gambar By @temannongkrongku

30 Tempat Wisata di Karawang Jawa Barat

Diposting pada

Karawang adalah salah satu wilayah di Jawa Barat yang wilayahnya masih asri, sejuk, dan alami. Walaupun dipenuhi dengan berbagai gedung perkantoran modern, tetapi kota ini sebenarnya memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak kalah dengan Bandung.

Destinasi wisata yang tersedia di Karawang sendiri layaknya wisata di Jawa Barat, ada air terjun atau yang sering disebut sebagai curug, pantai, situ atau danau, hingga gunung.

Secara singkat, wisata alam di Karawang masing sangat banyak dan beragam, bisa ditelusuri dengan bantuan travel agen atau cukup backpacker sendiri saja.

Berikut ini 30 macam tempat wisata di Karawang, Jawa Barat yang terdiri dari entah itu berupa alam, objek rekreasi keluarga, hingga spot sejarah yang dapat dikunjungi di tahun 2020 ini.

1. Danau Resinda

Foto By @gorinselangit0521

Alamat: Purwadana, Telukjambe timur, Karawang.
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Danau Resinda sebenarnya adalah danau buatan yang diciptakan di daerah desa Sukamakmur, Karawang. Bagi yang suka memancing tempat ini layak dijadikan pilihan. Kamu pun dapat menyewa perahu kecil untuk mengitarinya dengan harga cukup terjangkau.

Penduduk yang tinggal di sekitar danau ini mengatakan bahwa di danau ini terdapat banyak ikan gabus di dalamnya dan merupakan salah satu tempat terkenal di kalangan para mancing mania.

2. Pantai Tanjung Pakis

Lokasi: Tanjungpakis, Pakisjaya
Map: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
Tarif: Rp.25.000

Pantai Tanjung Pakis merupakan salah satu wisata bahari paling terkenal di Karawang. Tersaji pemandangan beberapa tambak ikan milik warga yang dapat dilihat dari dekat oleh para pengunjung.

Banyak juga tempat makan pinggiran yang menyediakan berbagai masakan dan kuliner khas laut seperti seafood serta lain sebagainya.

Pasir pada Pantai Tanjung Pakis ini memang berwarna cokelat kehitaman karena para nelayan sering berlabuh dari lautan untuk menangkap ikan. Disini bahkan telah disediakan saung atau gazebo untuk beristirahat, sewa perahu, dan lain-lain.

3. Bendungan Walahar

Alamat: Kutapohaci, Ciampel, Kutapohaci, Ciampel, Kabupaten Karawang.
Peta: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
Nomor Telepon: 0878 5393 3500
Harga Tiket Masuk: Gratis

Bendungan Walahar merupakan sebuah bendungan tua yang dulunya dinamakan sebagai Bendungan Parisdo dan sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda sehingga pengunjungnya dapat merasakan nuansa bangunan yang unik dengan desain jaman kolonial.

Selain wisata sejarah, terdapat pedagang kaki lima di daerah dekat Bendungan Walahar ini untuk wisata kuliner makanan khas Jawa barat.

Para pengunjung pun dapat menyewa wahana air seperti menaiki perahu kecil. Atau bagi mereka yang ingin sekedar menikmati pemandangan di pinggir bendungan, terdapat jejeran pohon tua yang rindang untuk berteduh dan duduk-duduk di bawahnya.

4. Pantai Samudera Baru

Foto By @n_graph71

Alamat: Jl. Raya Sungai Buntu, Sungaibuntu, Pedes, Sungaibuntu, Pedes
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Rp.15.000 (Motor), Rp.30.000 (Mobil)

Karawang kaya akan wisata pantainya, tidak hanya terkenal karena kota industrinya saja, salah satunya adalah Pantai Samudera Baru.

Antara Pantai Samudera Baru dengan Tanjung Baru dan Tanjung Pakis disini berdekatan jaraknya. Karena itu ketiga pantai tersebut dinobatkan sebagai pantai utama dan paling terkenal di kota Karawang.

