Jalan Menuju Lokasi Pantai Selok Malang

Diposting pada
Foto By @riss_ristianawati

Lokasi: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur, 65179
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000 (Termasuk Tiket Masuk ke Pantai Banyu Meneng)
Buka Tutup: 24 Jam

Nama Selok

Ternyata banyak sekali tempat-tempat di Bumi Nusantara Indonesia yang menggunakan nama Selok.

Salah satu yang sempat menjadi pusat perhatian bangsa Indonesia adalah Desa Selok Awar Awar di Kabupaten Lumajang.

Nama desa ini meledak karena kasus penganiayaan Tosan dan pembunuhan Salim Kancil terkait penambangan pasir ilegal.

Nama Selok juga menjadi identitas beberapa tempat wisata di Indonesia seperti Pantai Selok Pipa atau Pipo di kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap yang lokasinya cukup dekat dengan Pulau Nusakambangan.

Kemudian ada Pantai Selok Dadap di Kabupaten Blitar, Pantai Selok Belanak yang juga dikenal sebagai Hawaii-nya Pulau Lombok, dan Pantai Selok di daerah Malang Selatan.

Foto By @ainulyaqin.fcbi

Jika dilihat di peta atau melalui google map, secara administratif Pantai Selok yang ada di Malang Selatan ini memiliki alamat di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, 65179.

Letak pantai ini berdampingan dengan Pantai Banyu Meneng yang baru dibuka pada tahun 2016, dan sepanjang tahun 2020 ini masih terus dibenahi fasilitasnya oleh Pemerintah Kabupaten Malang.

Sejalur dengan Pantai Selok dan Pantai Banyu Meneng, terdapat Pantai Kondang Merak dan Pantai Kondang Sugu.

Rute Menuju Pantai

Foto By @gogo_gzli

Tidak perlu membuat denah untuk datang ke lokasi wisata ini, karena jarak Pantai Selok dengan Kota Malang cukup dekat yakni sekitar 66 km yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Rute yang harus dilewati jika berangkar dari kota Malang adalah menyusuri JLS (Jalur Lintas Selatan) melewati Bululawang menuju Krebet.

Begitu sampai di pertigaan Krebet, ambil jalan yang lurus menuju ke arah Gondanglegi. Setiba di Pasar Gondanglegi, Anda akan menemukan papan petunjuk arah menuju ke Pantai Kondang Merak atau Pantai Balekambang.

Foto By @mahardikamahar

Berbeloklah ke kanan mengikuti petunjuk arah yang menuju ke Pantai Kondang Merak.

Di Pantai Kondang Merak inilah Anda harus menitipkan kendaraan ke tempat parkir, kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Barat dengan menyisir pantai selama kurang lebih 15 menit untuk sampai di Pantai Selok.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat menempuh perjalanan menuju Pantai Selok adalah selalu waspada dan berhati-hati.

Foto By @niyarapril

Karena akses jalan menuju ke Pantai Kondang Merak, Pantai Selok, dan Pantai Banyu Meneng hingga kini masih belum berlapis aspal dan di sana-sini masih banyak yang berlubang.

Kondisi jalan tersebut tentunya sangat berbahaya jika dilewati pada musim hujan, sebab lubang tidak terlihat karena tertutup oleh genangan air.

Keindahan Lokasi

Gugusan batu karang besar dengan bentuk yang unik menjadi sajian yang menarik untuk dinikmati.

Foto By @rainhanifa

Begitu juga dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih dan ombaknya yang besar, dipastikan akan memanjakan penglihatan saat berada di kawasan pantai.

Keindahan tersebut membuat Pantai Selok kerapkali dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk foto pre-wedding.

Bibir pantai yang lebar juga menjadi daya tarik tersendiri karena pengunjung dapat melakukan berbagai aktifitas di atas hamparan pasir.

Foto By @sherlie_citra

Setelah lelah beraktifitas, jajaran pohon di tepi pantai siap menaungi dengan daun-daunnya yang rimbun dan memberikan udara sejuk.

Dengan lebarnya bibir pantai, membuat tempat wisata ini kerap dijadikan lokasi camping.

Meskipun Anda dapat melakukan aktifitas apa saja di atas hamparan pasir, namun tidak demikian halnya dengan kawasan perairan.

Foto By @wfk_994

Besarnya ombak dan banyaknya karang-karang tajam membuat Pantai Selok tidak dapat digunakan untuk mandi maupun berenang.

Jika ingin menikmati segarnya air laut dengan berenang, berjalanlah menuju ke Pantai Banyu Meneng yang letaknya bersebelahan.

Karena air laut di Pantai Banyu Meneng cenderung tenang serta tidak terlalu banyak batu karang sehingga cukup aman untuk dipakai mandi dan berenang.

Sebagai tempat wisata baru dengan akses jalan yang masih belum sempurna, membuat Pantai Selok relatif sepi dari pengunjung, bahkan disaat hari libur sekalipun.

Foto By @yevi.id

Suasana yang sepi ini tentunya memberikan kenikmatan tersendiri bagi para pengunjung, karena dapat menikmati keindahan alam dengan tenang dan nyaman tanpa terganggu oleh lalu lalang pengunjung lain.

Karena merupakan tempat wisata baru, tidak terlalu banyak informasi tentang sejarah, mitos dan cerita misteri seputar pantai ini, sehingga nilai jual dari Pantai Selok murni karena keindahan alamnya.

Harga Tiket Masuk

Jika harga tiket masuk di tempat-tempat wisata di Malang lainnya yang sudah dikelola dengan baik paling murah Rp.10.000, untuk HTM Pantai Selok cukup dibayar separuhnya alias Rp.5.000.

Foto By @zulfika_nuraini

Itupun sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Banyu Meneng. Sehingga cukup dengan satu tiket, Anda sudah dapat menikmati keindahan alam di dua pantai.

Selain itu Anda hanya akan ditarik ongkos parkir sebesar Rp.5.000 untuk sepeda motor dan Rp.10.000 buat mobil.

Fasilitas Yang Ada

Dengan harga tiket yang murah, fasilitasnya juga sangat standard, yakni ada mushollah, kamar mandi, MCK, tempat parkir serta beberapa warung penjual makanan dan minuman.

Tidak ada satupun penginapan di kawasan pantai maupun di dekat lokasi wisata, sehingga jika ingin bermalam, hanya dapat dilakukan dengan mendirikan tenda di atas hamparan pasir.

Meski demikian, camping di kawasan Pantai Selok akan memberikan kenikmatan tersendiri karena selain menyuguhkan pemandangan menawan, area di pinggir pantai juga teduh oleh rimbun pepohonan.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.