gambar By @instafotografi

35 Tempat Wisata di Cianjur Yang Lagi Hits

Diposting pada

Tak hanya Bandung, atau Bogor, Jawa Barat juga memiliki salah satu kota dimana terdapat banyak wisata alam yang masih belum terekspos. Salah satu diantaranya adalah kota Cianjur yang terkenal dengan perkebunan tehnya yg melimpah.

Hal itu memang benar, layaknya wilayah pegunungan di Puncak dan Jawa Barat lainnya, Cianjur menyimpan banyak surga dunia sebagai wisata alam andalannya.

Mulai dari curug, danau, pantai, pegunungan, hutan, dan kebun bunga, semuanya tersimpan rapi menunggu wisatawan untuk menjejakan kaki kesana.

Karena itu, macam tempat wisata di Cianjur ini dapat menjadi referensi bagi para pengunjung untuk beberapa objek dan destinasi tujuan wisata di kota ini yang wajib dikunjungi di tahun 2020.

1. Waduk Cirata

Foto By @infociranjang

Alamat: Kabupaten Cianjur
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Rp.3.000 (Motor), Rp.5.000 (Mobil)

Waduk Cirata sendiri terletak di antara tiga kabupaten yakni Cianjur, Bandung, dan Purwakarta. Waduk ini sendiri merupakan sebuah bendungan yang menahan aliran air sungai Citarum dan berlokasi di sebelah hulu Waduk Jatiluhur.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan kebun, hutan, dan sawah inilah yang membuat Waduk Cirata menjadi objek wisata alam yang teduh.

Selain menjadi tempat wisata yang menarik karena letaknya yang cukup jauh dari perkotaan, Waduk Cirata juga berfungsi sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Pemandangan bukit dan persawahan di sekitar waduk ini akan semakin menambah keindahan tampilan dari Waduk Cirata tersebut.

2. Taman Bunga Nusantara

Lokasi: Jl. Mariwati KM. 7, Kawungluwuk, Sukaresmi
Map:
Klik Disini
Buka Tutup:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
No Telp: 026 358 1617
Harga Tiket Masuk: Rp.40.000

Tidak hanya menyajikan pemandangan taman bunga yang menarik bagi pengunjung, Taman Bunga Nusantara ini juga menyediakan berbagai wahana seru.

Terdapat kereta keliling, bom bom boat, kincir sundul langit, menaiki kuda dan ATV, fasilitas cafe dan restoran serta masih banyak lagi yang lainnya.

Menariknya, ada beberapa taman spesial disini yang bisa disinggahi secara gratis, salah satunya adalah taman labirin dari semak-semak, taman jam jam raksasa dengan hamparan bunga dibawahnya, serta taman Prancis yang memiliki nuansa layaknya di luar negeri.

3. Kebun Raya Cibodas

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas
Peta:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00
No. Telp: 026 351 2233
Tarif: Rp.9.500 (Perorang), Rp.5.000 (Parkir motor), Rp.16.000 (Parkir mobil)

Kebun Raya Cibodas yang terletak di daerah Cipanas ini memang dikenal sebagai surganya dunia karena menyediakan pemandangan alam berupa bunga dan taman yang menakjubkan.

Salah satunya adalah kebun bunga Sakura dimana pengunjung dapat melihat pohon Sakura langsung bermekaran tanpa harus jauh-jauh pergi ke Jepang.

Wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa curug atau air terjun di area dalam Taman Bunga Cibodas ini. Selain itu, terdapat pula rumah kaca yang menyimpan berbagai macam flora dari yang umum hingga tanaman langka.

Selain curug, di daerah Cibodas atau daerah Jabar lainnya juga bisa didapati berbagai pemandian air panas dan wisata keluarga lainnya.

4. Gunung Gede

Foto By @lutfy_emzet

Alamat: Cipendawa, Pacet, Kabupaten Cianjur.
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Gunung Gede sangat terkenal di Jawa Barat untuk pendakian dan perkemahan karena memang lokasi tempatnya yang indah dan asri. Gunung Gede ini sendiri terletak di tiga kabupaten sekaligus, yakni Cianjur, Sukabumi di sisi selatan, dan Bogor.

