gambar By @yudi_kiat

35 Tempat Wisata di Lumajang Yang Menarik

Diposting pada

Lumajang, kota yang ada di kaki gunung Semeru ini memiliki aneka destinasi wisata yang sangat menarik. Daerah tersebut berbatasan dengan kabupaten Probolinggo di bagian utara, Jember di timur, Samudera Hindia di sebelah selatan dan Malang di sisi barat.

Berada di area perbatasan, tentu membuat kota ini tak luput dengan aneka wisata pantai serta wisata alam lainnya yang patut diperhitungkan.

Bagi yang hendak berpergian melewati daerah Lumajang, tak ada salahnya sesekali mencoba mengunjungi berbagai destinasi wisata di kota ini.

Berikut adalah beberapa daftar wisata menarik yang ada di daerah Lumajang dan sekitarnya.

1. Gunung Semeru

Foto By @dwisl

Alamat: Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur
Koordinat: Klik Disini

Gunung semeru berada di antara dua kabupaten yakni Lumajang dan Malang. Wisata ini tentu menjadi pilihan sendiri bagi yang hobi atau mencari tempat wisata pegunungan.

Tetapi jika tidak ingin sampai ke puncak untuk menikmati pesona alam gunung Semeru, spot yang ada di setiap bagiannya juga sangat indah.

Di gunung Semeru ini ada sebuah danau alami yang sangat terkenal dikalangan pendaki ataupun mereka yang hanya sekedar berkujung menikmati pemandangan. Danau ini dikelilingi bukit-bukit membuat pemandangan di sekitarnya sangat indah.

2. Gunung Lamongan

Lokasi: Sumberpetung Ranuyoso
Google Map: Klik Disini

Gunung ini tidak terlalu tinggi. Namanya memang gunung Lamongan tetapi lokasinya ada di antara Lumajang dan Probolinggo. Pemandangannya tak kalah menarik dengan Semeru.

Destinasi ini bisa menjadi alternatif pendakian lainnya selain Semeru. Puncaknya sendiri terkenal dengan nama puncak Tarub. Gunung Lamongan tersebut termasuk salah satu bagian dari pegunungan Iyang Jawa Timur.

3. Gunung Wayang

Alamat: Sumber Mujur kecamatan Candipuro
Peta: Klik Disini

Gunung Wayang ini berupa perbukitan yang menawarkan pemandangan gunung Semeru dan menjadi salah satu lokasi camping terbaik dengan dataran tinggi berupa bukit barisan.

Tak hanya penampakan gunung Semeru yang menjadi pesonanya tetapi juga kota Lumajang dengan kerlip lampu ketika malam hari. Wah, pasti sangat indah ya?

Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi alterlatif untuk melakukan camping dan patut dicoba jika kamu ingin mengunjungi objek wisata yang antimainstream.

4. Gunung Lemongan

Foto By @a.rohim20

Alamat: Sumberpetung Ranuyoso Jawa Timur
Maps: Klik Disini

Gunung Lemongan ini memiliki ketinggian sekitar 1676 mdpl. Perlu ketahanan tubuh super ekstra untuk sampai puncak karena jalan setapak yang dilalui berganti-ganti.

Pemandangan yang didapat di gunung Lemongan ini adalah view Semeru serta danau-danau tektonik di sekitar kakinya yg juga sangat mempesona.

Biasanya orang-orang datang kesini untuk mengincar sunrise dan kebanyakan mereka selalu melakukan pendakian di tengah malam.

5. Danau Segitiga

Alamat: Tegalrandu, Klakah, Lumajang, Jawa Timur 67356
Jam Buka Tutup: Senin-Minggu 06.00 – 17.00
Koordinat: Klik Disini

Diberi nama demikian sebenarnya ini adalah sebutan untuk tiga danau atau ranu di Lumajang yakni danau Klalah, Bedali dan Pakis. Pemandangan masing-masing spot tersebut pun sangat memanjakan mata dengan luas yang berbeda-beda.

Bisa dibayangkan bagaimana panorama lengkap yang disuguhkan saat mengunjungi lokasi ini, dimana kamu akan mendapat suguhan alam yang menarik dari kota Lumajang.

6. Air Terjun Manggisan

Alamat: Kandangan, Senduro, Lumajang 67361
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Koordinat: Klik Disini

Mencari wisata alam sekaligus petualangan? Air terjun Manggisan di Kandangan bisa dijadikan salah satu destinasi wisata untuk dikunjungi saat berlibur di kota Lumajang.

