gambar by: mamikos.com

10 Kue Khas Solo, Adakah Yang Sudah Kalian Coba?

Diposting pada

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang memiliki keragaman budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai kebudayaan yang berbeda-beda dan menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Artinya, suatu kebudayaan yang ada di sebuah daerah belum tentu bisa ditemukan di tempat lain.

Selain rumah adat, tarian tradisional, senjata, alat musik, lagu daerah, upacara adat, pakaian adat, kebudayaan juga termasuk kuliner khas. Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Tidak hanya makanan utama saja, namun juga berbagai jajanan tradisional dan kue-kue lho.

Salah satu daerah yang memiliki berbagai jajanan dan kue khas adalah Solo. Tidak hanya terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya saja, kota yang terkenal sangat ramah bagi dompet para wisatawan ini juga memiliki berbagai kuliner khas. Selain Timlo dan Selat Solo, banyak jajanan tradisional dan kue khas Solo yang bisa dicoba lho.

Nah, penasaran apa saja jajanan tradisional dan kue khas Solo yang harus dicoba saat kulineran di kampung halaman Presiden Jokowi ini? Yuk, simak dulu.

1. Serabi Solo

foto by: lifestyle.okezone.com

Serabi Solo adalah salah satu kue khas Solo yang paling terkenal di kalangan wisatawan. Jajanan tradisional ini memiliki ciri khas tekstur renyah di pinggir dan tebal di bagian tengahnya, sesuai pada gambar di atas. Nah, rupanya hal ini yang membedakan Serabi Solo dengan serabi lainnya di Indonesia ya!

Kue ini terbuat dari tepung beras dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya yang menciptakan cita rasa gurih. Selain itu, juga dilengkapi dengan gula pasir dan daun pandan yang menambahkan cita rasa manis. Ditambah lagi, cara memasaknya adalah di atas tungku sehingga aroma yang tercipta pun sangat lezat.

Tidak lupa, di atasnya juga ada topping seperti meses cokelat, irisan buah pisang, nangka, keju, dan lain-lain. Salah satu tempat untuk membeli Serabi Solo adalah di Jl. Moh, Yamin No. 28, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Jawa Tengah. Serabi sangat cocok dijadikan oleh-oleh lho.

2. Roti Kecik

foto by: masakandapurku.com

Roti Kecik adalah salah satu jajanan kuno khas Solo. Roti ini adalah makanan ringan pertama yang dijual di Toko Roti Ganep, Solo sejak berdirinya pada tahun 1881. Roti Kecik adalah kue kering yang berbentuk seperti jari. Terbuat dari bahan utama tepung beras ketan yang disangrai, kue ini memiliki tekstur yang cukup keras.

Di Toko Roti Ganep, Roti Kecik menjadi salah satu produk yang paling laris. Alamatnya di Jl. Sutan Syahrir No. 176, Kecamatan Banjarsari, Solo. Tidak hanya menjual Roti Kecik saja, namun juga ada berbagai camilan lainnya seperti Kue Garut, Pongge, Tarcis, dan lain-lain.

3. Kue Moho

foto by: travel.tribunnews.com

Tidak banyak yang tau lho, bahwa Kue Moho adalah salah satu jajanan kuno dari Jawa Tengah. Sekilas, memang kue ini mirip dengan bolu kukus karena bentuknya. Namun, secara rasa kue yg memiliki tekstur padat ini lebih mirip dengan bakpau. Perbedaan lainnya juga terletak pada bahan penggunaannya karena bolu kukus menggunakan telur sementara kue ini hanya tape, gandum, dan gula.

Tidak hanya ada di Solo, namun di beberapa daerah juga ada seperti Semarang, Pati, dan lain-lain. Di Solo, kue ini dijual oleh warga lokal di daerah Baluwarti. Harganya pun sangat murah, yaitu hanya Rp. 1.500 per buahnya lho. Nah, tidak afdol jika ke Solo tanpa mencicipi kue jadul yg satu ini!

4. Ledre Laweyan

foto by: surakarta.go.id

Ada lagi nih, salah satu jajanan basah yang terkenal di Solo yaitu Ledre Laweyan. Selain Serabi Notosuman, Ledre Laweyan juga merupakan salah satu kuliner Solo yang tidak kalah legendaris lho, sebab sudah ada sejak tahun 1984 yang lalu. Ledre ini pertama kali dibuat di Laweyan sehingga namanya pun Ledre Laweyan.

