gambar by: sasaniancaviar.com

10 Telur Ikan Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Diposting pada

Telur ikan adalah salah satu jenis makanan yang biasanya ditawarkan di berbagai restoran mewah. Buat kalian yang belum tau, telur ikan dapat merujuk pada sekumpulan telur internal yang telah sepenuhnya matang di dalam ovarium ikan maupun sekumpulan telur eskternal yang dilepaskan oleh ikan.

Bagi kalian yang cukup sering makan di restoran mewah, mungkin bahan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Sebab, telur ikan cukup sering digunakan dalam membuat berbagai masakan yang mewah. Harganya pun cenderung mahal karena sangat sulit untuk diperoleh.

Mungkin banyak yang belum tau, bahwa ada banyak jenis telur ikan di dunia ini. Ada tobiko yang biasanya digunakan dalam berbagai masakan Jepang, masago yang memiliki ukuran lebih kecil dari tobiko, ikura yang berasal dari salmon dan ukurannya lebih besar, dan caviar yang memiliki harga paling mahal.

Nah, penasaran apa saja telur ikan atau caviar termahal di dunia 2021 beserta foto dan harganya? Yuk, simak dulu.

1. Strottarga Bianco

Harga per kilogram: USD 100.000 (1,7 – 1,9 miliar rupiah)

foto by: dailymail.co.uk

Strottarga Bianco adalah jenis telur ikan termahal di dunia dengan kisaran harga yang mencapai 1,7 hingga 1,9 miliar rupiah per kilogram. Dapat kalian lihat pada foto di atas, jenis kaviar yang satu ini memiliki warna white gold atau emas putih. Kalian pasti penasaran kan, mengapa harganya bisa sangat fantastis?

Harga Strottargoa Bianco sangat tinggi karena asalnya dari salah satu spesies ikan yang langka, yaitu Siberian Albino Sturgeon. Ikan ini hidup di Laut Kaspia dan bisa mencapai umur 100 tahun. Rasa dari kaviar ini lembut seperti beludru dan buttery seperti mentega. Kabarnya, semakin tua umur hewannya maka semakin enak lho rasanya.

2. Iranian Almas

Harga per kilogram: USD 25.000 (362 juta rupiah)

foto by: therichest.com

Beberapa tahun yang lalu, Iranian Almas sempat masuk dalam Guiness World’s Record karena dinobatkan sebagai telur ikan termahal di dunia. Sesuai dengan namanya, kaviar yang satu ini didapatkan dari ikan beluga sturgeon albino yang ditemukan di perairan Asia Tengah.

Harganya pun semakin mahal karena telur ikan ini dikemas dalam container yang terbuat dari emas 24 karat. Buat kalian yang belum tau, cara makannya sama seperti jenis lain kok, yaitu dimasukkan ke dalam mulut dan digulingkan secara perlahan sampai meletus barulah bisa dirasakan rasanya.

3. Ossetra

Harga per kilogram: USD 10.000 (145 juta rupiah)

foto by: citarella.com

Berbeda dengan dua jenis sebelumnya yang berwarna putih, Ossetra justru memiliki warna hitam. Meskipun begitu, harganya tetap mahal lho karena mencapai USD 10.000 per kilogram atau setara dengan 145 juta rupiah. Sesuai dengan namanya, kaviar yang satu ini didapatkan dari sturgeon ossetra.

Hewannya lebih kecil daripada beluga, namun secara tekstur lebih keras. Ada beberapa jenis ossetra, dan tentunya yang golden lebih mahal. Sayangnya, karena ossetra diburu secara terus menerus untuk diambil kaviarnya, jumlahnya pun semakin sedikit di alam liar, bahkan hampir punah.

4. Sevruga

Harga per kilogram: USD 9.000 (130 juta rupiah)

foto by: caviargiaveri.com

Ada lagi nih, salah satu jenis kaviar yang didapatkan dari ikan sturgeon, yaitu sevruga. Ikan yang menghasilkan sevruga caviar adalah siberian sturgeon yang juga tinggal di Laut Kaspia. Namun, tidak hanya satu saja, ternyata di dunia ini ada banyak jenis dan variasi sevruga caviar lho.

Satu kesamaan yang dimiliki oleh semua jenis sevruga caviar adalah harganya yang mahal. Tentu saja, hal ini disebabkan karena spesies ikan penghasilnya yang sulit ditemukan, bahkan ada beberapa yang sudah hampir punah. Buat para pecinta kaviar, apakah ada yang tertarik buat mencoba?

