10 Referensi Objek Wisata Gunung di Daerah Wonosobo Yang Punya Pesona Luar Biasa

Indonesia mempunyai banyak sekali gunung dengan pemandangan begitu indah dari Sabang sampai Merauke. Di Pulau Jawa sendiri jumlahnya mencapai ratusan dan tersebar hampir di setiap daerahnya, termasuk di kabupaten Wonosobo.

Tak sedikit orang yang sengaja mengunjunginya hanya untuk menikmati keindahannya dari atas puncaknya, meski harus membutuhkan tenaga serta fisik yang cukup fit.

Tidak sedikit pula orang yang punya hobi mendaki gunung. Hamparan awan putih luas serta sambutan mentari indah menjadi alasan tepat untuk mengunjungi wisata pegunungan.

Dan Wonosobo setidaknya memiliki 10 daftar gunung yang memiliki pemandangan indah nan mempesona. Berikut JejakPiknik sajikan ulasan selengkapnya dari berbagai sumber.

1. Gunung Sindoro❤️

Foto By @tumpill.ij

Gunung mempesona pertama yang dimiliki oleh kabupaten Wonosobo adalah Sindoro. Memiliki ketinggian mencapai 3.153 mdpl, membuatnya masuk dalam daftar tertinggi ketiga di Jawa Tengah.

Karena begitu populer, tak heran bila Sindoro selalu ramai didatangi pengunjung. Tawaran keindahan di atas puncak dengan trek yang cukup panjang dan menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Letaknya sendiri dekat dengan Sumbing mountain. Memiliki bentuk serta ketinggian yang tak berbeda jauh membuat keduanya kerap disebut “gunung kembar”. Hal menarik lainnya dari Sindoro ini adalah adanya hamparan bunga Edelweiss dan Kawah aktif di puncaknya.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa kamu pilih untuk bisa sampai ke puncak gunung bertipe stratovolcano ini yakni via Sigedang, Bansari, Kledung dan Ndoro Arum.

2. Gunung Sumbing❤️

Foto By @gunung.sumbing

Seperti dikatakan sebelumnya, Sindoro dan Sumbing kerap dijuluki dengan nama “Gunung Kembar”. Keduanya termasuk spot yang bisa kamu jadikan tempat pendakian.

Lanjut:  Bukit Sikunir Wonosobo Berapa MDPL?

Nah, bila Sindoro terletak di daerah perbatasan, maka Sumbing mountain ini keberadaannya mencakup ke dalam 3 wilayah kabupaten yakni Wonosobo, Temanggung dan Magelang.

Sumbing mountain sendiri memiliki ketinggian 3.371 meter diatas permukaan laut dan dikenal menyuguhkan trek cukup menantang. Buat kamu yang hobi menjelajahi wisata ekstrim, wajib mengunjunginya.

Salah satu pesona Mount Sumbing ini adalah adanya sebuah kawah aktif yang dapat disaksikan langsung dari puncaknya ataupun dengan turun ke bawahnya.

3. Gunung Prau❤️

Foto By @garnisayu_

Kamu sedang mencari tempat wisata dengan view mempesona di sekitar daerah Wonosobo? Gunung Prau adalah jawabannya.

Terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Prau mountain menjadi pembatas antara 3 kabupaten yakni Wonosobo, Kendal dan Batang. Berada di area yang cukup populer serta memiliki trek ringan membuat spot tersebut selalu kebanjiran pengunjung.

Cukup populer dikalangan wisatawan karena ia memiliki satu momen istimewa yang dikenal dengan nama “The Golden Hour”, waktu dimana sang mentari muncul ke permukaan dan memperlihatkan kegagahan sederet gunung indah di sekitar Prau Mountain tersebut.

4. Gunung Bismo❤️

Foto By @gavi.an

Nama spot pendakian satu ini memang belum begitu dikenal. Namun untuk para penggiat alam, Gunung Bismo layak buat dijejaki. Pasalnya, hamparan hutannya masih tampak alami karena belum ada sentuhan tangan manusia.

Uniknya lagi, di setiap pos pendakian, kamu akan selalu disuguhi spot-spot menarik seperti terowongan mesra, trek Dewa Brata sampai hamparan padang ilalang. Dengan ketinggian 2.635 mdpl, bagi para pendaki tentu bukan sebuah masalah.

Saat tiba di puncak, hamparan kota Wonosobo terlihat jelas. Jika cuaca mendukung, kamu pun dapat menikmati keindahan dari sunrise dari spot ini.

