foto by instagram.com/hahampitt

Pantai Tirtamaya, Salah Satu Wisata Favorit

Diposting pada

Alamat: Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45282
Map: Klik Disini
Jam Buka: Setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga Tiket Masuk

  • HTM Hari Biasa, Dewasa Rp.10.000, Anak Anak Rp.6.000
  • Hari Minggu Atau Libur Nasional, Dewasa Rp.12.000, Anak Anak Rp.7.000

Sebagai negara yang tersusun atas ribuan pulau, Indonesia memiliki pantai yang mengelilingi pulau-pulau di Indonesia.

Terdapat ratusan pantai dimana telah menjadi tempat wisata maupun observasi. Setiap pantai memiliki keunikan dan keberagaman masing-masing yang menjadi daya tariknya.

Indramayu adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Bawat. Bertetangga dengan kota Cirebon tepatnya di bagian pesisir Utara Jawa.

Indramayu terkenal dengan buah mangganya yang menjadi ikonik kota ini. Sampai-sampai dijadikan sebagai monumen tugu bundaran mangga.

foto by instagram.com/boyvicran

Namun kali ini kita tidak membahas tentang manisnya buah mangga indramayu melainkan wisata pantainya.

Dapat kita lihat di peta, indramayu memiliki deretan pantai yang berada dibagian utara atau yang biasa disebut pantura. Pantai yang terkenal disini yaitu pantai Tirtamaya.

Cara Ke Lokasi

Tirtamaya terletak di Desa Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Jarak lokasi dengan pusat kota sekitar 20 km, sehingga memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

foto by instagram.com/ratih_nurhikmah

Rute dapat dimulai dari bundaran mangga melewati Jl. Soekarno Hatta ke arah timut menuju Jl. Raya Mulya Asri kemudian menuju Jl. Raya Cirebon-Indramayu.

Selanjutnya belok ke jl. Raya Jatinyuat anda akan menemui petunjuk bahwa lokasi sudah dekat dan sampai ke tujuan.

Bagi anda yang berasal dari arah Cirebon jaraknya lumayan jauh sekitar 40 km sehingga memakan waktu sekitar 1 jam. Namun tidak perlu bingung karena rute yang dilewati adalah jalan raya. Apabila masih bingung anda dapat membuka maps sebagai petunjuk arah.

Misteri Sejarah

Tirtamaya termasuk pada jejeran pantai utara jawa, dulu di sini sangat fenomenal sebelum terjadi abrasi pada tahun 90an. Banyak lahan pertanian yang telah rusak akibat abrasi kala itu.

foto by instagram.com/dfarzy.ir

Namun sekarang telah dibangun penahan ombak untuk mencegah atau mengurangi terjadinya abrasi. Selain itu telah dilakukan perbaikan pantai oleh pemda saat diadakannya acara PON ke-X sehingga kian membaik dan dapat dinikmati sekarang ini.

Indramayu juga terkenal dengan berbagai cerita legenda dan mitos yang menyelimutinya. Hal ini tidak mempengaruhi niat wisatawan untuk berkunjung kesana, sebaliknya banyak yang penasaran untuk tahu lebih lanjut secara langsung.

Pesona Pantai

Saat kita sampai di lokasi kita akan disambut deguran ombak dan semilir angin sepoi – sepoi. Pesonanya memang tak terelakkan lagi, hembusan angin yang menjadi magnet para pengunjung untuk betah berlama-lama menikmati keindahan di sini.

foto by instagram.com/obeyy_72

Tirtamaya adalah pantai yang paling terkenal di Indramayu, jadi rugi jika anda ke Indramayu tanpa mengunjungi pantai satu ini.

Meskipun tidak dapat melakukan kegiatan snorkling ataupun diving karena ombaknya cukup besar namun kita masih dapat berenang dan bermain pasir ditepian pantai.

Tempat ini cocok dijadikan salah satu pilihan untuk dijadikan taman rekreasi saat liburan. Bermain bersama keluarga menikmati indahnya pantai adalah hal yang dinanti untuk melepas penat.

foto by instagram.com/yogi13lh

Mengingat pengunjung berbondong – bondong datang dan cuaca yang tidak terduga. Diingatkan kembali untuk orang tua agar selalu berhati- hati dan mengawasi buah hatinya saat bermain di pantai.

Fasilitas Lengkap

Tak perlu ragu untuk berkunjung ke sini karena tempat ini sudah didukung dengan fasilitas yang dapat dinikmati wisatawan pendatang.

Fasilitas tersebut diantaranya yaitu area parkir yang luas, jadi tidak perlu pusing untuk mencari tempat parkir. Terdapat pula mushola dan kamar mandi/ toilet sebagai fasilitas pendukung.

