Foto By @cindykcindy

Wisata Watu Gunung Lerep Ungaran

Diposting pada

Lokasi: Jl. Srikandi Raya No.1 Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 50519
Map: Klik Disini
HTM: Rp.20.000 per Orang
Buka Tutup: Senin – Minggu 08.00 – 16.00
Telepon: –

Kota Semarang terkenal sebagai salah satu tempat yang cukup panas. Tetapi Anda jangan menyangka bahwa semua tempat di kota tersebut panas.

Karena ada sebagian wilayah di Kota Semarang yang memiliki iklim sejuk dan dingin. Selain itu, daerah ini juga terkenal mempunyai banyak sekali tempat wisata menakjubkan.

Banyak tempat wisata di Kota Semarang yang dijamin akan membuat Anda ketagihan akan keindahan alamnya.

Terlebih lagi objek wisata tersebut dapat membuat pikiran Anda lebih rileks dan fresh. Contohnya adalah objek-objek wisata yang terletak di daerah Ungaran.

Ungaran adalah salah satu daerah di wilayah Semarang yang memiliki iklim sejuk dan segar karena letaknya berada di dataran tinggi.

Nah, salah satu objek wisata alam yang patut dicoba bila Anda berkunjung ke daerah tersebut adalah Watu Gunung Ungaran.

Sesuai dengan namanya, tempat rekreasi ini terletak di daerah Ungaran, Kabupaten Semarang.

Foto By @asatuid

Watu Gunung Ungaran merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan udara segar dan juga sangat sejuk.

Jika berkunjung ke tempat ini, maka Anda akan disuguhi keindahan suasana asli Watu Gunung Ungaran yang membuat siapapun pasti terpukau.

Selain itu, ada pula beberapa kolam renang yang memiliki air segar dengan pemandangan indah.

Keindahan objek ini tak bisa dibilang biasa saja. Walaupun tidak populer seperti tempat lainnya, namun Anda tidak akan dibuat kecewa oleh keindahannya.

Watu Gunung Ungaran atau biasa juga disebut Kolam Renang Lerep merupakan tempat wisata yang menyajikan konsep keindahan pegunungan.

Jadi bila Anda ingin menghabiskan hari libur di Kota Semarang, berkunjunglah ke tempat wisata Watu Gunung Ungaran ini.

Karena suasana dan alamnya sangat cocok untuk mengisi waktu libur Anda bersama sahabat maupun keluarga.

Keindahan Lokasi

Alamat Watu Gunung Ungaran berada di Jl. Srikandi Raya no,1 Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Foto By @exploreungaran_

Apabila Anda melihat objek wisata Watu Gunung Ungaran dari luar, maka tempat ini akan terlihat seperti sebuah padepokan dengan beberapa macam joglo besar dan pondok-pondok kecil didalamnya.

Ditambah pula dengan suasana alam yang sejuk, rindang dan tenang, tentunya akan menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke sini.

Ketika memasuki Watu Gunung Ungaran, Anda akan disuguhi pemandangan bebatuan besar seperti yang biasa dilihat di sungai ataupun curug.

Anda juga akan dibuat penasaran dengan keindahan lain Watu Gunung Ungaran ini. Tempat yang luas dan indah tidak akan membuat siapa pun bosan.

Jalan-jalan di tempat wisata ini sangatlah menyenangkan. Gemercik-gemercik suara air, mengalir dengan indahnya di sepanjang jalan.

Ditambah lagi dengan adanya pohon-pohon besar yang rindang dan sejuk. Uniknya pohon-pohon tersebut dibuat menjadi atap sangat cantik, sehingga pengunjung dibuat bagaikan berada di alam pegunungan sungguhan.

Tempat wisata Watu gunung Ungaran ini dulunya adalah sebagai tempat sewaan untuk resepsi pernikahan saja dan tidak dibuka untuk khalayak umum.

Dikarenakan banyaknya wisatawan yang sangat penasaran dengan Watu Gunung Ungaran, maka akhirnya tempat wisata ini mulai di buka sebelas tahun yang lalu, lebih tepatnya pada tahun 2006.