Sama dengan Pantai Tanjung Pakis, Pantai Samudera Baru ini memiliki warna pasir yang cokelat kehitaman dan agak gelap.

Karena banyaknya para perahu nelayan yang berlabuh dan membuat tambak ikan disini, sehingga banyak juga kepiting bersarang di sekitar pasir pantai.

5. Curug Bandung

Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang.
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: Setiap hari 24 Jam
HTM: Rp.5.000 (Perorang), Rp.10.000 (Menggunakan kendaraan bermotor)

Jawa Barat terkenal dengan berbagai macam info air terjun yang murah di lokasi atau kawasan tertentu. Curug yang berada di kaki Gunung Sanggabuana ini sangat populer.

Curug Bandung terkenal karena memiliki 7 aliran sungai kecil yang menurun membentuk satu air terjun. Diantaranya adalah Cigentis, Peuteuy, Cadas, Picung, Jodo, Lesung, dan Curug Bandung adalah alirannya yang paling besar.

Perlu diketahui bahwa di area curug ini tidak tersedia parkiran untuk mobil, tapi terdapat warung yang menjual makanan dan sebagainya. Curug Bandung tersebut memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter yang membentuk layaknya sebuah air terjun.

6. Curug Cigentis Loji

Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang.
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional: Setiap hari 24 Jam
HTM: Rp.15.000 belum termasuk parkir motor Rp.5.000, dan parkir mobil Rp.7.000

Curug Cigentis Loji terletak tidak jauh dari Curug Bandung karena memang berada di kaki Gunung Sanggabuana atau sering juga disebut dengan nama Gunung Logi.

Daerah Curug Cigentis Loji ini memiliki perkampungan wisata keluarga dimana tersedia permainan seperti outbound, kolam renang, ATV, villa penginapan tempat makan, dan sebagainya.

Debit air terjun disini tidak terlalu kencang dengan ketinggian kurang lebih 25 meter sama dengan Curug Bandung. Perbedaannya dengan Curug Bandung sendiri adalah akses untuk menuju Curug Cigentis Loji ini lebih mudah.

Selain itu di Curug Bandung tidak tersedia banyak penginapan karena memang daerahnya masih terbilang mendekati hutan rimba.

7. Danau Cipule dan Pulau Cinta

Foto By @explorekarawang

Alamat: Desa Walahar, Ciampel, Mulyasari
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Bila Sumatera terkenal dengan Danau Toba, maka di Karawang ada destinasi wisata yang namanya Danau Cipule, dimana di tengah danau tersebut terdapat pulau kecil.

Jarak dari Bendungan Walahar ke Danau Cipule ini tidak terlalu jauh sehingga pengunjung yang telah berkunjung ke bendungan dapat melanjutkan perjalanannya kesini.

Di tengah danau terdapat pulau kecil bernama Pulau Cinta dengan luas sekitar 2.000 meter persegi saja. Untuk menyewa perahu ke Pulau tersebut, pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp.2.000 saja perorang.

Selain itu, terdapat juga fasilitas memancing, menyewa perahu, becak air, dan masih banyak lagi. Di Pulau Cinta ini sendiri ada banyak pepohonan rindang yang bisa disinggahi untuk berteduh atau sekedar duduk di bawahnya.

8. Goa Dayeuh

Alamat: Tamansari, Pangkalan, Karawang.
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Goa Dayeuh merupakan wisata alam goa yang paling populer di daerah Karawang karena bentuknya menyerupai benteng pertahanan. Ketinggian dindingnya terbilang cukup tinggi dengan ukuran 15 meter.

Namun bagian pintu masuk goa sudah sedikit tertutup oleh tanah. Di sekitar spot ini sendiri terdapat sungai dari mata air alami yakni mata air Citaman yang airnya masih sangat jernih dan alami.

Goa Dayeuh pun tidak lepas dari berbagai macam mitos dan cerita mistisnya, karena itu banyak pula pengunjung yang datang untuk meminta rezeki dan sebagainya.