Wisatawan dapat berkunjung kesini untuk keperluan mendaki gunung atau berkemah secara gratis. Terdapat hutan montana, hutan submontana, hutan subalpin, savana, rawa, hingga danau di area Gunung Gede yang pemandangannya sangat cantik.

5. Pantai Jayanti

Alamat: Cidamar, Cidaun
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Jayanti adalah salah satu pantai indah dan alami di Jawa Barat karena masih belum banyak tersentuh oleh industri apapun.

Layaknya pantai alami pada umumnya, areal pantai pun melandai dengan ombak yang mengalir pelan sehingga pengunjung dapat berenang atau bermain air disini.

Ada dermaga dimana para nelayan melabuhkan kapalnya di dekat Pantai Jayanti ini dan wisatawan pun dapat menyewa kapal.

Bagi yang ingin menginap, tersedia penginapan ala rumah warga atau villa dengan tarif cukup murah dengan Rp.200.000 hingga Rp.500.000 permalam.

6. Istana Cipanas

Alamat: Desa Sindangjaya, Cipanas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Senin – Jumat pukul 08.00 – 15.00, Sabtu dan Minggu tutup
Nomor Telepon: 026 351 1200
HTM: Gratis

Istana Kepresidenan Cipanas di desa Sindajaya merupakan bangunan peninggalan jaman kolonial Belanda yang dibuka untuk umum secara gratis.

Di taman area dekat istana ini tersaji pemandangan kebun yang sangat luas, sejuk, dan asri dengan jenis tamanan hampir mencapai 175an spesies.

Bila melihat dari struktur bangunannya akan terasa nuansa Belanda jaman dahulu, terbagi menjadi 6 bangunan utama. Ada juga pavillion dimana pemandangannya menambah suasana jaman penjajahan, serta terdapat reservoir air panas dan masjid juga disini.

7. Curug Citambur

Foto By @indoflashlight

Alamat: Karangjaya, Pasirkuda
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor Telepon: 026 326 1741
HTM: Gratis

Jawa Barat memang terkenal dengan curug atau air mancurnya, tak terkecuali Cianjur dengan salah satu curugnya yang paling terkenal yaitu Curug Citambur.

Rute menuju Curug Citambur ini lumayan sulit karena menerobos beberapa hutan dan melewati desa serta perumahan rumah warga.

Curug Citambur memiliki ukuran cukup tinggi dengan debit deras, sekitar lebih dari 100 meter. Tetapi pemandangan disekitar terkenal indah dan luar biasa, mulai dari persawahan serta perbukitan.

Bahkan perkebunan teh di sekitarnya akan memanjakan mata para pengunjungnya dan cocok untuk dijadikan sebagai lokasi sekedar mengambil poto.

8. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Senin – Jumat pukul 08.30 – 16.00, Sabtu dan Minggu pukul 09.00 – 15.00
Nomor Telepon: 026 351 2776
HTM: Rp.27.500 (Senin – Jumat perorang), Rp.32.500 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya perorang)

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau yang sering disingkat TNGGP adalah salah satu lokasi wisata sekaligus perkemahan para pendaki gunung.

Untuk tarif yang telah dijelaskan tersebut adalah tarif berkemah selama 2 hari satu malam dan sudah termasuk asuransi.

Bagi wisatawan yang ingin mendaki, bisa melakukan proses booking terlebih dahulu dengan mengunjungi situs booking.gedepangrango.org.

TNGGP terkenal dengan pemandangan savana yang dihiasi banyak bunga, terutama bunga edelweis yang banyak tumbuh di sekitar area ini.

9. Telaga Biru

Alamat: Cimacan, Cipanas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Dijuluki Telaga Biru karena memang danau kecil berukuran 5 hektar ini memiliki air yang jernih dan murni berwarna hijau kebiruan.

Danau alami ini memang sangat terjaga keindahannya karena terletak dalam konservasi alam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Pengunjung yang melakukan pendakian ke arah puncak Gunung Gede Pangrango akan menemukan telaga ini searah dengan air terjun Curug Cibeureum.