5. Gunung Sipandu❤️

Foto By @kepen_abimanyu19

Ada lagi spot pegunungan lainnya yang juga tak kalah mempesona di kota Wonosobo, namanya yaitu Sipandu Mountain. Letaknya berada di perbatasan antara kabupaten Banjarnegara dan Batang, namun masih termasuk kawasan Datarang Tinggi Dieng.

Lanjut:  10 Rekomendasi Gunung Berpanorama Indah Bak Surga Tersembunyi di Daerah Dieng Yang Wajib Kalian Kunjungi

Letak dari gunung satu ini tidak jauh dari Prau Mountain, jadi bisa dipastikan kalau pernah mengunjungi Prau pasti pernah melihat Sipandu.

Untuk menuju lokasi Sipandu, kamu bisa memilih jalur via Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kab.Batang, Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan kawasan Dataran Tinggi Dieng.

6. Gunung Lanang❤️

Foto By @gununglanangwonosobo

Meski hanya memiliki ketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan laut, namun warga Wonosobo menganggap spot yang terletak di desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang ini adalah sebuah gunung.

Konon katanya, Mount Lanang ini dipercaya penuh akan cerita misteri. Meski tidak sepopuler Sindoro atau Sumbing, namun ia masuk sebagai salah satu objek wisata favorit di Wonosobo.

Aksesnya pun terbilang cukup mudah karena sudah diaspal, hanya butuh waktu sekitar 45 menit saja untuk sampai ke puncaknya. Namun begitu kamu harus tetap menyiapkan tubuh yang fit, sebab diperlukan perjuangan buat melewati setiap treknya.

7. Gunung Pakuwaja❤️

Foto By @basecamp_gunung_pakuwaja

Diberi nama demikian, karena di sekitar gunung berketinggian 2.421 mdpl ini terdapat sebuah batu vertikal setinggi 50 meter yang mana diyakini sebagai paku pulau Jawa.

Selain keunikan tersebut, Pakuwaja juga menyajikan panorama keindahan alam yang memukau dari ketinggian. Lokasi dari spot ini sendiri berada berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Telaga Warna, Barisan gunung tertinggi di Jawa Tengah, kompleks Candi Arjuna adalah keindahan lainnya yang disajikan Pakuwaja untuk kamu.

8. Gunung Kembang❤️

Foto By @kembangmountain

Kembang Mountain ini terletak di Dukuh Blembem Kaliurip, Ds.Damarkasihan, Kec.Kretek, Kab.Wonosobo. Ketinggiannya terbilang masih pendek, yakni sekitar 2.320 dan dipercaya akan semakin bertambah.

Hal ini dikarenakan letaknya berada di sebelah Sindoro, yang notabene dikenal sebagai gunung berapi aktif dan diyakini setiap aktivitas vulkanik yang keluar akan ditumpahkan ke Kembang mountain.

Meski dikenal sebagai sikecil-kecil cabe rawit, namun Mount Kembang tidak bisa dianggap sepele karena trek yang ada disana terbilang cukup curam. Naik sepeda pun sangat tidak dianjurkan.

Lanjut:  Daftar Rekomendasi Villa Nyaman di Sekitar Dieng Yang Harganya Murah Mulai Rp.250.000

9. Puncak Sikunir❤️

Foto By @ryand4429

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan objek wisata bernama Puncak Sikunir ini. Ya, bukit hits di Dieng tersebut memang menjadi salah satu pilihan destinasi paling oke di Jawa Tengah.

Berada pada ketinggian 2.306 mdpl, membuat keindahan golden sunrise dengan hamparan awan dari Puncak Sikunir ini selalu dinanti-nantikan para wisatawan di Wonosobo. Cuma butuh waktu 1 jam saja untuk trekking menuju puncaknya.

10. Gunung Pangonan❤️

Foto By @pesonabanjarnegara

Meski tidak terlalu tinggi dan mudah untuk didaki, namun kamu tetap harus membawa peralatan lengkap saat mendaki Pangonan Mountain ini, sebab disana kamu tak akan menemukan toko yang menjual perlengkapan buat hiking.

Gunung Pangonan sendiri bisa kamu daki dalam waktu 20 menit saja. Puncaknya sangat identik dengan padang savana yang hijau. Jika ingin melihat panorama sunrise dan sunset sekaligus, cobalah sesekali datang ke spot ini.

Bagaimana, mempesona semua kan gunung-gunung di Wonosobo? Kamu sudah punya pilihan belum mana yang ingin didaki liburan akhir tahun nanti?


error: Content is protected !!