Objek wisata ini diberi nama Watu Gunung Ungaran karena dahulu tempat tersebut merupakan hutan yang ditumbuhi pohon-pohon biasa.

Kemudian hutan tersebut di desain menjadi sebuah taman dan dihiasi oleh berbagai macam bebatuan yang bersumber dari pegunungan sungguhan.

Batu-batuan tersebut ada yang berasal dari gunung Merapi dan juga dari Gunung Ungaran.

Foto By @exploreungaran_

Sedangkan untuk pepohonan yang ada di Watu Gunung Ungaran ini, memang sudah asli dari sini tetapi ada juga pohon yang baru di tanam.

Pohon-pohon tersebut antara lain ada pohon mangga, durian, kelapa sawit serta pohon coklat.

Sementara pohon yang memang sudah asli dari dulu adalah pohon cengkeh, pala dan pisang.

Tempat wisata Watu Gunung Ungaran memiliki daya tarik tersendiri, yaitu dengan menawarkan konsep alami dan menakjubkan.

Pemilik tempat wisata ini juga memiliki ketertarikan akan bidang kesenian. Hal itu terlihat pada pondok-pondok serta keunikan masing-masing joglonya.

Bangunan rata-rata terbuat dari berbagai jenis kayu dengan berbagai ukiran khas jawa yang membuatnya terlihat semakin menarik dan cantik.

Selain itu, pemilik tempat wisata ini memperoleh ukiran-ukiran tersebut dari berbagai macam daerah, seperti Rembang, Kudus dan lainnya.

Tidak hanya ukirannya saja yang menarik, tetapi joglo-joglonya pun sangat unik karena menggunakan berbagai hiasan batu layaknya sebuah candi.

Bila pada hari akhir pekan, tempat wisata Watu Gunung Ungaran akan di penuhi oleh para pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah.

Pengunjung yang datang pada hari minggu dalam sehari bisa mencapai kurang lebih sekitar 1.000 orang.

Biasanya tempat wisata ini akan menggunakan sistem buka tutup pada hari liburan jangka panjang seperti libur kenaikan kelas, lebaran serta tahun baru.

Digunakannya sistem buka tutup ini disebabkan oleh jumlah pengunjung membludak dan melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

Foto By @wahyunii99__

Jika dilihat dari lingkungan perumahan, Anda bisa melihat bahwa tempat wisata ini menggunakan tema Jawa klasik, dengan berbagai perabotan rumah tangganya.

Bila sudah lelah berkeliling, Anda bisa duduk santai di atas bebatuan sembari melihat berbagai macam jenis ikan hias yang sangat cantik.

Selain itu ada juga sebuah batu buatan di penangkaran ikan hias air tawar. Batu buatan tersebut menghubungkan tempat makan satu dengan tempat makan lainnya yang ada di wisata alam Watu Gunung Ungaran ini.

Jika bosan Anda bisa berjalan ketengah penghubung tersebut. Ketika berada ditengah-tengahnya maka anak-anak ikan akan berebut untuk menghampiri Anda.

Watu Gunung Ungaran merupakan sebuah tempat wisata yang pemandangannya sering kali dimanfaatkan untuk pemotretan produk dan pembuatan iklan.

Selain itu biasanya para calon pengantin memanfaatkan keindahan alam yang berada di Watu Gunung Ungaran ini untuk foto prewedding.

Ada juga pengunjung yang menggunakan tempat wisata ini untuk berfoto ria bersama keluarga ataupun teman sebagai kenang-kenangan.

Fasilitas Yang Ada

Foto By @ming_fadz

Watu Gunung Ungaran memiliki berbagai macam fasilitas yang sangat menarik serta menyenangkan. Diantaranya ada kolam renang, danau buatan, pemancingan, beberapa restoran, rumah makan serta penginapan.

Danau buatan yang berada di Watu Gunung Ungaran ini tentunya sangat menarik untuk dinikmati karena didalamnya terdapat berbagai macam ikan hias cantik.

Selain itu, ada pula sungai buatan yang mengalir indah dan tak kalah cantiknya dengan danau buatan tersebut.