Yang lebih menakjubkan lagi, telaga ini dapat berubah warna menjadi biru, hijau, atau cokelat kemerahan karena tanaman ganggang air tawar yang terdapat di dalamnya.

10. Curug Cibeureum

Foto By @bayu_wisnu_s

Alamat: Jl. Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Kec. Cisarua, Puncak
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Rp.18.500

Selesai menikmati pemandangan Telaga Biru, Curug Cibeureum akan segera menanti wisatawan dalam pendakian menuju puncak Gunung Gede Pangrango.

Masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, debit air terjun cukup deras walaupun tidak setinggi Curug Citambur, yakni hanya sekitar 40 – 50 meter.

Pemandangan di areal sekitar curug ini cukup cantik karena hampir semua bebatuan di bawahnya terlapis lumut hijau. Didukung dengan lebatnya pepohonan di daerah Curug Cibeureum ini akan membuat pemandangan menjadi semakin asri.

Dalam perjalanan menuju curug ini, wisatawan dapat bertemu dengan berbagai penduduk desa yang tinggal tidak jauh dari tempat tersebut.

11. Curug Cibogo

Alamat: Cimacan, Cipanas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Curug Cibogo adalah salah satu alternatif daftar wisata alam di Kebun Raya Cibodas. Ada yang menarik dari spot ini, yakni penataan tanamannya yang sangat mendetail sehingga lumut yang menyelimuti batu di sekitar curug ini saja terlihat cantik dan indah.

Dalam perjalanan menuju Curug Cibogo ini, wisatawan akan menemukan jalur yang dialiri dengan sungai kecil bernama aliran Sungai Ciwalen.

Curug Cibogo tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi, sekitar 15 – 20 meter namun dengan debit air yang tergolong deras.

12. Curug Ciismun

Alamat: Sindangjaya, Cipanas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Satu lagi curug yang terdapat dalam Kebun Raya Cibodas Sindangjaya, Curug Ciismun ini termasuk satu paket dengan Curug Cibogo.

Kalau Curug Cibogo masih dapat ditempuh dengan kendaraan seperti mobil atau motor, maka Curug Ciismun perlu perjuangan ekstra dengan berjalan kaki melalui jalur berbatu-batu sekitar 2 KM.

Curug Ciismun lebih tinggi dan besar dari Curug Cibogo, yakni setinggi 25 meter dengan kolam air selebar 5 meter. Sama halnya dengan di Curug Cibogo, penataan pohon, tanaman, hingga lumut disini saja begitu eksotis dan menawan.

13. Curug Cikondang

Foto By @visitcianjur

Alamat: Wangunjaya, Campaka
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Rp.3.000

Bila Curug Cibogo dan Curug Ciismun berada dalam Kebun Raya Cibodas, maka Curug Cikondang yang satu ini berada di Situs Gunung Padang. Air terjun curug ini sangat tinggi dengan ukuran 50 meter diselingi dengan pemandangan menakjubkan.

Curug Cikondang berada di Desa Sukadana dan ada di tengah-tengah persawahan warga serta perkebunan teh, hal ini yang membuat pemandangan curug menjadi lebih istimewa. Sedangkan pengelola curug ini adalah warga sekitar Desa Sukadana.

14. Alun-alun Surya Kencana

Alamat: TNGGP Cibodas, Sukamulya, Cugenang
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Alun-alun Surya Kencana bukanlah alun-alun kota pada umumnya, pasalnya tempat ini berada di puncak Gunung Gede Pangrango. Alun-alun ini merupakan taman bunga edelweis terbesar di pulau Jawa, setara dengan Plawangan Sembarun di Gunung Rinjani.

Untuk menuju tempat ini, pastinya wisatawan harus booking pendakian dan perkemahan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Rute menuju Alun-alun Surya Kecana ini juga dapat melalui Cibodas, Gunung Putri di Cipanas, atau Salabintana di Sukabumi.

15. Situs Prasejarah Gunung Padang

Alamat: Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 09.00 – 17.00
Nomor Telepon: 0812 1205 6312
HTM:

Situs Prasejarah Gunung Padang banyak menyajikan peninggalan jaman megalithikum dari manusia purba nenek moyang bangsa Indonesia di Jawa Barat. Tempat wisata yang satu ini cocok dikunjungi bagi wisatawan pecinta wisata alam dan juga wisata sejarah.