Dulu, Ledre dibuat dari ketan mentah yang dipanggang di atas wajan dan lalu ditambahkan santan. Baru setelah matang, pisang ditambahkan sebagai topping. Nah, sekarang untuk mempercepat prosesnya, Ledre Pisang Laweyan dibuat dengan menggunakan ketan yg sudah matang. Selain itu, secara tekstur juga lebih lembut dan enak.

Jika kalian mau coba, lokasinya ada di Jl. Setono No. 158, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Sangat cocok nih untuk referensi kulineran di Solo!

5. Apem Laweyan

foto by: selerasa.com

Meskipun bukan makanan khas Laweyan, Apem Jawa menjadi salah satu jajanan yg diburu wisatawan sebagai oleh-oleh dari Kampung Batik Laweyan, Solo. Kue ini juga sudah ada sejak jaman nenek moyang kita lho, yakni sejak abad ke 8. Dulu, apem ini terbuat dari tepung beras. Namun, kini diganti tepung terigu untuk membuatnya lebih awet.

Kini, selain dalam bentuk original atau klasik, banyak varian baru yang diciptakan seperti keju, cokelat, dan kacang mete. Harganya pun cukup murah, yakni Rp. 2.000 hingga 4.500 per buahnya. Kue ini tahan 2-3 hari sehingga cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Apem Jawa juga bisa dijadikan salah satu kue untuk hantaran lho.

6. Java Zest

foto by: food.grab.com

Java Zest adalah salah satu roti kekinian khas Solo yang menyediakan berbagai macam varian rasa seperti roti manis, roti tart, kue kering, dan lain-lain. Lokasi dari Java Zest Bakery ada di Jl. Adi Sucipto No. 19, Blulukan, Kabupaten Karanganyar. Buat kalian yg lagi cari oleh-oleh kekinian dari Solo, bisa kunjungi tempat ini ya!

7. Carang Gesing

foto by: idntimes.com

Carang Gesing adalah salah satu kue basah khas Solo yg terbuat dari pisang, gula, santan, dan telur. Nah, jenis pisang yg digunakan adalah Pisang Raja atau Pisang Kepok. Lalu, adonannya dikukus dengan pembungkus daun pisang berbentuk carang. Makanya, kue ini dinamakan Carang Gesing.

Rasanya yg manis dan gurih membuat kue ini disukai oleh banyak orang. Jika kalian mau coba buat sendiri, resepnya cukup mudah diikuti dan bahan-bahannya juga cukup mudah ditemukan lho.

8. Lapis Mandarijn

foto by: nusantaratv.com

Roti Mandarijn atau Mandarin, adalah kue lapis khas Solo yg mirip seperti Lapis Surabaya. Kue Mandarin ini sudah terkenal sejak tahun 1930 sebagai oleh-oleh khas Solo sehingga cukup legendaris. Di bagian tengah kue ini dilapisi selai nanas. Ada tiga jenis kue ini yaitu yg biasa, kismis, dan spesial. Nah, yg spesial dibuat dengan menggunakan butter lebih banyak daripada yg biasa.

Jika kalian mau beli kue ini ada di Jl. Jenderal Urip Sumoharjo No. 80, Solo. Mereka tidak hanya menjual bolu ini lho, tetapi juga ada banyak varian kue kering untuk dijadikan bingkisan saat lebaran.

9. Bakpia Balong

foto by: gluttonwanderers.com

Tidak hanya Jogja saja, Solo pun punya bakpianya sendiri untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Namun, kebanyakan varian rasa dari Bakpia Balong adalah varian tradisional seperti kacang hitam, ketan, atau cokelat. Ukurannya juga lebih besar daripada yg ada di Jogja.

10. Brem Solo

gambar by: mamikos.com

Brem adalah salah satu jajanan tradisional yg terbuat dari olahan peragian air tape. Bentuknya bulat dan teksturnya juga padat. Brem menghasilkan rasa masam, dingin, dan lumer di dalam mulut ketika dimakan. Nah, mau coba?

Itulah aneka jajanan tradisional dan kue khas Solo yg wajib dicoba untuk referensi kulineran. Beberapa bisa dibuat sendiri karena resepnya mudah dicari dan cara bikinnya cukup mudah diikuti. Ingat ya, ini Kota Solo, bukan Solok! Nah, di antara beberapa macam jajanan dan kue di atas, manakah yg paling ingin kalian coba?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.