Tapi untuk sampai di air terjun ini, kamu harus menanjak dan menuruni perbukitan serta melewati aliran sungai kecil. Tapi tenang saja, selama perjalanan akan disuguhi pemandangan pohon karet dan kopi serta tak lupa udara yang sangat sejuk.

Setelah semua berhasil dilalui, barulah kamu akan mendapat suguhan air terjun yang sangat mempesona dengan ketinggian 55 m.

7. Goa Tetes

Foto By @miapl

Alamat: Sidomulyo, Pronojiwo 67374
Tarif HTM: Rp 5.000
Nomor Telepon: 0813-3318-3380
Koordinat: Klik Disini

Wisata goa Tetets ini tak hanya menawarkan pemandangan goa kapur tetapi juga pesona air terjun yang mengalir melalui tebing-tebing menuju goa.

Bisa dikatakan goa Tetes ini sangat unik, berbeda dengan yang biasa dijumpai di Pacitan atau juga Gunung Kidul. Air yanng mengaliri tebing tersebut terlihat menetes dalam goa-goa.

Air terjun ini memiliki keunikan stalagtit dan stalagmit yang memiliki keanekaragaman warna. Belum lagi bentuk batuan tebingnya berlapis belerang membuat warnanya nampak seperti kuning keemasan. Dan lumut hijau di sekitarnya pun seakan menambah keesktosian penampilannya.

8. Pantai Watu Godek

Alamat: Bulurejo, Tempursari
Biaya: Rp 2.000
Koordinat: Klik Disini

Pantai Watu Godek ini destinasi wisata yang tak hanya menawarkan keindahan pesona alam laut tetapi pemandangan pantai berkeliling tebing menjulang tinggi.

Selama perjalanan menuju pantai ini kamu akan menemukan pemandangan rawa-rawa di sekelilingnya. Pesona menarik yang tampak di sini adanya batu-bau besar sangat tinggi di pinggir pantai serta rerumbunan pohon pandan laut di sekitarnya.

9. Pemandian Selokambang

Alamat: Purworejo Senduro
Tarif: Rp 3.000
Koordinat: Klik Disini

Pemandian Selokambang ini sangat menarik karena berasal dari sumber air dari tiga pohon beringin yang ada di sisi barat. Dan menariknya lagi, jalur airnya mengalir hingga ujung kota Lumajang. Sehingga aliran sungainya sangat jernih karena berasal dari sumber yang sama.

Jadinya saat bermain air di sini terasa sangat segar. Selain berenang pengunjung bisa bersantai menaiki perahu karet. Selain menyediakan fasilitas area lapangan tenis dan kolam khusus anak, kamu juga dapat melihat aneka jenis ikan ataupun bermain papan seluncur.

10. Puncak B-29

Foto By @hanif_salis024

Alamat: Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura 67254
Tarif: Rp 3.000
No Telpon: 0856-4803-3660
Koordinat: Klik Disini

Puncak B-29 bagaikan negeri di atas awan. Sebab, dari puncak ini kita akan mendapat suguhan pemandangan puncak gunung Bromo. Tempat tersebut sangat mempesona untuk mensyukuri keagungan Tuhan akan ciptaanNya.

Di sini kita bisa melakukan camping sembari menunggu sunset atau sunrise. Menuju tempat ini akan melatih keberanian petualangan karena perjalanannya yang berkelok-kelok.

Bisa dikatakan puncak ini paling tinggi di kawasan gunung Bromo dengan hamparan vegetasi serta savana yang sangat mempesona untuk disingahi.

11. Perkebunan Teh Kertowono

Alamat: Gucialit, Kabupaten Lumajang 67353
Koordinat: Klik Disini

Destinasi wisata perkebunan teh memang selalu menjadi pilihan tepat bagi yang ingin mencari suasana alam dengan udara sejuk dan segar. Pemandangan bukit hijau teh yang melekuk-lekuk membuat mata menjadi segar.

Produk teh yang dihasilkan di Lumjang ini diberi nama teh cap “Gajah Kertowono”. Nuansa alam pegunungan di sini akan membuat wisatawan betah untuk bersantai melepas penat suasana kota.

12. Situs Biting

Alamat: Kutorenon, kecamatan Sukodono
Koordinat: Klik Disini

Situs Biting bisa dikatakan salah satu wisata sejarah berupa situs arkeologis yang ada di desa Kutorenon Lumajang. Dan ini merupakan peninggalan kerajaan Lamajang dengan luas kawasasn 135 ha.

Yang menonjol dari peninggalan ini ialah bangunan bekas tembok benteng panjang 10 km, lebar 6 m dan tinggi 10 m. Membayangkannya saja sudah bikin jatuh hati bukan?

