Sunset Papua, gambar By PergiKuliner.com

8 Minuman Khas Papua Yang Nikmat dan Kaya Manfaat

Diposting pada

Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia bagian timur yang memiliki kekayaan melimpah. Bukan hanya sumber daya alamnya, tapi juga budaya dan kulinernya.

Ada banyak sekali kuliner khas Papua yang begitu menggugah selera. Tak hanya itu saja, provinsi ini juga memiliki beragam minuman segar yg menyehatkan.

Karena kesegarannya, membuat minuman khas Papua tidak hanya disukai masyarakat asli disana tapi juga pendatang dari dalam ataupun luar negeri.

Dilansir dari berbagai sumber oleh JejakPiknik, berikut adalah 10 daftar minuman khas Papua yang segar dan menyehatkan lengkap beserta penjelasan dengan tempat membelinya.

Apa saja namanya? Yuk kita simak!

1. Sunset Papua

Mendengar nama minuman khas Papua pertama ini, mungkin akan ada banyak orang terkecoh. Pasalnya, kata “sunset” identik dengan pengertian matahari yang terbenam.

Ya, itu memang tidak salah. Namun kata sunset yang dimaksud kali ini menunjukkan sebuah minuman khas dari Bumi Cendrawasih. Diberi nama demikian karena tampilan warnanya sama seperti matahari terbenam yg berwarna jingga orange.

Menurut resep, sunset khas Papua ini bahan dasarnya terbuat dari kombinasi antara jus jeruk di bagian bawah dengan jus wortel di atasnya. Bisa dibayangkan dong bagaimana segar dan sehatnya minuman tersebut!

Buat kamu yang penasaran ingin mencicipinya tak perlu khawatir, karena sunset ini bisa ditemui dengan mudah di restoran-restoran, kafe ataupun kedai makan lainnya di Papua. Soal harga, cuma 10 ribuan aja kok.

2. Es Matoa

Foto By travelingyuk.com

Seperti namanya, minuman khas Bumi Cendrawasih selanjutnya ini bahan dasarnya adalah Matoa, yakni salah satu buah sekaligus flora identitas di daerah Papua Barat yang memiliki citarasa lezat nan menggugah.

Untuk penyajiannya, biasanya es matoa diberi tambahan berupa kolang-kaling, irisan jeli dan aneka buah-buahan. Selain manis serta menyegarkan, minuman ini juga punya rasa yang khas.

Teh tradisional tersebut juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan seperti melancarkan haid, mengatasi imigran dan lain-lain.

Es Matoa juga tidak sulit untuk didapatkan, karena tersedia di berbagai tempat makan dari mulai kafe-kafe sampai restoran mewah dan harganya bisa dibilang masih sangat terjangkau.

3. Es Kelapa Muda Asam Manis

Foto By 7terbaik.com

Minuman khas Papua satu ini sebenarnya hampir sama dengan yang es kelapa muda pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada bahan tambahannya saja.

Diberi tambahan berupa perasan jeruk lemon membuat rasa es kelapa muda ini memiliki rasa cenderung asam namun tetap menyegarkan. Minuman tersebut cocok dijadikan sebagai pelepas dahaga di tengah teriknya cuaca.

Es Kelapa Muda ini juga sangat mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan ataupun di tempat makan. Selain menyegarkan dan menyehatkan, kamu pun tidak perlu merogoh kocek dalam untuk menikmatinya.

4. Swansrai

Foto By genpi.co

Nah, hampir sama dengan yang nomor tiga, Swansrai juga termasuk salah satu minuman tradisional masyarakat Papua Nugini yang terbuat dari hasil fermentasi air buah kelapa berusia tua.

Namun perbedaannya, swansrai ini termasuk salah satu minuman keras yang mengandung alkohol dan umumnya menjadi menu penjamu tamu yg bertandang ke Papua.

Dilansir dari beberapa informasi, swansrai ini memiliki kadar alkohol yg cukup tinggi bila dibandingkan dengan minuman tradisional beralkohol yang ditemukan di daerah-daerah lain di Indonesia. Bagaimana tidak, kadarnya bisa mencapai 30 persen.