Bagi anda yang ingin bermalam di sini juga disediakan penginapan disekitaran pantai. Pemandangan langit pantai pada malam hari juga menjadi nilai tambah yang dapat anda nikmati bersama sanak saudara.

foto by instagram.com/antoonsu

Di lokasi juga terdapat fasilitas terbaru yakni disediakan penyewaan ban dan perahu karet untuk renang dan juga tikar untuk lesehan duduk santai di tepi pantai. Selain itu anda juga dapat menyewa perahu untuk jalan-jalan mengelilingi pantai dengan perahu.

Tidak sedikit para orangtua yang bermain bersama anaknya dengan menggunakan perahu karet. Pemandangan ini sungguh menyejukkan hati dan juga menghilangkan stres setelah lelah perjalanan.

Keunikannya

Banyak keistimewaan tempat ini yang menjadikannya sebagai pantai terbaik di Indramayu. Keistimewaan itu diantaranya kita dapat melihat sunrise dan sunset.

Tempat ini juga tergolong landai dan jangka pasang surut lumayan lama sehingga pengunjung dapat berenang dengan aman.

foto by instagram.com/hrsphoto.id

Sering diadakan event menarik seperti konser musik, dan pesta laut (nadran). Apabla beruntung anda dapat ikut serta dalam kegiatan tersebut. Selain itu juga terdapat jembatan yang dijadikan dermaga untuk sandaran kapal boat menuju pulau biawak.

Pasir coklat hitam menjadi ciri khas dari tempat yang satu ini. Keunikan lainnya yaitu sebuah perahu karet kecil mampu menghipnotis pengunjung terutama anak kecil untuk mencoba bermain menaikinya dengan diawasi oleh orang tuanya.

Foto Sepuasnya

Berlibur kurang lengkap rasanya apabila tidak mengabadikan foto bersama dengan pemandangan sekitar.

Disini kita bisa berfoto sepuasnya untuk mendapatkan dan memilh hasil terbagus. Foto bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan atau dokumen arsip bahwa kita pernah berkunjung ke sini.

foto by instagram.com/niwniw_16

Untuk anda yang ingin berfoto saya memiliki sedikit tips yakni disarankan untuk mengampil gambar pada pagi hari atau sore hari karena pemandangannya sangat bagus.

Tak kalah menarik, anda juga dapat mengabadikan pemandangan pantai malam hari dengan berhiaskan lampu-lampu disekitar lokasi.

Jajanan Kuliner

Kuliner identik dengan makanan dan minuman khas daerah. Di sini terdapat barisan warung dan toko kuliner khas Indramayu. Semua kuliner dari Indramayu dapat kita jumpai disini.

Kita bisa beristirahat dipinggiran pantai dengan ditemani kesegaran es degan dan makanan yang dapat kita beli disana. Kenikmatan yang tiada dua ini sungguh menjadi magnet untuk menarik wisatawan untuk berkunjung.

Dengan keindahan pemandangan pantainya, siapa sangka htm di sini sangat terjangkau hanya Rp. 3.000,- per orangnya. Harga tiket tersebut bisa jadi berubah seiring dengan waktu, lebih jelasnya anda dapat langsung menuju ke lokasi tersebut.

Sementara itu untuk parkir sendiri dikenakan tarif Rp. 5.000,-. Penyewaan ban dengan harga Rp. 10.000 per paket dan untuk perahu karet dikenakan tarif Rp. 15.000,-. Tak lupa untuk penyewaan perahu keliling pantai dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 per orangnya.

foto by instagram.com/adisaputra113

Rute mudah, pemandangan indah mempesona dan juga fasilitas yang mendukung telah menjadi kelebihannya. Dari sekian banyak uraian keistimewaan tempat ini, memang tidak salah jika tempat ini disebut sebagai pantai terbaik di Indramayu.

Menggugah hati untuk segera berlibur ke pantai tirtamaya bukan? Tidak perlu pikir panjang lagi segera ajak keluarga atau orang tercinta anda untuk menikmati indahnya pantai legenda tirtamaya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

5 thoughts on “Pantai Tirtamaya, Salah Satu Wisata Favorit

  1. Minggu tgl 20 januari 2019
    Upgrade harga tiket masuk pantai tirtamaya..
    Hari biasa : dewasa 10.000 dan anak anak 6.000
    Hari minggu dan libur nasional : dewasa 12.000 dan anak anak 7.000
    Trimakasih

    Ttd : pengelola pantai tirtamaya

  2. Saya rencana mau pergi ke pantai tirtamaya tgl 23 november dan menginap semalam. Kira kira hotel yg menghadap ke pantai ada ga. Dan biayanya berapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.