Kulineran di Cirebon, Jangan Lupa Mampir ke Nasi Jamblang Mang Dul Ini Menunya

Foto by instagram.com/achmad_faisal_rangkuti/

Alamat: Jalan DR. Cipto Mangunkusumo Nomor 8, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131
Map: KlikDisini
Jam Buka: 05.00-02.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0231 206 564
WhatsApp: 0813 2485 5838

Daftar Harga Menu❤️

– Nasi Rp. 2.000
– Sambal Rp. 3.000
– Ati Sapi Rp. 11.000
– Ati Ayam Rp. 8.000
– Daging Sapi Rp. 11.000
– Paru Rp. 15.000
– Otak Sapi Rp. 11.000
– Cumi Rp. 8.000
– Kerang Rp. 3.000
– Dada Rp. 3.000
– Telur Bulat Rp. 6.000
– Telur Ceplok Rp. 6.000
– Telur Puyuh Rp. 6.000
– Tempe Biasa Rp. 1.000
– Tempe Tepung Rp. 2.000
– Sate Kentang Rp. 2.000
– Perkedel Kentang Rp. 2.000
– Ikan Asin Rp. 2.000
– Pepes Udang Rp. 6.000
– Pepes Rajugang Rp. 6.000
– Pepes Jamur Rp. 6.000
– Sate Udang Rp. 2.000
– Dage/Oncom Rp. 2.000
– Tahu Rp. 2.000
– Baso Daging Rp. 5.000
– Sate  Kikil Rp. 5.000
– Sayur Rp. 2.000

Daftar Harga Minuman❤️

– Es Teh Manis Rp. 4.000
– Es Teh Tawar Rp. 3.000
– Es Jeruk Rp. 10.000
– Air Mineral Rp. 5.000
– Teh Botol Rp. 5.000
– Fruit Tea Rp. 5.000
– Fresh Tea Rp. 4.000

Parkir Motor: Rp. 2.000
Parkir Mobil: Rp. 3.000

Foto by instagram.com/adi_purnomo1979/

Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang ternyata cukup banyak menyimpan daya tarik terutama dalam sektor kulinernya lho. Banyak sekali kuliner di Cirebon yang wajib untuk dicicipi salah satunya yaitu Nasi Jamblang.

Nasi Jamblang adalah salah satu makanan khas Cirebon yang memiliki ciri-ciri penyajian menggunakan alas daun jati. Penamaan nasi jamblang sendiri berasal dari sebuah nama daerah yang ada di sebelah barat Kota Cirebon.

Foto by instagram.com/eatfolks/

Dari sekian banyak restoran nasi jamblang yang ada di Cirebon, Nasi Jamblang Mang Dul merupakan satu diantara paling favorit dan jadi idaman semua orang nih. Cita rasa serta variasi lauk pauk yang dimiliki cukup banyak.

Lanjut:  Ini Dia Rekomendasi Toko Buah Segar di Cirebon Yang Murah dan Bisa Dijadikan Pilihan

Meskipun warung nasi jamblang di Cirebon jumlahnya banyak sekali, namun restoran milik Mang Dul ini tetap menjadi sasaran utama para masyarakat yang hendak menyantap kudapan istimewa asli Kota Udang.

Satu porsi Nasi Jamblang Mang Dul terdiri dari nasi putih dan dilengkapi dengan beberapa lauk pauk yang bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan selera. Beberapa lauk yang disajikan oleh mereka diantaranya ada ati sapi & ayam, daging sapi, paru, otak sapi, cumi, kerang, telur, tahu, tempe, sate-satean, baso dan masih banyak lagi lainnya.

Foto by instagram.com/wasistobudinugroho/

Konsep penyajian Nasi Jamblang Mang Dul yaitu prasmanan, dimana para pengujung bisa memilih sendiri lauk pauk yang telah disajikan diatas sebuah wadah besar terjejer rapih diatas meja.

Setelah memilih lauk yang diinginkan, para pengunjung bisa langsung menuju ke meja kasir untuk membayar semua pesanannya. Setelah itu barulah kamu bisa duduk di meja yang telah disediakan. Jadi disini konsepnya tuh bayar dulu baru makan gengs.

Meskipun porsi Nasi Jamblang Mang Dul bisa dibilang kecil, namun hal tersebut tidak mengurangi kenikmatan dari rasa makanan itu sendiri. Jika kurang kenyang, kamu bisa tambah porsi nasinya sesuai dengan seleramu.

Kedai Nasi Jamblang Mang Dul ini buka sedari pagi sampai malam hari, sehingga memilih nasi jamblang untuk dijadikan menu sarapan, makan siang ataupun malam merupakan pilihan yang sangat tepat.

Jalan Menuju Lokasi❤️

Foto by instagram.com/dany_priana/

Lokasi Warung Nasi Jamblang Mang Dul berada di Jalan Cipto Mangunkusumo Nomor 8, Pekiringan, Kesambi. Jarak warung Mang Dul dari pusat Kota Cirebon ialah sekitar 3,4 kilometer saja atau bisa ditempuh dengan berkendara selama 8 menit lamanya.

Akses menuju warung nasi jamblang ini kebetulan mudah dilalui oleh kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Lokasinya yang strategis juga menjadi faktor pendukung mengapa tempat ini selalu ramai dan diincar oleh orang-orang terutama saat jam makan siang tiba.

