foto by instagram.com/ekigunawan

Stadion Gelora Sriwijaya

Diposting pada

Lokasi: Jl. Gubernur H. A Bastari, 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 25.000 – Rp. 125.000
Buka Tutup: Kondisional Jadwal Pertandingan
Telepon:

Euforia menuju Asian Games 2021 semakin terasa, dimana Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah gelaran Asian Games tahun ini. indonesia juga pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada 56 tahun silam.

Palembang adalah salah satu kota tempat digelarnya Asian Games 2021 bersama Jakarta. Persiapan telah digerakkan untuk menunjukkan yang terbaik dari Indonesia. Renovasi stadion sudah selesai dan siap digunakan.

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat mendunia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa dan semua kalangan tak luput dari pesonanya. Berbicara soal sepakbola tentu berkaitan dengan lapangan atau stadion sebagai panggungnya. Stadion yang berada di palembang adalah Gelora Sriwijaya Jakabaring.

foto by instagram.com/apingnursalam

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring merupakan kandang dari tim sepakbola Palembang yaitu Sriwijaya FC. Tim asal palembang ini memang bagus buktinya dengan meraih juara 3 pada ajang Piala Presiden pekan lalu.

Sehingga begitu banyak supporter dari tim asal Palembang ini dengan dukungan fasilitas stadion. Berita terkini ramai dibicarakan di instagram tentang stadion Jakabaring yang direnovasi untuk menyambut Asian Games 2021.

Sejarah Dibangunnya

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring mulai dibangun sejak tahun 1998. Pembangunan stadion ini bermula guna penyelenggaraan PON XVI saat kota Palembang ditunjuk sebagai penyelenggara pada tahun 2004.

foto by instagram.com/aziznurohmah

Nama stadion diambil dari nama kerajaan maritim Sriwijaya yang berpusat di Palembang. Pada masanya Sriwijaya telah mempersatukan wilayah barat Nusantara pada abad ke 7 sampai abad 12. Stadion ini juga biasa disebut dengan nama Stadion Jaka baring dan menjadi markas besar klub sepak bola Indonesia, Sriwijaya FC.

Stadion ini sering digunakan dalam berbagai acara internasional diantaranya menyelenggarakan pertandingan dalam Piala Asia 2007. Selain itu juga menjadi stadion utama pada upacara pembukaan dan penutupan SEA Games 2011 di Palembang.

Kebanggaan Bumi Sumatera

Sumatera memiliki beberapa stadion kebanggaan salah satunya adalah Gelora Sriwijaya Jakabaring. Stadion ini terletak di kawasan Jakabaring Sport City.

Jakabaring Sport City merupakan kompleks dari berbagai fasilitas olahraga di Palembang. Kompleks ini berada di atas lahan seluas 325 hektar yang terletak di wilayah seberang Ulu berjarak 5 km dari pusat kota Palembang.

foto by instagram.com/superloewigi

Terdapat fasilitas pendukung di Jakabaring yaitu diantaranya sebagai berikut:

  1. Stadion Gelora Sriwijaya
  2. Stadion Lapangan Tenis Bukit Asam
  3. Stadion Atletik
  4. Stadion Akuatik
  5. Gedung GOR Ranau (Badminton)
  6. Gedung GOR Dempo (Senam)
  7. Arena Baseball dan Softball
  8. Stadion menembak
  9. Arena Ski Air
  10. Arena Voli Pantai
  11. Arena Panjat Dinding
  12. Arena Sepatu Roda
  13. Arena Petanque
  14. Arena Bowling
  15. Sirkuit International Jaka Baring (dalam proses)

Selain itu kawasan ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti Wisma Atlet dan Gedung Sport Science.

foto by instagram.com/superloewigi

Karena kelengkapan fasilitasnya Jakabaring sering menjadi pusat gelaran kompetisi olahraga mulai dari nasional hingga internasional. Dan Stadion Gelora Sriwijaya yang menjadi sorotan karena sepak bola adalah olahraga yang paling populer sedunia.

Fasilitas Yang Ada

Renovasi stadion ini mengikuti standard dari FIFA agar lapangan mendekati standard internasional. Guna menunjukkan bahwa fasilitas tanah air ini sudah mulai maju mengikuti perkembangan.