Menariknya, di danau buatan tersebut terdapat beberapa perahu yang dapat di gunakan untuk berkeliling oleh para pengunjung.

Bagi yang memiliki hobi memancing, tempat wisata satu ini juga menyediakan sarana pemancingan.

Uniknya, jika menginginkan suasana yang berbeda, Anda dapat memancing aligator. Dengan sewa pancing seharga kurang lebih 10.000 rupiah perpancing.

Bila lapar, Anda tak perlu khawatir karena tempat ini menyediakan sarana untuk makan yang didesain dengan nuansa Jawa dan menyajikan berbagai macam menu.

Dari dalam tempat makan, Anda masih bisa menikmati keindahan alam di tempat wisata ini. Sedangkan untuk restoran hanya di buka khusus pada hari Minggu saja.

Jika bosan dengan pemandangan alam, Anda bisa memilih tempat makan yang menyajikan pemandangan dengan berbagai jenis ikan yang terdapat di tempat wisata alam ini seperti gurame, ikan mas, dan mujaer.

Selain itu, ada pula kolam renang yang sumber airnya berasal dari Lereng Gunung Unggaran, penangkaran ikan, serta Gazebo yang bisa anda sewa. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda lihat jika berkunjung ke tempat ini.

Kolam Renang

Foto By @wisatausa

Ada beberapa kolam renang yang terdapat di tempat wisata alam ini dan dapat memanjakan mata dengan hanya melihatnya saja.

Air di kolam renang ini memiliki warna alami yaitu berwarna biru dengan dihiasi air terjun dan bebatuan.

Hal itu membuat kolam renang ini seperti berada di alam pegunungan yang asli dan menyegarkan.

Selain itu, Anda juga bisa berenang di kolam renang yang lokasinya lebih tinggi dari pada tempat penangkaran ikan dan pemancingan.

Air di kolam renang ini sangatlah menyegarkan dan jernih karena memiliki sumber air yang asli berasal dari Lereng Gunung Ungaran.

Rata-rata para pengunjung Watu Gunung Ungaran lebih banyak memilih menikmati fasilitas kolam renang dari pada pemancingan.

Watu Gunung Ungaran memiliki tiga kolam renang yang sangat sayang untuk ditinggalkan dan masing-masingnya memiliki kedalaman serta luas berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Selain digunakan untuk berenang, ada pula kolam renang yang khusus buat mandi saja.

Apabila sudah merasa kedinginan, Anda bisa berhenti dan duduk-duduk santai di gazebo dekat kolam renang sambil menikmati indahnya suasana di Watu Gunung Ungaran ini.

Rute Menuju Lokasi

Foto By @hide_nares

Bila ingin berkunjung ke tempat wisata Watu Gunung Ungaran, Anda tak perlu khawatir akan tersesat karena untuk sampai kesana sangatlah mudah.

Letak lokasi tempat wisata alam ini berada di Jl. Srikandi Raya no,1 Desa Lerep, Ungaran Barat, Kaupaten Semarang, Jawa Tengah.

Rute jalan menuju Watu Gunung Ungaran tidak terlalu sulit, dari alun-alun Ungaran Anda tinggal mengambil jalan ke arah yang menuju bukit Lerep.

Apabila bertempat di Kota Semarang, Anda dapat melewati Jl. Semarang – Surakarta yang berjarak 18 kilo meter dari tempat wisata alam Gunung Ungaran.

Perjalanan ini akan menghabiskan waktu sekitar 37 menit untuk sampai kesana apabila tidak ada kendala yang menghambat waktu perjalanan Anda.

Dan jika Anda bertempat di pusat Kota Salatiga yang berjarak 33 kilo meter dari tempat wisata alam Watu Gunung Ungaran.

Anda dapat mengambil jalur ke arah Jl. Semarang-Surakarta dengan jangka waktu selama 46 menit apabila tidak mendapat hambatan di perjalanan.

Watu Gunung Ungaran ini juga jaraknya hanya berkisar kurang lebih 500 meter dari Kampung Lerep. Waktu perjalanan yang dibutuhkan hanya 5 menit.