13. Ranu Pane

Foto By @topan_dibadai

Alamat: Senduro Jatim
Koordinat: Klik Disini

Ranu Pane adalah danau yang merupakan bagian dari Taman Nasdan ional Bromo Tengger Semeru. Luas danau hijau ini sekitar 1 ha dengan suguhan gunung pemandangan Semeru serta kaldera di sekitar kawah.

Hal ini tentu menjadi daya tarik pendakian gunung Semeru. Lokasi Ranu Pane sendiri menjadi jalur transit pendakian ke ranu Kumbolo dan trek pendakian ke gunung Semeru.

14. Ranu Regulo

Alamat: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ranupani, Senduro 67361
Koordinat: Klik Disini

Ranu Regulolokasinya tidak terlalu jauh dengan ranu Pane. Sama-sama berada di jalur masuk pendakian gunung Semeru dan memiliki pesona yang tak kalah menarik.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke gunung Semeru tetapi tidak ingin mendaki sampai ke puncak, maka Ranu Regulo ini bisa menjadi destinasi pilihan.

15. Ranu Kumbolo

Alamat: Pasrujambe Kabupaten Lumajang
Koordinat: Klik Disini

Masih terletak di kaki gunung Semeru, luas ranu ini sekitar 15 ha dan terletak di ketinggian 2.400 mdpl. Danau tersebut bahkan menjadi sumber air bersih untuk para pendaki yang tengah berkemah menuju puncak Semeru.

Tempat ini bisa dibilang sebagai lokasi bertemunya para pendaki untuk mendirikan tenda. Dari sini kita juga bisa menyaksikan sunrise yang sangat mempesona saat pagi hari di sela-sela bukit hijau.

16. Ranu Lading

Foto By @amirulazyz

Alamat: Sumberwringin Klakah Jawa Timur
Koordinat: Klik Disini

Destinasi wisata ranu Lading ini sangat unik karena lokasinya berada di tengah-tengah perkebunan kopi peninggalan Belanda. Tak hanya itu, di atasnya juga ada rumah atau loji yang hingga saat ini masih terawat baik.

Suasana alam serta pemandangannya juga sangat menawan akan membuat wisatawan betah berlama-lama di Ranu Lading yang indah ini.

17. Ranu Klakah

Alamat: Danau Ranu Klakah, Tegalrandu, Kabupaten Lumajang 67356
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.00-17.00
Tarif: Rp 3.000
Koordinat: Klik Disini

Ranu Klakah berada diketinggian 900 mdpl dengan luas sekitar 22 ha serta latar belakang pemandangan gunung Lamongan. Suasananya sangat sejuk karena berada di lereng gunung dan posisinya yang tinggi. Di dukung airy ang jernih karena bersumber mata air sekitar danau.

Fasilitas menarik yang ditawarkan di wisata ini adanya persewaan motor serta becak air. Ada juga taman bermain yang rindang di dekat pintu air ranu Klakah.

Dan semakin menarik dengan adanya tambahan warung apung yang dibangun di tepi danau dengan aneka kuliner khas ranu Klakah.

18. Pantai Bambang

Alamat: Bago, Pasirian, Jawa Timur 67372
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: Klik Disini

Pantai Bambang memang belum terlalu dikelola dengan baik tetapi spot ini memiliki pesona yang tidak perlu diragukan. Menjadi bagian dari deretan pantai selatan, tak heran bula ombaknya cukup besar.

Melalui sudut barat kita dapat melihat deretan pegunungan yang membuat pemandangannya semakin indah. Sungguh mengagumkan bukan ciptaan Tuhan?

19. Pantai Tlepuk

Foto By @emmytiyo

Alamat: Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang
Koordinat: Klik Disini

Pantai Tlepuk berada di sekitar 31 km dari kota Lumajang. Deburan ombak serta pemandangan spot ini pun sangat mempesona. Memiliki rawa pemancingan, membuat wisatawan yang hobi mancing semakin betah berlama-lama disini.

Sebelum mencapai pantai ini dalam perjalanan, kamu juga akan disuguhi pesona perkebunan coklat serta tebing tinggi yang sangat indah.

20. Pantai Watu Pecak

Alamat: Selok Awar Awar, Pasirian 67372
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: Klik Disini

Letaknya tidak terlalu jauh dari pantai Bambang ada di sebelah timurnya. Spot ini juga sering digunakan sebagai tempat upacara sesuci bumi para umat Hindu Dharma Bali.

Karakteristiknya setipe dengan Bambang beach dan juga pantai selatan lainnya. Watu Pecak sendiri bahkan kerap dijadikan sebagai lokasi ekplorasi pasir pantai.