Namun terlepas dari itu, pemandangan di sekitar goa ini juga patut diacungi jempol karena suasana pedesaannya yang masih asri.

9. Vihara Sian Djin Ku Poh

Alamat: Jl. Muhamad Toha No.9, RT.6/RW.9, Tanjungmekar, Karawang Barat
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Disesuaikan dengan jam ibadah
HTM: Gratis

Tempat wisata yang satu ini merupakan klenteng tertua di Jawa Barat karena dibangun sejak tahun 1770. Vihara ini masih sangat djaga oleh biksu yang merupakan orang turun temurun dari leluhurnya sejak awal dibangun.

Di dalam vihara ini sendiri terdapat tempat sembahyang yang sudah berusia lebih dari 300 tahun lamanya. Uniknya, abu dari jenazah pendiri vihara tersebut masih tersimpan dengan rapi dan utuh di altar bagian depan.

Leluhur dari Sian Djin Ku Poh ini sendiri merupakan keturunan Tiongkok yang memiliki derajat tinggi. Bahkan pemerintah daerah setempat pun melindungi kalangan keturunan Sian Djin Ku Poh beserta vihara yang merupakan salah satu peninggalan sejarah ini.

10. Candi Jiwa Batujaya

Foto By @infokrw

Alamat: Segaran, Batujaya
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Rp.10.000

Candi ini terbilang unik karena terletak di tengah-tengah areal persawahan penduduk sehingga menambah kesan asri dan alami. Menariknya, bentuk candi ini seperti bunga teratai atau banyak disebut bentuk Padma pada kepercayaan Hindu – Budha.

Selain itu, candi Jiwa Batujaya ini terbentuk dari lempengan batu bata, tidak seperti candi pada umumnya yang tersusun dari bebatuan.

Konon, salah satu candi disini yang bernama Candi Jiwa adalah salah satu tempat khusus pemujaan dewa Syiwa. Karena beberapa kali masyarakat menaruh kambing hidup yang diikat disini sebagai persembahan dan akan ditemukan mati pada esok harinya.

Selain wisata sejarah, memang Candi Jiwa Batujaya ini dapat dijadikan sebagai salah satu objek mistis. Namun begitu, keindahannya tak kalah mempesona dari spot lainnya.

11. Monumen Kebulatan Tekad Rengas Dengklok

Alamat: Jl. Raya R.Dengklok, Rengasdengklok
Koordinat: Klik Disini
Buka / Tutup:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00
HTM: Gratis

Karawang memang memiliki sejuta wisata sejarah, diantaranya adalah Monumen Kebulatan Tekad Rengas Dengklok. Monumen atau tugu ini merupakan bekas markas PETA (Pembela Tanah Air).

Disekitarnya terdapat taman kota yang sejuk dan rindang untuk dinimati oleh pengunjung. Bentuk dari monumen ini juga sangat unik dengan bola putih pada bagian atasnya dengan gambar 17AUG1945.

Selain Tugu Kebulatan Tekad Rengas Dengklok, pengunjung dapat melihat rumah almarhum babah Djiaw Kie Siong di dekat monumen ini.

Rumah ini adalah rumah bersejarah karena dahulu Soekarno – Hatta diamankan di rumah kecil ini pada masa peristiwa Rengas Dengklok.

Hingga sekarang, rumah tersebut masih dihuni oleh cucu dari Djiaw Kie Siong dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah di kota Karawang.

12. Pemancingan Keluarga Tirta Mulya

Alamat: Jl. Wadas-Cikampek, Parakan, Tirtamulya
Koordinat: Klik Disini
HTM: Rp.30.000

Kolam pemancingan keluarga yang satu ini berbeda dengan yang lainnya karena tidak hanya menyediakan tempat memancing. Tetapi juga tersedia taman bermain anak-anak, wahana outbound, hingga kolam renang dan lainnya.

Kolam pemancingan pun terbagi menjadi beberapa pilihan sesuai dengan ikan di dalamnya, yakni ada kolam gurame, patin, bawal, dan nila.

