10 Oleh Oleh Khas Papua Ini Wajib Dibeli dan Dicicipi, Simak Daftar Lengkapnya Disini!

Diposting pada

Papua adalah wilayah di Indonesia Timur yang memiliki kekayaan amat sangat melimpah. Wisata alamnya membuat siapa saja takjub dan tak ingin melewatkan kesempatan untuk bisa mengunjunginya. Sehingga tak heran banyak pelancong yang suka traveling ke Papua.

Selain mengunjungi beberapa tempat wisata unggulan, kamu pun wajib mencicipi dan membawa buah tangan alias oleh2 khas dari Papua. Banyak yang bisa kamu beli di Papua dari mulai makanan, pernak-pernik, pakaian, sampai perhiasan, contohnya seperti yang akan kami sebutkan dibawah ini.

1. Batik Papua

foto by infobatik.id

Jika kamu mengenal Batik sebagai salah satu oleh2 khas Solo, Jawa Tengah, warisan Nusantara ini tentu bisa dibeli juga di Papua lho. Batik Papua juga memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Jika kamu tertarik membeli Batik untuk dijadikan koleksi ataupun diberikan sebagai oleh2, kami rekomendasikan untuk pergi ke Toko Aneka Batik Papua yang ada di Jalan Sam Ratulangi, Klasuur, Sorong. Kocek untuk membeli Batik Papua ini ialah sekitar 70ribu per meternya.

2. Mutiara

foto by citraindonesia.com

Papua juga terkenal dengan hasil kekayaan alamnya yang memiliki kualitas terbaik di dunia yakni Mutiara. Kamu bisa membeli mutiara asli sebagai oleh2 atau hadiah untuk orang2 tersayang.

Raja Ampat menjadi tempat budidaya Mutiara terbaik di Papua. Jika kamu tertarik untuk membeli mutiara sebagai buah tangan, cobalah untuk datang ke Arini Pearl di daerah Sorong. Kisaran harga muatiara asli di Toko ini sekitar 40ribu-300ribu.

3. Sarang Semut

foto by doktersehat.com

Wilayah Wamena terkenal dengan tanaman obat tradisional yang terkenal dan berkhasiat yaitu Sarang Semut. Tanaman ini bisa kamu jadikan sebagai oleh2 yang sangat bermanfaat.

Khasiat dari Sarang Semut ini seperti untuk mengobati penyakit Kanker, Kista, Diabetes, Jantung, Liver, dll. Satu potong Sarang Semut dibanderol dengan harga 25ribu, bisa kamu mendapatkannya di beberapa toko obat di Papua atau beli secara online di sarangsemutpapua.web.id.

4. Pernak-pernik

foto by befreetour.com

Pernak-pernik adalah oleh-oleh yang banyak dibeli oleh wisatawan di berbagai kota, salah satunya di Papua. Kamu bisa membeli aneka pernak-pernik khas Papua di Lio Art kawasan Merdeka Kota.

Kisaran harga untuk pernak-pernik khas Papua ini dijual dengan harga amat murah yaitu mulai dari 10ribuan saja. Selain di Lio Art, kamu bisa berburu pernak-pernik ini di Pasar Hamadi. Kamu bisa membeli perna-pernik ini dengan jumlah banyak mengingat bentuknya yang kecil2.

5. Noken

foto by adira.co.id

Noken adalah sebutan untuk tas rajut khas Papua yang berasal dari serat kulit kayu. Keunikan dari Noken juga terletak dari cara penggunaan tas ini yang dipakai diatas kepala.

Untuk bisa mendapatkan Tas Noken ini juga terbilang mudah, salah satunya yaitu bisa ditemui di Guin Guin Shop Jayapura dengan kisaran harga mulai dari 100ribu-500ribu tergantung ukuran, kualitas dan motif. Jangan ragu untuk tampil beda dengan menggunakan Tas Noken ini yuk!

6. Keripik Keladi

foto by id.carousell.com

Oleh-oleh berikutnya yang bisa kamu bawa ialah Keripik Keladi. Makanan ini sangat terkenal dan menjadi salah satu list kuliner wajib yang harus dicicipi.

Keripik Keladi ini terbuat dari Talas yang dibumbui dengan rempah2 khas nusantara. Tempat paling recommended untuk membeli Keripik Keladi ini ialah di Toko Sayo di kawasan Sorong, harganya pun amat murah yaitu mulai dari 15ribu-25ribu.

7. Abon Gulung

foto by indonesiakaya.com

Kuliner khas Manokwari berikut ini layak masuk kedalam daftar oleh2 wajib dari Papua. Abon Gulung menjadi kudapan yang amat enak dan menggugah selera.

Toko Hawaii Bakery adalah salah satu tempat yang recommended untuk membeli Abon Gulung Khas Papua. Harga dari Abon Gulung ini pun bermacam2 mulai dari 75ribu-125ribu, tergantung isinya. Selain jumlah isi dalam satu kotak yang bermacam2 Abon Gulung ini juga punya varian rasa banyak.

8. Sagu Lempeng

foto by merahputih.com

Panganan khas Papua yang bisa kamu jadikan oleh2 juga yaitu Sagu. Saat ini sudah cukup banyak makanan olahan Sagu yang biasa dijadikan oleh2 yaitu Sagu Lempeng.

Sagu Lempeng ini bisa kamu beli dengan harga mulai dari 50ribuan saja. Tempat yang bisa kamu kunjungi untuk membeli Sagu Lempeng yaitu Sumber Kasih Abepura. Jika kamu ingin menikmati sagu dengan citarasa yang berbeda, belilah Sagu Lempeng ini guys.

9. T-Shirt Motif Papua

foto by sribu.com

Oleh2 yang satu ini sepertinya bisa ditemukan disetiap kota wisata, tak terkecuali di Papua. Kamu bisa membeli T-Shirt Motif Papua untuk dijadikan oleh2 yang simple dan mudah didapatkan.

T-Shirt motif ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang amat terjangkau yaitu mulai dari 50ribuan saja. Lalu dimana sih kamu bisa mendapatkan oleh2 ini? Hampir di semua toko sentral oleh2 pasti ada, salah satunya adalah di Toko Pakapura di daerah Mimika Baru.

10. Kue Lontar

foto by fimela.com

Rekomendasi terakhir yang bisa kamu beli adalah Kue Lontar. Panganan ini juga menjadi salah satu oleh2 favorit khas Papua yang sangat enak. Bentuk Kue Lontar ini mirip seperti Pie Susu dan rasanya pun hampir sama.

Untuk bisa mendapatkan kue lezat ini kamu bisa datang ke Angel Bakery di Jl. Basuki Rahmat. Kocek yang perlu dikeluarkan untuk membeli Kue Lontar ini yaitu mulai dari 10ribuan.

Jadi itulah guys beberapa rekomendasi oleh2 yang wajib kamu beli dan jajal. Buatlah agar orang dirumah atau teman2mu turut menikmati keberagaman Papua melalui buah tangan darimu. Siapa tahu dengan membawa oleh2 tersebut bisa mengobati kerinduanmu dengan Papua.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.