5. Fresh Imported Sevruga Caviar

Harga per kilogram: USD 8.000 (116 juta rupiah)

foto by: therichest.com

Nah, kalo kaviar yg satu ini tentu berbeda dengan jenis lain ya. Hal ini disebabkan karena ini merupakan sebuah hidangan fresh yg diimpor dari Perancis. Kaviar ini dibuat dari telur yg dihasilkan oleh spesies terkecil dari sturgeon. Jadi, ukurannya sangat kecil. Meski begitu, rasanya tetap enak lho.

Tidak hanya itu saja, harga kaviar ini pun mahal juga karena biaya impor yg cukup tinggi. Di Perancis saja, kabarnya kaviar ini hanya dimakan oleh kalangan tertentu saja, seperti orang kaya. Buat kalian yg mau coba, mungkin bisa pergi ke Perancis langsung ya!

6. Imperial Osetra Caviar

Harga per kilogram: USD 4.000 (58 juta rupiah)

foto by: sasaniancaviar.com

Sasanian Caviar adalah salah satu merek yg menjual kaviar eceran dengan harga yg cukup masuk akal, lebih tepatnya jenis Imperial Osetra. Brand Sasanian Caviar menjual Imperial Osetra Caviar kualitas terbaik yg sangat eksklusif, tentunya dengan harga yg terjangkau.

Buat kalian yg penasaran sama rasanya, bisa coba untuk mengunjungi situsnya untuk membeli secara online. Namun, harganya tetap mahal karena diimpor dari luar negeri.

7. Iranian Imperial Wild Caviar

Harga per kilogram: USD 3.000 (43 juta rupiah)

foto by: hotlifestyletale.com

Ada lagi nih, telur ikan yg diambil dari beluga sturgeon yg hidup di Laut Kaspia, yaitu Iranian Imperial Wild Caviar. Sesuai dengan namanya, beluga sturgeon adalah ikan yg ditemukan di daerah Iran, sama dengan yg sebelumnya. Hanya saja, jenis caviar yg satu ini memiliki warna abu-abu dan rasa nutty. Ukurannya juga sedikit lebih besar.

Jika dibandingkan dengan beberapa jenis kaviar yg sebelumnya, mungkin yg satu ini harganya jauh lebih murah. Namun, buat orang awam, harganya masih cukup mahal.

8. Classic Gray Sevruga Caviar

Harga per kilogram: USD 3.000 (43 juta rupiah)

foto by: gourmetfoodstore.com

Sesuai dengan namanya, ini merupakan salah satu jenis Sevruga Caviar yg memiliki warna abu-abu muda. Harganya lebih murah daripada beberapa jenis yg sebelumnya karena lebih mudah untuk didapatkan. Namun, hal ini tidak membuat kaviar ini berada di bawah yg lainnya secara rasa lho.

Nah, buat para pecinta gourmet, mungkin jenis telur ikan yg satu ini bisa dijadikan pilihan alternatif untuk dicoba ya. Harganya tidak terlalu mahal, namun rasanya tetap enak.

9. Russian Ossetra

Harga per kilogram: USD 3.000 (43 juta rupiah)

gambar by: sasaniancaviar.com

Sesuai dengan namanya, ini merupakan salah satu jenis kaviar yg diambil dari ikan ossetra yg ditemukan di sekitar perairan Russia. Warnanya coklat keemasan dan rasanya nutty. Jika dilihat secara seksama, warna dan bentuknya mirip dengan beberapa jenis yg ada di atas.

Harganya pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan lima teratas. Nah, buat kalian yg penasaran sama kaviar, mungkin ini bisa jadi salah satu pilihan alternatif yg bagus untuk dicoba lho.

10. Iranian Pearl Caviar

Harga per kilogram: USD 3.000 (43 juta rupiah)

foto by: therichest.com

Ada lagi nih jenis telur ikan yg ditemukan di Laut Kaspia yaitu Iranian Pearl Caviar. Produk yg satu ini memiliki rasa buttery lho.

Itulah beberapa jenis telur ikan atau caviar termahal di dunia beserta gambar dan harganya. Wah, memang sangat fantastis ya! Namun, kalian harus tau bahwa harganya mahal karena berbagai alasan seperti kelangkaan, sulit didapatkan, dan lain-lain.

Buat kalian yg suka makanan mewah, mungkin beberapa dari jenis yg ada di atas bisa jadi pilihan alternatif untuk dicoba, asalkan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing ya. Tidak disarankan untuk orang yg punya alergi telur ikan.

Perlu diketahui, harga yg tertera di atas tidak bersifat mengikat sebelum terjadinya transaksi. Harga juga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari sumber, ketersediaan, dan kualitas makanan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.