gambar By @luthfiadipradana

Dimana Lokasi Wisata Pantai Tirang Semarang, Apakah Ada Sunset dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Diposting pada
4.3/5 - (10 votes)

Lokasi: Tambakrejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah 50182
Google Maps: Klik Disini
HTM: Rp.5.000 per Orang
Buka Tutup:
Telepon:

Harga Tiket Masuk

Cukup membayar 5.000 rupiah saja jika Anda ingin menikmati keindahan Pantai Tirang sembari memancing, menunggu matahari tenggelam dan terbit untuk mengabadikan momen tersebut menjadi sebuah foto atau gambar penuh kenangan.

Foto By @prazzzetyo

Jika Anda bertandang ke Semarang dan merasa bingung hendak berwisata ke mana cobalah untuk mengunjungi Pantai Tirang.

Pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan Pantai Marina meski dalam hal kepopuleran masih kalah jauh.

Namun, jika Anda menyukai ketenangan maka Pantai Tirang ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Letak Lokasi

Foto By @novitan_17

Letak pantai ini tak jauh dari Bandar Udara Ahmad Yani dan dekat dengan Pantai Maron. Kendati masih sepi bahari tersebut sangatlah menarik dan unik karena wisatawan dapat melihat langsung kegiatan para nelayan.

Di samping itu karena letaknya bersebelahan dengan Pantai Maron, hanya dipisahkan muara sungai Silandak, membuat Anda seperti tengah berada di dua pantai dalam satu waktu.

Pantai Tirang yang menyajikan keindahan alami dan sangat eksotis ternyata menyimpan sebuah sejarah.

Dahulu di ujung kampung Tapak terdapat sebuah pulau kecil yang dikenal sebagai ikon kota Semarang.

Pulau tersebut dinamakan Pulau Tirang. Namun, sayang pulau ini harus hilang lantaran terkena abrasi yang sangat hebat hingga segala jenis flora dan fauna lenyap tanpa sisa.

Foto By @norarifinyulianto

Terjadi Abrasi

Tak banyak yang mengetahui tentang hal ini kecuali para warga sekitar atau saksi di saat terjadinya abrasi.

Toh meski begitu masih ada kenangan dari tersebut mana sisa-sisa garis pantai di bekas Pulau Tirang inilah yang kini dikenal dengan sebutan Pantai Tirang.

Di kawasan pantai Tirang ini banyak pohon mangrove yang sengaja ditanam guna menanggulangi abrasi yang kian parah.

Bahkan kawasan ini kerap dijadikan sebagai tempat studi banding oleh para peneliti dari Jepang dan Belanda tentang pengelolaan pohon Mangrove dan pembudidayaan ikan Bandeng.

Tak hanya itu saja di kawasan tersebut juga ada aneka terumbu karang yang bisa Anda temukan di pantai yang memiliki luas hingga 240 hektar ini.

Selama berada di Pantai Tirang Anda tak akan bosan sebab banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti bermain ombak, berenang dan juga memancing.

Foto By @davvidsan

Ya, di pantai ini banyak wisatawan yang memang sengaja datang hanya untuk memancing ikan dan rela menghabiskan waktunya berjam-jam menunggu tangkapan.

Adapun ikan yang dapat ditemukan di Pantai Tirang ini diantaranya adalah ikan Baramundi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kakap Putih, Blanak, Mujair, Kiper, Rusah-rusah, Sembilan dan juga Kedokan (ikan Dokan).

Meski di sana ada ikan Bandeng dan Udang, tapi pengunjung tidak diperbolehkan memancing keduanya sebab baik Bandeng maupun Udang ditanami pembibitan.

Jalan Menuju Lokasi

Foto By @arjunscrohman

Akses menuju pantai ini tergolong mudah, alamatnya pun mudah ditemukan yakni berada di desa Tambakrejo, kelurahan Tambak Harjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Namun sayang jalanan menuju lokasi tidak cukup baik karena berdebu dan akan sangat becek juga licin ketika musim penghujan. Meski begitu sebenarnya pemandangan menuju Pantai Tirang sangatlah bagus.

