Foto by instagram.com/rismawaejemiaty1017/

Kampung Flory Jogja, Tempat Wisata Sekaligus Edukasi Agrobisnis

Diposting pada

Lokasi: Jugang, Pangukan, RT 05/01 , Plaosan, Tridadi, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00 – 21.00 WIB
No Telp: 0813-9012-6446
Whatsapp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Free
Parkir Motor: Rp. 2.000
Parkir Mobil: Rp. 3.000

Foto by instagram.com/inareinap/

Yogyakarta memang gudangnya tempat wisata. Hampir di setiap kecamatan pasti memiliki tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi. Enggak heran, jogja menjadi kota tujuan kedua (setelah bali) ketika para turis asing berlibur di Indonesia.

Nah, bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata dengan konsep berbeda, bisa berkunjung ke kampung flory. Dimana tempat tersebut merupakan desa wisata yang tidak hanya memberikan hiburan kepada para pengunjung, tetapi juga edukasi seputar agrobisnis.

Foto by instagram.com/agnes_wijayantara/

Pengunjung akan dibuat nyaman dengan suasana pedesaan yang khas serta pemandangan yang alami. Untuk kamu yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan, dijamin betah berada di tempat ini.

Wisatawan yang datang di kampung flory jogja tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Ya, warga setempat sengaja tidak mematok htm untuk tempat wisata satu ini. Namun, jika kamu berencana liburan ketempat ini disarankan tetap membawa uang ya.

Karena didalam kampung flory, wahana permainan serta paket outbond yang disediakan tidak gratis. Kamu harus membayar sesuai dengan permainan serta paket outbond yang dipilih. Harga per wahana berbeda-beda. Umumnya para wisatawan bisa menghabiskan mulai dari Rp5.000 sampai Rp50.000/orang.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencari lokasi wisata Bali Ndeso Kampung flory tentu tidak terlalu sulit, mengingat tempat ini sudah cukup terkenal di daerah Sleman, Jogja. Kamu dan keluarga bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat untuk menuju ketempat ini.

Jika berangkat dari pusat kota Yogya, arahkan kendaraan menuju magelang. Kemudian ketika sudah sampai di jembatan jombor, lanjut saja ke arah utara menuju Dengung Sleman.

Foto by instagram.com/triatrie005/

Setelah itu, ambil arah kiri untuk melewati kompleks kantor pemerintahan daerah sleman.Dari situ lanjut saja arahkan kendaraan ke barat sampai di jembatan pangukan.

Setelah sampai di jembatan, letak kampung flory sudah tidak begitu jauh. Kamu hanya tinggal menemukan plang petunjuk menuju kampung flory yang ada di sebelah kiri.

Fasilitas

Foto by instagram.com/sa.adahh97/

Selain 3 zona dan 1 kolam terapi ikan, agrowisata satu ini masih menyediakan berbagai fasilitas lainnya yang bisa digunakan oleh para wisatawan.

Beberapa diantaranya yakni toilet, mushola, restoran berkonsep pedesaan, limasan (bisa menampung sampai 300 orang), dan area parkir luas (bisa menampung 4 bus besar, mobil dan ratusan motor).

Desa wisata yang dibangun diatas lahan seluas 4 ha tersebut juga terbilang teduh. Kamu akan menemui banyak rumput dan pepohonan di sepanjang jalan kampung flory.

Wahana Wisata

Foto by instagram.com/fristanovita/

Desa wisata sekaligus agrowisata yang berdiri di tanah seluas 4 ha, ternyata dibagi menjadi beberapa zona. Harapannya, para wisatawan bisa terhibur dengan fasilitas serta wahana permainan yang di setiap zona. Berikut 3 zona yang bakal kamu temui ketika berkunjung ke kampung flory.

1. Zona Taruna Tani

Merupakan zona pertama di bali ndeso yang mengusung konsep kuliner, edukasi seputar tanaman hias dan tanaman buah. Luas zona taruna tani mencapai 1 ha, jadi aktivitas tentang edukasi tanaman hias dan tanaman buah bisa dilakukan sangat leluasa.

Selain pengenalan tentang tanaman hias dan buah, di zona ini wisatawan juga akan menemui beberapa restoran berkonsep pedesaan. Salah satu menu paling rekomen adalah iwak kalen. Untuk kamu yang belum pernah mencoba masakan pedesaan, wajib mampir dan berjelajah kuliner di zona ini.

