Sadranan, gambar by transmojo.blogspot.com

10 Lokasi Wisata Pantai Terdekat Dari Kota Solo Yang Paling Bagus dan Terkenal, Apa Saja Namanya?

Diposting pada
3.7/5 - (6 votes)

Solo atau Surakarta adalah salah satu kota di provinsi Jawa Tengah yang memiliki luas sekitar 44 kmĀ² dan terkenal sebagai daerah kental akan nilai budaya.

Dengan memiliki wilayah sangat luas, bisa dipastikan kalau Kota Solo yang berbatasan dengan kabupaten Karanganyar, Sukoharjo dan Boyolali ini pasti menyimpan segudang pesona wisata apik.

Tidak kalah dengan kota lainnya yang memilliki sejumlah pantai indah nan apik, Surakarta pun demikian. Sederet objek wisata bahari di sekitar daerah ini pemandangannya sangatlah menarik.

Nah, apa saja nama pantai terkenal di daerah yang terdekat sebagai pusat grosir kain tersebut? Agar tidak penasaran, langsung saja ya kita simak ulasan lengkap dibawah ini.

1. Banyutowo

foto by lelungan.net

Alamat: Ds.Gudangharjo, Kec.Paranggupito, Kab.Wonogiri, Solo, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.2.000 per orang

Objek wisata bahari pertama yang paling wajib dikunjungi ketika berkunjung ke sekitar Surakarta adalah pantai Banyutowo di desa Gudangharjo.

Memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari wisata bahari pada umumnya, air di Banyutowo ini tidak akan lengket bila terkena ke kulit kita meskipun telah berendam lama.

Selain itu, daya tarik Banyutowo ini juga sangatlah unik karena merupakan titik lokasi bertemunya antara air sungai tawar dengan air laut asin.

2. Menganti

foto by zonekebumen.blogspot.com

Alamat: Ds.Karangwudur, Kec.Ayah, Kab.Kebumen, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.10.000

Objek wisata bahari selanjutnya yang juga sangat bagus untuk dikunjungi ketika bertandang ke sekitar Solo adalah pantai Menganti di desa Karangwudur, Kebumen.

Menurut komentar dari para pengunjungnya, wisata bahari yang lokasinya dekat dengan Surakarta tersebut memiliki pemandangan begitu mempesona mirip seperti pantai di New Zealand.

Tak hanya menampilkan pasir putih dan ombak besar saja, pohon kelapa yang tumbuh di sekitaran kawasan tersebut juga menambah kesejukan setiap mata memandang.

Dan untuk memanjakan serta mengakomodasi pengunjungnya, di lokasi Menganti tersebut telah disediakan berbagai fasilitas memadai seperti spot foto hingga sejumlah hotel.

3. Bopong Puring

foto by wisatakebumenkab.blogspot.com

Alamat: Area Pantai, Ds.Surorejan, Kec.Puring, Kab.Kebumen, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.2.000 per orang

Selanjutnya, objek wisata bahari terbaik di dekat Solo yang juga memiliki panorama cantik bisa kita temui di desa Surorejan, namanya yaitu Bopong Puring.

Meski tak memiliki pasir berwarna putih seperti di Bali, objek wisata Bopong ini tetap selalu ramai dikunjungi walaupun di hari-hari biasa.

Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat sebuah Laguna yang dikelilingi oleh bukit-bukit berukuran kecil mirip seperti gundukan pasir dimana seakan terlihat menghiasi kelokan sungai.

4. Nampu

foto by wisatabaru.com

Alamat: Dsn.Dringo, Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Memiliki garis pantai memanjang dengan hamparan pasir putih, air laut bening dan deburan ombak yang cukup tinggi, wisata bahari Nampu ini seakan mengajak pengunjung untuk segera mendekat.

Namun untuk menikmati kesegaran air lautnya tidak gratis ya, kita harus membayar tiket masuk dulu dengan harga 5 ribu per orang dan kemudian wajib menuruni puluhan anak tangga agar sampai ke bibir pantainya.

5. Sembukan

foto by panorlens.com

Alamat: Paranggupito, kab.Wonogiri, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Meskipun terkenal mistis karena berkaitan erat dengan Nyi Roro Kidul, objek wisata bahari bernama Sembukan ini cukup terkenal lho di Solo.