Tempat pemancingan Tirta Mulya ini juga memiliki berbagai pilihan paket pemancingan yang dapat dipilih. Tersedia pula gazebo dan beberapa saung yang dapat digunakan untuk berkumpul bersama keluarga sembari menikmati pemandangan.

13. Situ Kamojing

Foto By @nicfees

Alamat: Kamojing, Cikampek
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Situ Kamojing adalah danau yang terletak dekat dengan perbatasan Karawang dan Purwakarta, danau ini lebih kecil dari pada Danau Cipule.

Jika sedang musim hujan, Situ Kamojing akan meluap dengan debit air yang hampir penuh, sedangkan pada musim kemarau, akan mengering sehingga banyak orang memanfaatkannya untuk memancing atau bercocok tanam.

Pemandangan matahari terbenam di tempat ini menjadi andalan, terutama jika menjelang sore akan ada banyak pedagang makanan yang menjual makanan khas Jawa Barat.

Tidak ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini namun wisatawan dihimbau agar tidak sembarangan membuang sampah di area danau.

14. Wonderland Adventure Waterpark

Alamat: Jalan Galuh MAS Raya, Sukaharja, Telukjambe Timur
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Senin – Jumat pukul 08.00 – 19.00, Sabtu dan Minggu atau hari libur lainnya pukul 08.00 – 20.00
No. telp: 026 7845 9000
HTM: Rp.70.000 (Senin – Jumat), Rp.90.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Wahana yang terdapat dalam Wonderland Adventure Waterpark ada beberapa macam, selain wahana air dan kolam renangnya yang menarik.

Beberapa diantaranya adalah Gorilla Slide, Splash Fun, Tomorrow Land, Flying Fox, Kolam Arus, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya. Karena memang Wonderland Adventure Waterpark ini merupakan wahana permainan air terbesar di daerah Karawang.

Di dalam arena permainan juga terdapat tempat makan dan restoran untuk para pengunjung yang ingin beristirahat sejenak setelah puas bermain air.

15. Curug Cikoleangkak

Alamat: Desa Kutamaneuh, Tegalwaru
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Curug Cikoleangkak adalah salah satu wisata alam khas Karawang yang juga berhubungan dengan Curug Bandung sebelumnya. Air terjun Cikoleangkak ini dikenal memiliki ukuran yang paling tinggi, yakni 30 meter.

Di bawah Curug Cikoleangkak ini sendiri masih ada curug lain yang jaraknya lumayan jauh untuk ditelusuri, yaitu Curug Cikarapyak dan Curug Cipanundaan.

Lokasi Curug Cikoleangkak ini agak ekstrim karena pengunjung harus rela menerobos hutan rimba, melewati jalan setapak yang dekat dengan jurang, dan mendaki jalan yang cukup terjal.

Curug ini sendiri berlokasi di bawah kaki Gunung Singgabuana, dekat dengan desa wisata Mekar Buana. Nah, strategis kan? Jadi, jangan sampai tidak mengunjunginya ya!

16. Karawang Green Canyon

gambar By @temannongkrongku

Alamat: Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Objek wisata yang satu ini disebut sebagai Green Canyon-nya Karawang. Tempat tersebut berbentuk sebuah ngarai dengan aliran sungai yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu menembus bebatuan gua.

Air sungai yang terdapat di Green Canyon yang satu ini sangat jernih berwarna hijau kebiruan, tidak kalah dengan Green Canyon asli dari luar negeri.

Di sekitar daerah ini tidak tersedia warung atau tempat makan, jejeran warung makan biasanya ada di area yang agak jauh dari Green Canyon tersebut.

Maka dari itu pengunjung sebaiknya membawa makanan sendiri dan jangan membuang sampahnya sembarangan di sekitar sungai.

17. Tugu Rawa Gede

Alamat: Balongsari, Rawamerta
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.15
HTM: Gratis

Tugu Rawa Gede di Karawang menyimpan banyak sejarah pilu dari para rakyat pribumi Indonesia yang tidak berdosa dibantai oleh tentara kolonial Belanda.

