gambar by: budaya-indonesia.org

10 Kue Khas Papua Yang Unik dan Wajib Dicoba

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terkenal akan kekayaan sumber daya alam dan budayanya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terbagi menjadi 34 provinsi. Setiap provinsi memiliki kebudayaan yang berbeda-beda dan menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Kebudayaan tidak hanya mencakup hal-hal seperti tarian tradisional, adat istiadat, senjata, pakaian tradisional, rumah adat, alat musik, lagu daerah, tetapi juga termasuk kuliner. Artinya, setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri yang menjadi ikon kuliner bagi daerah tersebut.

Salah satu provinsi yang memiliki berbagai kuliner khas adalah Papua. Terletak di paling ujung timur Indonesia, Papua tidak hanya memiliki koteka, penduduk berkulit hitam yang terasing, serta berbagai tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah, namun juga ada banyak kuliner yang khas. Dari makanan utama, hingga berbagai jajanan tradisional dan kue khas Papua juga ada lho.

Nah, penasaran apa saja jajanan tradisional dan kue khas Papua yang harus dicoba untuk referensi kulineran? Yuk, simak dulu:

1. Kue Lontar

foto by: makanabis.com

Hayo, siapa yang mengira bahwa gambar di atas adalah Pie Susu? Salah ya, sebab gambar di atas adalah Kue Lontar yakni kue khas Papua yang disebut sebagai pie susu khas Papua. Bentuknya sangat mirip dengan Pie Susu yang ditemukan di Bali atau cheese tart. Penamaan kue ini berasal dari Bahasa Belanda yaitu londtart yang artinya bundar.

Kue Lontar memiliki cita rasa manis dan tekstur yang lembut dan renyah di setiap gigitannya. Isian kue ini terbuat dari susu kental manis, kuning telur, gula, vanili, dan air hangat. Sementara itu, untuk kulitnya terbuat dari tepung terigu, margarine, dan telur. Kue ini dimasak dengan menggunakan oven. Resep kue ini ada banyak lho di internet dan cukup mudah untuk diikuti.

Jika kalian berwisata ke Papua, kue ini banyak ditemukan di berbagai toko roti lho. Namun, kalian yang ada di luar Papua juga bisa membeli secara online kok!

2. Sagu Lempeng

foto by: food.detik.com

Sagu Lempeng adalah roti milik masyarakat Papua yang menjadi incaran para pelancong. Sesuai dengan namanya, pengertian Sagu Lempeng adalah makanan hasil olahan sagu yang berbentuk lempengan-lempengan. Biasanya, Sagu Lempeng dinikmati dengan cara dicelup ke minuman teh atau kopi karena teksturnya yang keras. Hidangan ini sangat populer di Papua dan Papua Barat.

Pembuatan Sagu Lempeng terbilang mudah, namun cukup sulit ditemukan di tempat-tempat makan karena biasanya merupakan konsumsi keluarga yang langsung dimakan setelah dimasak. Namun, pembuatannya terbilang mudah seperti cara membuat roti lainnya. Awalnya, rasa roti ini tawar, namun belakangan ini sudah mulai banyak yang membuat dengan cita rasa manis.

3. Bagea

foto by: cantik.tempo.co

Tanah Cenderawasih memang penghasil sagu yang tidak perlu diragukan lagi. Sebab, hasil olahan sagu sangat banyak. Selain Papeda dan Sagu Lempeng, Kue Bagea juga merupakan salah satunya yang berbahan dasar sagu. Bentuknya dibuat kecil-kecil dengan warna cokelat. Teksturnya agak keras namun lumer saat dimakan.

Beberapa bahan pembuat kue ini adalah sagu, gula, biji kenari, terigu, kayu manis, cengkih, dan kacang tanah. Untuk isiannya, biasanya adalah kacang hijau sebagai penambah rasa. Banyaknya rempah yang digunakan membuat kue ini memiliki rasa yang khas, apalagi kacang kenarinya.

Kue ini sangat cocok untuk dinikmati dengan teh atau kopi. Jika kalian berwisata ke Papua, kue ini juga bisa dibawa pulang sebagai buah tangan lho.

4. Roti Abon Gulung

foto by: travel.detik.com

Roti Abon Gulung adalah abon dalam jumlah banyak yang dibungkus dengan roti gulung. Abon Gulung sangat lembut ketika digigit, namun terasa padat saat dikunyah. Tentu saja, dari namanya sudah bisa ditebak ya bahwa bahan utama pembuatan Abon Gulung adalah abon sapi.