21. Goa Bima

Alamat: Bades Kecamatan Pasirian
Koordinat: Klik Disini

Goa Bima berlokasi di tiga perbatasan desa, yaitu Bades, Gondoruso serta Bago. Tempat ini sering digunakan untuk ritual pertapa selain itu juga diyakini sebagai lorong penghubung kerajaan laut selatan.

Di sini ada sebuah ceruk yang sering digunakan untuk berteduh tetapi kemudian berubah setelah ada kabar yang mengatakan bahwa ceruk ini merupakan pintu gerbang menuju laut selatan.

22. Air Terjun Cobaan Pawon

Foto By @sandro_samantha

Alamat: Gucialit, Kabupaten Lumajang 67353
Koordinat: Klik Disini

Air terjun ini memiliki nama lain dengan sebutan Antrukan Pawon. Ciri khasnya ialah adanya antrukan di dalam goa mirip dengan pawon (dapur) dan percikan airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 m menjatuhi lobang goa di bawah. Untuk sampai ke lokasi tersebut penuh dengan petualangan karena medannya masih sulit dijangkau karena curamnya hampir 45 derajat. Belum lagi harus naik turun bukit.

23. Hutan Bambu

Alamat: Jl. Kalpataru, Sumbermujur, Candipuro Jawa Timur 67373
Jam Operasional: 0822-3469-5695
Koordinat: Klik Disini

Mencari kesejukan lain dan anti mainstream? Mungkin hutan bambu bisa menjadi alternatif. Hamparan pohon bambu seluas 14 ha yang tumbuh subur di desa Sumber Mujur ini sangat cantik dan sejuk, tidak ada kesan angker atau mistis seperti yang dibayangkan.

Di hutan ini juga tumbuh banyak kera yang jinak. Saat datang ke tempat tersebut, kamu hanya akan merasakan kesejukan karena rimbunnya bambu sehingga menutupi sengatan matahari.

24. Pura Mandaragiri Semeru Agung

Alamat: Jalan Serma Dohir, Senduro, Jawa Timur 67361
Koordinat: Klik Disini

Mandaragiri ini merupakan pura tertua bagi masyarakat Hindu. Tempat tersebut tak pernah sepi lantaran selalu ada masyarakat Bali yang berdoa di sini. Belum lagi saat ulang tahun pura yang jatuh pada bulan Juli, pastinya akan semakin sangat ramai.

25. Kolam Renang Veteran

Foto By @lukman_owl

Alamat: Jl. Veteran, Karangsari, Sukodono 67316
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.00-17.00
Koordinat: Klik Disini

Spot ini sering digunakan untuk perlombaan renang kabupaten ataupun nasional. Memiliki kolam renang anak dan juga dewasa dengan luas sekitar 2 ha.

Lokasinya nyaman dan bersih sehingga tak perlu diragukan jika ingin berenang disini. Yang mau belajar, kolam ini bisa juga loh dijadikan alternatif.

26. Water Park Kawasan Wonorejo Terpadu

Alamat: Wonorejo, Kedungjajang 67358
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.00-16.00
Tarif: Rp 7.500
Koordinat: Klik Disini

Kolam renang ini letaknya tidak terlalu jauh dari terminal bus Wonorejo. Dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan area bermain sekaligus berwisata air.

Tentu saja fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap layaknya waterpark pada umumnya seperti seluncur air serta wahana arus air. Bahkan di sini juga disediakan kereta gantung yg cocok untuk memacu adrenalin.

Bagi yang tak punya waktu banyak untuk berlibur mungkin tempat ini bisa menjadi alternatif apa lagi tidak ingin mengeluarkan biaya besar alias liburan murah meriah.

27. Tubing Adventure Lumajang

Alamat: Jalan Raya Senduro, Dusun Tempuran 67361
Telepon: 0822-5770-0700
Koordinat: Klik Disini

Tubing adalah olahraga air body rafting yang lumayan menantang. Bagi yg suka permainan air memacu adrenalin maka objek wisata satu ini perlu dicoba. Wahana ini menggunakan ban dalam truk yang akan meluncur bebas di sungai.

Tentu dalam permainan ini disediakan alat keselamatan seperti helmet, pelampung, dan pelindung kaki. Saat melakukan tubing di aliran sungai, kamu akan melewati 3 desa dengan jarak tempuh sekitar 4 km.

Pemandangan yang kamu dapat ialah panorama alam terbuka, tebing serta bebatuan gunung Semeru yang sangat mempesona.