Kerap dijadikan lokasi untuk bersemedi dan melakukan ucapan syukur, menambah pesona keunikan tersendiri sebagai salah satu objek wisata terbaik di Solo.

Dan tak hanya disuguhkan keindahan bebatuan dan ombaknya, bila mujur kita juga dapat melihat langsung atraksi wayang serta larung yang merupakan bagian ucapan syukur dari warga setempat.

6. Pecaron

foto by iqbalkautsar.com

Alamat: Ds.Srati, Kec.Ayah, Kebumen, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Meskipun tidak memiliki area luas serta suasananya juga masih sepi, namun karena belum terjamah sama sekali membuat nuansa di sekitar kawasan Pecaron ini sangat alami dan udaranya pun sejuk.

Tak seperti beberapa pantai lain, kawasan wisata tersebut mempunyai pasir berwarna abu-abu namun cukup bersih karena belum dikunjungi banyak wisatawan sehingga kelestariannya terjaga.

Berkunjung ke Pecaron, banyak pemandangan menarik yang akan kita jumpai mulai dari hamparan pohon kelapa, tebing-tebing tinggi hingga perbukitan bergelombang.

7. Bandengan

foto by jateng.tribunnews.com

Alamat: Ds.Bandengan, Jepara, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-18.00
HTM: Rp.2.000-Rp.7.000

Mencari objek wisata bahari yang memiliki pesona alam terindah dan terbagus di dekat kota Solo bisa dibilang masih sulit, namun jangan patah semangat, karena disini ada satu objek bagus namanya pantai Bandengan.

Dengan lokasinya yang strategis sehingga mudah untuk diakses, maka tak heran jika objek wisata Bandengan ini menjadi lokasi favorit para turis.

Selain itu, hal menarik yang membuat wisatawan menggandrungi tempat satu ini, karena di lokasi tersebut telah dilengkapi dengan berbagai wahana seperti banana boat dan jetski.

8. Solong Banyuwangi

foto by youtube.com

Alamat: Sukowidi, Klatak, Kalipuro, Banyuwangi
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam

Satu lagi objek wisata bahari terdekat ke kota Solo yang sangat bagus untuk kita kunjungi adalah Pantai Solong di daerah Banyuwangi, destinasi liburan mirip seperti indrayanti beach di Jogja.

Namun satu hal yang disayangkan dari objek Solong ini ialah untuk memasuki kawasan pantai kita harus menyewa satu resort dulu. Dan harga sewanya juga bisa dibilang cukup menguras isi dompet.

9. Sadeng

foto by gunungkidulku.com

Alamat: Songbanyu, Girisubo, Pacitan, Gunung Kidul
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Walaupun berada di wilayah Gunung Kidul Yogyakarta, namun objek wisata bahari bernama Sadeng ini juga menjadi salah satu pantai terdekat ke kota Solo.

Dengan menawarkan pemandangan indah bak pantai Baron di Jogja dan bermuara ke Sungai Bengawan Solo Purba, membuat objek wisata Sadeng ini cukup banyak diminati oleh wisatawan.

10. Sadranan

gambar by transmojo.blogspot.com

Alamat: Sardranan, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.10.000
No.Telp: 0823 2469 6125

Bagi penikmat wisata alam di Solo, pasti akan sangat menyenangkan bila berkunjung ke kawasan bahari Sadranan yang pemandangannya mirip seperi pantai Solop Inhill di Tembilahan Riau ini.

Pasalnya, saat berkunjung kesini setiap wisatawan pasti akan disuguhkan akan keindahan matahari terbit sampai dengan nuansa romantis senja menjelang malam.

Nah, selain bahari, masih ada banyak lagi objek wisata lainnya di sekitar kota Solo yang sangat oke untuk kita jadikan sebagai tempat rekreasi, misalnya:

– Pandawa Water Wolrd dan
– Taman Balekambang

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

0 thoughts on “10 Lokasi Wisata Pantai Terdekat Dari Kota Solo Yang Paling Bagus dan Terkenal, Apa Saja Namanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.