Beli Oleh Oleh Khas Jambi, Jangan Lupakan Souvenir Ini!

Diposting pada
4/5 - (1 vote)

Walaupun Jambi bukan tempat yang populer di kalangan para pelancong, tapi Kota ini punya segudang ciri khas patut untuk dicoba lho. Tempat wisata seperti Candi Muaro, Danau Sipin, dan beberapa jenis oleh-oleh khas.

Buah tangan bisa dibilang penting dalam rangkaian liburan ke suatu wilayah. Karena selain sebagai kenang-kenangan, lewat oleh2 kamu bisa mengobati kerinduanmu akan suatu wilayah tertentu.

Nah, mungkin banyak yang beranggapan bahwa oleh2 khas Jambi kebanyakan mirip dengan cinderamata kota sebelah seperti Pekanbaru, Bengkulu, Palembang, dan Lampung. Tapi jika di perhatikan, oleh-oleh Jambi punya ciri khas tersendiri lho.

Berikut ini kami akan beri sedikit referensi souvenir khas Jambi yang nggak boleh dilupakan saat berburu oleh-oleh. Baca sampai tuntas ya !

1. Batik Jambi

foto by dekranasda.jambikota.go.id

Bisa dibilang barang ini memang asli Indonesia, jadi tidak heran kalau setiap Kota dan Wilayah di Indonesia mempunyai ciri khas Batik masing-masing. Tak terkecuali Jambi, Batik khas kota ini mempunyai keunikan yang menarik pandangan wisatawan untuk membelinya.

Kamu bisa mampir ke Toko Souvenir pinggir jalan di daerah Simpang Pulai – Kebon Jeruk. Disana banyak di jual Batik khas Jambi ini.

2. Kaos Khas

foto by tribunnews.com

Setiap pergi ke suatu wilayah, kamu pasti akan menemui kaos-kaos khas kota tersebut. Jika kamu salah satu orang yang suka mengkoleksi kaos-kaos khas dari berbagai kota di Indonesia, wajib deh beli barang ini juga di Jambi.

Pasalnya, kota ini juga punya kaos khas yang tak kalah unik dan menarik dari lainnya. Kamu bisa dengan mudah menemui barang ini di berbagai toko pusat oleh-oleh. Tunjukan lah rasa kecintaanmu terhadap Indonesia dengan membeli oleh-oleh lokal.

3. Gelang Sebelik Sumpah

foto by tokopedia.com

Sudah barang pasti bahwa setiap kota pasti mempunyai kerajinan tangan andalannya. Nah, Jambi punya juga nih, Gelang Sebelik Sumpah. Gelang yang terbuat dari biji buah pohon Sebelik Sumpah ini cukup populer di jajaran oleh-oleh khas Jambi.

Cinderamata seperti ini gak boleh sampai dilupakan, kamu bisa berikan untuk orang-orang terdekat dirumah, pasti mereka akan senang.

4. Produk Anyaman

foto by jambiupdate.co

Kerajinan tangan khas Jambi lainnya ada Produk Anyaman. Seperti anyaman pada umumnya, souvenir ini tebuat dari daun, rotan, pandan, bambu, dan daun rumbai. Bentuk jadinya macam-macam ada tikar, piring, bakul, hingga cupak.

Kamu bisa mengunjungi beberapa toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh penjuru Kota. Disana banyak tersedia souvenir produk anyaman ini.

5. Kerajinan Logam

foto by jiwaterbelenggu.blogspot.com

Selain anyaman, Jambi juga punya kerajinan tangan lain yang bahan bakunya besi. Seperti pisau, parang, beliung, serta kampak. Kerajinan ini bisa dipajang atau dipakai untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Kerajinan logam ini bisa ditemui di seluruh toko oleh-oleh di Jambi. Jadi ngga usah bingung, harganya juga murah kok.

6. Kaos Temphoyac

foto by tobatabo.com

Kalau Bali punya Joger, Jambi ada Temphoyac. Temphoyac bisa dibilang mirip dengan Jogernya Bali. Banyak sekali produk Temphoyac dijual sebagai souvenir khas Jambi. Yang paling terkenal adalah Koas Temphoyac.

Desain dari kaos temphoyac ini terbilang unik karena menonjolkan ikon-ikon kota Jambi. Harga satu kaosnya dibanderol dengan nominal 70ribu saja, murah kan? salah satu outletnya ada di Jl. Jenderal Sudirman Nomor 18 Thehok Kota Jambi. Jangan sampai melewatkan buah tangan ini ya!

7. Jakoz Jambi

foto by oleholehjambi.com

Selain Thempoyac, Jambi punya satu lagi produk kenamaan yang terkenal sampai mancanegara, yaitu Jakoz. Awal mulanya, Jakoz hanya bergelut memproduksi oleh-oleh berupa kaos, namun saat ini inovasi nya sudah merambah ke produk lain seperti kemeja, sandal, jaket, tas, topi, boneka, hingga miniatur bercorak Jambi.

Souvenir khas yang populer ini jangan sampai terlupakan lho guys, karena ciri khas produk ini adalah seni grafis dan literasinya yang kece abis. Harga masing-masing produknya mulai dari 4.000-300.000. tempatnya ada di Jl. Kolonel Amir Hamzah Nomor 4, Sei, Kambang, Telenaipura. Atau lebih tepatnya di depan Asrama Tentara Kambang.

8. Ukiran Rumah Adat

foto by modelkursi.co

Ukiran Rumah Adat juga cocok dijadikan souvenir. Cinderamata yang satu ini bisa dipakai sebagai hiasan dan pajangan dirumah. Penyuka miniatur-miniatur? Wajib beli dan koleksi ukiran rumah adat Jambi ini.

Miniatur rumah adat ini dibuat menggunakan bahan dasar kayu. Hasil ukiran kayu nya lah yang menjadikan nilai budayanya begitu melekat. Harganya murah mulai dari 100ribu.

9. Miniatur Landmark

foto by travel.detik.com

Setiap kota pasti memiliki ikonnya masing-masing, tak terkecuali Jambi. Landmark yang paling populer adalah Menara Gentala Arasy. Dan kabar baiknya, menara tersebut ada dalam bentuk miniaturnya lho.

Miniatur Menara Gentala Arasy ini didapatkan hanya dengan kocek 100-200ribu saja. Belum lengkap rasanya jik pulang tanpa bawa cinderamata ini. Selain Menara Gentala Arasy, kamu juga bisa beli miniatur landmark lain.

10. Kerajinan Ketilon

foto by bangka.tribunnews.com

Ketilon adalah sebuah tumbuhan liar yang tumbuh di hutan. Tumbuhan ini kemudian disulap menjadi sebuah kerajinan tangan berupa lampu teplok, gantungan kunci, hingga vas bunga. Bentuknya sangat unik dan menarik.

Kerajinan ini khas dari sebuah desa di pelosok Jambi. Tapi kamu sudah bisa mendapatkannya di beberapa sentral oleh-oleh di pusat Kota.

Gimana ulasan kami diatas? cukup menarik untuk dijajal kan? So, jangan lupa bawa buah tangan khas Jambi ini untuk orang-orang terdekatmu ataupun dijadikan sebagai koleksi pribadimu.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

2 thoughts on “Beli Oleh Oleh Khas Jambi, Jangan Lupakan Souvenir Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.