Situs Gunung Padang ini menjadi penemuan situs megalithikum atau manusia prasejarah terbesar di Asia Tenggara. Situs ini berbentuk bebatuan panjang sebagai makam manusia purba jaman dulu yang telah hidup sejak 10.000 tahun lalu sebelum Masehi.

Gunung Padang sendiri dekat stasiun antik bernama Stasiun Lampengan yang bisa juga dijadikan objek wisata untuk berfoto.

16. Kota Bunga (The Little Venice)

Foto By @cheska_strada

Alamat: Cibadak, Sukaresmi
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tak perlu jauh-jauh berwisata ke Italie untuk merasakan sensasi kota luar negeri, di Cianjur yang berbatasan dengan Bogor terdapat Kota Bunga yang dijuluki The Little Venice.

Kota tersebut memiliki bentuk bangunan layaknya daerah Venesia di Italia, maka dari itulah kenapa diberi julukan The Little Venice.

Ada wahana air menarik yang bisa dinaiki oleh para pengunjung, salah satunya yang paling terkenal adalah perahu air layaknya perahu air kecil yang di naiki di Italia.

Terdapat juga beberapa wahana lain seperti rubber boat, kapal Missisipi, bubble ball, gondola, hingga banana boat. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Cinajur yang murah bisa didapatkan di sekitar kabupaten Ciranjang, Jawa Barat yakni kerajinan keramik.

17. Danau Leuwi Soro

Alamat: Pagelaran, Kabupaten Cianjur.
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Cianjur tidak cuma memiliki air terjun saja, tetapi juga danau walaupun jarang ditemui, salah satunya adalah danau mini Leuwi Soro ini.

Danau ini sendiri sebenarnya tidak terlalu dangkal dan dalam, ukurannya hampir menyerupai bentuk persegi dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

Sebagai salah satu alternatif wisata air, Danau Leuwi Soro memiliki fasilitas menyenangkan juga seperti perahu kecil, sepeda air, hingga penginapan layaknya villa di daerah sekitarnya.

Para warga sekitar lebih sering menyebutnya Telaga Leuwi Soro atau bahkan Rawa Leuwi Soro karena kedalamannya yanh dangkal.

18. Arung Jeram Sungai Cikundul

Alamat: Desa Cimacan, Cipanas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor Telepon: 026 358 0896
HTM: Tergantung paket yang dipilih

Sungai Cikundul sendiri memiliki ruas berbatu-batu dan aliran air cetek namun deras, sehingga banyak wisatawan yang kesini untuk memacu adrenalinnya dengan menaiki arung jeram.

Jalur rafting, atau arung jeram ini memiliki panjang sekitar 7 KM yang dimana di sekitar pemandangan sungainya sangat indah.

Selama menjalani arung jeram, pengunjung dapat menemukan tempat wisata lainnya yang ada di sekitar jalur rafting. Salah satunya seperti Waduk Cirata atau Danau Jangari, wisata religi Dalem Cianjur, hingga jalur off road.

19. The Jhon’s Aquatic Resort

Alamat: Kawasan Hutan Kota Cianjur – Panembong, Jl. Desa Babakan Karet, Kampung Tangkil, Kec. Cianjur
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor Telepon: 026 326 4444
HTM: Tergantung paket yang dipilih

The Jhon’s Aquatic Resort sendiri adalah sebuah villa atau penginapan yang dilengkapi dengan waterpark dan wahana air menarik.

Terdapat beberapa kolam renang yang tersedia untuk anak-anak, orang dewasa, hingga remaja dengan berbagai wahana air seperti seluncuran layaknya di waterpark.

Fasilitas lainnya yang dapat dinikmati adalah outbound dan flying fox, taman burung dengan berbagai macam spesies disini, hingga kebun binatang mini dan area pacuan kuda.

Bagi yang ingin menginap tentunya akan disediakan kamar tidur dengan fasilitas layaknya seperti villa. Berkunjung kesini, dijamin sangat menyenangkan.