Monumen bersejarah ini memiliki 17 anak tangga menuju lantai pertama yang berisi relief simbol perjuangan warga Karawang dalam mempertahankan kemerdekaannya.

Sedangkan pada lantai kedua terdapat patung seorang ibu dari perunggu dengan jasad suami dan anaknya yang tewas dipangkuan patung ibu tersebut.

Uniknya, di belakang patung tersebut ada puisi Chairil Anwar yang berjudul Antara Karawang Bekasi. Bagian belakang monumen tersebut ada halaman menuju makam 200an para pahlawan nasional.

Pengunjung dapat berkunjung untuk ziarah ke beberapa makam tersebut sekadar mendoakan arwah para pahlawan yang telah tiada.

18. Danau Kalimati

Alamat: Desa Walahar, Klari
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Danau Kalimati adalah danau yang tercipta dari aliran sungai Citarum yang sudah mati dan membentuk bendungan dengan pemandangan pepohonan sekitar yang masih asri.

Menjelang sore, banyak sekali masyarakat sekitar yang mengunjungi danau ini dikarenakan pemandangan matahari terbenamnya yang indah. Semakin sore, akan makin banyak warung-warung makan yang buka dan menyediakan banyak makanan khas Jawa Barat.

Karena tempat wisata umum ini juga tidak mengenakan biaya bagi pengunjungnya, diharapkan para wisatawan tidak membuang sampah sembarangan saat berkunjung kesini.

19. Wisata Air Restoran Alam Sari

Alamat: Kawasan Industri Kota Bukit Indah Sektor B, Kamojing, Cikampek
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 20.00
Telpon: 026 435 0440
HTM: Tergantung menu yang dipesan

Wisata Air Restoran Alam Sari ini lebih tepatnya dekat dengan Situ Kamojing, dimana disini terdapat restoran bernama Alam Sari.

Tidak hanya menyediakan makanan khas tradisional saja seperti sop buntut, karedok, cumi goreng tepung, tumis kangkung, tetapi juga menyediakan tempat makan yang Indonesia banget.

Bisa dilihat ada beberapa saung atau gazebo di luar restoran yang bisa digunakan untuk duduk dan beristirahat sambil menikmati pemandangan Situ Kamojing yang indah.

Restoran ini juga menyediakan wahana air seperti perahu air, becak air, dan taman bermain untuk bermain anak-anak. Tentunya dengan tambahan biaya pula untuk menikmati fasilitas ini.

20. Kampung Wisata Curug Cigeuntis

Foto By @goeentry

Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang.
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Tempat ini merupakan sebuah kampung wisata yang dekat dengan Curug Cigeuntis dan lebih dikenal dengan nama Desa Mekar Buana.

Tidak hanya menyajikan pemandangannya yang masih asri, alami, dan sangat tradisional, kampung wisata ini juga menyediakan outbound, wisata air, pemancingan, tempat futsal dan bahkan ada camping ground.

Lokasinya yang terletak di kaki gunung Sanggabuana membuat pemandangan di sekitarnya masih dipenuhi persawahan dan perkebunan.

Bagi mereka yang ingin mengunjungi Curug Cigentis langsung juga dapat melanjutkan perjalanannya kesana. Jika ingin menginap bisa menyewa cottage kecil atau villa yang juga disediakan di daerah sini.

21. Mall Festive Walk

Alamat: Jl. Galuh MAS Raya, Sukaharja, Telukjambe Timur
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari pukul 10.00 – 21.00
HTM: Gratis

Bila sudah cukup mengunjungi beberapa tempat wisata alam di daerah sekitaran Karawang dan ingin melihat-lihat shopping mall, bisa mengunjungi tempat ini.

Mall Festive Walk ini berdekatan juga dengan Wonderland Adventure Waterpark dan Mall Karawang Central Plaza. Bagi pengunjung yang ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari, aksesoris, baju, tas, sepatu, dan barang branded lainnya juga tersedia disini.

