.

foto by instagram.com/agunggumelarf/

Walaupun merupakan kawasan wisata di Tulungagung, tapi belum ada cerita atau kisah misteri atau mitos tentang Pantasi Sidem seperti kebanyakan destinasi lainnya. Sampai sekarang, belum ada cerita atau berita aneh mengenai kawasan wisata ini.

Kegiatan Menarik

Setelah mengetahui apa saja daya tariknya, kamu pun harus tahu apa saja yang bisa dilakukan disana. Di kawasan wisata ini, kamu dapat berjemur menggelar tikar di pasir sambil menikmati alam yang segar. Selain itu juga dapat membuat istana pasir atau melakukan permainan pasir lainnya.

foto by instagram.com/nurul8373/

Selanjutnya, cari view atau lanskap terbaik sebagai latar foto selfie. Kamu bisa berfoto di batuan karang atau di depan laut dengan latar belakang area perbukitan. Selfie di dekat pepohonan kelapa juga bisa menghasilkan foto menarik.

Cobalah kamu menelusuri pantai ini lebih dalam, sehingga menemukan spot foto yang bagus. Setelah puas selfie, kamu dapat berenang tapi jangan jauh-jauh karena deburan ombaknya mungkin bisa membahayakan. Berenang atau bermain-main air di pinggir saja.

foto by instagram.com/liadhari2194/

Jika suka memancing, sewa perahu nelayan untuk mengantarkanmu ke area laut yang ikannya banyak. Kamu bisa bertanya kepada warga sekitar mana area asyik untuk memancing. Kegiatan piknik bersama keluarga ke kawasan ini sangatlah menyenangkan.

Fasilitas Yang Ada

Karena dijadikan sebagai PLTA, pastilah destinasi wisata ini dirawat dengan baik oleh pemerintah setempat. Sehingga, sudah tersedia fasilitas dan pelayanan yang memadai. Area parkir kendaraan cukup luas dapat menampung banyak motor maupun mobil.

foto by instagram.com/arif_rahman673/

Disana pun ada rumah makan, menyajikan makanan beragam dan harganya cukup terjangkau. Ada pula tempat istirahat, kamar mandi atau toilet serta beberapa fasilitas penunjang kegiatan pengunjung lainnya.

Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/athifajeihan/

Pantai Sidem buka 24 jam setiap hari. Harga tiket masuk hanya Rp 3.000,-/ orang. Apabila membawa motor biaya ditambah Rp 1.000,- dan jika membawa mobil di tambah Rp 2.000,-. Kalau dihitung-hitung biaya tersebut tidak ada apa-apanya dengan keindahan yang kamu dapatkan saat berkunjung ke kawasan ini.

Jalan Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Sidem berada di Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66275. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota yang dapat ditempuh selama 55 menit. Kalau dari Besole waktu tempuhnya sekitar 30 menit melalui Jalan Pantai Popoh.

foto by instagram.com/sam_suil/

Rute dari pusat kota Tulungagung, bisa melalui Jl. Raya Tulungagung-Blitar. Lalu, ke Jl. Raya Pucung Kidul menuju Jl. Ki Mangun Sarkoro- Jl. Raya Boyolangu. Setelah itu menuju Jl. Raya Popoh ke Gambiran. Pilih arah menuju Pantai Popoh dan tetap ikuti jalan, ambil belok kiri ke Pantai Sidem.

Sementara jika kamu dari Blitar, ambil Jalan Barito Selatan menuju Jalan Raya Tlogo – Serut ikuti jalannya. Selanjutnya, ambil Jalan Reco Barong, Jalan Raya Pucung Kidul menju Jalan ki Mangun Sarkoro. Lalu ke Jalan raya Boyolangu menuju Jalan Raya Popoh ke Gambiran. Lanjutkan ke Jalan Pantai Popoh, ikuti jalannya dan pilih belok kiri ke Pantai Sidem.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Menikmati Keindahan Pantai Sidem di Tulungagung dan Bagaimana Rute Menuju Lokasi Wisata?

  1. Tempatnya bagus sekali, tak sabar ingin pergi kesana, Indonesia memiliki banyak tempat wisata alamyang belum diketahui oleh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.