Ini Dia 10 Bandar Udara Yang Ada di Jawa Timur

Diposting pada

Selain menggunakan bus, travel, kereta api maupun kapal laut, Sahabat JejakPiknik juga bisa bepergian dari atau ke berbagai daerah di provinsi Jawa Timur dengan menumpang di pesawat terbang.

Pasalnya, di provinsi Jawa Timur bandar udara bukan hanya Juanda saja, masih ada banyak lagi bandara yang belum diketahui banyak orang.

Tentu saja ini menjadi informasi penting buat Sahabat JejakPiknik penggila traveling, sebab dengan menggunakan pesawat, kita bisa menempuh waktu lebih cepat untuk menuju suatu destinasi yang diinginkan.

Lantas, apa saja nama bandara yang ada di sekitar Jawa Timur? Yuk, kita simak sama-sama ulasan lengkap dibawah ini!

1. Bandar Udara Internasional Juanda Sidoarjo

Foto By ngopibareng.id
  • Alamat: Jln.Ir.H.Juanda, Betro, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • No.Telp/HP: (031) 2986 200
  • Jam Buka: 24 Jam

Sesuai namanya, bandara tersebut merupakan pelabuhan udara yang tidak hanya melayani rute penerbangan domestik namun juga internasional.

Disini, terdapat 2 terminal. Yang pertama dibuka tahun 2006 dan terletak di sebelah landasan pacu. Area tersebut siap melayani rute penerbangan domestik maupun internasional.

Yang kedua sengaja dibangun karena terminal 1 sudah overload. Dan area tersebut sekarang digunakan oleh maskapai Citylink, Garuda, AirAsia, Lion, Merpati Nusantara, Sriwijaya, TigerAir Mandala serta lainnya.

Untuk mengurangi kepadatan penumpang, PT.Angkasa Pura I saat ini sedang dalam rencana pembangunan terminal baru di airport Juanda.

Area tersebut nantinya mengusung konsep airport city dan akan didukung berbagai fasilitas modern seperti kereta monorel, area perkantoran, pusat perbelanjaan serta akses bawah tanah.

2. Bandara Abdul Rachman Saleh Malang

Foto By beritasatu.com
  • Alamat: Jln.Komodor Udara Rahman Saleh, Krajan, Bunut Wetan, Kecamatan Pakis, Kota Malang, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • No.Telp/HP: (0341)2992 700
  • Jam Buka: 24 Jam

Nama bandara yang sebelumnya dikenal dengan Lapangan Terbang Bugis ini diambil dari salah satu pahlawan nasional yakni Abdul Rachman Saleh.

Untuk saat ini, Bandara Abdul Rachman Saleh mempunyai 2 landasan pacu dengan pesawat berbadan kecil seperti Hercules C-130 dan Boeing 737.

Untuk penerbangan sipil, lapangan Abdul Rachman Saleh ini dioperasikan oleh maskapai Sriwijaya Air, Batik, Citilink, Garuda, WingsAir dan KalStar Aviation khusus buat rute Malang-Balikpapan.

3. Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Foto By liputan6.com
  • Alamat: Jln.Agung Wilis, Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • No.Telp/HP: (0333) 636 680
  • Jam Buka: 24 Jam

Sesuai namanya, bandar udara satu ini terletak di daerah Blimbingsari dan baru dibuka pada tahun 29 Desember 2010 lalu.

Terletak di ketinggian 25,66m dari permukaan laut, airport Blimbingsari memiliki landasan pacu sepanjang 2.250m dan rencananya nantinya akan diperpanjang menjadi 2.500m.

Airport tersebut juga melayani rute penerbangan domestik maupun internasional dan untuk maskapai yang beroperasi disini adalah AirAsia, China Airlines, Citilink, Garuda, Nam Air serta WingsAir.

4. Bandar Udara Nasional Trunojoyo Sumenep

Foto By goodnewsfromindonesia.id
  • Alamat: Jln.Raya By Pass, Area Sawah, Marengan Daya, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • No.Telp/HP: (0328) 669 956
  • Jam Buka: 24 Jam

Airport berikutnya ini berlokasi di daerah Sumenep, Pulau Madura dan resmi beroperasi pada tahun 2010 lalu, yang kala itu masih digunakan maskapai Merpati Nusantara Airline untuk keperluan sekolah penerbangan.

Kemudian pada tahun 2015 lalu, dimulai dengan penerbangan perintis perdana oleh Susi Air untuk rute Sumenep-Surabaya ataupun sebaliknya.

Dan pada awal Oktober 2017, airport yang memiliki landasan pacu 1.600m x 300m tersebut kemudian dioperasikan WingsAir lalu disusul Airfast Indonesia.

5. Bandara Notohadinegoro Jember

Foto By liputan6.com
  • Alamat: Jln.Bandara Notohadi Negoro, Gayasan B, Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kab. Jember, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • Jam Buka: 24 Jam

Airport yang terletak di desa Wirowongso, Kecamatan Ajung ini berjarak sekitar 7 meter dari pusat kota dan dikelola langsung oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Jember.