Lanjut:  10 Daftar Pilihan Homestay Murah dan Nyaman di Cirebon Mulai Dari Rp.150.000 Saja Per Malamnya
Foto by instagram.com/sherlyvalencia_/

Jika kamu dari pusat Kota Cirebon, rute jalan menuju lokasi tujuan yang bisa tempuh salah satunya yaitu melalui Jalan Kesambi. Supaya mudah dan cepat sampai di lokasi tujuan, kamu bisa ikuti navigasi maps diatas menggunakan smartphone-mu.  

Kebetulan lokasi daripada RM Nasi Jamblang Mang Dul ini berada di seberang Barat Garage Mall Cirebon. Sehingga untuk bisa menemukan dimana telak restorannya sangatlah mudah, kamu tidak akan kesasar kerena hampir semua warga sekitar tahu semua dimana letak Nasi Jamblang Mang Dul berada.

Fasilitas❤️

Foto by instagram.com/rbs.zameena_guesthouse/

Kedai Nasi Jamblang Mang Dul ini merupakan salah satu tempat yang bisa dibilang hampir tidak pernah sepi diburu oleh para pengunjung. Setiap harinya untuk bisa menyantap sepiring nasi jamblang, kamu harus berjuang dan antre terlebih dahulu.

Meskipun harus antre, para pengunjung tetap berantusias melakoninya sebab rasa lelahmu akan terbayar lunas setelah menyantap Nasi Jamblang Mang Dul karena rasanya benar-benar nikmat dan nendang banget.

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung Warung Nasi Jamblang Mang Dul memberikan beberapa fasilitas pendukung diantaranya seperti area parkir luas, ruang makan yang terdiri dari dua lantai (AC dan Kipas Angin), televisi, toilet dan lainnya.

Keistimewaan
❤️

Foto by instagram.com/imanfsy/

Nasi Jamblang Mang Dul mulai merintis usaha makanannya sejak tahun 1970an. Perintis restoran nasi jamblang ini bernama Muhammad Abdullah atau orang lebih sering memanggilnya Mang Dul.

Sebelum berdiri diatas sebuah restoran seperti sekarang ini, dulunya Mang Dul menjual nasi jamblang dengan cara berkeliling. Kesuksesan restoran Nasi Jamblang Mang Dul ini terbukti dari banyaknya lokasi cabang yang bisa kamu kunjungi.

Jika dilihat dari tampilannya Nasi Jamblang Mang Dul ini mungkin sama seperti nasi jamblang pada umumnya. Namun setelah mencicipinya pada suapan pertama saja kamu sudah bisa merasakan keistimewaan dan ciri khas yang dimiliki oleh Nasi Jamblang Mang Dul.

Lanjut:  10 Barbershop Terbaik di Cirebon Yang Bagus dan Harganya Murah, Cobain Deh!
Foto by instagram.com/nina_epicure/

Penggunaan daun jati dalam penyajian makanannya membuat kudapan ini terasa lebih nendang dan nampol banget, karena muncul aroma wangi yang mampu membuat selera makan semakin bertambah.

Meskipun sudah berdiri 40 tahunan lebih namun kualitas rasa dari Nasi Jamblang Mang Dul ini tidak pernah berubah dan selalu konsisten dari dulu sampai sekarang. Mungkin karena faktor inilah kuliner istimewa ini sampai sekarang masih banyak diburu oleh masyarakat Cirebon bahkan, wisatawan dari luar kota juga.

Keistimewaan lain dari Nasi Jamblang Mang Dul ialah variasi lauk yang dimiliki oleh mereka kurang lebih berjumlah 20-30an jenis. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya wadah-wadah lauk yang berjejer rapih diatas meja prasmanan.

Foto by instagram.com/bunbun_4r/

FYI, Warung Nasi Jamblang Mang Dul ini ternyata merupakan salah satu tempat makan favortinya Mantan Presiden ke-6 yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lho. Beliau beserta keluarga kerap makan disini ketika sedang berkunjung ke Cirebon.

Menurut penuturan Sang Pemilik yaitu Mang Dul, sewaktu masih menjabat sebagai Presiden, Bapak SBY bukan hanya menyantap Nasi Jamblang di restorannya saja, namun beliau membawa pulang atau membungkus juga kudapan spesial ini ke Cikeas lho.

Nah buat kamu yang lagi merencanakan agenda kunjungan bisnis atau liburan ke Kota Udang, masukkanlah Resto Nasi Jamblang Mang Dul kedalam wishlist-mu. Sebab kurang afdol rasanya jika kamu singgah di Cirebon namun tidak sempat menyantap kudapan lezat nan istimewa seperti Nasi Jamblang Mang Dul ini.


Satu pemikiran pada “Kulineran di Cirebon, Jangan Lupa Mampir ke Nasi Jamblang Mang Dul Ini Menunya”

  1. sekarang konsepnya berbeda, nasinya tidak lagi di bungkus daun jati.. untuk rasa sama tapi kurang berkesan dan agak kecewa saat kesana.. beda dari sebelumnya nasi dibungkus daun jati unik dan makin nikmat…

    Balas

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!