Di mana sejauh mata memandang Anda akan melihat hamparan persawahan nan hijau yang diselingi sungai dan tambak ikan milik para warga.

Foto By @novitan_17

Adapun beberapa rute yang dapat anda gunakan untuk sampai di tempat ini ialah sebagai berikut:

Rute dari Bandar Udara Ahmad Yani: Jalan Bandara Ahmad Yani – Jalan Pantura – Jalan Pantura Semarang-Kendal – Jalan Siliwangi – Jalan Hanoman Raya – Tugurejo – lokasi.

Rute dari Stasiun Poncol: Jalan Tanjung – Jalan Ade Irma Suryani Nasution – Jalan Pemuda – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Hanoman – Tugurejo – lokasi.

Rute dari Stasiun Tawang: Jalan Tawang – Jalan Pemuda – Jalan Mgr Soegiyiopronoto – Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Hanoman Raya – Tugurejo – lokasi.

Rute dari Terminal Bus: Jalan Terminal Terboyo – Jalan Kudus-Semarang – Jalan kaligawe Raya – Jalan Pantura – Jalan Pengapon – Jalan Raya Tuban-Semarang – Jalan Semarang-Demak – Jalan Hanoman Raya – Tugurejo – lokasi.

Foto By @novitan_17

Sementara bila Anda membawa kendaraan pribadi selama berlibur di Semarang bisa mencoba beberapa rute dari kota-kota besar yang seringkali digunakan yakni:

Rute dari Yogya: Sendangadi – Jalan Semarang-Yogyakarta – Jalan Tol Ungaran-Bawen – Jalan Tol Tembalang-Ungaran – Jalan Tol Jatingaleh-Krapyak – Jalan Subali Raya – Jalan Padma Boulevard – Jalan Adenia Raya – Tugurejo – lokasi.

Rute dari Surabaya: Jalan Kusuma Bangsa – Jalan Jagalan –Jalan Tembaan – Jalan Raya Dupak – Jalan Tol Surabaya-Gresik – Jalan Pantura – Jalan Raya Tuban-Semarang – Jalan Kudus-Semarang – Jalan Hanoman Raya- Tugurejo – lokasi.

Rute dari Malang: Jalan Raya Malang-Surabaya – Jalan Tol Gempol-Pandaan – Jalan Pantura – Jalan Tol Surabaya-Gempol – Jalan Tol Surabaya-Gresik.

Lalu ke Jalan Pantura – Jalan Raya Tuban-Semarang – Jalan Raya Kudus-Semarang – Jalan Hanoman Raya – Tugurejo – lokasi.

Agar perjalanan Anda lancar sebaiknya tetap berjaga-jaga dengan membawa peta atau denah lokasi serta aplikasi google map. Jika masih kesulitan tak ada salahnya untuk bertanya ke warga setempat.

Wisata Terdekat

Selama berada di Semarang Anda pun sebaiknya mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik seperti Pantai Sangklak alias Baruna di Pelabuhan Mas, Bringin, Tj. Mas, Semarang Utara, Jawa Tengah, 50174.

Foto By @reyyant

Pantai lain yang tak kalah direkomendasikan ialah Pantai Cipta atau Peti Kemas yang lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Tanjung Mas.

Di tempat inilah para pecinta fotografi berlomba-lomba untuk memburu foto sunset yang begitu indah.

Jika bosan berwisata pantai anda bisa wisata edukasi dengan mengunjungi KlentengSam Poo Kong atau Lawang Sewu.

Keduanya memiliki sejarah masing-masing dan bahkan Lawang Sewu malah dikenal dengan image-nya yang penuh misteri dan mitosnya yang dianggap menakutkan.

Foto By @budenk_budianto

Meski begitu baik Pantai Tirang maupun lokasi lainnya sangat cocok untuk dikunjungi di tahun 2021 ini bersama dengan keluarga Anda.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.