Airport Notohadi Negoro ini memiliki landasan pacu sepanjang 1.560m dan sudah beroperasi sejak tahun 2014 lalu.

Saat ini, bandar udara tersebut memiliki 1 bangunan utama yang terdiri dari kantor otoritas bandara, 1 terminal keberangkatan dan kedatangan, kemudian dilengkapi dengan counter penjualan tiket Susi Air maupun Garuda.

Salah satu rute yang dilayani airport ini adalah penerbangan domestik dari Jember-Surabaya dan dioperasikan langsung oleh maskpai Garuda.

6. Bandara Harun Thohir Gresik

Foto By dephub.go.id
  • Alamat: Pulau Bawean, Tanjungori, Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • No.Telp/HP: (031) 2564 876
  • Jam Buka: 24 Jam

Airport yang berada di Pulau Bawean, kabupaten Gresik ini dulunya dikelola oleh Dinas Perhubungan namun sekarang sudah berada dibawah naungan PT.Angkasa Pura I.

Bandar udara Harun Thohir sendiri diresmikan pertama kali pada Januari 2016 lalu dan menyediakan penerbangan perintis rute Surabaya-Bawean PP oleh maskapai AirFast yang saat  itu tarifnya dibanderol mulai dari 300 ribuan per seat.

7. Pangakalan Udara Iswahyudi Magetan

Foto By aprilaqorika.wordpress.com
  • Alamat: Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam

Bandara satu ini merupakan milik Pangakalan Udara Militer yang ada di Kec. Maospati, Magetan, Jawa Timur.

Dalam perkembangannya, airport tersebut lebih dikenal sebagai pelabuhan udara Madiun, karena semua aset disini sepenuhnya dikelola oleh pemerintah daerah tersebut.

Secara umum, pangkalan udara Iswahyudi ini merupakan lapangan terbang paling penting buat TNI AU selain Halim Perdanakusumah di Jakarta dan belum dibuka untuk melayani penerbangan komersil.

8. Heliport Surya Air PT. Gudang Garam.Tbk Kediri

Foto By id.polomap.com
  • Alamat: Jln.Raya Gampeng No.443, Semampir, Kediri, Jawa Timur
  • Map: Klik Disini
  • No.Telp/HP: (0354) 682 091
  • Jam Buka: 24 Jam

Tak hanya sebatas produsen rokok, kini PT.Gudang Garam.Tbk juga sedang dalam tahap pembangunan bandar udara di kota Kediri.

Lapangan helikopter ini nantinya akan dikelola oleh Surya Air, yakni maskapai penerbangan milik dari PT.Gudang Garam yang mana kedepannya akan disewakan untuk korporasi, evakuasi medis, perjalanan pribadi, tur wisata maupun lainnya.

Pembangunan bandara milik PT.Gudang Garam.Tbk ini rencananya akan selesai pada tahun 2021 mendatang dan diharapkan dapat memacu pengembangan provinsi Jawa Timur serta Negara Kesatuan Indonesia.

9. Lapangan Terbang Blambangan

Foto By belitung.tribunnews.com
  • Alamat: Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Lapangan udara satu ini lebih dikenal  dengan nama Airstreep Blambangan atau lapangan terbang Glenmore.

Landasan pesawat di wilayah Afdeling Muktisari Perkebunan Kalirejo(PTPN XII) tersebut dibangun karena pada masa itu terjadi hama wereng yang mengakibatkan banyak lahan pertanian rusak sehingga dibutuhkan penyemprotan dari udara.

Setelah masa penyemprotan selesai, lapangan terbang satu ini beberapa kali digunakan untuk keperluan militer serta latihan ABRI namun tidak buat penerbangan komersil.

Nah, jika Sahabat JejakPiknik tertarik untuk mengunjunginya namun tidak mengerti rutenya, bisa menggunakan aplikasi Ok Google ya!

10. Lapangan Terbang Darmo

Foto By id.wikipedia.org
  • Alamat: Darmo, kota Surabaya, Jawa Timur

Lapangan udara Darmo ini dibangun pada masa Hindia Belanda dan terletak di kawasan jalan Gunung Sari kemudian diberi nama “Vliegveld Darmo”. Namun sayangnya, sekarang hanya tinggal kenangan saja.

Selain daftar diatas, saat ini di provinsi Jawa Timur juga sedang direncakanan pembangunan bandara baru di bagian selatan yaitu di Tulungagung dan Ponorogo. Sahabat JejakPiknik yang sabar ya menanti.

Nah, itulah daftar kota di provinsi Jawa Timur yang memiliki bandar udara. Semoga info di atas dapat bermanfaat buat Sahabat JejakPiknik dan jangan lupa untuk baca artikel lainnya juga ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

One thought on “Ini Dia 10 Bandar Udara Yang Ada di Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.