Foto by instagram.com/budi_oktatiyani/

2. Zona Dewy Flory

Merupakan zona kedua di Bali Ndeso kampung flory sleman. Luasnya sama dengan zona pertama, yakni sekitar 1 ha. Di arena ini, wisatawan bisa mengikuti pelatihan kewirausahaan mengenai agrobisnis. Selain itu, kamu dan keluarga juga bisa menikmati keseruan outbond yang berbeda dari biasanya.

Bahkan kegiatan outbond ini tidak hanya untuk orang dewasa, namun anak-anak juga bisa ikut serta. Namun setiap paket outbond, memiliki range harga bervariasi. Jika menginginkan biaya outbond lebih murah, ajak banyak teman serta keluarga untuk ikut berpartisipasi.

Dan bagi kamu serta keluarga yang berencana untuk bermalam di kampung flory, bisa menginap di homestay. Dan semua homestay di Bali Ndeso letaknya hanya ada di zona kedua ini. Range harganyapun bervariasi sesuai fasilitas masing-masing penginapan.

Foto by instagram.com/faisalss_77/

3. Zona Agro Bush

Merupakan zona ketiga di kampung flory. Di zona ini, kamu akan diajak untuk merasakan sensasi memetik berbagai buah matang langsung dari pohonnya. Namun untuk bisa melakukan kegiatan tersebut, kamu akan dikenai biaya tersendiri per orang.

Selain kegiatan memetik buah, wisatawan juga akan diajak belajar bersama seputar pelestarian lingkungan. Para petugas akan membagikan dan mempraktekan secara langsung ilmu pelestarian lingkungan, bagaimana menciptakan kawasan sejuk dan indah seperti di kampung flory.

Selain 3 zona diatas, kampung flory juga menyediakan 1 tempat lagi yang bisa digunakan oleh semua wisatawan. Yakni kolam terapi ikan. Kolam tersebut sering disinggahi oleh para wisatawan untuk bersantai sambil melepas penat setelah menjelajah 3 zona di kampung flory.

Sensasi pijatan lembut dari ikan-ikan, akan membuat badan segar kembali dan siap melakukan aktivitas seru lainnya di desa wisata bali ndeso ini. Jika kamu berkunjung, zona mana yang paling pertama akan kamu singgahi?

Sejarah Singkat

Foto by instagram.com/puthutea/

Sebelum terkenal menjadi kampung flory jogja, lokasi tersebut hanyalah digunakan untuk transaksi jual beli bibit tanaman dan buah. Kemudian warga setempat berniat untuk mengembangkan desa tersebut menjadi pusat pembibitan tanaman hias dan tanaman buah unggul.

Namun ternyata, harapan yang dicapai melebihi ekspektasi. Lokasi kampung flory bukan lagi terkenal akan pembibitan tanaman hias dan buah unggul melainkan terkenal sebagai desa wisata.

Foto by instagram.com/evijlni/

Mulai dari situ, kampung flory sleman banyak mengalami kemajuan seperti fasilitas tambahan serta wahana untuk menyambut para wisatawan yang datang. Sampai saat ini, kampung flory terkenal dengan nuansa pedesaan yang kental sehingga disebut sebagai “Bali Ndeso”.

Selain keseruan, para wisatawan tentu mengincar spot bagus di setiap tempat rekreasi. Dan hal tersebut bisa kamu temukan di agrowisata satu ini. Banyak spot foto instagramable yang bisa kamu bagikan disemua sosial media. Bahkan tak jarang, lokasi ini menjadi salah satu tempat buruan bagi para fotografer.

Foto by instagram.com/rismawaejemiaty1017/

Wisata Dekat Lokasi

Seperti yang sudah kamu tahu, kawasan special region of Yogyakarta adalah kawasan wisata paling terkenal. Apalagi di daerah sleman. Jika kamu sudah bosan berkunjung di kampung flory, ada beberapa rekomendasi tempat wisata lain yang jaraknya tidak begitu jauh dari bali ndeso.

Yakni diantaranya, Wisata bunga putri mataram, kampung wisata taman sari, dan ratu boko. Kamu dan keluarga bisa menjelajah ke tempat tersebut ketika memutuskan untuk menghabiskan beberapa hari menginap di homestay Bali Ndeso Kampung Flory Sleman.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.