20. Wisata Tias

Foto By @25_alda

Alamat: Jl. Rancagoong, Sirnagalih, Cilaku
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Ditutup untuk sementara
HTM: Rp.20.000

Tempat wisata yang satu ini menyajikan kola renang untuk keluarga beserta wahana air yang seru dan menarik. Walaupun saat ini tempat tersebut sedang ditutup untuk sementara, namun tidak ada salahnya berkunjung suatu saat bila sudah dibuka kembali.

Wisata Tias ini sendiri juga menyediakan fasilitas penginapan setara dengan villa, cafe, restoran, hingga taman bermain untuk anak-anak.

Terdapat juga tempat hiburan untuk orang dewasa disini, yakni tempat karaoke, out bound, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

21. Arena Fantasi

Alamat: Kawasan Permukiman Villa Kota Bunga, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Sabtu, Minggu, dan hari libur pukul 08.00 – 18.00
Nomor Telepon: 026 358 0510
HTM: Rp.25.000

Arena Fantasi adalah sebuah wahan wisata taman bermain yang terletak di salah satu villa di Kota Bunga. Taman bermain ini dapat dikunjungi oleh beberapa keluarga untuk mencoba banyak dari wahana permainan di area ini.

Salah satu wahana terfavorit disini yang dapat dicoba adalah Rio Grande yang merupakan sebuah kereta mini untuk membawa penumpang mengelilingi daerah sekitar taman bermain.

Ada juga wahana istimewa lainnya seperti Bumper Car, Jet Fighter, Antique Car, Major Orbit, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

22. Museum Cianjur

Alamat: Jl. Siti Jenab, Pamoyanan
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Senin – Sabtu pukul 07.00 – 16.00, Minggu tutup
HTM: Gratis

Wisata sejarah beserta dengan penambahan ilmu pengetahuan dapat dilakukan di salah satu museum di Cianjur ini. Museum ini merupakan gedung museum budaya dimana terdapat benda peninggalan kebudayaan Cianjur jaman dulu.

Sebagai wisatawan, ada baiknya untuk mengunjungi museum yang tidak kalah menariknya ini karena sejak dibuka dua tahun lalu, Museum Cianjur masih sepi pengunjung.

Padahal jika ditilik kembali, museum budaya tersebut sangat unik dan menyimpan banyak benda dan foto bersejarah. Gimana, menarik kan?

23. Puncak Rindu Alam

Alamat: Jl. Raya Puncak, Cipanas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Puncak Rindu Alam ini sendiri terletak di sebuah jalan antara Cisarua dan Cipanas, yakni berbatasan dengan kabupaten Bogor dan Cianjur.

Tempat ini merupakan tempat tertinggi yang berada di Jalan Raya Puncak, sehingga pemandangan kota Bogor dan Cianjur dapa dilihat dengan jelas di atas ini.

Pemandangan bukit perkebunan teh hijau akan terlihat dengan indah dan rimbun sejauh mata memandang, disekitarnya terdapat pedagang souvenir atau oleh-oleh.

Bagi wisatawan yang ingin mengisi perut dengan kuliner khas Jawa Barat bisa mengunjungi Restoran Rindu Alam di daerah sini.

24. Perkebunan Teh Panyairan

Alamat: Jl. Raya Campaka, Cikadu
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Kebun Teh Panyairan selain menjadi perkebunan teh hitam CTC juga menjadi salah satu objek wisata alam yang sunggu menarik. Kebun teh ini terletak di dua kecamatan sekaligus, yaitu kecamatan Sukanagara dan juga kecamatan Campaka.

Tentunya pemandangan kehijauan dari rimbunnya pepohonan teh ini akan memanjakan mata bagi setiap pengunjungnya. Sesekali wisatawan juga bisa berpapasan dengan para wanita atau ibu-ibu pemetik teh disini jikalau daun teh sudah cukup matang.

25. Perkebunan Teh Maleber

Foto By @rozaqfilm

Alamat: Ciherang, Pacet, Pamoyanan
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor Telepon: 026 352 3331
HTM: Gratis

Selain berfungsi sebagai perkebunan teh, Kebun Maleber ini sendiri menawarkan wisata alam yang cukup menarik bagi para wisatawan.