Tedapat juga food court atau tempat makan terkenal lainnya seperti KFC, MC Donalds, Hoka Hoka Bento bagi yang ingin mengisi perut. Setelah mengunjungi Mall Festive Walk ini, bisa langsung masuk ke Wonderland Adventure Waterpark untuk tempat wisata selanjutnya.

22. Pasar Baru Karawang

Foto By @adelsbroiler

Alamat: Jl. Tuparev, Nagasari
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 18.00
HTM: Gratis

Ingin mencari oleh-oleh atau souvenir khas Karawang, Jawa Barat dengan harga merakyat namun kuallitas terbaik? Silahkan kunjungi Pasar Baru Karawang di daerah jalan Tuparev, Nagasari ini.

Pada dasarnya, pasar ini layaknya pasar tradisional yang sudah modern dimana pengunjung dapat menemukan kebutuhan sehari-hari disini. Dari barang pokok seperti makanan, pakaian, hingga beberapa penjual barang antik, souvenir, dan oleh-oleh.

Bagi para wisatawan wanita yang ingin berburu oleh-oleh atau souvenir dengan harga murah, Pasar Baru Karawang layaknya sebuah paradise yang menyediakan segala macam barang disini.

23. Restoran dan Pemancingan Mang Ajo

Alamat: Jl. Tol Karawang Barat, Margakaya, Telukjambe Barat
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 19.00
Nomer telfon: 026 764 4153
HTM: Rp.5.000 – Rp.50.000 tergantung jumlah ikan yang ditangkap

Tempat pemancingan yang juga merangkap sebagai restoran ini sudah berdiri sejak 15 tahun yang lalu dan menjadi tempat pemancingan paling terkenal di Karawang.

Tidak hanya itu, tersedia beberapa wahana permainan di dalamnya seperti outbound dan taman bermain khusus untuk anak-anak.

Suasana pedesaan khas Jawa Barat disini sangat kental karena terdapat beberapa saung atau gazebo untuk duduk dan breistirahat. Sedangkan menu makanan yang tersaji dalam rumah makannya beragam dan yang pasti adalah sajian masakan Indonesia.

24. Taruma Leisure Waterpark

Alamat: Perum Grand Taruma, Jalan Raya Tol Karawang Barat, Sukamakmur, Telukjambe Timur
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 20.00
Nomer Tlp: 026 7863 9812
HTM: Rp.50.000 (Senin – Jumat), Rp.65.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Satu lagi tempat wisata modern di Karawang yang menyajikan wahana air dan permainan air seru. Kolam renang dalam arena ini terbagi menjadi empat bagian untuk anak-anak dan orang dewasa, Kiddy Pool, Wave Pool, Leisure Pool, dan Lazy River.

Wahana air seperti seluncuran pun juga tersedia disini, sedangkan untuk fasilitas pendukung seperti tempat makan, mushola, dan tempat parkir juga dapat dinikmati di sekitar area.

Taruma Leisure Waterpark di Karawang ini juga dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata air modern layaknya Wonderland Adventure Waterpark.

25. Situ Cibayat

Foto By @mediaserunikarawang

Alamat: Kampung Cibayat, Kutamaneuh, Tegalwaru
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Tujuan wisata alam ini tidak kalah menarik dengan lainnya di Karawang. Situ Cibayat menyimpan pemandangan yang asri dan masih alami, masyarakat banyak menggunakannya untuk keperluan sehari-hari seperti untuk pertanian hingga penyediaan air bersih.

Bahkan terkadang tim SAR resmi Jawa Barat datang untuk berlatih simulasi penyelamatan beberapa kali di tempat ini.Pengunjung juga dapat memancing secara cuma-cuma atau hanya sekedar duduk di bawah pepohonan yang rindang dan bersih.

26. Alun-alun Karawang

Alamat: Karawang Kulon, Karawang Barat
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
Nomor Telepon: 0856 9422 2567
HTM: Gratis

Alun-alun merupakan salah satu ikon kota Karawang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat sekitar. Beberapa pedagang makanan pun banyak menggelar lapaknya di sekitar tempat ini untuk para warga yang ingin berwisata kuliner khas Jawa Barat.