Kapasitas Stadion setelah renovasi ini mengerucut menjadi 22.000 kursi dari sebelumnya sekitar 40.000 penonton. Hal ini berkaitan dengan tingkat keamanan dan kenyamanan di bangku penonton. Jumlah kursi masing-masing tribun utara dan selatan 3.000 seat, tribun barat 11.000 dan sisanya di tribun timur.

foto by instagram.com/superloewigi

Terdapat lapangan kecil untuk pemanasan yang berada di ruang ganti pemain. Lantainya menggunakan rumput sintetis yang tak kalah kualitasnya dari luar. Selain lapangan mini ini, di ruang ganti terdapat lima ruangan terpisah.

Pada saat kita membuka pintu masuk terdapat ruang ganti khusus pelatih dan asisten pada sebelah kiri, lengkap dengan wastafel dan kamar mandi. Sedangkan pada sisi sebelah kanan terdapat ruang massage/pijat yang digunakan untuk melemaskan otot para pemain.

Bagian ruang utama berupa ruang ganti atlet, dengan jajaran lemari tempat menggantung jersey dan sepatu. Di sisi dalam terdapat tempat berendam untuk pemain usai latihan atau bertanding dan ruang shower untuk mandi.

Harga Tiket Penonton

Pengelola tiket menuturkan bahwa tiket yang tersedia yaitu 22.000 tiket. Tiket bisa dibeli pada loket yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara. untuk penjualan tiket biasanya dibuka mulai pukul 10.00 WIB. Terdapat beberapa kriteria harga tiket sesuai dengan fasilitas dan kenyamanannya.

Harga tiket masuk terbaru untuk tribun Utara dan Selatan dikenakan tarif sebesar Rp. 25.000. Selanjutnya untuk tiket sebelah Timur seharga Rp. 35.000, Barat Atas Rp.60.000.

foto by instagram.com/superloewigi

Untuk kalangan menengah ke atas terdapat tiket VIP seharga Rp. 80.000 dan VVIP 125.000 yang pastinya kenyamanan adalah nomor 1. Perlu diketahui juga dari harga tiket tersebut diakui ada kenaikan Rp 5000 sekitar 15 persen.

Disarankan untuk membeli tiket jauh – jauh hari sebelum pertandingan agar tidak kehabisan tiket. Hal ini dikarenakan Stadion ini merupakan markas salah satu klub besar sepak bola di Indonesia, Sriwijaya FC

Adanya klub ini memungkinkan penjualan tiket akan habis dengan cepat. Selain itu karena di sini akan diselenggarakan pagelaran olahraga terbesar se-Asia (Asian Games).

Renovasi

foto by instagram.com/superloewigi

Berdasarkan yang dilansir dalam Skyscrapercity, demi kelancaran kegiatan Asian Games 2021 dilakukan renovasi pada stadion yang akan digunakan. Gelanggang Sriwijaya terus berbenah menyambut gelaran Asian Games 2021.

Biaya yang dikeluarkan sudah tak perlu dijelaskan, sangat banyak tentunya. Kabarnya renovasi untuk Stadion Jaka baring ini membutuhkan dana sebesar Rp. 250 M.

foto by instagram.com/superloewigi

Saat ini renovasi telah mencapai tahap finishing, rencana ditargetkan dapat digunakan akhir bulan Februari tahun ini. sudah tidak sabar lagi untuk menampilkan bintang – bintang juara di panggung lapangannya.

Dengan adanya renovasi diharapkan para atlet dapat mengerahkan kekuatannya secara maksimal. Selain itu juga meningkatkan kenyamanan penonton.

Wajah Baru

Akhirnya renovasi stadion sudah mencapai titik akhir. Sepintas memang renovasi ini tidak merubah bentuk aslinya namun dari sisi kualitas rumput, lampu hingga kursi penonton telah ditingkatkan.

Dapat dilihat dari gambar foto denah, kualitas lapangan yang lebih layak dengan mengikuti standard FIFA. Selain itu dengan tambahan fasilitas baru seperti sauna akan memberikan kesan terbaik untuk gelaran Asian Games tahun ini. Dengan demikian Indonesia dapat mewujudkan bahwa Indonesia bisa dan menampakkan wajahnya.

foto by instagram.com/rivaardian

Selain itu ini menjadi rumah baru bagi Sriwijaya FC untuk meraih juara di kompetisi yang akan datang. Masa Kejayaan sepak bola Indonesia akan segera tiba sesuai dengan usaha dan harapan yang telah dijalankan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.