Perkebunan ini dapat ditemukan di kaki Gunung Gede, terdapat rute teawalk dimana pengunjung bisa berjalan menikmati indahnya pemandangan di hamparan kebun teh tersebut.

Uniknya, pemilik kebun teh juga menyediakan berbagai fasilitas seperti penginapan, wisata air terjun atau curug, taman bermain dan outboud, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisatawan pun dapat mengunjungi pabrik teh hitam disini untuk melihat bagaimana proses dan cara pengolahannya.

26. Curug Ciheulang

Alamat: Ciputri, Pacet
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Setelah menelusuri Perkebunan Teh Maleber, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan indah dan alami dari air terjun Curug Ciheulang.

Curug ini masih belum terlalu dikenal banyak orang sehingga kealamiannya masih terjaga dan terlihat asri, cocok bagi wisatawan yang ingin menyendiri dalam nuansa sejuk pedesaan.

Lokasinya dari Perkebunan Teh Maleber sendiri tidak terlalu jauh, sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan menelusuri perkebunan. Ketinggian air terjun ini termasuk rendah dengan debit air yang juga tidak terlalu deras.

27. Perkebunan Teh Ciseureuh

Alamat: Batulawang, Cipanas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor Telepon: 0877 2121 3058
HTM: Gratis

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kebun teh dengan suasana sunyi namun tentram dapat mengunjungi Kebun Teh Ciseureuh. Kebun ini berada di puncak Cipanas jika pengunjung mengambil jalan dari arah Sentul, Sukamakmur, lalu kearah Cipanas.

Perkebunan Teh Ciseureuh juga melewati Puncak Arca pada perjalanan sebelumnya, lalu ada Curug Leuwi Hejo yang juga dapat dilihat secara gratis. Ciseureuh ini sendiri merupakan sebuah wilayah warga yang hampir sebagian besar tanahnya ditanami pohon teh.

28. Perkebunan Teh Gunung Rosa

Alamat: Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Perkebunan Teh Gunung Rosa ini memiliki pabrik teh sendiri, yakni teh Gunung Rosa, sesuai dengan nama merk dagangnya. Wilayah yang terdiri dari 7 hektar ini semuanya ditanami kebun teh dengan landscape pemandangan hijau yang menakjubkan.

Salah satu produk teh ternama dengan nama Sinar Sosro juga memiliki sejumlah perkebunan teh dari Gunung Rosa ini.

Dari spot ini, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Situs Megalithikum Gunung Padang karena memang lokasinya dekat satu sama lain.

29. Perkebunan Teh Gedeh

Foto By @anisaps_29

Alamat: Komplek Perkebunan Gedeh, Cugenang, Bojongherang
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Perkebunan teh yang satu ini merupakan hamparan lanscape tanaman teh dimana tempat ini menjadi kebun teh tertua di Pulau Jawa.

Kebun Teh Gedeh sudah ditanami teh sejak tahun 1870an, bahkan masih dalam jaman kolonial Belanda, kebun ini juga letaknya lumayan jauh dari Gunung Mas.

Teh disini diekspor dengan merk dagang Tanawatee, bagi para pengunjung dapat mencicipi sendiri teh yang disediakan di dekat pos gerbang pabrik secara cuma-cuma, bisa ditambahkan dengan jeruk nipis juga sebagai penikmat.

30. Taman Prawatasari

Alamat: Jl. Pangeran Hidayatullah, Sawah Gede
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Di perkotaan Cianjur sendiri terdapat tempat wisata buatan berupa tanam kota, Taman Prawatasari ini menjadi tempat kebanggaan kota Cianjur.

Pintu masuk menuju taman ini sangat unik dengan replika patung kecapi dan suling sebagai lambang alat musik tradisional Jawa Barat.

Kebun yang berada di dalam taman menambah suasana asri dan sejuk dengan jenis tanaman hampir mencapai 100 spesies. Yang lebih uniknya lagi, tempat duduk disini langsung terpahat oleh batu, bukan berupa kayu, besi, atau plastik dan sebagainya.