Meskipun begitu, roti ini tetap ada berbagai variannya lho. Beberapa di antaranya adalah rasa pedas, asin, coklat, isi sosis, atau Abon Gulung yang diberikan susu pada saat penyajiannya. Varian yang diciptakan ini dimaksudkan agar para penikmat tidak merasa bosan dengan satu varian saja.

Jika kalian mau coba dan bawa pulang Abon Gulung sebagai oleh-oleh, kalian bisa beli di Hawai Bakery yang ada di berbagai bandara di kota-kota di Papua seperti Jayapura, Manokwari, Merauke, Timika, Nabire, dan Biak.

5. Martabak Sagu

foto by: inews.id

Selama ini, masyarakat hanya mengetahui martabak yg diberikan berbagai topping manis atau martabak telur yg disajikan dengan kecap asin. Namun, martabak yg satu ini berbeda lho karena menggunakan tepung sagu sebagai bahan utamanya. Meskipun begitu, pembuatan martabak ini cukup sederhana lho.

Untuk membuat hidangan ini, sagu harus dihaluskan terlebih dahulu lalu digoreng. Setelah digoreng, lalu ditambahkan gula merah di bagian tengahnya untuk menambahkan cita rasa manis. Jika kalian melancong ke Tanah Cendrawasih, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini ya!

6. Keripik Keladi

foto by: makananoleholeh.com

Buat kalian yg ingin keripik khas Papua, harus coba nih Keripik Keladi yg berasal dari Kota Sorong. Sesuai dengan namanya, kue kering yg satu ini terbuat dari keladi yg merupakan umbi-umbian khas Papua. Cita rasanya pedas, manis, dan gurih berpadu dalam kerenyahan keripik.

Jika kalian mau ke Raja Ampat dan singgah di Sorong untuk sementara, keripik ini bisa dijadikan salah satu jajanan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh lho!

7. Kue Sarang Semut

foto by: inews.id

Sarang Semut adalah salah satu makanan khas Papua yg bisa diolah menjadi kue yg manis dan lezat lho. Selain itu, Sarang Semut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena dianggap bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit sehingga sangat cocok untuk kalian yang suka ngemil tetapi tetap ingin sehat.

Namun, jika kalian ingin mencoba membuat sendiri, beberapa resep dari kue ini bisa ditemukan di internet lho dan cukup mudah diikuti.

8. Sagu Sep

gambar by: budaya-indonesia.org

Ada lagi nih, hasil olahan sagu yg dibuat menjadi hidangan yaitu Sagu Sep. Hidangan ini terbuat dari sagu yg dicampur dengan kelapa dan daging, ulat sagu, ikan gabus, atau bahkan buah-buahan. Sesuai yg ada pada gambar di atas, hidangan ini dibungkus oleh daun pisang dan diikat dengan kulit kayu. Nah, baru dimasak dengan cara diletakkan di atas bara batu.

Nama Sagu Sep tentu ada hubungannya lho dengan bahan dan cara memasak hidangan ini. Sagu merupakan bahan utamanya, sementara sep adalah cara memasaknya yg diletakkan di atas bara batu.

9. Es Buah Matoa

foto by: tandaseru.id

Es Buah Matoa adalah jajanan khas Papua yg menyegarkan karena didominasi oleh cita rasa manis, asam, dan segar. Sesuai dengan namanya, es buah ini terbuat dari buah matoa sebagai bahan utamanya yg dipadukan oleh kolang-kaling merah, agar-agar hijau, cincau hitam, biji selasih, biji pala, serta rempah-rempah khas Papua.

10. Sate Ulat Sagu

foto by: ksmtour.com

Ulat Sagu telah menjadi makanan pokok di Papua sejak zaman prasejarah. Sebab, mereka mengandung kadar protein yang tinggi dan kolesterol yang rendah. Ulat sagu didapatkan dari batang pohon sagu yg sudah tua dan tumbang. Nah, sate ulat sagu adalah salah satu jajanan yg enak.

Itulah beberapa macam jajanan tradisional dan kue khas Papua yg bisa dijadikan referensi untuk kulineran di Irian Jaya. Nah, di antara berbagai macam kue dan jajanan di atas, manakah yg paling ingin kalian coba?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.