Jemblem, gambar By @timeiyana

10 Jajanan dan Kue Khas Malang Untuk Dicoba Saat Kulineran

Diposting pada

Selain terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Provinsi Jawa Timur, Malang juga populer akan berbagai kulinernya yang memanjakan perut serta lidah para wisatawan.

Tidak hanya makanan berat saja, namun Malang juga memiliki makanan ringan yang wajib dicoba. Bahkan kita bisa menemukan berbagai kue kekinian para artis di Kota Apel ini.

Salah satu yang paling terkenal adalah kue lapis dari Malang Strudel, yang merupakan kue populer dari Austria yang kemudian dimodifikasi dengan citarasa lokal.

Selain kue kekinian para artis, kita juga bisa menemukan berbagai jajanan dan kue tradisional di Kota Malang. Beberapa kue tradisional tersebut antara lain kue ayas, kue talam jagung, dll.

Berikut ini merupakan berbagai jajanan dan kue khas Malang yang wajib dicoba saat kulineran di Kota Apel:

1. Perut Ayam

Foto By @dapurbutiti

Kue yg terkadang juga disebut kue usus ayam ini sebenarnya tidak menggunakan ayam sama sekali. Hanya saja, bentuknya mirip dengan usus ayam sehingga dinamakan seperti itu.

Kue ini dibuat dari beberapa bahan seperti terigu, vanili, baking powder, telur, gula, garam, irisan pisang ambon, dan air kelapa. Setelah adonan jadi, kemudian digoreng di atas minyak panas dengan bentuk melilit.

Salah satu tempat untuk membeli kue perut ayam adalah di Depot HTS di Jl. Dr. Wahidin No. 123, Lawang, Malang. Harganya pun cukup variatif, yaitu dari Rp. 3.000 hingga 6.000 per buahnya.

2. Kue Moho

Foto By @reseplielie

Jajanan tempo dulu ini merupakan salah satu kudapan yang cukup langka. Kue moho adalah sejenis penganan yang dibuat dari tepung beras dengan tape nasi dan tepung terigu. Salah satu ciri khasnya adalah berwarna-warni.

Kue ini sebenarnya bisa dibuat sendiri. Resepnya banyak ditemukan di internet dan cara membuatnya pun cukup mudah. Kalian tidak memerlukan oven, hanya perlu untuk dikukus saja.

Salah satu tempat untuk membeli kue ini adalah di Depot Semeru yang terletak di Jl. Semeru No. 46, Malang. Harga untuk satu buah adalah Rp. 4.000.

3. Bolu Singosari

Foto By @kuliner_malang

Kalo bolu yang satu ini merupakan salah satu kue kekinian khas Malang yang wajib dicoba juga. Ada tiga varian rasa yaitu telo, susu, dan cokelat. Di atasnya juga ada taburan keju sehingga membuatanya semakin enak.

Meskipun kue basah ini adalah kudapan kekinian, namun rasanya tidak kalah enak lho! Selain itu, kalian juga bisa membawa bolu tersebut sebagai oleh-oleh dari Kota Malang.

Kalian bisa membeli bolu ini di toko Bolu Singosari di Jl. Perusahaan Raya No. 6. Harganya pun relatif murah, yakni hanya Rp. 25.000 hingga 28.000 per loyangnya, tergantung dari varian.

4. Pia Mangkok

Foto By @malangjastip_

Pia Cap Mangkok telah menjadi salah satu oleh-oleh paling terkenal dari Kota Malang yang harus kalian bawa pulang. Kue kering legendaris yang satu ini telah berkembang dari sejak tahun 1959 di Malang.

Kini, ada banyak varian rasa dari Pia Mangkok yang bisa dipilih, yaitu cokelat, keju, kacang hijau, durian, dan green tea yang terbaru. Kalian juga bisa memilih, mau beli per bungkus atau per dus.

Salah satu tempat untuk membeli pia ini adalah di Jl. Villa Tidar Indah No. 5, Malang. Harganya pun variatif, mulai dari Rp. 11.000 hingga 55.000, tergantung dari jumlah dan varian rasa.