28. Air Terjun Kapas Biru

gambar By @yudi_kiat

Alamat: Pronojiwo, Kabupaten Lumajang 67374
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik Disini

Air terjun ini memiliki panorama menarik dengan warna yang sangat jernih dan terlihat kebiruan pada sisi air yang jatuh. Oleh sebab itulah destinasi tersebut diberi nama kapas biru.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini, kita akan melakukan perjalanan dengan petualangan cukup menantang, hal tersebut dikarenakan jalannya yang belum bagus.

Tak hanya itu, kita juga harus melewati perjalanan naik turun yang ekstrim serta tangga yang hanya bisa dilewati dengan bergantian. Tinggi air terjun ini sendiri mencapai 20 m, aliran airnya yang jatuh pun cukup deras.

29. Agro Wisata Royal Family

Alamat: Dusun Rambaan, Desa Sukorejo, Kecamatan Pasrujambe, Jawa Timur, Indonesia
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-16.00
Tarif: Rp 10.000
Koordinat: Klik Disini

Agrowisata ini menawarkan paket wisata lengkap bagi pecinta durian. Di sini pengunjung bisa memetik serta menikmati raja buah tersebut secara langsung.

Tak hanya kebun durian di sini juga ada berbagai tanaman tropis yang berbuah lainnya dan area bermain. Jadi, selain belajar cara membudidayakan tanaman, kamu pun bisa bermain di area outbond,

30. Air Terjun Watu Lapis

Alamat: Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67361
Koordinat: Klik Disini

Lokasi wisata air terjun Watu Lapis berada ditengah-tengah hutan kopi milik warga. Daya tarik wisata ini berupa adanya aneka macam bunga, undak-undak bambu khas pegunungan dan juga hutan bambu di sekelilingnya.

Selain itu, di sini juga ada area camping ground yang cukup luas sehingga jika ingin mencoba mendirikan tenda di dekat wisata air terjun tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda.

31. Agrowisata Bunga Lumajang

Alamat: Desa Wotgalih, Krai, dan Karanganyar Kecamatan Yosowilangun, Jawa Timur, Indonesia
Koordinat: Klik Disini

Tempat ini menjadi lokasi berburu oleh-oleh bunga di Lumajang. Bisa di katakan di sini tempat budidaya bunga oleh warga. Hampir sebagian besar penduduk di tiga desa aktif dalam usaha mengembangkan budidaya tanaman cantik tersebut.

32. Pantai Dampar

Alamat: Jl. Gondoruso, Kalibendo, Pasirian 67372
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik Disini

Spot ini tak hanya menawarkan keindahan pasir hitam bersih. Di sini pengunjung juga akan disuguhi pemandangan danau Dampar yang letaknya berdampingan dengan pantai. Namun untuk sampai ke lokasi, kamu perlu menyebrangi dengan menggunakan sampan.

Selain itu, di sekitar pantai ini pengunjung juga akan menemukan pemandangan pulau Barong bersamaan tebing-tebing menjulang tinggi. Di sini kamu bisa berselancar air, berjemur ataupun sekedar berenang.

33. Pantai Wotgalih

Alamat: Wotgalih, Yosowilangun 67382
Koordinat: Klik Disini

Pantai Wotgalih ini memiliki ombak berlapis. Bagi yang suka berselancar lokasi tersebut sangat cocok untuk menyalurkan hobi. Saat memasuki kawasan pantainya, kamu akan melewati rawa kecil dengan banyak ikan.

Di sini kita juga bisa melihat penampakan sunset yg membuat bayangan sinar matahari semakin terlihat sangat eksotis. Untuk menuju pantai pengunjung harus melintasi rawa dengan jembatan kayu yang sedikit reyot tetapi masih bisa dikatakan cukup aman.

34. Air Terjun Tumpak Sewu

Foto By @yoikilumajang

Alamat: Sidomulyo, Pronojiwo 65183
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-16.00
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik Disini

Wisata satu ini tak boleh dilupakan untuk disinggahi saat di Lumajang. Air terjun tersebut berada dialiran sungai Glidih yang termasuk perbatasan Ampel Gading Malang dengan Pronojiwo Lumajang.

Air terjun ini memiliki keunikan dengan sumber mata air yang jatuh pada dasar tebing cukup banyak jumlah mata airnya. Hal itulah yang membuat destinasi ini diberi nama Tumpak Sewu.

35. Ranu Pakis

Alamat: Tegalrandu Klakah
Koordinat: Klik Disini

Ranu Pakis adalah bagian dari danau segitiga yang terbentuk dari bekas letusan gunung Lemongan. Namun, untuk menyaksikan pesonanya, kita perlu menaiki bukit karena dari sini pemandangannya akan lebih menarik.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.