Jalan untuk menuju tempat wisata alam ini naik turun, karena di letak lokasinya sendiri berada di daerah pegunungan.

Setelah itu Anda akan tiba di depan gerbang yang bertuliskan Watu Gong. Dan setibanya di tujuan, Anda sudah bisa menikmati keindahanalam Watu Gunung Ungaran.

Bila masih merasa bingung, Anda bisa menggunakan peta Watu Gunung Ungaran yang ada di bagian awal artikel ini.

Harga Tiket Masuk

Foto By @jailanirifan

Untuk yang ingin berkunjung ke Watu Gunung Ungaran, Anda harus membayar tiket masuk.

Tiket masuk Watu Gunung Ungaran pada tahun 2020 ini masih relatif terjangkau hanya sebesar 20.000 rupiah untuk satu orang.

Dengan membayar tiket masuk tersebut, Anda sudah bisa menikmati wisata alam Watu Lerep yang berada di Ungaran, termasuk fasilitas kolam renang serta perahu di danau.

Semetara untuk pemancingan, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Jika membawa kendaraan, biaya parkir dibanderol sebesar 2000 rupiah.

Untuk jam operasional, tempat wisata alam Watu Gunung Ungaran ini buka mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00.

Dengan jam buka yang cukup panjang Anda akan merasa puas berkelana menikmati suasana disekitar Watu Gunung Ungaran.

Anda juga tak perlu khawatir karena tempat wisata alam ini buka setiap hari dan siap menemani kapan pun.

Tips Berlibur

Foto By @deddy_h13

Jika ingin berkunjung ketempat wisata Watu Gunung Ungaran, waktu yang tepat adalah pada hari-hari biasa.

Hal ini dikarenakan apabila pada hari-hari libur, tempat tersebut cukup ramai dengan para pengunjung yang berdatangan.

Selanjutnya, jika berkunjung ke Watu Gunung Ungaran tolong pastikan menaati setiap peraturan-peraturan yang ada.

Anda juga dilarang membuang sampah di sembarang tempat. Hal ini sanggat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bersama.

Satu hal lagi, apabila membawa kemera DSLR, Anda akan dikenakan tarif tambahan walaupun bukan sebagai seorang fotografer profesional.

Lokasi Wisata Terdekat

Foto By @ovalina_meysa

Apabila berkunjung keWatu Gunung Ungaran, tidak ada salahnya mencoba untuk mampir ke beberapa tempat wisata terdekat.

Spot wisata terdekat yang pertama adalah Bukit Lerep, yakni salah satu tempat permainan outbound yang tak kalah serunya dari tempat-tempat lainnya

Ditempat wisata ini Anda, teman-teman beserta keluarga dapat merasakan serunya bermain bersama.

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata Bukit Lerep ini antara lain, tersedia meeting room, kolam renang, serta penginapan dan resort.

Selanjutnya ada Curug Lawe dan Curug Benowo. Jaraknya hanya berkisar sepuluh menit dari Watu Gunung Ungaran.

Curug Lawe merupakan salah satu curug tertinggi di pegunungan Ungaran selain dari curug Tujuh Bidadari dan Klenting Kuning.

Anda juga dapat berkunjung ketempat wisata yang cukup populer dilingkungan masyarakat sekitar yaitu Kolam Renang Siwarak.

Kolam Renang Siwarak ini hanya berjarak sekisar 41 menit dari tempat wisata Watu Gunung Ungaran.

Kolam Renang ini tidak hanya menawarkan keindahan kolam saja, tetapi juga menyuguhkann pemandangan pegunungan asli yang sangat indah.

Tempat wisata yang dapat Anda kunjungi berikutnya adalah pemancingan. Walaupun di Watu Gunung Ungaran menyediakan fasilitas pemancingan, tak ada salahnya berkunjung ketempat ini.

Anda tak perlu khawatir karena tempat pemancingan ini berada di sepanjang jalan yang mudah ditemukan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

3 thoughts on “Wisata Watu Gunung Lerep Ungaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.