5. Puthu Lanang

Foto By @pujigrahadi

Kue tradisional yang dijual di Celaket ini rupanya telah buka sejak tahun 1935, sebelum Indonesia merdeka. Tidak disangka-sangka, puthu lanang tersebut menjadi salah satu jajanan favorit para penjajah.

Putu merupakan kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula jawa, dan parutan kelapa. Citarasanya tak kalah menggoda dari klepon, lupis ataupun cenil.

Salah satu tempat untuk membeli puthu lanang adalah di Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu, Malang, Jawa Timur. Harga per porsinya terbilang murah, yakni hanya Rp. 10.000 saja!

6. Jenang Apel

Foto By @bagus_agrisetamandiri

Selain sari apel, ada lagi nih, jajanan tradisional yang bisa kalian jadikan buah tangan, yaitu jenang apel asal kota Batu, daerah yang letaknya idak jauh dari Malang.

Kudapan satu ini adalah jajanan sejenis dodol yang terbuat dari serat apel. Ada dua jenis apel dari kota ini, yaitu apel manalagi dan rome beauty. Keduanya bisa diolah menjadi jenang.

Kalian bisa membeli jenang apel di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kota Malang dan Batu. Harganya pun cukup murah, berkisar antara Rp. 10.000 hingga 30.000 per kotaknya.

7. Pukis dan Terang Bulan Madonna

Foto By @kudilaaa

Nama kue pukis mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Namun, pukis dari Malang sangat khas lho! Kalian bisa menemukan banyak pedagang pukis dan terang bulan di kota ini.

Meskipun telah berdiri dari tahun 90-an, rasa dari pukis dan terang bulan ini tidak berubah sama sekali. Kalian bisa memilih berbagai varian dari kue ini antara lain, cokelat, keju, kismis, tiramisu, kornet, dan lain-lain.

Salah satu tempat untuk membeli kue ini adalah di Jl. Kawi Atas No. 35, Malang. Harga yang ditawarkan pun variatif, namun cukup murah karena kisarannya di bawah Rp. 50.000.

8. Kue Lumpur

Foto By @mjkitchenmalang

Satu hal yang membuat jajanan ini dinamakan sebagai kue lumpur adalah teksturnya yang lembut, licin, dan kenyal sehingga cukup mirip dengan tanah lumpur. Bahan-bahannya tidak jauh dari kue pada umumnya.

Beberapa bahan pembuat kue lumpur adalah tepung terigu, telur, santan, dan kentang. Kini, ada beberapa varian topping yang ditawarkan seperti kelapa, keju, dan kismis.

Salah satu tempat untuk membeli kue ini adalah di Jl. Soekarno Hatta, Lowokwaru, Malang. Harganya pun variatif, dari Rp. 2.500 hingga 3.500 per buah.

9. Jemblem

Jemblem, gambar By @timeiyana

Kue tradisional selanjutnya ini adalah salah satu jajanan yang sudah hampir punah berbahan dasar singkong yg digoreng bersama dengan isian gula merah dan sangat cocok untuk dimakan sembari ditemani secangkir teh.

Salah satu tempat untuk membeli jajanan ini adalah di Warung Jemblem Cak Rib di Jl. Raya Kedungrejo, Malang, Jawa Timur. Harganya pun juga murah, di bawah Rp. 5.000 per buahnya. Jika ingin coba untuk membuat sendiri, caranya cukup mudah lho!

10. Onde-Onde HTS

Foto By @immanuelwongsonegoro

Telah berdiri sejak 1927, Depot HTS memang merupakan tempat makan legendaris di Kota Malang. Salah satu yg terkenal dari spot ini adalah onde-ondenya yang memiliki rasa legit.

Ada beberapa varian untuk onde-onde dari Depot HTS, yaitu kacang hijau, kacang merah, dan kelapa. Kudapan satu ini juga bisa dibawa untuk oleh-oleh bagi keluarga di rumah lho!

Depot HTS yg legendaris ini terletak di Jl. Jl. Dr. Wahidin No. 123, Lawang, Malang. Harga satuannya cukup variatif dari Rp. 3.000 hingga 6.000.

Itulah beberapa macam jajanan dan kue khas Malang yg wajib kalian coba saat kulineran di Kota Apel. Kamu sudah sering mencicipi yang mana nih?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.