Pemerintah kini sedang merencanakan pemasangan wifi gratis di area alun-alun untuk memancing banyak minat masyarakat dan pengunjung di tempat ini.

Beberapa kali ada panggung acara yang menyajikan hiburan tradisional khas Jawa Barat, nyanyian, hingga wayang dan sebagainya.

27. Kampung Turis

Alamat: Pusat Niaga & Perkantoran Sentra Cikarang Kav 125, Jalan Raya Cibarusah Blok B No. 24, Sukaresmi, Cikarang.
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00, Sabtu pukul 08.00 – 12.00, Minggu libur
Nomor Telepon: 021 8990 3001
HTM: Tergantung wahana yang dinaiki

Kampung Turis merupakan kawasan wisata terpadu di Karawang dengan konsep waterpark dan resort atau penginapan. Beberapa wahana serta fasilitas disini dikenakan biaya walaupun tiket masuk menuju Kampung Turis ini memang gratis.

Seperti harga tiket masuk untuk wahana outbound dan flying fox sebesar Rp.30.000 perorangnya, atau waterpark Rp.20.000 hingga Rp.35.000.

Kampung Turis banyak digunakan untuk kelompok orang atau keluarga besar yang ingin menyewa tempat wisata, outbound, dan mencari penginapan.

28. Gunung Sanggabuana Loji

Foto By @sanggabuana_1291

Alamat: Desa Mekar Buana, Sanggabuana, Tegalwaru
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Bila dilihat dari map, Gunung Sanggabuana pada dasarnya terletak di empat perbatasan Karawang pada bagian utara, di sebelah timur berbatasan dengan Purwakarta, Cianjur di sebelah selatan, dan bagian barat ada kabupaten Bogor.

Tetapi secara administratif, Gunung Sanggabuana masuk ke wilayah Desa Mekar Buana, Tegalwaru yang juga merupakan desa wisata alam.

Gunung Sanggabuana sendiri banyak dijadikan tempat camping, mendaki, atau untuk mengunjungi beberapa curug yang terkenal disini seperti Curug Bandung, Cikoleangkak, Cigentis, dan lain sebagainya.

Berbagai mitos mistis beredar di area gunung tetapi tidak dipungkiri bahwa pemandangan disini sangat indah untuk ditelusuri.

29. Wana Wisata Puncak Sempur

Alamat: Puncak Sempur, Cintalaksana, Tegalwaru
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari 24 Jam
Nomor Telepon: 0857 1106 5292
HTM: Rp.10.000 (Perorang), Rp.5.000 (Parkir motor), Rp.10.000 (Parkir mobil)

Wana Wisata Puncak Sempur adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Gunung Sanggabuana. Lebih tepatnya di puncak gunung yang dinamakan Puncak Sempur.

Lokasi Puncak Sempur ini sendiri banyak digunakan untuk camping, mendaki gunung, hingga wahana outbound dan flying fox. Uniknya, dari tempat ini pengunjung dapat melihat pemandangan kota Bogor dan Cianjur dari kejauhan.

30. Karawang Central Plaza

Alamat: Karawang Barat, Margakaya, Telukjambe Barat
Koordinat: Klik Disini
Jam Operasional:
Setiap hari pukul 10.00 – 21.00
Nomor Telepon: 026 7845 7775
HTM: Gratis

Para wisatawan yang sudah puas mengunjungi beberapa wisata alam di Karawang dapat berkunjung ke salah satu mall terbesar di kota ini untuk shopping, namanya Mall Karawang Central Plaza. Letaknya dekat dengan Mall Festive Walk.

Karawang ini memang penuh dengan tempat belanja modern, bioskop, dan beberapa tempat makan terkenal. Mall Karawang Central Plaza ini katanya sudah berdiri cukup lama loh!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “30 Tempat Wisata di Karawang Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.