31. Taman Joglo

Alamat: Jl. Siliwangi, Sawah Gede
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Taman Joglo adalah salah satu taman yang tidak kalah indah dan populer dengan Taman Prawatasari, menjadi kebanggaan kota Cianjur.

Taman Joglo direncanakan akan dibangun sebuah skate park untuk pengguna skate board maupun sepatu roda bermain di area ini.

Taman Joglo ini sendiri sebelumnya adalah sebuah terminal dimana sekarang dialih fungsikan menjadi ruang terbuka hijau di kota Cianjur.

Di beberapa area luar taman ini juga terdapat sentra kuliner khas Jawa Barat untuk para pelancong yang ingin berwisata kuliner di tempat ini.

32. Bumi Perkemahan Mandalawangi

gambar By @instafotografi

Alamat: Jl. Raya Cibodas, Komplek pasar, Lapang Mandalawangi
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor Telepon: 0818 430 794
HTM: Rp.200.000 – Rp.750.000 (Tergantung paket yang dipilih)

Selain Kebun Raya Cibodas, Cianjur juga memiliki taman bunga yang tidak kalah indah dan dapat digunakan sebagai salah satu camping ground.

Bumi Perkemahan Mandalawangi atau dikenal juga dengan nama Wana Mandalawangi sendiri tertelak tidak jauh dari Kebun Raya Cibodas, fasilitas yang ditawarkan disini juga lengkap tergantung paket yang telah dipilih.

Untuk paket permalam, pihak Bumi Perkemahan Mandalawangi menyediakan tenda, sleeping bag, arena jurit malam, makan dan snack, hingga panduan menuju air terjun tertentu.

Tersedia juga program aktivitas outdoor yang bisa diikuti seperti games competition, innovation camp, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

33. Paintball Nice Camp Cibodas

Alamat: Jalan Kebun Raya Cibodas No. A40-43, Desa Cimacan
Koordinat:
Klik Disini
Nomor Telepon: 0812 808 3576
HTM: Rp.135.000 – Rp.160.000 (Tergantung paket yang dipilih)

Selain area perkemahan, daerah di sekitar Kebun Raya Cibodas ada yang menawarkan permainan paintball beserta camping ground.

Paintball Nice Camp menyediakan peralatan berkemah beserta lokasi yang sudah ditentukan, tentunya ada permainan paintball juga layaknya seperti bermain tembak-tembakan dengan tentara.

Paintball War Game simulation ini sudah dilengkapi dengan penyewaan senjata, peluru cat, hingga peralatan pelindung bagi pemain. Durasi permainan tergantung dari paket yang dipilih, ada yang 10 menit, 30 menit dan ada juga yang 1 jam atau lebih.

34. Pantai Apra Sindangbarang

Alamat: Saganten, Sindangbarang
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Rp.10.000

Pantai Apra Sindangbarang atau Pantai Afra terkenal dengan pemandangan sunset yang indah beserta kesunyian pantai yang menenangkan.

Masih belum banyak yang mengetahui tetang pesona pantai ini, namun patut dicoba karena pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk berselancar.

Wisatawan kemudian akan disuguhkan banyak warung-warung makan tradisional khas Jawa Barat atau seafood. Masyarakat menyebut Pantai Apra karena memang penuh dengan perjuangan bersejarah, APRA sendiri adalah singkatan dari Angkatan Perang Ratu Adil.

35. Pantai Sereg Sindangbarang

Alamat: Saganten, Sindangbarang
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tempat wisata terakhir di Cianjur adalah Pantai Sereg Sindangbarang yang memiliki keunikan berupa tiga zona. Zona tengah untuk para pengunjung berenang atau berselancar.

Zzona utara terdapat perkebunan pohon kelapa, dan terakhir zona memiliki banyak pohon Panan serta tebing yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan matahari terbenam.

Pantai Sereg Sindangbarang ini justru lebih sepi dari pada Pantar Apra yang tak jauh disebelahnya. Maka dari itu suasana di Pantai Sereg ini tentunya lebih menawarkan kenyamanan dan ketentraman alam yang menenangkan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.