Tak hanya memiliki nama unik, cara penyajian minuman beralkohol ini juga berbeda dimana disuguhkan menggunakan batok kelapa. Meski nikmat, kamu juga harus hati-hati ya karena sajian tersebut bersifat memabukkan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Swansrai juga mudah didapati di kedai makan maupun gerai-gerai minuman. Kalau soal harga, bisa dibilang masih relatif terjangkau.

5. Teh Sari Sarang Semut

Foto By travel.kompas.com

Minuman khas Papua selanjutnya yang perlu kamu coba, namanya adalah Teh Sari Sarang Semut. Ini sebenarnya salah satu obat herbal yg dijadikan sebagai bahan pembuatan minuman.

Selain dapat mengobati rasa dahaga, Sari Sarang Semut juga digadang-gadang memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh, karena di dalamnya terkandung berbagai macam nutrisi seperti falvonoid, polifenol dan lain-lain.

Selain bisa didapatkan di warung-warung minum, kamu juga bisa membawanya sebagai buah tangan untuk dikonsumsi di rumah.

Sebab, teh ini juga dikemas dalam bentuk instan dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko oleh-oleh. Cukup bermodalkan 8 sampai 10 ribuan saja untuk membawa pulang sekotak Sari Sarang Semut tersebut.

6. Amungme

Foto By @black.nusa

Memiliki warna hitam pekat dengan aroma yang khas, Kopi Amungme siap menggoda para wisatawan untuk segera menyeruputnya. Ya, ini adalah salah satu minuman asli masyarakat Timika, Papua yang bisa bikin ketagihan.

Bukan hanya masyarakat asli Timika saja yang suka, orang-orang bule juga. Menurut resep, untuk bahan dasar pembuatannya sebenarnya menggunakan kopi jenis Arabica.

Amungme ini cocok dikonsumsi dalam keadaan hangat saat musim hujan. Selain dapat diminum di warung-warung kopi, Amungme juga bisa kamu jadikan sebagai buah tangan untuk orang-orang di rumah ataupun rekan sekantor.

Pasalnya, kopi asli orang Papua ini sudah tersedia dalam kemasan dan dapat ditemukan di supermarket-supermarket di Timika dengan harga kisaran Rp.80.000. Atau bisa juga ke pabriknya langsung untuk mendapatkan Amungme seharga Rp.45.00.

7. Kopi Arabica Wamena

Foto By @zakinabiha

Selain Timika, daerah Wamena Papua juga punya yang namanya minuman khas berupa kopi. Nah, jika kamu termasuk coffee addict, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mencobanya ya saat berkunjung kesana.

Pasalnya, kopi dari Wamena ini katanya citarasanya sangat lembut, aromanya pun cukup kuat dan memiliki nuansa floral. Kamu mungkin tak akan percaya, karena kenikmatannya banyak barista tertarik menggunakannya untuk menjadi campuran houseblend.

Sama seperti Amungme, kopi Wamena ini juga sudah dikemas dengan baik jadi cocok untuk dijadikan oleh-oleh buat orang-orang tersayang.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya di coffee shop ataupun penjual online dengan harga per bungkusnya kisaran 100 ribuan.

8. Kopi Senang

Foto By @walangmpa

Dihasilkan dari biji kopi pilihan berkualitas dengan produksi yang terjamin kesterilannya, membuat kopi Senang khas Sorong, Papua Barat ini cukup terkenal di berbagai daerah di Indonesia.

Bagaimana tidak, tampilannya memang sama seperti kopi pada umumnya namun soal rasa, dijamin bakal membuatmu jatuh hati.

Kopi senang ini memiliki aroma khas dan rasa yang terkadang seperti asam namun cenderung manis. Selain itu variannya juga bermacam-macam, ada Robusta, Arabika serta Special Blend.

Diproduksi dalam jumlah yang terbatas, menjadi alasan tepat untuk kamu wajib mencicipinya. Nah, jika penasaran dengan rasanya, bisa datang dan beli langsung ke pabriknya yakni PT.Senang Abadi yg ada di Sorong.

Atau bisa juga dengan memesan via coffee shop maupun penjual online. Untuk harganya cukup bervariasi, tergantung jenisnya.

Nah, itulah beberapa minuman khas Papua yang kudu wajib kamu coba saat berkunjung ke Bumi Cendrawasih. Menurutmu, apakah masih ada yg lain dan patut buat dicicipi selain dari 10 daftar diatas?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.